News
Batal
KATEGORI
link has been copied
124
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/598e9ff4dac13e874b8b4567/event-sejarah-perang-para-raja-bali1686-1906
“Sistem negara-negara Bali bukanlah tipikal negara monarki biasa, tapi negara teater”-Clifford Geertz, antropolog Amerika, dikutip dari buku 'Negara Teater'
Lapor Hansip
12-08-2017 13:28

[Event Sejarah] Perang Para Raja Bali:1686-1906

Past Hot Thread

Quote:
“Sistem negara-negara Bali bukanlah tipikal negara monarki biasa, tapi negara teater”-Clifford Geertz, antropolog Amerika, dikutip dari buku 'Negara Teater'

Quote:[Event Sejarah] Perang Para Raja Bali:1686-1906

Peta Bali di abad ke-19 dari Bali in 19th century

Quote:
Pembabakan
Sejarah Bali terbagi dalam beberapa pembabakan: pra-sejarah, masa kerajaan kuno(abad ke-9 sampai ke-14), era dinasti Kepakisan/Gelgel(abad ke-14 sampai abad ke-17). era perang raja-raja Bali(abad ke-17 sampai awal abad ke-20), Belanda(pertengahan abad ke-19 sampai 1942), Jepang (1942-1945), Masa revolusi(1945-1949) bersamaan dengan Republik Indonesia Timur(1947-1950), dan masa Republik Indonesia(1950-sekarang)

Dalam thread ini, saya akan memfokuskan pada masa era perang raja-raja Bali. Kenapa saya sebut era perang raja-raja Bali? Mungkin akan lebih baik jika saya menjelaskan penyebabnya


Quote:
Quote:Pendahuluanl

Pada pertengahan abad ke-14, Kerajaan Bali membangkang dari kerajaan Majapahit dan Gajah Mada mengirimkan pasukan dari utara dan selatan untuk menaklukan Bali. Semenjak Bali takluk oleh Bali, Bali di bawah dinasti Kepakisan dan menjadi kerajaan Gelgel di abad ke-16 di mana Gelgel menjadi tempat pelarian orang-orang Hindu dari Majapahit semenjak Demak memperluas kekuasaannya di Timur Jawa.
Kerajaan Gelgel berada di daerah Gelgel yang sekarang berada tak jauh dari Semanapura, Kabupaten Klungkung.

Kekuasaan Gelgel pada kejayaannya tak lepas dari para pelari Majapahit termasuk para brahmana-nya yang memberikan pengaruh besar pada kesenian Bali saat itu dan wilayah Gelgel meluas meliputi Blambangan dan Lombok pada awal abad ke-17 setelah mengalahkan kerajaan Selaprang lewat Karangasem.

Gelgel runtuh akibat pemberontakan Patih Gelgel yang menyebabkan ibu kota dikuasai pemberontak di 1686. Para loyalis gelgel berhasil merebut Gelgel kembali, namun keadaan sudah berubah. Banyak raja-raja bawahan seperti Tabanan dan Karangasem memerdekakan diri. Pemerintahan dipindahkan ke Klungkung dan berdirilah dinasti Klungkung.

Dinasti Klungkung tidak mempunyai kontrol kuat seperti Gelgel yang di mana raja-raja bawahan tunduk total pada Dewa Agung, penguasa Klungkung. Hanya saja Klungkung masih punya pengaruh kuat kepada para raja Bali lainnya seperti masalah upacara keagamaan.
Anak Agung Gede Agung dalam bukunya, Bali in 19th century menyebutkan bahwasanya Raja Klungkung bergelar 'Susuhunan Bali and Lombok' dan pengaruhnya hanyalah penguasa spritiual.

Para raja Bali saling berperang satu sama lain dan kadang bersekutu satu sama lain. Peperangan dibutuhkan untuk sebuah pengaruh selain upacara keagamaan. Kerajaan-kerajaan Bali tak seperti kerajaan biasanya di mana raja-raja Bali mementingkan pengaruh agar bisa dianggap sama yang lain dan juga masyarakat. Persekutuan antar puri(istana) sangat dibutuhkan seperti yang terjadi oleh raja Mengwi pada puri-puri sekitarnya untuk memperkuat kedudukan.

Era perang para raja dianggap berakhir dengan kejatuhan Badung di 1906 di mana para raja lain bersedia menjadi vasal Belanda yang sudah bercekokol di Singaraja, Buleleng sejak 1849 dan Lombok 1896.


Dalam thread ini, akan difokuskan membahas banyak aspek di periode ini mulai dari kerajaan Mengwi, Buleleng, sampai masalah perdagangan.
Quote:Daftar isi
Geografis Bali

Politik kerajaan Bali
[Event Sejarah] Perang Para Raja Bali:1686-1906
Raja Gianyar
Kerajaan Mengwi:dari sebuah kerajaan besar hingga menjadi makanan kerajaan sekitarnya(bagian satu)
Kerajaan Badung:Kerajaan Terkaya di Bali Selatan abad ke-19(Dari lepas pengaruh Mengwi,1779 sampai 1844)/bagian satu
Kerajaan Gianyar:Puri baru di Bali di abad ke-17 dan kebangkitannya
Kerajaan Tabanan: Dinasti Elit Bali
Diubah oleh mabdulkarim
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 7
[Event Sejarah] Perang Para Raja Bali:1686-1906
16-09-2017 20:38
Quote:Original Posted By Arzal
Yang pangeran nikah sama Happy Salma itu dari kerajaan apa ya?


Puri ubud-gianyar emoticon-Malu
0 0
0
[Event Sejarah] Perang Para Raja Bali:1686-1906
16-09-2017 20:39
Seru ni trit, gw cendolin karna gw juga masi keturunan raja "menurut hayalan gw" emoticon-Keep Posting Gan
0 0
0
[Event Sejarah] Perang Para Raja Bali:1686-1906
16-09-2017 20:40
Hahaha tempat kelahiran ane...
0 0
0
[Event Sejarah] Perang Para Raja Bali:1686-1906
16-09-2017 20:41
Quote:Original Posted By Arzal
Yang pangeran nikah sama Happy Salma itu dari kerajaan apa ya?

Kloe g salah dari puri pemecutan gan
0 0
0
[Event Sejarah] Perang Para Raja Bali:1686-1906
16-09-2017 20:43
Quote:Original Posted By elbayy
Jadi seblum hindu majapahit kabur ke Bali, agama apa yg mereka anut?


Dinamisme + animisme.
Waktu hindu masuk juga masih terbagi jdi beberapa aliran / sekte
Sampai akhirnya itu semua disatukan dan jadilah hindu bali seperti yg dikenal skrang

Hindu bali beda ama hindu india
Sama di kitab (weda) dan dewa utama (brahma , wisnu , siwa ) , tapi adat dkk sudah akulturasi dengan kebudayaan pra hindu.

Citarasa nusantara gitu deh
Diubah oleh djinggo88
0 0
0
[Event Sejarah] Perang Para Raja Bali:1686-1906
16-09-2017 20:46
Quote:Original Posted By djinggo88


Puri ubud-gianyar emoticon-Malu


Quote:Original Posted By supriyono1989

Kloe g salah dari puri pemecutan gan


Yang bener yang mana nih? emoticon-Bingung

Tapi kerajaan itu levelnya kalau dibanding Inggris itu kaya gimana gan? Maksudnya selevel Kingdom, Dukedom, atau County?
0 0
0
[Event Sejarah] Perang Para Raja Bali:1686-1906
16-09-2017 20:49
Quote:Original Posted By Arzal
Yang bener yang mana nih? emoticon-Bingung

Tapi kerajaan itu levelnya kalau dibanding Inggris itu kaya gimana gan? Maksudnya selevel Kingdom, Dukedom, atau County?


Puri ubud gianyar Gan , googling aja deh
.ane rasa Semua bentuknya kerajaan gan
(kingdom)
Klo dukedom itu macam anak kerajaan kan CMIIW
Ini era setelah majaphit bubar ya
0 0
0
[Event Sejarah] Perang Para Raja Bali:1686-1906
16-09-2017 20:57
Quote:Original Posted By Arzal
Yang bener yang mana nih? emoticon-Bingung

Tapi kerajaan itu levelnya kalau dibanding Inggris itu kaya gimana gan? Maksudnya selevel Kingdom, Dukedom, atau County?


Kloe sekarang mungkin kya persemakmuran gan, kebetulan dulu masih di bawah kendali raja badung
Kebetulan ane punya temen dari keturunan dari raja pemecutan
0 0
0
[Event Sejarah] Perang Para Raja Bali:1686-1906
16-09-2017 20:58
Bagus banget trit nya emoticon-Recommended Seller
Nanya si semangat puputan itu kan semangat bertempur habis2an sampe mati ya?
Crita in yang puputan margarana donk
0 0
0
[Event Sejarah] Perang Para Raja Bali:1686-1906
16-09-2017 21:04
Bukmark.
Lumayan buat mengenal raja" di pulau sendiri.. emoticon-Jempol
0 0
0
[Event Sejarah] Perang Para Raja Bali:1686-1906
16-09-2017 21:07
emoticon-Nyepi
0 0
0
[Event Sejarah] Perang Para Raja Bali:1686-1906
16-09-2017 21:19
akhirnya bisa baca2 sejarah
0 0
0
[Event Sejarah] Perang Para Raja Bali:1686-1906
16-09-2017 21:27
Quote:Original Posted By mabdulkarim


Quote:Original Posted By mabdulkarim


Quote:Original Posted By mabdulkarim


ini baru betul....keren ngga tuh orang bali....behahahahhahahahha....mitchels mati brow di bali, yg nangkep diponegoro mati di bali...yg bunuh dia juga leluhur gua tuh...kakeknya kakek...behahhaha
0 0
0
[Event Sejarah] Perang Para Raja Bali:1686-1906
16-09-2017 21:29
Quote:Original Posted By dewangga0012
sejarah kelam indonesia


Indonesia Baru ada Setelah 1945. Jadi gak bisa juga disebut sejarah kelam Indonesia, yang sejarah kelam Indonesia itu G30sPKI, Di/TII, Timortimur, GaM, Petrus. itu nurut ane yang gak paham amat ama sejarah cuma ikut ngeramein aja timbang bengong corat coret dimari.
0 0
0
[Event Sejarah] Perang Para Raja Bali:1686-1906
16-09-2017 21:31
Ternyata belajar sejarah mengasyikan juga ya
0 0
0
[Event Sejarah] Perang Para Raja Bali:1686-1906
16-09-2017 21:32
Quote:Original Posted By elbayy
Jadi seblum hindu majapahit kabur ke Bali, agama apa yg mereka anut?


itu yg tinggal di daerah trunyan bangli ma di tengenan di karangasem...lo maen2 lah ke sana, lihat2 mayat di taruh di pohon tuh...itu orang baliaga sebelum majapahit pelarian
0 0
0
[Event Sejarah] Perang Para Raja Bali:1686-1906
16-09-2017 21:37
ninggalin jejak buat dibaca nanti
0 0
0
[Event Sejarah] Perang Para Raja Bali:1686-1906
16-09-2017 21:50
patut d kasih yg dingin buat nemenin baca
0 0
0
[Event Sejarah] Perang Para Raja Bali:1686-1906
16-09-2017 22:08
Hindu nusantara
ooh
0 0
0
[Event Sejarah] Perang Para Raja Bali:1686-1906
16-09-2017 22:11
Quote:Original Posted By pabloo
Mayan juga neh bre 😊

Ga malming nih blo
0 0
0
Halaman 3 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia