Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
515
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59c3d75714088df87a8b456c/trit-tandingan-kenapa-banyak-sarjana-pendidikan-gak-mau-jadi-guru
Thread tandingan ini telah mendapat persetujuan dari sista frontalbaby untuk saya buat. Jadi no hard feeling ya, saling berbagi opini saja...
Lapor Hansip
21-09-2017 22:14

Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]

emoticon-Blue Guy Smile (S) Halo, selamat datang di thread Bomcha emoticon-Blue Guy Smile (S)

Terimakasih sudah mampir dan singgah, sudi kiranya agan sista meninggalkan jejak, slaing berbagi opini dan mengisi kulkas ane dengan cendol-cendolnya emoticon-Cendol (S)

Terimakasih juga Kaskus untuk HT-nya emoticon-Kiss (S)

emoticon-Ultah
Terimakasih untuk partisipasi agan sista di thread ini, sungguh ane menemukan banyak sekali komen-komen menarik, yang beberapa bakalan ane angkut ke pageone untuk memperluas cara pandang kita emoticon-Kiss (S) Terimakasih untuk apresiasi pada kami para guru, doakan kami selalu supaya diberikan hati yg dilimpahi kebahagiaan untuk mengajar emoticon-Smilie


Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
cdn.brilio.net


emoticon-raining Muqaddimahemoticon-raining

Quote:
Quote:Thread tandingan ini telah mendapat persetujuan dari sista frontalbabyuntuk saya buat. Jadi no hard feeling ya, saling berbagi opini saja emoticon-I Love Indonesia (S)
Ini thread originalnya


Quote:Thread ini dibuat berdasarkan pemikiran ane yang mengendap sejak awal kuliah. Ane seorang mahasiswi pendidikan di sebuah universitas di Tangerang Selatan emoticon-I Love Indonesia (S)dan iya, sekarang ane jadi guru, sesuai dengan apa yang ane pelajari di bangku kuliah emoticon-Smilie


Quote:Ane setuju dengan semua point yang dijabarkan oleh sista frontalbabymengenai mengapa begitu banyak sarjana penddikan yang melenceng dari jalurnya. Kadang suka terasa nyess di hati ane, mendengar teman-teman di kampus yang bilang masuk pendidikan hanya untuk formalitas untuk mendapatkan gelar sarjana emoticon-Berduka (S) Padahal kita tau sendiri begitu banyak orang-orang yang serius menjadi guru dan benar-benar ingin mengabdikan dirinya untuk memajukan generasi bangsa emoticon-Berduka (S)


Quote:Maka dari itu thread ini lahir untuk menyoroti jurusan pendidikan yang cenderung digampangkan oleh para calon mahasiswa diluar sana, supaya kelak tidak ada lagi fenomena sarjana pendidikan yang bukan pendidik emoticon-Cape d... (S)

Ditunggu saran dan masukannya gansis! emoticon-I Love Indonesia (S)



1. Gaji Guru Memang Kecil, Terus Kenapa Maksa Masuk Jurusan Pendidikan??

Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
cdns.klimg.com


Quote:Harus ane akui, ane pun merasakan sedniri betapa pontang pantingnya kehidupan menjadi guru. Saat tenaga dan pikiran tercurahkan untuk mencari materi dan pembelajaran yang tepat, eh harus berjuang juga untuk memenuhi kebutuhan hidup dan keluarga. Kebayang kan capeknya.

Jadi PNS? Maaf PNS itu hanya bonus buat ane. Yang terpenting itu adalah jiwa pendidiknya. Itulah yang membuat kita masuk jurusan pendidikan, bukan karena ngejar status PNS! emoticon-Ngacir

Jadi, untuk para calon mahasiswa, gaji guru itu kecil, dan menjadi PNS hanyalah sebuah bonus untuk pengabdian kita. Kalau kamu mau cari kerjaan yang lebih banyak uangnya, maka ambil jurusan lain ya. Jangan colong kesempatan kami yang memang ingin menjadi pendidik betulan, bukan pendidik PNS. emoticon-Belo


