la.kukarachaAvatar border
TS
la.kukaracha
Pelantikan Anies-Sandi: Bisakah Ojek Terbang Hadir di Jakarta?
JAKARTA - Menjelang pelantikan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta pada Senin, 16 Oktober 2017, kabar soal program ojek terbang muncul lagi.

“Saya harap jangan sekedar berbicara tapi harus diterapkan," kata pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Yoga, kepada Tempo pada Kamis, 12 Oktober 2017.
Isu ojek terbang muncul pada awal April 2017 di tengah debat program dalam Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta. Masalah berat Ibukota yakni kemacetan lalu lintas tentu tak luput jadi bahasan. Isu ojek terbang pun menjadi viral di media sosial dan menjadi bahan mengolok-olok untuk pasangan Anies-Sandi.

Ceritanya, Dicky Dwi Triambudi asal Tangerang mengembangkan inovasi drone yang dijuluki ojek terbang menyusul pengembangan teknologi mobil terbang (aero mobile) di luar negeri Amerika Serikat dan Jepang. Ojek terbang pernah dicoba dengan ketinggian dua meter. Sementara ini. Ojek terbang sudah diuji terbang hingga mencapai ketinggian dua meter.

Sandiaga menanggapi inovasi Dicky. “Baguslah buat teknologi. Pasti jadi solusi kemacetan," kata Sandiaga seusai menghadiri Acara Blak-blakan di markas detikcom pada 6 April 2017 seperti dikutip oto.detik.com.

Dia mengusulkan agar faktor keselamatan ojek terbang harus diperhatikan agar tidak membahayakan orang lain. Bahkan, Sandiaga mengatakan bakal merangkul kreator ojek terbang itu sekaligus memberikan sertifikasi. "Karena itu, kan terbang-terbang gitu harus ada peraturannya. Pasti kita gandeng, kita akan bicara karena itu bagian dari teknologi," kata Sandiaga.

Menurut Nirwono Yoga, Sandiaga harus mewujudkan temuan ojek terbang sebab Jakarta tak bisa dibandingkan dengan kota besar lain di Indonesia semisal Surabaya. "Sudah harus melihat ke kota maju di luar negeri,” ujarnya.

Jika ojek terbang diterapkan di Jakarta, dia menjelaskan, pemerintah dapat belajar tentang konsep pengaturan lalu lintas udara lewat negara-negara maju yang telah mengembangkan teknologi itu. Ojek terbang itu bisa menjadi salah satu sumber pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Kalau optimis, semua bisa dipelajari dan tidak ada yang mustahil.”

Nirwono berharap Anies dan Sandiaga Uno menepati semua janji-janji kampanye yang pernah diucapkan dan juga mengaktualisasikan segala hal yang pernah mereka ungkapkan untuk perbaikan wajah Kota Jakarta. Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta masa jabatan 2017-2022 Anies Rasyid Baswedan–Sandiaga Salahuddin Uno akan dilantik pada Senin, 16 Oktober 2017 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

GERPOL

Mungkinkah ini saatnya SANDIAGA UNO bertransformasi menjadi SANDIAGA UFO???
0
5.5K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.