• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kaskuser, Budayakan Nebeng Untuk Menekan Angka Kemacetan Ibu Kota

den88
TS
den88
Kaskuser, Budayakan Nebeng Untuk Menekan Angka Kemacetan Ibu Kota

Macet yang sudah mendarah daging di ibu kota seakan jadi PR berat buat siapapun yang memimpin Jakarta, terlebih lagi dengan makin banyak penduduknya yang juga dibarengi dengan kenaikan kendaraan bermotor yang makin hari makin memenuhi jalanan ibu kota sehinggga yang namanya macet udah ga bisa ditolerir. Ga heran juga sih, Jakarta ini kan ga ibu kota saja, tapi juga menjadi tumpuhan banyak jiwa yang mengadu nasib demi sesuap nasi. Ini untuk tahun 2015 aja nih gan, menurut data BPS provinsi DKI Jakartaterdapat 1.3 juta commuter datang ke Jakarta setiap harinya dengan 50% lebih pengguna kendaraan sepeda motor. Udah kebayang kan gan, bahwa kita selama ini mungkin termasuk yang ikut ambil bagian menambah kemacetan di jalanan ibu kota emoticon-Big Grin.
Mungkin dari kita ga perlu membayangkan data di tahun ini, pasti udah bisa ngerasain sekarang ini kemacetan yang makin menjadi-jadi. Belum lagi ada mobil mogok di jalan, atau mungkin proyek pembangunan/perbaikan jalan yang juga memberikan imbas kemacetan jalanan Ibu kota Jakarta. Banyak hal yang dilakukan para komuter yang mungkin terdiri dari agan-agan yang berada di wilayah Bogor, Bekasi, Tangerang, ataupun Depok yang setiap hari wara-wiri melancong ke Jakarta. Mungkin agan termasuk yang seperti berikut ini :
Jadi Bagian Pergi Gelap Pulang pun Gelap
Selain menjadi pusat pemerintahan, Jakarta juga jadi kota yang menjanjikan banyak orang untuk bisa mengubah hidup lebih baik. Mereka ini setiap harinya jadi wara-wiri ke Jakarta mengadu nasib dengan bekerja, sampe-sampe ada yang berangkat gelap pulang pun sudah gelap.

Menempuh Ilmu
Ga hanya para pekerja, mungkin agan-agan seperti ane inilah yang notaben nya tinggal di Bekasi namun setiap harinya harus berkutat di jalan untuk menimba ilmu, dari yang masih SMA sampe mahasiswa setiap harinya harus melancong ke Jakarta dengan rela macet-macetan karena membawa kendaraan sendiri seperti motor/mobil.

Meluncur ke Tempat Aktivitas
Untuk agan yang ga menimba ilmu atau memang bekerja di Jakarta namun sesekali dalam seminggu melipir ke Ibu Kota dengan bawa kendaraan sendiri, dari yang mungkin untuk berkunjung ke rumah saudara, atau mungkin janjian sama temen di Mal atau tempat lainnya jadi salah satu yang ikut andil kemacetan di ibu kota gan.

Dari rutinitas yang dijalani para komuter di Jakarta ini tentu gara-gara macet ini pun menjadikan mereka jadi menelan kerugian, baik material ataupun spritual. Dari mulai yang bawa kendaraan sendiri ini jadi berat di ongkos karena ekstra bensin, sampai dengan rugi waktu yang harusnya bisa pulang lebih awal dan bisa berkumpul dengan saudara keluarga. Banyak usaha dari pemerintah DKI Jakarta yang menjalankan kebijakan untuk bisa menekan angka kemacetan, dari penerapan genap ganjil sampai dengan wacana larangan sepeda motor untuk melintas di salah satu jalan protokol di ibu kota. Sudah saatnya kita untuk melek sedari sekarang gan, stop untuk jadi penyumbang kemacetan jalanan ibu kota. Kita bisa dimulai dari kita sendiri mulai bergerak dengan membudayakan budaya nebeng dengan GrabHitch untuk bisa menekan angka kemacetan di Jakarta.


GrabHitch sendiri merupakan layanan tebengan motor dan mobil yang diluncurkan oleh Grab Indonesia yang tarifnya pun sangat terjangkau sehingga akan meringankan penumpang dan akan memberikan penghasilan tambahan buat sang pengemudi. GrabHitch akan mencari pengemudi dan dicocokkan dengan calon penumpang dengan arah/rute yang sama. Enaknya lagi, untuk layanan nebeng ini bisa dipesan dan dijadwalkan satu minggu sebelum perjalanan, jadi buat agan yang mungkin ga setiap hari melancong ke Jakarta pun bisa memanfaatkan layanan yang satu ini.

Yuk gan, sadar sedari sekarang untuk segera membudayakan nebeng! Selain bisa ngirit pengeluaran biaya transportasi, kita pun jadi bagian yang ikut mendukung untuk menekan kemacetan. Atau mungkin agan sista yang udah pernah ngerasain layangan nebeng GrabHitch, jadi penumpang maupun pengemudi, boleh ceritain di mari gan/sis, kalian juga bisa share thread ini agar temen-temen agan pun bisa ikut budayakan nebeng sekalian mengurangi polusi di Jakarta!

0
29.6K
183
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.