2. Udah Tau Bukan Passionnya, Kok Masih Maksa? Dikira Guru Profesi yang Bercanda Kali

Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
3.bp.blogspot.com


Quote:Dear para calon mahasiswa, kalau kalian memang merasa tidak berbakat mengajar, maka urungkan niat kalian untuk memilih jurusan pendidikan. Kalian boleh masuk ke jurusan pendidikan kalau kalian memang berniat belajar dan mencoba ya emoticon-Metal
Jadi saat lulus nanti pun kalian telah belajar banyak untuk jadi seorang guru, bukan minjem gelar sarjananya doang ya emoticon-Mad Ingat, jangan rebut kesempatan kami!


3. Memilih Jurusan Pendidikan Karena Terpengaruh. Haloow Kalian Bukan Anak SD Kan?

Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
hipwee.com


Quote:Kalian sudah menempuh bangku sekolah selama 12 tahun lamanya, apakah waktu sepanjang itu tidak cukup untuk membentuk kemandirian dalam memilih keputusankah? Masa iya kalian diajak ke jurang, kalian manut-manut aja, enggak kan? Kalian pasti berpikir dulu dong. Sama halnya dengan masuk jurusan pendidikan. Pikirkan lagi matang-matang apakah kalian mampu mengemban amanah untuk mencerdaskan anak bangsa. Kalau ga mampu ya mbok nyadar diri aja jangan rebut kesempatan kami emoticon-Mad


4. Mendapat Beasiswa, Tapi Jurusan Pendidikan. Ya Jangan Asal Ambil Aja Dong!

Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
uts.ac.id


Quote:Ibarat dikasih voucher gratis makan ayam dengan sambel yang melimpah, dan kamu gak doyan pedas. Yang kamu lakukan jelas merelakan voucher tersebut karena kamu tahu konsekuensinya. Sama halnya saat menerima beasiswa di jurusan pendidikan. Ya kalo merasa tidak yakin dan mampu, jangan main iya-iya aja. Kalian gak tahu kan berapa banyak orang diluar sana yang menanti-nanti beasiswa pendidikan dengan harapan bisa menjadi guru. Sementara kalian yang diberi kesempatan, ternyata setelah lulus cuma numpang pinjem status sarjana aja. emoticon-Gila


5. Tidak Suka Anak Kecil, Terlalu Bandel, Kurang Menantang? Gih Mundur!

Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]


Quote:Dek, percayalah guru itu profesi yang super menantang. Setiap hari kita dituntut untuk menyusun materi, kita disibukkan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan bila sudah memasuki musim ulangan maaf saja guru bisa lembur lohh.. Yakin gak menguras otak dan adrenalin kamu?

Gak suka anak keci;? Ya yaudah gih kamu kerja yang lain. padahal jadi guru kan sekaligus latihan kita mengasuh anak nanti. Dari sekarang aja udah gak suka, gimana nanti?

Kalo kamu merasa terlalu bandel, maka menjadi guru adalah momen yang tepat untuk merubah diri. Ane merasakan sendiri perubahan drastis pada diri ane, baik saat bersikap, berpakaian, berbicara dan bagaimana cara ane memandang satu hal itu sudah berbeda sekali.

Kalau dedek-dedek belum yakin bisa berubah, jangan memaksakan diri ya . . . . Ingat, masih banyak diluar sana yang ingin jadi guru.


Saat kita memilih jurusan pendidikan, sudah seharusnya kita mengerti bahwa kelak kita akan menjadi tonggak perubahan bangsa, setidaknya tonggak perubahan pada anak didik kita, dari yang belum bisa baca, menjadi bisa, yang belum lancar berhitung dulunya, kini bisa diluar kepala. Bukankah itu sesuatu yang luar biasa?

Jadi sekali lagi tolonglah, kalau memang tidak niat menjadi guru, jangan pilih jurusan pendidikan ya? Karena guru itu bukan profesi yang bisa digeluti sembarang orang, dan ingat betapa besar amanah seorang guru itu.


Quote:
emoticon-rose Komentar-komentar Para Kaskuser emoticon-rose

Quote:Quote:Original Posted By adithiaprieska
Ane lulusan pendidikan dan ngga jadi guru. Masih ada banyak kerjaan non-guru tapi tetep dalem lingkup pendidikan. Kuncinya bener kata agan, harus passion dalam menjiwai pekerjaan sebagai seorang guru. Nah buat lulusan pendidikan lain yg "kurang" passion sebagai guru, bisa cari jalan bekerja dilingkup pendidikan non-guru. Ada konsultan, NGO Pendidikan, trainer, percetakan buku, penulis, dan ane yakin masih banyak lagi pekerjaan lingkup pendidikan non-guru. At least, berbekal ilmu pedagogik yg udah kita dapet selama kuliah, lulusan pendidikan bisa menjadi guru kapan dan dimanapun kita berada. Ane lulusan kampus pendidikan di ibu kota, dan alhamdulillah sekarang udah bisa ngajarin guru (trainer/konsultan pendidikan).

Pesen ane, lulusan pendidikan di era milenial harus cerdas berakulturasi dan berinovasi. Karena pendidikan itu bukan hanya sebatas area persekolahan aja.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Jempol


Quote:Original Posted By kamujahat21
Di desa ane
Yg jurusan pendidikan malah ogah jadi guruemoticon-Big Grin
Alesanya kliseemoticon-Big Grin

Ya ekonomiemoticon-Ngakak (S)

Gajinya kecil. Dan banting setir jadi karyawan.

Temen kerja ane dulu juga. Dia mantan guru STM. Dan malah jadi karyawan pabrik. Tentu saja karena ekonomi.

Yg jadi masalah dinegri ini adalah pendidikan kita busuk sebusuk busuknya(opini). Dimata ane ya...

Masa sekelas aja kaya ternak yg gak ada rasa happy nya.
Guru didepan.. murid diem ngangguk iya iya aja. Padahal bloon . Kagak nyaho. Karena gak happy

Dan terlebih gak semua bisa jadi guru. Masa baru lulus aja bisa jadi guru. Pemilihan guru itu harus ketat

Harus bener bener bisa mengajar dan berinteraksi dgn murid

Seperti halnya guru di TK
Yg ada adalah keseruan...

WHY YOU SERIOUS??
ingat meme

"Dididik very hard. Tapi stupid juga"

Thats real mean.

Dididik tapi tetep goblok disini makin lama makin biasa...

Guru juga adalah seseorang yg bisa memberi ilmu. Dan emak emak lah yg jadi tombak utama
Tapi kalo emak emaknya tetep bego ya pasti nurun keanaknya. Dan eh gak diasuh beri pelajaran pula dirumahemoticon-Cape d... (S)

Nih contohnya guru ane di stm pelajaran fisika
Dia guru baru dan bener bener happy ane liatnya karena pake pantomim buat ngilustrasi hukum fisika.

Nyatanya sekarang dia jadi kepala sekolah yg baruemoticon-Ngakak (S)

ANAK INDONESIA eh salah. Murid indonesia diwajibkan bisa seluruh pelajaran

Ane tanya???
Ente happy gak

Ente muat gak tuh otak..
Semua org ada kelebihan dan kekuranganya masing masing. Seperti halnya tesla. Dia jago dilistrik
Gak serta merta dia jago di perdukunan.
Eh salah deng
Maksud gue ekonomi


Jujur aja menurut ane nih. Sekolah emang wajib.
Tapi dibalik itu yg bener bener terlihat mengapa harus sekolah adalah


"HARUS TERLIHAT UMUM"


Coba lo bandingin ama yg home schooling. Meski gak umum dan pada kudu paket c( masih banyak hal ini dicerca)
Pada bagus mana


Quote:Original Posted By cahtijayan
gajinya bre ngenes, apalagi honorer, masih mending honorer lha ini guru bantu, apes dah, banyak banting setir jadi karyawan bank, 5 taun kerja di bank dapat mobil baru, intinya faktor ekonomi..😀
seperti lagunya sera tak tandur pari jebule tukul suket teki 😢


