• Beranda
  • ...
  • Surat Pembaca
  • Bertransaksi pertama kali di BukaLapak, Rp 3.464.000 langsung hilang? @bukalapak

Shandy ShadowAvatar border
TS
Shandy Shadow
Bertransaksi pertama kali di BukaLapak, Rp 3.464.000 langsung hilang? @bukalapak
Pertama kalinya saya bertransaksi di BukaLapak, uang sejumlah Rp 3.496.000 hilang dengan sangat cepat dan tidak ada pertanggung jawaban ataupun bantuan dari pihak BukaLapak.

Semua berawal dari ketertarikan saya untuk membeli barang OPPO F3 Plus melalui BukaLapak. Lalu saya melakukan transaksi untuk pembelian Oppo F3 Plus tersebut dengan kode transaksi #170491195327 pada tanggal 30 Agustus 2017. Sebelum bertransaksi saya sudah bertanya kepada penjual dan dibilang bahwa barang ready.

Spoiler for email bukti transaksi:


Namun setelah 2 hari tidak ada respon dari Pelapak, saldo kembali masuk ke BukaDompet dan saya masih mencari barang yang sama.

2 September 2017
selagi mencari barang yang sama di BukaLapak, saya mendadak dapat email dari BukaLapak dengan subjek “Pemberitahuan Device Login” yang mengatakan ada pihak lain yang melakukan akses ke akun BukaLapak saya.
Spoiler for email bukti:


Saya langsung mencoba untuk merubah password saat itu juga, namun disebutkan “Reset Password Tidak berhasil, Link sudah kadaluarsa”
Spoiler for screenshot bukti:


Saya mulai merasa tidak enak dan membuka aplikasi BukaLapak dan mencoba untuk klik ‘Lupa Password’, dan dibilang “Tidak ada user yang terdaftar dengan alamat e-mail tersebut”
Spoiler for screenshot bukti:


Mengetahui hal ini bukan hal yang wajar, saya langsung email ke BukaBantuan, dan sampai esoknya tidak dibalas. Langsung saya hubungi via Call Center, dan dilempar lagi disuruh mengirim email kembali melalui BukaBantuan, tertanggal 3 September 2017.

4 September 2017
Pihak Bukalapak membalas email mengatakan akan menindaklanjuti ini dan memberi update kembali dalam 7x24 jam. Saya menunggu hingga tanggal11 September dan dibalas oleh email otomatis yang mengatakanwaktu belum 7x24 jam.

13 September 2017
Akhirnya email dibalas, BukaLapak menanyakan hal standar sebagai berikut:
Spoiler for email bukti:


Saya menjawab tidak ada klik tautan dan sebagainya yang memungkinkan akun saya di hack (Saya sudah berinternet 8 tahun, tidak mungkin terjebak seperti itu, apalagi saya juga orang IT)

lalu pihak Bukalapak membalas seperti ini dengan mudahnya:
Spoiler for email bukti:


BukaLapak mengatakan seakan-akan hal ini terjadi karena keteledoran saya, meskipun sudah jelas saya tidak mendapat OTP apapundi nomor hp yang terdaftar, dan email serta nomor hp langsung terubah begitu saja. (Pihak BukaLapak seharusnya bisa menunjukkan bukti dari Log mereka apabila ada OTP yang masuk ke nomor saya)

Saya mengetahui ini sudah jelas kelalaian sekuritas dari pihak BukaLapak, namun mereka tidak mau mengakuinya dan lepas tangan seakan tidak tahu apa-apa.

14 September 2017
Ketika saya meminta data nomor hp / IP Address / Rekening pembajak, pihak BukaLapak tidak membalas e-mail saya seakan-akan tidak peduli akan pengguna service mereka.
(Di email sebelumnya, BukaLapak menyebutkan bahwa yang membajak akun saya adalah Pelapak dan saldo sudah dibelikan pulsa. Jadi pihak BukaLapak sebenarnya sudah mengetahui pelaku dari IP Address & Nomor hp pelaku)

Sampai hari ini juga, 18 September 2017, pihak BukaLapak masih belum membalas email saya, meskipun saya sudah berkali2 menelepon Call Center mereka.

Saya sungguh menyesal dalam pengalaman mencoba bertransaksi pertama kali di BukaLapak, saya tidak pernah mempunyai masalah bertransaksi Tokopedia selama 2 tahun ini, yang sesama MarketPlace dengan fitur sebagai orang ketiga.

Saya masih berharap pihak BukaLapak bisa bertanggungjawab atas kelalaian sekuritas mereka dan menyelesaikan masalah ini.
Semoga kejadian ini tidak terjadi ke teman-teman, harap berhati-hati bertransaksi di BukaLapak.

Bila pihak BL mau menghubungi saya, silahkan PM dan akan saya berikan email saya, karena saya sedang tidak bisa dihubungi via telepon karena sedang tidak berada di Indonesia
Diubah oleh Shandy Shadow 18-09-2017 18:33
0
19.3K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat Pembaca
icon
13KThread1.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.