News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
191
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59c946eb902cfeed148b456e/kasihansejak-gestapu-tni-au--selalu-menjadi-anak-tiri
Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau), Marsekal (Purn) Chappy Hakim memprotes usulan sejumlah pihak yang mengesampingkan keberadaan kader AU sebagai calon Panglima TNI. Kekesalan dan kekecewaan itu diungkapkan Chappy lewat akun Twitter miliknya. Protes yang dilayangkan Chappy itu bukan tanpa alasan, sejak Indonesia merdeka, AU hampir tak pernah mendapat jatah Panglima. Kecuali di era SBY,
Lapor Hansip
26-09-2017 01:11

Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri

Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri

Quote:Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau), Marsekal (Purn) Chappy Hakim memprotes usulan sejumlah pihak yang mengesampingkan keberadaan kader AU sebagai calon Panglima TNI. Kekesalan dan kekecewaan itu diungkapkan Chappy lewat akun Twitter miliknya.

Protes yang dilayangkan Chappy itu bukan tanpa alasan, sejak Indonesia merdeka, AU hampir tak pernah mendapat jatah Panglima. Kecuali di era SBY, di mana Marsekal (Purn) Djoko Suyanto menjadi satu-satunya mantan pilot yang ditunjuk presiden sebagai Panglima. Sedangkan kelasi dari TNI AL sudah dua kali.

Di tengah gonjang-ganjing siapa yang berhak menempati posisi Panglima TNI, Angkatan Udara pernah mengalami masa-masa yang sangat kelam. Kondisi ini berlangsung di era tahun 1960-an, justru di korps ini berada di puncak kejayaannya.

Pada tahun 1962, hubungan mesra dengan Blok Timur ditambah kebijakan konfrontasi yang dilancarkan Soekarno terhadap Belanda di Irian Barat dan Kalimantan membuat kekuatan Indonesia cukup diperhitungkan. Hampir seluruh peralatan perang tercanggih di masa itu dimiliki TNI, tak terkecuali Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI), nama TNI AU saat itu.

AURI memiliki banyak pesawat canggih yang didatangkan dari China dan Rusia. Dari negeri Tirai Bambu, AURI menerima empat pesawat MiG-17 hasil lisensi Uni Soviet sebanyak 12 buah. Sedang dari negeri Beruang Merah mendapat segerombolan pesawat tempur MiG-15 UTI, MiG-17, MiG-19, dan MiG 21 serta pesawat pembom legendaris Tu-16 sebanyak 26 unit. Itu belum termasuk pesawat angkut militer serta helikopter dari negara-negara kiri lainnya.

Ketangguhan dan kejayaan itu berubah ketika Gerakan 30 September 1965 berlangsung. Kudeta yang dilakukan Letnan Kolonel Untung Syamsuri dengan menculik petinggi Angkatan Darat. Soeharto yang marah atas peristiwa itu mengebiri seluruh komponen yang dianggap pendukung Bung Karno dan komunis, tak terkecuali AURI yang saat itu dipimpin oleh Men/Pangau Marsekal Madya Omar Dhani.

Dalam 'Fakta dan Rekayasa G 30S' (Pambudi, 2011), Omar dituduh terlibat G30S karena ia berada di berada di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma pada 1 Oktober 1965. Saat itu, sebagian kompleks Halim berada di bawah wewenang Omar, dipinjamkan sebagai tempat pelatihan Pemuda Rakjat, organisasi Partai Komunis Indonesia (PKI).


Sumur

Gak tahu kenapa sejak Soeharto berkuasa, TNI AU kita kok kyk dikerdilkan, gak cuma itu TNI AL kita juga, kapal selam kita yg asal Uni Soviet juga dibiarin jadi bangkai sama orde baru. Semua alutista buat TNI AL n AU kita pada jaman itu benar2x gak diperhatikan.

Padahal TNI yang kuat itu gabungan laut, darat, dan udara loh. Bukan darat ajah. Kenapa kenapa yg paling berkuasa di RI itu TNI AD.....
Diubah oleh berisa
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 10
Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri
26-09-2017 19:51
Quote:Original Posted By berisa
Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri



Sumur

Gak tahu kenapa sejak Soeharto berkuasa, TNI AU kita kok kyk dikerdilkan, gak cuma itu TNI AL kita juga, kapal selam kita yg asal Uni Soviet juga dibiarin jadi bangkai sama orde baru. Semua alutista buat TNI AL n AU kita pada jaman itu benar2x gak diperhatikan.