Iyaa yaah ane pun begitu tapi passionnya memang disini, jadi galau emoticon-Frown

Quote:Original Posted By meeooong
diperbaiki dulu itu sistem penggajian guru.
masa kerja 4 minggu tp di bayar kerja seminggu.
siapa yg mau kalau bukan memang pasionnya mengajar atau dalam keadaan terpaksa.

gaji pejabat malah terus naik beserta penambahan gaji gaji ke 13 dan seterusnya.

hayo siapa yg mau seperti itu kalau bukan seperti yg saya sebutkan di atas? emoticon-Big Grin

kalau ngomongin lulusan sarjana pendidikan, sekarang juga udahh kalah sama sarjana yg memang jurusannya.

kalau melihat dilapangan, yg jadi guru kebanyakan sudah berumur, niatan mengajar besar tp juga banyak faktor sebagai kendala dan penghambat.

yg muda muda dan enerjik, lebih memilih jd profesional di tempat lain, mengejar kestabilan ekonomi tujuan mereka.

btw saya guru, honorer tapi.
jd guru tetap? duh ga bisa nutupin kebutuhan bulanan.
tp salut buat guru guru yg masih semangat dateng ngajar tiap harinya walaupun gaji sebulan, seminggu pertama sudah habis.

lain cerita kalau yg sudah pns, bolosnya ga keitung, mentang mentang ada guru honorer yg siap sedia neghandle kehadirannya di kelas.
jgn kesindir, harusnya mikir. emoticon-Embarrassment


Quote:Original Posted By Dithya
jawab jujur2an aja ya gan, ane jurusan pendidikan..pendidikan teknik mesin, begitu lulus dapet tawaran beberapa di perusahaan swasta dan milih program development prusahaan finance sampe di posisi skrg (dan penempatan di sulawesi)..

klo knp awal milih pendidikan? jujur kata dulu asal milih, krn milih IPC (dua hukum dan satu milih pendidikan tek mesin, eh masuk)

knp gk ngajar ? knp malah milih swasta ? dulu ane ikut program ngajar di smk terpencil (program diknas, angkatan 1 & 2)..ya mengajar menyenangkan memang, tp apa passion ane ? biasa aja sik..gk gmn2, senang tp ya gk bikin ampe idealisme mati musti jd guru ntar..pas lulus ada tawaran swasta ya krn jiwa ane ngerasa coba ya ane coba (walau dlu pas ngajar slesei, sempat ditawarin pemdanya utk jd guru)

lah kok mau ngambil jatah org yg serius jd guru, knp gk nyari jurusan lain ? ada macem2 faktor yg pasti yg lain jg bakal ngerasain, mulai dari ekonomi (dlu masuk PTN itu murah bener spp cm 600rban uang pangkal jg cm 2jt, klo ane nyari yg lain lg sesuai passion pertama ane bakal nganggur 1thn, beban ortu dan uangnya gmn ??)..trs faktor diperjalanan dimana awalnya mau jd guru, trs ditengah jalan pengen nyoba yg lain, trs gk boleh kah ? ya klo prinsip ane wkt itu jalanin aja dlu, pas ada pilihan silahkan untung rugi..terlepas jd guru itu mulia, tp jujur kata jg ane merhitungkan sisi materi utk keluarga ane nanti, selain sisi ingin nyoba hal baru (nanggung ortu, sodara dan anak bini) dan itu knp ane pas lulus, dapet tawaran ya ambil swasta..

hidup yo pilihan, menurut ane..

p.s:
sori curcolnya kepanjangan


Quote:Original Posted By aquarium90
Ane dpt BEASISWA GURU, tp ane TOLAK krn membutuhkan JIWA BESAR untuk jd GURU. Meskipun guru2 ane bersedih krn ane salah satu siswa terbaik, tp ane bisa jelaskan dan akhirnya mereka mengerti.

TERIMA KASIH GURU.
Jasa2mu hampir setimpal dgn ORTU KAMI.


