News
Batal
KATEGORI
link has been copied
23
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59ce3f1312e2579a128b4567/kpk-penyidik-bisa-tetapkan-kembali-novanto-sebagai-tersangka
JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi menyatakan bahwa pihaknya bisa menerbitkan surat perintah penyidikan (Sprindik) baru untuk mengusut kembali kasus Ketua DPR Setya Novanto terkait dugaan korupsi proyek e-KTP. Hal ini disampaikan Kepala Biro Hukum KPK Setiadi menanggapi putusan Hakim Cepi Iskandar di sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (29/9/2017). Hakim
Lapor Hansip
29-09-2017 19:39

KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka

KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi menyatakan bahwa pihaknya bisa menerbitkan surat perintah penyidikan (Sprindik) baru untuk mengusut kembali kasus Ketua DPR Setya Novanto terkait dugaan korupsi proyek e-KTP.

Hal ini disampaikan Kepala Biro Hukum KPK Setiadi menanggapi putusan Hakim Cepi Iskandar di sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (29/9/2017).

Hakim Cepi memutuskan penetapan tersangka Novanto oleh KPK tidak sah. Dengan demikian, penyidikannya harus dihentikan.

"Berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2016 yang mana didalam aturan itu, bahwa apabila dalam penetapan tersangka itu dibatalkan, penyidik dibenarkan untuk mengeluarkan surat perintah baru," kata Setiadi usai sidang putusan praperadilan, Jumat petang.

Namun, Setiadi menegaskan, bukan berarti KPK sudah memutuskan untuk kembali mengeluarkan Sprindik terhadap Novanto. KPK akan terlebih dulu membahasnya.

"Jadi ini bukan berarti sikap kami (untuk keluarkan sprindik baru). Karena kami akan lakukan konsolidasi dan evaluasi," kata dia.

Setya Novanto ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi e-KTP oleh KPK pada 17 Juli 2017 lalu.

Ia lalu mengajukan praperadilan ke PN Jakarta Selatan pada 4 September 2017. Gugatan terdaftar dalam nomor 97/Pid.Prap/2017/PN Jak.Sel.

Novanto keberatan atas status tersangka dari KPK.

Ketua Umum Partai Golkar ini diduga menguntungkan diri atau orang lain atau korporasi dan menyalahgunakan kewenangan dan jabatan, pada kasus e-KTP.

Novanto sewaktu menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR diduga ikut mengatur agar anggaran proyek e-KTP senilai Rp 5,9 triliun disetujui oleh anggota DPR.

Selain itu, Novanto diduga mengondisikan pemenang lelang dalam proyek e-KTP. Bersama pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong, Novanto diduga ikut menyebabkan kerugian negara Rp 2,3 triliun.

Pihak Novanto sebelumnya meminta KPK mengentikan sementara penyidikan hingga ada putusan praperadilan.

Novanto dua kali tak memenuhi panggilan pemeriksaan sebagai tersangka lantaran dirawat di rumah sakit.

Putusan MK

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat sebelumnya mengatakan, kekalahan KPK dalam sidang praperadilan tidak serta merta menggugurkan tindak pidana yang disangkakan.

Menurut dia, KPK masih bisa melakukan penyidikan dari awal dengan langkah yang sesuai aturan.

"Praperadilan itu hanya menentukan apakah penentuan sebagai tersangkanya itu sah atau tidak. Tidak menghilangkan arti tindak pidana itu sendiri," ucap Arif di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Arief berpendapat, KPK bisa saja melakukan penyidikan ulang yang lebih sesuai prosedur dengan disertai alat bukti yang lebih kuat.

"Jadi, tidak berarti terus harus berhenti. Tidak," ucapnya.

Di dalam putusan MK, Arief mengatakan, hakim menganggap penetapan tersangka menjadi obyek praperadilan lantaran ingin mengembalikan hak-hak konstitusi dan HAM seorang tersangka.

Di sisi lain, lanjut Arif, MK juga berharap lembaga penegak hukum bisa bekerja lebih profesional dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Soal penetapan tersangka, Kejaksaan pernah menerbitkan Sprindik hingga empat kali terhadap Ketua Kadin Jatim La Nyalla Matalitti setelah berkali-kali kalah di praperadilan.

Akhirnya, pihak La Nyala tak lagi mengajukan praperadilan dan melanjutkan proses di persidangan.

Sumber

Licin kayak beluttt ni orang emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh 5.november
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka
29-09-2017 19:40
AJGMJ
0 0
0
KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka
29-09-2017 19:41
ayo nasbung uasuuu serang emoticon-Marah
0 0
0
KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka
29-09-2017 19:41
kalau nunggu kpk mentersangkakan bg ?
mungkin gak ?

siapa dulu dong yang milih dia jadi calon kapolri dan bin
jokowi gitu loh
yang terbukti anti korupsi
0 0
0
KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka
29-09-2017 19:43
Tolong nastaik yang giat bela papah. Jangan magabut!
0 0
0
KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka
29-09-2017 19:45
sahabat pak de setelong... bubar aja dah kpk
0 0
0
KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka
29-09-2017 19:46
Quote:Original Posted By ninloro
kalau nunggu kpk mentersangkakan bg ?
mungkin gak ?

siapa dulu dong yang milih dia jadi calon kapolri dan bin
jokowi gitu loh
yang terbukti anti korupsi


jkwi hanya pelaksana. orang dibelakangnya yang "bermain"
0 0
0
KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka
29-09-2017 19:51
rejim inih yang penting ciduk semua hetspich bray, korupsi ndak apa2 asal dukung don kowiemoticon-Recommended Selleremoticon-Recommended Seller
0 0
0
KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka
29-09-2017 19:51
setnov ditetapkan lagi menjadi tersangka bisa banget, dan beberapa hari yang lalu jubir KPK bilang setelah SN bakalan ada banyak anggota dewan yang akan ditetapkan menjadi tersangka. Menarik menurut gue, sebab jika strategi itu dilakukan maka dengan sendirinya para anggota dewan tersebut akan mengaku siapa2 saja pejabat2 yang dikala itu terlibat. Setnov bukan dalang utama menurut gue.
0 0
0
KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka
29-09-2017 19:52
KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka

kerenlah si papa....

KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka
0 0
0
KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka
29-09-2017 20:01
Quote:Original Posted By capres.banjir
KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka

kerenlah si papa....

KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka


saking saktinya emoticon-Leh Uga

Diubah oleh 5.november
0 0
0
KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka
29-09-2017 20:03
Sampai di bela2in demo buat pengalihan isu
0 0
0
KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka
29-09-2017 20:11
papa novi itu papanya nastak ato nasbung??? emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)






Surat Fadli Zon untuk KPK adalah Abuse of Power untuk Kenyamanan Pribadi Setya Novanto
sumur

Surat Fadli Zon yang mengatasnamakan pimpinan DPR dan ditujukan kepada KPK untuk dan atas nama Setya Novanto harus sudah jelas merupakan bentuk penyalahgunaan jabatan atau kekuasaan oleh Fadli Zon sebagai Wakil Ketua DPR RI bekerja sama dengan Setya Novanto menggunakan Lembaga DPR RI untuk kenyamanan pribadi Setya Novanto yang seharusnya berada di luar tugas dan wewenang pimpinan DPR.


Fadli Zon Sebut Surat Permohonan Penundaan Pemeriksaan Setya Novanto keKPK Meneruskan Aspirasi
sumur

Fahri Bela Fadli soal Surat Setya Novanto ke KPK
sumur





emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka
29-09-2017 20:12
Aman dahemoticon-Big Grin
KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka
0 0
0
KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka
29-09-2017 20:12
emang jokui berani ama LBP yg jd beking nya papa...

kalau kata perdana menteri selamat, ya harus selamat, sang pion yo melongo
0 0
0
KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka
29-09-2017 20:23
Gag percaya ane, liat track record kpk

Semua tersangka hukum kelas kakap begitu dukung pemerintah, langsung hilang kasusnya

Beda banget ama jaman kebo yg anggota sampai ketum partai nya sendiri bisa masuk bui, bahkan besan nya masuk bui
0 0
0
KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka
29-09-2017 20:25
Jika jokowi tidak berbuat apa2,
alamat jokowi hancur di 2019,
aku kampanye ke satu kampung, tetangga, teman, kerabat, kawannya kawan, kenalannya kenalan, semua yang bisa ku jangkau, kampanye jangan milih jokowi..
0 0
0
KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka
29-09-2017 20:26
hahahahhah papinya nastak neeh
0 0
0
KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka
29-09-2017 20:27
Quote:Original Posted By halim85
Gag percaya ane, liat track record kpk

Semua tersangka hukum kelas kakap begitu dukung pemerintah, langsung hilang kasusnya

Beda banget ama jaman kebo yg anggota sampai ketum partai nya sendiri bisa masuk bui, bahkan besan nya masuk bui


jokowi - papa 2019 emoticon-Shakehand2 emoticon-Kimpoi
0 0
0
KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka
29-09-2017 20:29
Quote:Original Posted By capres.banjir


jokowi - papa 2019 emoticon-Shakehand2 emoticon-Kimpoi


terus puan dikemanain ? emoticon-Malu
0 0
0
KPK: Penyidik Bisa Tetapkan Kembali Novanto sebagai Tersangka
29-09-2017 21:03
Ntaps
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia