kopimasbenAvatar border
TS
kopimasben
Bagaimana Cara Meminum Kopi Hitam

Sumber:Bagaimana Cara Meminum Kopi Hitam

Apakah kamu meminum kopi hitam? Kamu sudah pernah mencoba beralih ke kopi hitam (tanpa gula maupun creamer) tetapi belum juga menyukainya? Belajar meminum kopi hitam adalah sesuatu yang harus dilakukan setiap para pecinta kopi lho.

Kopi sangat penuh dengan rasa unik yang dapat memuaskan indra yang kamu miliki, akan tetapi creamer dan gula seringkali menutupi rasa yang unik itu dan bahkan kamu sendiri terkadang tidak menyadarinya. Itulah sebabnya setiap para pecinta kopi harus belajar meminum kopi hitam tanpa gula maupun creamer. Ini bukan berarti kamu harus membuang creamer dan gula sama sekali, tapi belajarlah untuk mencintai kopi hitam seperti kopi yang kamu suka dengan campuran creamer dan gula.

Pada thread saya yang pertama kali ini, saya akan memberikan beberapa cara dan tips untuk meminum kopi hitam agar dapat membantu kamu beralih ke kopi hitam jika kamu selalu mengandalkan creamer dan gula ketika meminum kopi.
Belajarlah Untuk Mencintai Kopi Hitam

Saya tidak berbohong, kebanyakan orang yang meminum kopi hitam, seperti yang mereka katakan, semua adalah tentang rasa yang didapat. Hal ini terutama berlaku bagi kita yang selalu mengandalkan creamer dan gula sejak awal meminum kopi. Kamu harus belajar mencintai kopi hitam.

Hal ini memang akan memakan waktu. Tapi ketahuilah, begitu kamu beralih ke kopi hitam tanpa campuran creamer dan gula, kamu akan bertanya-tanya mengapa kamu dulu menambahkan creamer dan gula pada kopi yang kamu minum. Seperti yang kamu lihat, kopi dipenuhi dengan berbagai rasa mulai dari rasa manis dan rasa buah yang lembut dan bahkan pahit sekalipun. Jika kamu menambahkan creamer dan gula ke dalamnya, kamu akan kehilangan rasa yang indah itu.

Ingatlah, kopi, dan bahkan kopi hitam sekalipun, sangat enak rasanya. Kamu sudah menyukainya dengan campuran creamer dan gula, tetapi itu bukan berarti kamu akan membenci kopi saat warnanya hitam. Kamu harus memberikannya kesempatan kepada kopi hitam.

6 Tips Untuk Meminum Kopi Hitam
Jika kamu sudah siap beralih ke kopi hitam, tips ini akan membantu transisi kamu menjadi sedikit lebih mudah dan mudah-mudahan lebih berhasil.

Tip 1 - Cobalah Kopi Yang Berbeda
Ada sangat banyak macam-macam blend dan roasting-an kopi yang berbeda di luar sana untuk kamu coba dan masing-masing rasanya berbeda satu sama lain. Beberapa kopi ada yang terasa lembut dan manis, rasa buah-buahan dan ada juga rasa yang lebih kuat dan lebih pahit.

Jika kamu menyukai kopi dengan campuran creamer dan gula, carilah kopi yang memiliki rasa yang lembut bahkan saat kopi hitam sekalipun. Hal ini akan membantu kamu dalam melakukan transisi ke kopi hitam.

Tip 2 - Ganti Metode Penyeduhan Kopi-mu
Kopi akan terasa sedikit berbeda tergantung pada metode penyeduhan apa yang kamu gunakan. Jika kamu tidak menyukai kopi dari hasil alat seduh drip yang biasanya, mengapa kamu tidak beralih ke alat seduh French Press? Setiap metode penyeduhan dapat menyeduh rasa minuman secara unik yang dapat mengubah rasa kopimu. Kuncinya adalah menemukan metode penyeduhan yang paling sesuai untuk kamu.

Tip 3 - Uji Coba Rasa
Sebelum kamu menambahkan creamer dan gula pada kopimu seperti biasanya, rasakan kopimu tanpa creamer dan gula dulu. Seruput dan nikmatilah aroma kopimu untuk mendapatkan rasa kopi yang sebenarnya dan lihat yang kamu pikirkan. Ini adalah cara yang sangat bagus untuk mulai memperluas selera kopimu bahkan saat kamu mengandalkan creamer dan gula sekalipun.

Tip 4 - Kurangi Kebutuhan Creamer dan Gula Secara Bertahap
Secara perlahan, kurangi ketergantungan creamer dan gula kamu setiap kali kamu meminum secangkir kopi. Ini akan membantu kamu beralih ke kopi hitam jauh menjadi jauh lebih mudah. Lihat cara di bawah ini untuk melakukannya.

Tip 5 - Cobalah Es Kopi Hitam
Jika tahap-tahap diatas tidak bekerja dengan baik untuk kamu, kamu bisa mencoba es kopi hitam tanpa campuran creamer dan gula. Kuncinya di sini adalah dedikasi. Pada awalnya mungkin kamu belum bisa menikmati kopimu, tapi berusahalah untuk menikmatinya. Setelah satu atau dua minggu kamu akan bertanya-tanya mengapa kamu menambahkan sesuatu seperti creamer dan gula ke dalam kopimu.

Tip 6 - Ganti Gelasmu
Ini mungkin akan sedikit terdengar gila, namun penelitian telah menunjukkan bahwa warna mug yang kamu gunakan dapat mempengaruhi bagaimana kamu merasakan rasa kopimu. Misalnya, jika kamu menggunakan cangkir berwarna putih, mungkin kamu akan percaya bahwa kopimu akan terasa lebih pahit dibandingkan dengan meminum kopi yang sama dalam cangkir yang berwarna bening. Cobalah untuk mengganti warna cangkirmu saat kamu meminum kopi hitam untuk melihat apakah hal itu membantu rasanya.

Cara Mengurangi Creamer dan Gula
Mereka yang selalu menggunakan creamer dan gula seperti sebuah keharusan, sering mengalami masa sulit untuk beralih ke kopi hitam. Namun, jika kamu benar-benar berdedikasi untuk beralih ke kopi hitam, tentu ada saja jalannya.

Pertama, ukur seberapa banyak creamer dan gula yang kamu gunakan pada kopimu. Kamu melakukan ini untuk menentukan dasar dari apa yang biasanya kamu sukai dalam meminum kopimu. Setelah kamu memiliki dasarnya, tetap pada ukuran itu dan ukur secara konsisten setiap minggunya untuk memastikan kamu tidak memerlukan takaran itu. Setelah itu pada minggu pertama, kurangi jumlah creamer dan gula yang kamu gunakan seperempatnya.

Lanjutkan sekitar satu minggu di tingkat ukuran yang baru dan kemudian kurangi seperempatnya lagi. Setiap minggu kurangi ukuran creamer dan gula sampai kamu sama sekali tidak membutuhkannya lagi. Jika selama proses ini kamu mencapai tingkat yang tidak kamu sukai, cobalah bertahan pada level itu selama dua minggu, bukan hanya satu minggu. Hal ini akan memberi kamu kesempatan untuk menyesuaikan diri dengan selera yang baru.

Pada akhirnya, kamu akan mulai menghilangkan kebutuhan creamer dan gula dalam campuran kopimu sehingga kamu bisa menikmati kopi hitam dengan segala kenikmatannya.

Kesimpulan
Ingatlah, kita tidak sedang mengacaukan cara kita menikmati kopi. Jika kamu menyukai kopimu dengan mengharuskan creamer dan gula ada di dalam kopimu, minumlah kopi tersebut dan cintailah. Apa yang ingin saya lakukan disini adalah salah satu cara untuk mendorong kamu dalam mencoba sesuatu hal yang baru. Perluaslah pengetahuan kopimu.

Saya tidak akan menjamin bahwa kamu akan menyukainya, tapi siapa yang tahu? Dengan sedikit eksperimen, kamu bisa tumbuh untuk menyukainya. Jadi mengapa tidak memberi ruang untuk kopi hitam? Saya percaya jika kamu memberikan kesempatan pada kopi hitam, kamu mungkin akan menyukainya, sama seperti kopi yang selalu kamu campurkan dengan creamer dan gula.

Selamat menikmati kopi hitam ya!

Kunjungi thread saya yang lainnya ya:
- Ilmu Sebenarnya Dibalik "Blooming" Pada Kopi
Diubah oleh kopimasben 03-10-2017 06:55
0
26.9K
189
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.