andika.1stravelAvatar border
TS
andika.1stravel
Ribuan Makam Pahlawan Indonesia di Timor Leste Telantar

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) dan Ibu Negara Ny. Iriana Joko Widodo (ketiga kiri) berziarah ke Taman Makam Pahlawan Seroja di Kota Dili, Timor Leste, 26 Januari 2016. ANTARA/Widodo S. Jusuf

Ribuan Makam Pahlawan Indonesia di Timor Leste Telantar

TEMPO.CO, Kupang - Ribuan makam pahlawan Indonesia yang berada di Taman Makam Pahlawan di Timor Leste telantar sejak eks provinsi ke-27 semasa bergabung dengan Indonesia itu menjadi negara sendiri. Ribuan makam para pahlawan Indonesia tersebar di 13 distrik.

"Siapa lagi yang akan menghormati jasa para pahlawan kalau bukan rakyat Indonesia. Tidak mungkin rakyat Timor Leste, karena mereka sudah menjadi negara berdaulat. Karena itu, kami minta kerangka para pahlawan di Timor Leste dipindahkan ke Indonesia," kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Uni Timor Aswain (Untas) Eurico Guterres, Rabu, 20 September 2017.

Untas adalah wadah yang memayungi warga eks Timor Timur di Indonesia dan memiliki ribuan anggota, baik yang berada di Nusa Tenggara Timur maupun di luar NTT, termasuk di luar negeri.

Secara resmi, kata Eurico, Untas telah bersurat kepada Pemerintah Indonesia agar bisa memindahkan ribuan kerangka para pahlawan. Sejak Timor Timur terpisah dari Indonesia, ribuan makam pahlawan tersebut telantar dan hanya menjadi kandang ternak.

"Kami berharap kunjungan Panglima TNI ke TMP Seroja menjadi momen awal dari langkah pemerintah Indonesia memindahkan ribuan kerangka para pahlawan kita," ujarnya.

Mantan Wakil Panglima Pasukan Pejuang Prointegrasi (PPI) ini mengusulkan, jika pemerintah Indonesia enggan membawa pulang kerangka para pahlawannya, kerangkanya sebaiknya ditempatkan di satu lokasi di Timor Leste dan diurus negara.

"Kalau tidak bisa dipindahkan ke Indonesia, sebaiknya dikumpulkan di satu lokasi, mau di Baucau atau Kota Dili, kemudian diurus negara. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya," tutur Eurico.

________

Tidak terawat jadi kandang ternak emoticon-Turut Berduka
muhamad.hanif.2
gembalaonta212
gembaladomba666
gembaladomba666 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
20.1K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.