• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Heboh Peluncuran iPhone X, Begini Nih Sedihnya Jadi Buruh di Pabrik iPhone Cina!

yukepodotcomAvatar border
TS
yukepodotcom
Heboh Peluncuran iPhone X, Begini Nih Sedihnya Jadi Buruh di Pabrik iPhone Cina!
WELCOME TO YUKEPO OFFICIAL THREAD
emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah




Belakangan ini, dunia sedang dihebohkan dengan rencana peluncuran produk terbaru dari perusahaan teknologi raksasa dunia, Apple. Ya, Apple memang sedang berencana akan meluncurkan produk iPhone terbarunya, yaitu iPhone X dalam waktu dekat ini. Beberapa fitur yang telah dibocorkan ke publik membuat para penggemar gadget dan fans Apple di seluruh dunia menunggu dengan antusias. Bahkan, sering kali beberapa hari menuju peluncurannya, orang-orang rela mengantre di depan Apple Store demi mendapatkan produk tersebut sesegera mungkin. Saat peluncuran iPhone 8 kemarin saja, pembeli pertama yang berhasil mendapatkan produk Apple harus rela menunggu selama sebelas hari di depan toko Apple. Peluncuran iPhone X ini menjadi sesuatu yang lebih dinanti karena iPhone X memiliki fitur yang lebih canggih dibandingkan dengan iPhone 8.

Namun, di balik setiap produk yang kita konsumsi, baik itu berupa makanan, buku, mainan, mebel, hingga gadget yang saat ini kita pegang untuk membaca artikel ini, terdapat orang-orang yang bekerja untuk mewujudkannya. Dalam kasus Apple dan iPhonenya, terdapat orang-orang hebat di baliknya, seperti Steve Wozniak dan ribuan pekerja di kantor Apple. Namun, bukan hanya orang-orang keren yang bekerja di kantor mewah dan nyaman Apple saja yang berjasa dalam menghantarkan iPhone ke tangan konsumen. Nyatanya, ada puluhan ribu orang lain yang terperangkap dalam pabrik perakitan iPhone di Cina yang harus menjalani hidup menyedihkan demi mewujudkan jutaan iPhone yang kita konsumsi kini. Orang-orang inilah yang mewujudkan ide-ide keren produk Apple menjadi produk massal yang siap dikonsumsi. Nah, ternyata, tiap iPhone ini mengandung keringat mereka, para buruh pabrik dengan kehidupan yang serba terbatas. Ingin tahu seperti apa kehidupan para buruh pabrik iPhone di Cina? Cek fakta-fakta berikut, ya!

Spoiler for 1. Apple telah lama bekerja sama dengan perusahaan Cina untuk mendirikan pabrik perakitan Apple di Cina:


Spoiler for 2. Untuk itu, didirikanlah satu kompleks besar pabrik iPhone di Cina yang dikelola oleh perusahaan Taiwan bernama Pegatron:


Spoiler for 3. Kompleks besar ini menjadi tempat hidup bagi sekitar 50.000 karyawan pabrik Apple:


Spoiler for 4. Mereka menghabiskan waktu dari pagi hingga malam dalam kompleks besar tersebut, merakit sekitar ratusan ribu produk Apple dalam satu hari:


Spoiler for 5. Jam kerja para karyawan pabrik sangat panjang. Mereka dapat bekerja 10 hingga 12 jam per harinya:


Spoiler for 6. Belum lagi dengan jam kerja lembur yang sering kali diwajibkan oleh mandor pabrik sehingga mereka dapat bekerja hingga 70 jam per minggu. Angka ini tentu jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mayoritas pekerja yang hanya bekerja 40 hingga 48 jam per mingg:



Spoiler for 7. Jam kerja yang panjang itu tidak didukung dengan gaji yang pantas. Para karyawan pabrik ini rata-rata hanya bergaji di bawah 250 Euro atau setara dengan 3,9 juta rupiah:



Spoiler for 8. Setiap pagi, karyawan Apple diharuskan untuk melakukan "morning roll" yang berupa absen di pagi hari dengan berbaris ala militer dan meneriakkan slogan-slogan:


Spoiler for 9. Mereka harus bekerja dengan sangat cepat, tanpa bicara, makan, minum, dan bahkan tidak dapat ke kamar kecil selain pada waktu istirahat. Handphone pun dilarang untuk digunakan pada jam kerja:


Spoiler for 10. Waktu istirahat karyawan pabrik Apple pun sangat singkat dan jika diakumulasi, hanya berjumlah 90 menit per hari yang dihitung secara ketat dengan sistem pengecekan ID yang lucunya tidak efektif dalam menghitung jam lembur karyawannya:


Spoiler for 11. Setiap pekerja hanya akan melakukan satu pekerjaan, seperti misalnya memasang skrup secara terus menerus sepanjang waktu yang tentu membuat karyawan bosan dan beralih fungsi menjadi "robot":


Spoiler for 12. Tidak banyak hiburan yang dapat dinikmati oleh para pekerja pabrik Apple. Harga makanan di supermarket dan kantin pun melambung tinggi sehingga dapat menguras kantong para pekerja:


Spoiler for 13. Tidak hanya itu, para pekerja juga menjadi korban dari kekerasan verbal dan psikologis yang dilakukan oleh para pengawas pabrik:


Spoiler for 14. Situasi tempat tinggal para karyawan pabrik Apple ini pun tidak kalah menyedihkan. Mereka tinggal dalam asrama yang setiap kamarnya berisi hingga 8 orang:


Spoiler for 15. Hanya terdapat satu kamar mandi massal di tiap lantai yang menjadi rebutan para karyawan pabrik setelah jam kerja usai:


Spoiler for 16. Melihat kondisi yang seperti ini, maka tidak heran jika beberapa karyawan pabrik Apple sampai meninggal akibat kerja terlalu lama dan beberapa lainnya melakukan percobaan bunuh diri:


Melihat fakta-fakta tersebut, masihkah kamu mau membeli produk Apple? Memang tidak dapat dipungkiri bahwa Apple memiliki produk yang sangat berkualitas. Perusahaan ini juga dikenal memiliki kondisi kerja yang sangat nyaman dan menyenangkan bagi para pekerja kreatifnya. Apple juga merupakan salah satu perusahaan yang berkomitmen kuat dalam menelusuri jalur perdagangan mineral yang mereka gunakan dalam produknya untuk menghindari penggunaan mineral konflik dari negara-negara di Afrika. Namun ternyata, para pekerja di pabrik Apple Cina masih mengalami kondisi kerja yang menyedihkan yang disebabkan oleh pengelolaan pabrik dari pihak Pegatron yang kurang manusiawi dan tidak transparan. Organisasi pengawas buruh di Cina pun kini terus mendesak Apple dan Pegatron untuk memperbaiki kondisi kerja para karyawannya.


Sumber : Yukepo
Rate, comment, cendol appreciated emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
0
78.2K
375
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.