Quote:Original Posted By samudra6969
tidak harus jadi guru di sekolah
emoticon-Ngakak

Ngajar? Ane suka
Ngerjain berkas2? Ini yg ane ga suka.

Pemikiran ane sering bertolak belakang dengan kurikulum. Dulu, pas praktek lapangan semasa kuliah, dalam 2 JP di satu kelas 1 jam ane pakai untuk ngajarin materi sesuai kurikulum, 1 jam lagi ane pakai utk ngajarin materi YG BENAR2 MEREKA BUTUHKAN!

Kenapa seperti itu? Ane jelasin dl, ane lulusan Pend. Bahasa Inggris, dan ane Alhamdulillah banyak teman org2 luar demi ngasah skill english ane, baik secara online maupun yg datang ke kota ane (ane jg jd guide)
Setiap mereka, ane tunjukin kurikulum bahasa inggris SMP maupun SMA, dan SEMUA mereka bilang "WHAT THE HELL IS THIS" (ga itu kalimatnya semua tapi intinya itu)

Bayangin aje, b.ing utk anak SD dihapus, tapi pas kelas 7 SMP langsung dpt materi descriptive text dengan present tense bla bla bla bla. Ancurrrr.

Ok, itu soal kurikulum, belum lagi ngerjain RPP, Prota, promes, dll... Belum lagi ada tinjauan dari disdik, de el el.

Ah, shit lah.

Akhirnya ane ambil keputusan, ane ga mau jd guru di sekolah. Ane buka les, dengan gaya dan materi yg disesuaikan kpd mereka, bukan disesuaikan kpd pemerintah. Kurikulum pemerintah hanya sebagai acuan saja.

Bayangkan nikmatnya mengajar tanpa beban, tanpa deadline "sekian pertemuan materi A harus selesai", tanpa ada beban jg bagi murid krn nilai2. Mereka benar2 bisa bertanya apa yg tidak mereka mengerti dibandingkan diam pura2 ngerti krn takut kpd guru.

Untuk bisa menghafal, kita bisa melakukannya dgn satu jam.
Tapi untuk paham, menghabiskan seumur hidup waktumu.




:terimakasih
Tiba kita di penghujung thread ini. Mohon maaf bila ada salah kata dan ucapan, karena sejatinya ane hanya seorang kaskuser yang tak luput dari kesalahan dan kekhilafan emoticon-Kiss (S)

Teruntuk sesama pendidik diluar sana, semoga kita diberi semangat yang berlimpah untuk menjalankan amanah ini, serta keikhlasan yang tanpa henti untuk terus mengabdikan diri emoticon-Kiss (S)

Salam Hangat, Bomcha
emoticon-Ultah
Diubah oleh bomcha
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 26
Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
24-09-2017 09:39
Guru/dosen seharusnya digaji lebih besar dari karyawan, pengacara, dokter, arsitek,dll dan disejaterahkan sama pemerintah. Seperti di swiss, finland, jerman(disana guru jadi profesi mewah macem dokter, pengacara, jaksa di indo). Bego pemerintah kita bray blom sadar kesana betapa penting profesi guru bagi negara.
Diubah oleh kynanrazyio
0 0
0
Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
24-09-2017 09:41
Kerja dibidang sosial dan pendidikan jgan harap gaji besar, namanya lembaga non profit ya gajinya gk besar,. Kerja di bidang sosial dan pendidikan untuk kemashalahatan masyarakatemoticon-2 Jempol
0 0
0
Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
24-09-2017 09:41
wkwk, jaman sekarang jurusan kuliah udah gak mencerminkan passion lagi, lulusan bidan & perawat jdi teller bank, lulusan elektro dagang alat komputer, macem2 lah, tpi klo utk guru ada baiknya sih yg bener2 niat dan mampu jdi pendidik, biar lulusannya nanti berkualitas
0 0
0
Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
24-09-2017 09:42
aku mau jadi dosen kak, sekarang lagi lanjut s2. semoga amanah dengan profesi nanti 😊
0 0
0
Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
24-09-2017 09:43
kalo lulusan sarjana pendidikan sih masih mending, banyak juga kok yg jadi guru...bahkan sekarang yg lagi hits itu jurusan PGSD karena jumlah guru yg dibutuhkan banyak dan adanya sertifikasi guru yg lumayan...

yg harus dikritisi itu lulusan sarjana pertanian yg kebanyakan lulusanya malah kerja di perbankan emoticon-Cape d...
0 0
0
Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
24-09-2017 09:43
Sarjana keperawatn sama aja bre. Uda gtu nambah profesi satu tahun. Profesi itu uda kya kerja tpi gak d bayr. Hidup di dunia ini paradoks. Heuheuheu
0 0
0
Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
24-09-2017 09:43
guru bukan profesi idaman ane gan..
0 0
0
Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
24-09-2017 09:44
Jd guru berat, ane dulu pas kuliah ngajar privat aja ud lumayan strees emoticon-Big Grin
0 0
0
Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
24-09-2017 09:44
kebetulan wa sarjana pendidikan.

Share :
- Berawal dari honorer dulu ? gaji kecil bro.
- Mau jadi PNS sainganya banyak.
- Kemungkinan diangkat jadi PNS jika honorer sangat kecil bahkan ga bisa krn UU ASN masih abu"
- Yang paling utama nih, Freelance gaji lebih besar dari PNS .. bahkan bisa sampe 3xnya .. lebih efisien bree.

Semua ada kekurangan & kelebihannya, harus tau aja .. sadar diri.
Diubah oleh Dhexterz
0 0
0
Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
24-09-2017 09:45
Karena uang kuliahnya yang murah makanya mungkin banyak orang ngambil
0 0
0
Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
24-09-2017 09:47
Sedikit saran saja Gan...
Pemerintah lebih mengutamakan pengangkatan di sektor lain daripada di sektor Guru, walaupun sekolah di seluruh Indonesia setiap tahunnya butuh Guru berkualitas, bahkan di pulau Jawa sekalipun...
Yang ingin jadi Guru, niatnya harus untuk mengabdi di pendidikan jangan orientasinya gaji (karena memang gak seberapa, sumpahemoticon-Mewek)
Dan perbanyak usaha dan doa semoga anak didik kita jadi generasi yang bisa memperbaiki negara ini menjadi lebih baik.
Nuwun...
emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
24-09-2017 09:49
sedih ana ngga masuk jadi sarjono emoticon-sad
Diubah oleh waluyojati121
0 0
0
Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
24-09-2017 09:49
Quote:Original Posted By kynanrazyio
Guru/dosen seharusnya digaji lebih besar dari karyawan, pengacara, dokter, arsitek,dll dan disejaterahkan sama pemerintah. Seperti di swiss, finland, jerman(disana guru jadi profesi mewah macem dokter, pengacara, jaksa di indo). Bego pemerintah kita bray blom sadar kesana betapa penting profesi guru bagi negara.

Soalnya profesi guru ga memiliki resiko yang besar gan makanya di Indo gajinya ga gede beda sama dokter,pilot,akuntan dll yang misalkan melakukan kesalahan bisa berakibat fatal
0 0
0
Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
24-09-2017 09:50
Gua gak pernah sekolah malah jadi guru emoticon-Cool
0 0
0
Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
24-09-2017 09:51
LAST,.... kuliah itu belajar, dan menuntut ilmu entah keluarnya jadi apa itu terserah orangnya emoticon-Toast
0 0
0
Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
24-09-2017 09:51
duit mengubah segalanya..... emoticon-Ngacir

Diubah oleh pulpe
0 0
0
Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
24-09-2017 09:54
Masih mending dari pada kuliah salah jurusan emoticon-Cool
0 0
0
Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
24-09-2017 09:56
yang jelas guru itu pekerjaan mulia gan.. hahaha
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Trit Tandingan [KENAPA BANYAK SARJANA PENDIDIKAN GAK MAU JADI GURU]
24-09-2017 09:59
wiw trit tandingan jadi ht? Taun berapa nih emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 4 dari 26
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia