others
Batal
link has been copied
33
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59b64234dac13ee2238b4567/surat-terbuka-untuk-tokopedia---buka-blokir-dana-penjualan
Sebenarnya kejadian yang saya alami sudah terjadi beberapa hari yang lalu, Dan sudah sempat hampir menyerah, karena sikap/tanggapan Pihak Tokopedia yang terkesan tidak care terhadap masalah yang saya alami. Namun, setelah mencoba mencari cari info di internet saya menemukan forum ini di kaskus dan melihat beberapa postingan di forum ini yang tampaknya mengalami masalah yang kurang lebih hampir sam
Lapor Hansip
11-09-2017 14:58

SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN

Sebenarnya kejadian yang saya alami sudah terjadi beberapa hari yang lalu,
Dan sudah sempat hampir menyerah, karena sikap/tanggapan Pihak Tokopedia yang terkesan tidak care terhadap masalah yang saya alami.
Namun, setelah mencoba mencari cari info di internet saya menemukan forum ini di kaskus dan melihat beberapa postingan di forum ini yang tampaknya mengalami masalah yang kurang lebih hampir sama dengan masalah yang saya alami.
Sehingga, saya melalui post thread ini memohon bantuan agan agan disini yang sekiranya dapat membantu masalah yang saya alami.. emoticon-Frown

SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - MOHON TANGGAPAN YANG SERIUS BUKAN JAWABAN CS ROBOT

Saya adalah seorang seller yang telah bermitra dengan Tokopedia sudah selama 3 tahun dan Hampir tidak pernah mengalami masalah yang berarti. Hanya saja, masalah bermula ketika ada transaksi saya dengan buyer yang sudah selesai dan telah ada konfirmasi dari buyer bahwa barang telah sampai dan transaksi disetujui namun tiba tiba mengalami pembekuan dana/blokir oleh tokopedia tanpa alasan yang jelas.

SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN

Namun ketika saya mengkonfirmasi kepada pihak Tokopedia, namun TIDAK mendapat jawaban yang Memuaskan.
Saya diminta untuk mendiskusikan masalah pembekuan dana saya kepada pihak Tokopedia melalui Fitur Layanan Pengguna, namun yang saya temukan adalah rasa kecewa dan rasa kesal karena pihak Tokopedia seolah "mempermainkan" saya dengan jawaban yang tidak jelas dan mengulang ulang jawaban yang sama (Copy paste jawaban sebelum sebelumnya)

SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALANSURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALANSURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALANSURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALANSURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALANSURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALANSURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALANSURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALANSURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALANSURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALANSURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALANSURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALANSURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALANSURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALANSURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALANSURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALANSURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALANSURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALANSURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN

Saya meminta jika benar tuduhan yang diberikan kepada saya (Saya Dituduh Melakukan Transaksi Fiktif) maka tolong dibuktikan, namun pihak Tokopedia hanya selalu mengulang ulang jawaban yang sama tanpa bisa Memberikan bukti bahwa saya telah melakukan transaksi fiktif.
Padahal transaksi yang saya lakukan benar benar murni transaksi real antara penjual dan pembeli dan dapat saya tunjukkan buktinya.
Dan yang membuat lebih sakit hati adalah CS yang melayani selalu berbeda beda, namun tetap mengcopy jawaban sebelumnya..???!

SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN

Jadi dengan demikian dapat dibuktikan bahwa sebenarnya Pihak Tokopedia lah yang 'mencurangi' saya, namun tidak mau mengaku dan berusaha membuat saya agar mengakui kesalahan/pelanggaran yang tidak saya lakukan.

SAYA MEMOHON TANGGAPAN DARI PIHAK TOKOPEDIA




Juga Saya Memohon kepada agan agan yang lebih senior daripada saya disini sekiranya dapat membantu solusi terhadap masalah saya.emoticon-Amazed emoticon-Amazed

TERIMA KASIH..
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN
11-09-2017 15:10
wah pusing juga bacanya..

Buyer (aditya bayu) itu sebelumnya pernah beli di lapak agan ya? trus ada selisih ongkir segingga agan daftarin rek. dia supaya bisa langsung transfer ke buyer?

sekarang aditya bayu ada transaksi lagi, dan dana dibekukan soalnya dianggap transaksi fiktif?

di transaksi yang baru ini, buyer ada pake kode voucher/bayar pake credit card ga gan?

btw kan disuruh nunggu 7 hari kerja sama toped buat diselidiki, batas 7 hari kerjanya itu sampe 14 September ya harusnya?
Diubah oleh forzanetti
0 0
0
SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN
11-09-2017 15:59
Iya gan, maaf saya posting agak kepanjangan supaya lengkap.
Saya tidak ingin dianggap mengada ada dalam membuat post (Maklum, saya newbie)

Betul agan, Buyer pernah beli di lapak saya trus saya mengembalikan selisih ongkir dia lewat pendaftaran no. rekening di toped dengan maksud supaya toped juga bisa memantau transaksinya.
Bahkan pembicaraan saya via pesan ke buyer pun lewat tokopedia.

Yang saya perhatikan juga saat membaca term dan service, bahwa tidak ada diterangkan bahwa nomor rekening yang didaftarkan itu harus rekening pribadi dan tidak bisa dihapus.

Kalo dari transaksinya, buyer bayarnya pake Mandiri Clickpay.

Betul gan, disuruh nunggu 7 hari kerja, tapi setelah tujuh hari dikatakan dana akan dikembalikan ke buyer, makanya saya post surat ini sebelum 7 hari untuk menghindari hal itu gan.
0 0
0
SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN
11-09-2017 17:27
Quote:Original Posted By isamborneo88
Iya gan, maaf saya posting agak kepanjangan supaya lengkap.
Saya tidak ingin dianggap mengada ada dalam membuat post (Maklum, saya newbie)

Betul agan, Buyer pernah beli di lapak saya trus saya mengembalikan selisih ongkir dia lewat pendaftaran no. rekening di toped dengan maksud supaya toped juga bisa memantau transaksinya.
Bahkan pembicaraan saya via pesan ke buyer pun lewat tokopedia.

Yang saya perhatikan juga saat membaca term dan service, bahwa tidak ada diterangkan bahwa nomor rekening yang didaftarkan itu harus rekening pribadi dan tidak bisa dihapus.

Kalo dari transaksinya, buyer bayarnya pake Mandiri Clickpay.

Betul gan, disuruh nunggu 7 hari kerja, tapi setelah tujuh hari dikatakan dana akan dikembalikan ke buyer, makanya saya post surat ini sebelum 7 hari untuk menghindari hal itu gan.


secara logika dan normalnya sih no rekening pencairan itu ke rekening seller. dan kasus ini baru pertama nih saya nemuin, penasaran bagaimana endingnya
0 0
0
SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN
11-09-2017 17:43
Gw seller toped, kalo ada kelebihan ongkir itu kan otomatis balik ke pembeli, contoh pembeli minta pake jne ongkir 10ribu tp gw kirim pake wahana yg ongkirnya cuma 5ribu, dengan otomatis 5ribu sisanya balik lagi ke pembeli, jadi rada aneh aja kalo minta rek pembeli trus dimasukin ke dalem rek toped, wajar aja kalo sistemnya langsung curigain, tunggu aja 7 hari kerja..
0 0
0
SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN
11-09-2017 17:59
Btul sih gan, cuma karna tidak ada di ketentuan term n service nya maka saya anggap biasa.. Lagipula, Supaya tetap dalam koridor toped sesuai ketentuan toped sendiri makanya saya kembalikan dana via toped gan.. 😢
0 0
0
SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN
11-09-2017 19:41
masukin no rek buyer ke akun pribadi ??? emoticon-Ngakak
entte masih kagak nyadar kesalahan ente dimana??? ya di bagian ini "masukin no rek buyer ke akun pribadi" sistem secara otomatis baca kalo ini transaksi fiktif. toped tanpa ragu balikin ke rek buyer karna anggap rek itu rek seller.
walaupun kagak ada S&K yg mengatur masalah rekening. tetap bukan hal yg wajar jika seller input rek buyer.
0 0
0
SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN
11-09-2017 19:46
atau ente ngasih alesan ke seller kalo duit selisih ongkir bakal di balikin toped. nah biar terkesan toped yg balikin ente masukin rek buyer ke akun toped ente dan uang selisih ongkir ente cairin ke rek buyer. nah uang masuk pengirim attas nama toped dan ente terkesan tidak salah dalam hal selisih ongkir . emoticon-Ngakak
0 0
0
SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN
11-09-2017 19:48
Quote:Original Posted By isamborneo88
Btul sih gan, cuma karna tidak ada di ketentuan term n service nya maka saya anggap biasa.. Lagipula, Supaya tetap dalam koridor toped sesuai ketentuan toped sendiri makanya saya kembalikan dana via toped gan.. 😢


ketentuan yg mana? emoticon-Bingung
0 0
0
SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN
11-09-2017 20:23
ah ente gimana si gan.. katanya udah 3 taun bermitra sm tokopedia, masa masukin rekening buyer ke akun toped ente utk sekedar ngembaliin selisih ongkir. aneh malah ane bilang. pantes aja kebaca transaksi fiktif atau memang fiktif?.. ane juga mau norek ane di masukin ke akun seller.. kali2 aja seller salah pencet duit berjuta juta dicairin masuk ke rek ane. yah ditunggu aja 7 hari kerja. Sp ini harusnya nanti klo udah lewat 7 hari kerja.
0 0
0
SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN
11-09-2017 21:02
Quote:Original Posted By isamborneo88
Sebenarnya kejadian yang saya alami sudah terjadi beberapa hari yang lalu,
Dan sudah sempat hampir menyerah, karena sikap/tanggapan Pihak Tokopedia yang terkesan tidak care terhadap masalah yang saya alami.
Namun, setelah mencoba mencari cari info di internet saya menemukan forum ini di kaskus dan melihat beberapa postingan di forum ini yang tampaknya mengalami masalah yang kurang lebih hampir sama dengan masalah yang saya alami.
Sehingga, saya melalui post thread ini memohon bantuan agan agan disini yang sekiranya dapat membantu masalah yang saya alami.. emoticon-Frown

SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - MOHON TANGGAPAN YANG SERIUS BUKAN JAWABAN CS ROBOT

Saya adalah seorang seller yang telah bermitra dengan Tokopedia sudah selama 3 tahun dan Hampir tidak pernah mengalami masalah yang berarti. Hanya saja, masalah bermula ketika ada transaksi saya dengan buyer yang sudah selesai dan telah ada konfirmasi dari buyer bahwa barang telah sampai dan transaksi disetujui namun tiba tiba mengalami pembekuan dana/blokir oleh tokopedia tanpa alasan yang jelas.

Namun ketika saya mengkonfirmasi kepada pihak Tokopedia, namun TIDAK mendapat jawaban yang Memuaskan.
Saya diminta untuk mendiskusikan masalah pembekuan dana saya kepada pihak Tokopedia melalui Fitur Layanan Pengguna, namun yang saya temukan adalah rasa kecewa dan rasa kesal karena pihak Tokopedia seolah "mempermainkan" saya dengan jawaban yang tidak jelas dan mengulang ulang jawaban yang sama (Copy paste jawaban sebelum sebelumnya)

Saya meminta jika benar tuduhan yang diberikan kepada saya (Saya Dituduh Melakukan Transaksi Fiktif) maka tolong dibuktikan, namun pihak Tokopedia hanya selalu mengulang ulang jawaban yang sama tanpa bisa Memberikan bukti bahwa saya telah melakukan transaksi fiktif.
Padahal transaksi yang saya lakukan benar benar murni transaksi real antara penjual dan pembeli dan dapat saya tunjukkan buktinya.
Dan yang membuat lebih sakit hati adalah CS yang melayani selalu berbeda beda, namun tetap mengcopy jawaban sebelumnya..???!

SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN

Jadi dengan demikian dapat dibuktikan bahwa sebenarnya Pihak Tokopedia lah yang 'mencurangi' saya, namun tidak mau mengaku dan berusaha membuat saya agar mengakui kesalahan/pelanggaran yang tidak saya lakukan.

SAYA MEMOHON TANGGAPAN DARI PIHAK TOKOPEDIA




Juga Saya Memohon kepada agan agan yang lebih senior daripada saya disini sekiranya dapat membantu solusi terhadap masalah saya.emoticon-Amazed emoticon-Amazed

TERIMA KASIH..


Save emoticon-Cool
0 0
0
SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN
11-09-2017 21:47
Bener kata agan siibel, bukannya klo ongkir kelebihan langsung otomatis terpotong dana yg masuk ke saldo agan, dan dimasukkan ke saldo pembeli...
Gimana ceritanya bisa masuk saldo agan semua???
masih belum paham...
emoticon-Bingung
Diubah oleh silverstone17
0 0
0
SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN
11-09-2017 22:13
Kuncinya cuma, rekening buyer ada di akun seller,

Kalo kelebihan gt mah, transfernya di luar sistem aja, beliin pulsa atau apa kek,
0 0
0
SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN
12-09-2017 08:35
fix, TS-nya kebanyakan makan mecin sama ngelem
0 0
0
SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN
12-09-2017 09:06
1. jwban tokpd sama brulang2 karna emang itu jawabannya
"trindikasi" dan ada rview 7 hari kerja

(ini belum 7 hari krja smnjak anda melakukan komplain)

ditambah TS udah d sarankan tokped jika memang sperti itu kjadiannya, TS tinggal hub pmbeli dan biar pembeli yg tf k TS aja..... (dalam hal kalo dana udah d cair balik ke pembeli)

ini sistem auto flag, ada yg ga sesuai lgs otomatis masuk reviw
0 0
0
SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN
12-09-2017 09:22
Quote:Original Posted By danybae
fix, TS-nya kebanyakan makan mecin sama ngelem


emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
0 0
0
SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN
12-09-2017 09:44
Quote:Original Posted By silverstone17
Bener kata agan siibel, bukannya klo ongkir kelebihan langsung otomatis terpotong dana yg masuk ke saldo agan, dan dimasukkan ke saldo pembeli...
Gimana ceritanya bisa masuk saldo agan semua???
masih belum paham...
emoticon-Bingung


misal buyer klik pake jne yes, seller kirim dan input pake yg reg. pas seller input resi tidak dirubah yes ke reg. jadi kelebihan ongkir tidak terdeteksi sistem. kemungkinan begitu.
0 0
0
SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN
12-09-2017 14:38
Quote:Original Posted By nickjer
misal buyer klik pake jne yes, seller kirim dan input pake yg reg. pas seller input resi tidak dirubah yes ke reg. jadi kelebihan ongkir tidak terdeteksi sistem. kemungkinan begitu.


Kalo kaya gitu tinggal suruh buyer klik komplain, minta pengembelaian selisih ongkir, kelar masalah, gak usah repot2 input rekening orang..
0 0
0
SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN
13-09-2017 10:13
ane juga pernah ngalamin kaya gini gan..
kemaren pas 16-18 agustus kan ada promo diskon 20% maksimal 200rb...nah ane transaksi pembelian ke toko istri ane tiap hari ...
....bayar pake transfer bank.... barang bener bener dikirim pake JNE dan resi juga diinput di aplikasi....walaupun barang yang dikirim ya barang ngasal doang demi nomer resi doang...besoknya petugas jne dateng nganter barang, dan ane konfirmasi penerimaan. Gitu aja terus sampe 3 hari...dan ane sebagai pembeli memang bener dapet cashback ..dan langsung ane pake belanja lagi...

nah ternyata muncul masalah di account istri ane.. ternyata dananya diblokir wkwkwkw...cek email ternyata ada email dr tokped...yg intinya bilang bahwa transaksi tsb dicurigai oleh mereka...usut punya usut kayanya mereka tau dari ip address...karena ane login dan logout akun pembeli dan penjual dalam satu hp...

akhirnya yaudah deh ane ngaku aja...email emailan terus sama cs nya..pertama cs nya minta dijelasin kronologis transaksinya, kedua minta difotoin resi pengirimannya, ketiga minta dijelasin lagi isi barang yang dikirimnya...mereka responsif koq...ga sampe 1 jam pasti udah ada email balesannya...
akhirnya ane bales aja, ok ane emang salah krn memanfaatkan promo cashback 20%, dan minta kebijakan yg terbaik aja dr tokpednya...akhirnya setelah 3 hari blokir saldonya dilepas...full tanpa dipotong cashback 600rb hahahahaha....
0 0
0
SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN
13-09-2017 10:38
Quote:Original Posted By kokondu
ane juga pernah ngalamin kaya gini gan..
kemaren pas 16-18 agustus kan ada promo diskon 20% maksimal 200rb...nah ane transaksi pembelian ke toko istri ane tiap hari ...
....bayar pake transfer bank.... barang bener bener dikirim pake JNE dan resi juga diinput di aplikasi....walaupun barang yang dikirim ya barang ngasal doang demi nomer resi doang...besoknya petugas jne dateng nganter barang, dan ane konfirmasi penerimaan. Gitu aja terus sampe 3 hari...dan ane sebagai pembeli memang bener dapet cashback ..dan langsung ane pake belanja lagi...

nah ternyata muncul masalah di account istri ane.. ternyata dananya diblokir wkwkwkw...cek email ternyata ada email dr tokped...yg intinya bilang bahwa transaksi tsb dicurigai oleh mereka...usut punya usut kayanya mereka tau dari ip address...karena ane login dan logout akun pembeli dan penjual dalam satu hp...

akhirnya yaudah deh ane ngaku aja...email emailan terus sama cs nya..pertama cs nya minta dijelasin kronologis transaksinya, kedua minta difotoin resi pengirimannya, ketiga minta dijelasin lagi isi barang yang dikirimnya...mereka responsif koq...ga sampe 1 jam pasti udah ada email balesannya...
akhirnya ane bales aja, ok ane emang salah krn memanfaatkan promo cashback 20%, dan minta kebijakan yg terbaik aja dr tokpednya...akhirnya setelah 3 hari blokir saldonya dilepas...full tanpa dipotong cashback 600rb hahahahaha....


jadi maksudnya TS juga beli barang dari toko sendiri/sodara/istri gitu gan ? emoticon-Ngacir
0 0
0
SURAT TERBUKA UNTUK TOKOPEDIA - BUKA BLOKIR DANA PENJUALAN
13-09-2017 11:31
Quote:Original Posted By nickjer


jadi maksudnya TS juga beli barang dari toko sendiri/sodara/istri gitu gan ? emoticon-Ngacir


bisa jadi, tapiklo ga salah TS bilang ke pembli ga saling kenal kok emoticon-Smilie
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia