semxtjAvatar border
TS
semxtj
Sydney Opera House Bakalan Punya Saingan
Siapa sih yang gak kenal bangunan ikonik di Sidney, Australia ini? Yap, Gedung berbentuk seperti cangkang kerang berlokasi di Bennelong Point di Sydney Harbour dekat Sydney Harbour Bridge adalah Sydney Opera House Gan!


theconversation.com

Desain Sydney Opera House dibuat oleh Jorn Utzon dari Denmark pada tahun 1955. Utzon memenangi sebuah sayembara pembuatan desain gedung megah ini. Meski ada sedikit kontroversi saat membangun akhirnya selesai juga. Diresmikan oleh ratu Elizabeth II, pada 20 Oktober 1973. Gedung ini juga masuk kedalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2007. Di ruang utama orkestra, terdapat panggung besar dengan warna serba merah ditempatkan di bagian depan dengan latar belakang pipa-pipa besi besar dan beratapkan lampu-lampu kaca besar. Ruangan ini bisa menampung sekitar 2.679 penonton pertunjukan. Ada ruangan lainnya seperti Concert Hall, Joan Sutherland Theatre, Drama Theatre, Playhouse, The Studio dan Utzon Room.

Jika ditotal Sydney Opera House muat untuk 5.738 orang pengunjung. Semua ruangan tersebut difungsikan sebagai lokasi digelarnya pertunjukkan.Opera House diyakini akan menjadi salah satu bukti kemajuan arsitektur di abad 20 yang akhirnya mengantarkan gedung ini masuk dalam daftar World Heritage. Selain ruangan-ruangan pertunjukkan, Opera House juga memiliki beberapa restoran dan kafe yang terletak di dalam gedung maupun di lingkungan areanya. Wisatawan berdatangan dari berbagai penjuru dunia untuk menikmati minuman dan makanan di kafe dan resto sambil memandang area gedung opera yang indah.

Dan sekarang Sydney Opera House bakalan punya saingan di Meikarta Gan


Gak lama lagi, Sydney Opera House bakalan punya saingan nih, tepatnya di Meikarta. Kalau di Sydney gedung opera menyatu dengan suasana pelabuhan, maka gedung opera di Meikarta bisa memanfaatkan pemandangan dari Central Park Gan, sebuah ruang terbuka hijau yang dibangun di atas lahan seluas 100 hektar.

Di bagian dalam taman besar itu juga tengah dibangun danau seluas 25 hektar. Tentunya keindahan taman dan danau bila disatukan dengan posisi gedung opera, maka akan menjadi sebuah area wisata yang tidak kalah menariknya dengan gedung opera di Sydney sehingga menarik wisatawan dari asia tenggara untuk berkunjung dan menonton atraksi teater lokal atau internasional.


0
5.6K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.