Padahal TNI yang kuat itu gabungan laut, darat, dan udara loh. Bukan darat ajah. Kenapa kenapa yg paling berkuasa di RI itu TNI AD.....


otak itu dipake nak.. klo ngomong alusista baru2 ini saja sejak reformasi semua alusista diperbaharui.. termasuk AD.. AL dan AU

klo kau ngomong tentg kenapa pembaharuan AU dan AL keliatan sedikit... lu protes sana ke DPR anggaran untuk kemenhan 80 T terbagi lagi untuk kemenhan,AU AL dan AD... bayangkan 100 lebih triliun untuk p@lri....

lu juga tau nda harga 1 kapal jenis frigat murni... bukan frigat2an macam KRI usman Harun ( yang udah dianggap modern bgi indonesia) itu bisa untuk membeli ratusan tank..ribuan mortir ..
jadi bnyak alsan kenapa AU dan AL terkesan lambat dalam pemenuhan MEF nya
0 0
0
Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri
26-09-2017 20:04
Emang benar TNI AU seperti di anak tirikan, kebetulan ane tinggal di daerah Medan dan dekat dgn Lanud Soewondo dan juga Kodam I/BB... Ane liat berbeda jauh kendaraan operasional kedua matra ini, dmn ane liat kendaraan AD lebih "seger2" ketimbang AU... bayangkan saja, kendaraan AD yg paling "jelek" adalah Avanza veloz bandingkan kendaraan milik AU yg rata2 mobil tua seperti kijang, bahkan yg lebih ironi mobil2 tersebut sudah berkarat tetapi msh juga dipakai AU...
Diubah oleh ahmad0109
0 0
0
Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri
26-09-2017 20:12
dulu pki berlindung dibelakang sukarno dan memanfaatkan kekuasaan sukarno untuk menyingkirkan lawan idiologi mereka agar mereka bisa menjadi penguasa tunggal di indonesia

sekarang neo pki berlindung dibalik sukarnois dan memanfaatkan fanatisme sukarno untuk menyingkirkan musuh utama mereka yang menjadi satu-satunya penghalang mereka untuk mencengkram indonesia

siapa lagi kalau bukan suharto, sosok manusia super yang mampu menghabisi pki dalam sekali gebuk dan membuat sisa-sisa pki tidak berkutik selama 30 tahun lebih

faktanya, pada masa tersebut memang ada tiga kubu, yaitu sukarno, suharto (abri), dan pki, jadi berbicara mengenai kambing hitam dalang gestok/gestapu, hanya ada tiga versi yang paling pokok, yaitu sukarno, suharto, atau pki

pki tidak mungkin mengkambinghitamkan sukarno, meskipun faktanya adalah sedikit banyak sukarno terlibat, namun menuduh sukarno dapat memancing amarah sukarnois yang sangat mengkultuskan sukarno. mereka (pki) khawatir sukarnois bakal balik menyerang dan menendang pki begitu tahu kehormatan sukarno dilecehkan. sedangkan sukarnois adalah satu-satunya kendaraan tumpangan mereka (pki) untuk bisa bertahan hidup hingga saat ini

maka satu-satunya kambinghitam yang tersisa memang suharto. sebuah pilihan rasional ketika mereka (pki) tidak mungkin menuduh dirinya sendiri. dan mereka (pki) juga tidak punya cukup nyali untuk menunjuk hidung nu (banser) yang realitanya menjadi jagal dalam pembantaian para senior dan pendahulu mereka (pki)

mereka menuduh suharto dengan dalih membela sukarno, padahal
1. suharto sangat menghormati dan mengagumi sukarno
2. hubungan sukarno dan suharto adalah dekat (seperti bapak dengan anak)
3. suharto sangat melindungi wibawa dan keselamatan sukarno (terutama dari pengaruh pki)
4. suharto tidak pernah menuduh dan mendiskreditkan sukarno sebagai dalang gestok
5. suharto memenjarakan siapapun yang mendiskreditkan dan menyebarkan aib sukarno
6. suharto sangat memuliakan sukarno bahkan setelah kematian sukarno
7. dll

ternyata suharto adalah seorang sukarnois, tapi mengapa mereka yang mengklaim diri sebagai sukarnois sangat membenci suharto?
tentu saja karena mereka adalah sukarnois-sukarnois palsu sebagaimana pancasilais-pancasilais palsu saat ini yang kepanasan ketika film gestok hendak diputar secara massal.

mereka khawatir, jika sukarnois generasi milenial saat ini sadar bahwa suharto tidak pernah menuduh dan mendiskreditkan sukarno, maka sukarnois generasi milenial saat ini tidak memiliki alasan untuk menjadikan suharto sebagai musuh bersama. dan ini akan membuat pki kehilangan tempat dan simpati dimata para sukarnois itu sendiri
0 0
0
Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri
26-09-2017 20:18
Quote:Original Posted By almudasir


otak itu dipake nak.. klo ngomong alusista baru2 ini saja sejak reformasi semua alusista diperbaharui.. termasuk AD.. AL dan AU

klo kau ngomong tentg kenapa pembaharuan AU dan AL keliatan sedikit... lu protes sana ke DPR anggaran untuk kemenhan 80 T terbagi lagi untuk kemenhan,AU AL dan AD... bayangkan 100 lebih triliun untuk p@lri....

lu juga tau nda harga 1 kapal jenis frigat murni... bukan frigat2an macam KRI usman Harun ( yang udah dianggap modern bgi indonesia) itu bisa untuk membeli ratusan tank..ribuan mortir ..
jadi bnyak alsan kenapa AU dan AL terkesan lambat dalam pemenuhan MEF nya


Penjelasan bagus gan, ane ijin bold hal mendassr di penyampaian agan yak emoticon-Kiss
0 0
0
Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri
26-09-2017 20:31
Quote:Original Posted By duratmokoo
Kecuali sby ternyata sodara2...berarti memeg ama jokowi ngikutin suharto emoticon-Wkwkwk


Quote:Original Posted By AMARTAZ
kebetulan aja orang orang terbaik untuk memimpin TNI ada di AD
tpi ane yakin kedepan pasti ada dari AU dan AL


Quote:Original Posted By si.matamalaikat
harusnya bergiliran biar adil emoticon-Traveller


Kalau presidennya dari TNI bisa jadi yang dipilih jadi panglima dari AU atau AL, contohnya SBY. Kalau presiden sipil mendingan pilih AD sepertinya karena alasan politis, dll.
Diubah oleh dxbike
0 0
0
Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri
26-09-2017 20:34
Quote:Original Posted By mol1709
dulu pki berlindung dibelakang sukarno dan memanfaatkan kekuasaan sukarno untuk menyingkirkan lawan idiologi mereka agar mereka bisa menjadi penguasa tunggal di indonesia

sekarang neo pki berlindung dibalik sukarnois dan memanfaatkan fanatisme sukarno untuk menyingkirkan musuh utama mereka yang menjadi satu-satunya penghalang mereka untuk mencengkram indonesia

siapa lagi kalau bukan suharto, sosok manusia super yang mampu menghabisi pki dalam sekali gebuk dan membuat sisa-sisa pki tidak berkutik selama 30 tahun lebih

faktanya, pada masa tersebut memang ada tiga kubu, yaitu sukarno, suharto (abri), dan pki, jadi berbicara mengenai kambing hitam dalang gestok/gestapu, hanya ada tiga versi yang paling pokok, yaitu sukarno, suharto, atau pki

pki tidak mungkin mengkambinghitamkan sukarno, meskipun faktanya adalah sedikit banyak sukarno terlibat, namun menuduh sukarno dapat memancing amarah sukarnois yang sangat mengkultuskan sukarno. mereka (pki) khawatir sukarnois bakal balik menyerang dan menendang pki begitu tahu kehormatan sukarno dilecehkan. sedangkan sukarnois adalah satu-satunya kendaraan tumpangan mereka (pki) untuk bisa bertahan hidup hingga saat ini

maka satu-satunya kambinghitam yang tersisa memang suharto. sebuah pilihan rasional ketika mereka (pki) tidak mungkin menuduh dirinya sendiri. dan mereka (pki) juga tidak punya cukup nyali untuk menunjuk hidung nu (banser) yang realitanya menjadi jagal dalam pembantaian para senior dan pendahulu mereka (pki)

mereka menuduh suharto dengan dalih membela sukarno, padahal
1. suharto sangat menghormati dan mengagumi sukarno
2. hubungan sukarno dan suharto adalah dekat (seperti bapak dengan anak)
3. suharto sangat melindungi wibawa dan keselamatan sukarno (terutama dari pengaruh pki)
4. suharto tidak pernah menuduh dan mendiskreditkan sukarno sebagai dalang gestok
5. suharto memenjarakan siapapun yang mendiskreditkan dan menyebarkan aib sukarno
6. suharto sangat memuliakan sukarno bahkan setelah kematian sukarno
7. dll

ternyata suharto adalah seorang sukarnois, tapi mengapa mereka yang mengklaim diri sebagai sukarnois sangat membenci suharto?
tentu saja karena mereka adalah sukarnois-sukarnois palsu sebagaimana pancasilais-pancasilais palsu saat ini yang kepanasan ketika film gestok hendak diputar secara massal.

mereka khawatir, jika sukarnois generasi milenial saat ini sadar bahwa suharto tidak pernah menuduh dan mendiskreditkan sukarno, maka sukarnois generasi milenial saat ini tidak memiliki alasan untuk menjadikan suharto sebagai musuh bersama. dan ini akan membuat pki kehilangan tempat dan simpati dimata para sukarnois itu sendiri


gan gue ngakak baca penjelasan agan.
siapa ya yang mengisolasi BK di wisma yaso?
siapa yang membuat hatta sampai marah sampai mengirim surat untuk menjenguk Bk?
0 0
0
Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri
26-09-2017 20:38
Quote:Original Posted By berisa


Nasbung... Jenderal Ahmad Yani itu kesayangan BK dan dia udah mempersiapkan Yani buat gantiin dia. Mosok jenderal kesayangan dibunuh...dasar fe kha es, wowo gombel, ef phe ih.

Video di potong2x gitu...nonton yg lengkap tong. Klo lo nonton lengkap baru lo tahu....klo supersemar itu bukan untuk pengembilalihan kekuasaan.

Jadi G30S itu betul adanya, konflik PKI dengan TNI khususnya TNI AD, tapi TNI AD aka Soeharto memanfaatkan itu untuk melengserkan Soekarno. Emang licik tuh bapak pembangunan, makanya kena karma dia juga dilengserin sama rakyat tahun 1998.

Kena karma dia juga sakit keras sebelum meninggal. Banyak dosa yg dibawa dia ke liang lahat.

Junjungan lo sih Wowo juga mau ngikutin langkah Cingato waktu itu utk ambil kekuasaan. Untung gagal dan ngibrit ke Jordania.


asumsi ngaco,
kenyataannya Ketetapan MPRS Nomor III/MPRS/1963 soekarno mengangkat dirinya jadi presiden seumur hidup.
Diubah oleh binokulars
0 0
0
Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri
26-09-2017 20:40
Quote:Original Posted By mamayooi
Penjelasan bagus gan, ane ijin bold hal mendassr di penyampaian agan yak emoticon-Kiss


siip gan...
0 0
0
Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri
26-09-2017 20:44
Quote:Original Posted By IgnaShadow


masa sih gan. kemaren ane ke halim liat seragam biru make new camry emoticon-Big Grin



itu cuma oknum gan..

emoticon-Cool

Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri
0 0
0
Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri
26-09-2017 21:00
menurut ane dari sejarah Angkatan Laut(KKO/Marinir khususnya), Angkatan Udara ama Polri (Polisi Istimewa/Resimen Pelopor) cenderung ke Sukarno gan

kalo di perhatikan kekuatan militer kita di takuti barat pas perebutan Irian Barat (Trikora Operation) tau sendirikan dari Jet Fighter,Bomber ama Kapal KRI irian,kapal jenis Fighter,destroyer ama tank amfibi nya dari soviet semua emoticon-Takut
0 0
0
Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri
26-09-2017 21:11
Quote:Original Posted By mergawe


gan gue ngakak baca penjelasan agan.
siapa ya yang mengisolasi BK di wisma yaso?
siapa yang membuat hatta sampai marah sampai mengirim surat untuk menjenguk Bk?


kemaren gue nemu tulisan dimana yak

isinya nasutionlah yang meminta hukuman buat sukarno, namun suharto menolak dan hanya melakukan tahanan rumah

gue cari2 dulu yak emoticon-Big Grin
0 0
0
Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri
26-09-2017 21:14
Quote:Original Posted By markjankulovski
lha jaman SBY Panglima TNI pernah dari AU, Marsekal Djoko Suyanto. Berarti hebat ya SBY.


Kalo jaman nya Wiwi ?

Sehabis Pak Moeldoko yg dari AD .... harusnya kan giliran AU

Eh ama Wiwi malah diskip balik ke AD

emoticon-Big Grin
0 0
0
Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri
26-09-2017 21:18
Quote:Original Posted By masjunaedicakep
Mana kutipannya?
Bahkan buat kirim ke cakra, AD cuman ngirimin dari banteng raider doang
Situ jangan ngarang mendeskreditkan salah satu pihak


ya baca aja Thesisnya ben anderson!

Quote:Original Posted By TheTenant
affair lagi..

udah dibantah sama mas kiki tuhh....

kesaksiannya lengkap dibahas hwrmawan sulityo..

dokumen di angkatan darat itu lengkap dan terbuka

memang banyak yang berpendapat kalau tesis cornell paper masih lemah
0 0
0
Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri
26-09-2017 21:22
Quote:Original Posted By Sustermanis


yang ngerubah jadi AD kan juga pak jokowi, padahal sekarang jatahnya AU seharusnya, udah bagus tatanan yang dibuat SBY, dirubah suka suka


Ya

Kalau mau ngikutin tradisi nya SBY

Harusnya skrg giliran AU

0 0
0
Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri
26-09-2017 21:34
Quote:Original Posted By mergawe


gan gue ngakak baca penjelasan agan.
siapa ya yang mengisolasi BK di wisma yaso?
siapa yang membuat hatta sampai marah sampai mengirim surat untuk menjenguk Bk?



Sebenernya sih itu bentuk keengganan pak harto mengadili pak karno atas dugaan keterlibatan pak karno dlm gestapu, coz sebelum gestapu kan pak karno sendiri yg malah manas2in tni dgn menyebut jendral2 brengsek dan mencurigai mereka sbg pengkhianat..akhirnya jadi pembenar tjakrabirawa untuk membantai jendarl tni yg dituduh tidak loyal...
0 0
0
Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri
26-09-2017 21:34
Quote:Original Posted By protokol.sapi
tapi mereka bilang katanya tempat itu jadi latihan nya pemuda rakyat & gerwani emoticon-Cape deeehh


sukwan sukwati termasuk pemuda rakyat dan gerwani Gan... CMIIW
0 0
0
Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri
26-09-2017 21:38
Quote:Original Posted By Newbie2010


Kalo jaman nya Wiwi ?

Sehabis Pak Moeldoko yg dari AD .... harusnya kan giliran AU

Eh ama Wiwi malah diskip balik ke AD

emoticon-Big Grin



Akhirnya wiwi maju mundur kena...maju takut gatot makin banyak dapet simpati san dukungan, mundur takut kalah saing dan pamor....gue suka bgt saat2 seperti ini, saat2 dimana elit nastak maupun nastak kroco ketar ketir emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri
26-09-2017 21:38
eh tau gag sih pas pak harto mau beli sukhoi langsung di kudeta ama amin rais?

wkwkwkwkw coba baca deh berita taun 97an pas pak harto beli sukhoi wkwkwkwk

jangan bikin berita begini deh..... keliatan komunis nya emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri
26-09-2017 21:44
Quote:Original Posted By aj9mj


dan gara2 bung karno ngalah, kita jadi dikuasai ama rezim korup selama 32 tahun dan ketinggalan ama negara2 lain yg lebih dulu menjadi negara maju, termasuk jerman yg pernah civil war


kebanyakan nebar benih, istri-istrinya mengaburkan akal pejuangnya emoticon-Big Grin

jerman & mamarika yang pernah civil war jangan dicontoh... indonesia hebat kok... negara paling jago sedunia yang belum pernah ikut perang dunia emoticon-Big Grin
0 0
0
Kasihan...Sejak GESTAPU, TNI AU selalu menjadi anak tiri
26-09-2017 21:47
Quote:Original Posted By nasbungdiehard
Sayang dalam pemilihan panglima TNI,
Jokowi tidak mengikuti konsensus yang udah dibuat oleh Gusdur..
Padahal itu bagus,dibuat bergiliran..
Buat ngurangin ego antar matra dalam TNI..


bknnya di buat sby ya?
0 0
0
Halaman 8 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia