News
Batal
KATEGORI
link has been copied
336
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59ccbb7ce05227707a8b456b/kagetnya-para-pelanggar-lalin-yang-kepergok-cctv-didatangi-polisi
Tindakan penilangan terhadap pelanggar lalu lintas yang terpantau lewat CCTV bukan isapan jempol. Di Semarang, Jawa Tengah Anggota Satuan Lalulintas Polrestabes...
Lapor Hansip
28-09-2017 16:06

Kagetnya Para Pelanggar Lalin yang Kepergok CCTV Didatangi Polisi

Past Hot Thread
Kagetnya Para Pelanggar Lalin yang Kepergok CCTV Didatangi Polisi

Tindakan penilangan terhadap pelanggar lalu lintas yang terpantau lewat CCTV bukan isapan jempol. Di Semarang, Jawa Tengah Anggota Satuan Lalulintas Polrestabes Semarang sudah mulai mendatangi rumah-rumah pemilik kendaraan yang kepergok melakukan pelanggaran.

Rumah pertama yang didatangi ada di Jalan Atmodirono, Semarang Selatan. Kasat Lantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi ikut mengawali kegiatan itu dan mengetuk rumah tersebut. Pemilik rumah, Ida Bagus Nyoman (56) terkejut karena ada beberapa petugas kepolisian mendatanginya.

Ardi segera memberikan pengertian pihaknya datang bukan terkait penindakan untuk kasus tindak pidana melainkan pelanggaran lalu lintas yang terekam CCTV atau e-Tilang.

Kagetnya Para Pelanggar Lalin yang Kepergok CCTV Didatangi Polisi

Pelanggar lalin di Semarang didatangi polisi.Pelanggar lalin di Semarang didatangi polisi. Foto: Angling Adhitya Purbaya

"Ini bukan soal tindak pidana, tapi pelanggaran lalu lintas," kata Ardi kepada Ida Bagus, Kamis (28/9/2017).

Kasatlantas kemudian memperlihatkan bukti kalau mobil atas nama Ida Bagus yaitu Toyota Avanza hitam bernopol H 9181 RR telah melanggar marka di traffic light simpang Kaligarang hari Senin (25/9) lalu jam 09:33 WIB. Bukti yang diperlihatkan adalah screenshoot foto mobilnya ketika melanggar marka.

Ternyata saat pelanggaran terjadi mobil milik Ida Bagus sedang dikendarai istrinya, Een Erliana. Bagus mengatakan saat itu istrinya pulang dari rumah saudara dan memang jelas melanggar marka dan berada di sisi arah berlawanan.

"Istri yang melanggar, waktu itu pas setelah dari rumah saudara di Kelud. Itu hari pertama (e-Tilang) berlaku ya," ujar Bagus.

Ida Bagus kemudian mengikuti prosedur dan mau bertanggungjawab atas kesalahan yang dilakukan istrinya. Ia akan mengikuti sidang di Pengadilan Negeri Semarang tanggal 20 Oktober 2017 mendatang.

"Ya bagus sih kalau sudah diterapkan, jadi lebih tertib," ujar Bagus.

Kagetnya Para Pelanggar Lalin yang Kepergok CCTV Didatangi Polisi

Bukti foto dari kamera CCTV juga ditunjukkan kepada pelanggar lalu lintas. Bukti foto dari kamera CCTV juga ditunjukkan kepada pelanggar lalu lintas. Foto: Angling Adhitya Purbaya


Sementara itu di Jalan Gergaji Klopo Semarang Selatan juga ada pemotor yang kena tilang. Pemotor bernama Wasimin (56) itu kedapatan melanggar marka di Traffic Light Kaligarang hari Senin (25/9) lalu. Ia pun kaget ketika didatangi polisi dan dijelaskan kalau dirinya terpantau CCTV karena melanggar.

"Saya berhenti melebihi marka. Ya kaget didatangi polisi," kata Wasimin.

"Itu saya sendiri yang melanggar. Lha ini ada 4 motor atas nama saya, kalau semua yang pakai melanggar saya ya yang dicari," imbuhnya.

Kasatlantas Polrestabes Semarang, Ardi menjelaskan pihaknya tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah. Jika bukan pemilik kendaraan yang melanggar maka akan dicari siapa pengemudinnya dan akan dikonfirmasi.

"Penindakannya kedepankan asas praduga tidak bersalah, kalau memang terbukti tidak melakukan pelanggaran juga tidak akan dilakukan penindakan," kata Ardi.

Selain pantauan CCTV dan polisi yang datang ke rumah pelanggar, lanjut Ardi, prosedur lainnya tidak ada yang berbeda seperti menitipkan denda ke bank atau akan mengikuti sidang di pengadilan.

"Setelah dilakukan penindakan, prosesnya sama seperti yang sudah-sudah. Masyarakat bisa titip denda ke bank. Kedua, bisa mendatangi sidang yang mana tanggal sudah ditentukan," jelas Ardi.

Dari laporan yang masuk, sejak hari pertama diberlakukannya e-Tilang yaitu Senin (25/9) lalu, ada 88 pelanggar di hari pertama, kemudian di hari kedua ada 53 pelanggar dan hari ketiga Rabu kemrin ada 37 pelanggar. Kepolisian bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kota Semarang yang sementara sudah memasang CCTV di 26 titik.

[url]https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3662085/kagetnya-para-pelanggar-lalin-yang-kepergok-cctv-didatangi-polisi?

SEMOGA YG DIDATANGI, BISA TERDIDIK BERKENDARA LAGI YG BENAR emoticon-Cool
Diubah oleh nevertalk
0
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 17 dari 17
Kagetnya Para Pelanggar Lalin yang Kepergok CCTV Didatangi Polisi
03-10-2017 21:39
Yg punya rental mobil kudu extra waspada nih....
0 0
0
Kagetnya Para Pelanggar Lalin yang Kepergok CCTV Didatangi Polisi
03-10-2017 23:22
Quote:Original Posted By kencing.dibotol
asik neh, tar minjem mobil temen, sengaja berenti di marka emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


tega bener sama temen???
0 0
0
Kagetnya Para Pelanggar Lalin yang Kepergok CCTV Didatangi Polisi
04-10-2017 11:44
Apakah cctv dipasang di semua tempat angkot dan bus ngetem lalu tidak akan ada angkot dan bus ngetem lg se indonesia ???
0 0
0
Kagetnya Para Pelanggar Lalin yang Kepergok CCTV Didatangi Polisi
04-10-2017 12:01
Quote:Original Posted By kencing.dibotol
asik neh, tar minjem mobil temen, sengaja berenti di marka emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


tapi temen ente lebih pinter, plat nomernya pake plat nomer mobil ente..

0 0
0
Kagetnya Para Pelanggar Lalin yang Kepergok CCTV Didatangi Polisi
04-10-2017 12:57
kita liat aj ntar kalanjutannya gimana...
0 0
0
Kagetnya Para Pelanggar Lalin yang Kepergok CCTV Didatangi Polisi
06-10-2017 10:11
gk bisa ngelak lagi , gw suka ni kaya gini biar kapok
0 0
0
Kagetnya Para Pelanggar Lalin yang Kepergok CCTV Didatangi Polisi
06-10-2017 14:13
ane jalan kaki aja deh gan
0 0
0
Kagetnya Para Pelanggar Lalin yang Kepergok CCTV Didatangi Polisi
06-10-2017 18:10
Quote:Original Posted By kencing.dibotol
asik neh, tar minjem mobil temen, sengaja berenti di marka emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


parah parah
0 0
0
Kagetnya Para Pelanggar Lalin yang Kepergok CCTV Didatangi Polisi
06-10-2017 20:01
the power of emak2 bakal terancam nih
0 0
0
Kagetnya Para Pelanggar Lalin yang Kepergok CCTV Didatangi Polisi
07-10-2017 12:22
Quote:Original Posted By nevertalk
Emang dulu kemana aja tuh polkis? baru bikin peraturan mendadak begini


logika min. zaman tambah maju harusnya memang begitu.
mungkin itu sistem kayak di luar negri.

aaah yg merasa risih dengan ini berarti emang sering melanggar
0 0
0
Kagetnya Para Pelanggar Lalin yang Kepergok CCTV Didatangi Polisi
07-10-2017 12:24
Quote:Original Posted By odlanor
Apakah cctv dipasang di semua tempat angkot dan bus ngetem lalu tidak akan ada angkot dan bus ngetem lg se indonesia ???


kalo sistem cctv light trafik ini sukses membuat pengendara tertib.
bisa jadi di sepanjang jalan ada tuh.
0 0
0
Kagetnya Para Pelanggar Lalin yang Kepergok CCTV Didatangi Polisi
09-10-2017 21:42


Quote:Original Posted By ruuuruuu
Kapan dipasang jakarta, depok, tanggerang n bekasi ? dijamin penghasilan tambahan bakal melesat emoticon-Leh Uga

Klo nih gw setuju jeng. Palakin orang jabodetabek yg bawa motor n mobil emoticon-Gila
Apalagi motor emoticon-Busa:

Wooowwwwwemoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
0 0
0
Kagetnya Para Pelanggar Lalin yang Kepergok CCTV Didatangi Polisi
10-10-2017 12:35
Mampus, makannya jangan ngelanggar dong kaya ane emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Kagetnya Para Pelanggar Lalin yang Kepergok CCTV Didatangi Polisi
13-10-2017 16:51
ya pasti kagetlah keliatan juga kaget apa lagi nggak v:
0 0
0
Kagetnya Para Pelanggar Lalin yang Kepergok CCTV Didatangi Polisi
14-10-2017 17:24
ko yg dikasih contoh masih rakyat kelas 'biasa' sih.. coba oknum yg kelas "luar biasa" (pejabat) dong klo berani pak pol emoticon-Malu
0 0
0
Kagetnya Para Pelanggar Lalin yang Kepergok CCTV Didatangi Polisi
14-10-2017 17:27
Quote:Original Posted By prasetyoknight
ko yg dikasih contoh masih rakyat kelas 'biasa' sih.. coba oknum yg kelas "luar biasa" (pejabat) dong klo berani pak pol emoticon-Malu


apa si lo gan panggil2 id gw berisik tau notif gw bunyi. emoticon-Ngamuk
0 0
0
Kagetnya Para Pelanggar Lalin yang Kepergok CCTV Didatangi Polisi
14-10-2017 21:51
seharusnya para polkis itu mewajibkan semua kendaraan yang diproduksi dipasangi gps. supaya kalo dicuri bisa di tangkap polisi. sekalian biar nggak ada alesan polkis untuk males malesan Nangkep maling motor dan nggak ada lagi alasan kalo masih rejeki pasti ketemu emoticon-Leh Uga
0 0
0
Kagetnya Para Pelanggar Lalin yang Kepergok CCTV Didatangi Polisi
19-10-2017 17:38
Jd ga bs boong ni hehehe
0 0
0
Kagetnya Para Pelanggar Lalin yang Kepergok CCTV Didatangi Polisi
24-11-2018 11:32
lampu merah di kawasan bsd jangan 2 menit jg dong kesian kepanggang yg naik motor emoticon-Ngamuks
0 0
0
Halaman 17 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia