News
Batal
KATEGORI
link has been copied
140
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59b67ba85a51639c778b456b/psikolog-perceraian-karena-ketidakperawanan-jarang-ditemui
Menghadapi banyak kasus perceraian belakangan ini, Hakim Binsar dalam bukunya "Pandangan Kritis Seorang Hakim" mengusulkan ide tes keperawanan dan
Lapor Hansip
11-09-2017 19:03

Psikolog: Perceraian karena Ketidakperawanan Jarang Ditemui

Past Hot Thread
Psikolog: Perceraian karena Ketidakperawanan Jarang Ditemui

Quote:Jakarta, Menghadapi banyak kasus perceraian belakangan ini, Hakim Binsar dalam bukunya "Pandangan Kritis Seorang Hakim" mengusulkan ide tes keperawanan dan keperjakaan sebelum pernikahan.

Menurut pandangan psikolog, hal tersebut dianggap tak sesuai, karena hal semacam itu jarang ditemui dan kebanyakan kasus perceraian lebih banyak disebabkan perselingkuhan.

Secara umum, psikolog Rosdiana Setyaningrum MPsi, MHPEd, mengatakan bahwa kasus perselingkuhan dan ketidakharmonisan menjadi alasan utama perceraian, daripada masalah kesucian salah satu pasangan dalam pernikahan.

"Dari pengalaman saya dan hasil penelitian di Indonesia, tingkat perceraian tinggi karena perselingkuhan dan ketidakharmonisan. Hasil ini sama seperti yang ditemukan juga di Amerika dan Eropa. Alasan nomor dua adalah ekonomi. Kalau karena ketidakperawan saya belum pernah menangani kasus atau melihat hasil penelitiannya," katanya saat dihubungi detikHealth, Senin (11/9/2017).

Jika memang ada pernikahan yang harus berhenti di tengah jalan akibat salah satu pasangan diketahui sudah tidak perawan atau perjaka, Rosdiana mengatakan, maka proses perkenalan sebelum memutuskan menikah harus dipertanyakan.

"Jadi pertanyaannya, kualitas pacaran atau perkenalan sebelum pasangan menikah itu gimana? Status keperawanan yang tidak diketahui itu apakah karena masing-masing belum terbuka atau ada ketakutan ditinggal pasangan. Kurangnya pengenalan ini yang bisa jadi masalah," imbuhnya.

Sementara itu, jika memang status keperawanan atau keperjakaan itu baru baru ditemukan setelah pernikahan, Rosdiana lebih setuju dengan pilihan untuk mempertahankan pernikahan daripada memutuskannya.

"Pernikahan memang lebih baik dipertahankan, karena kita tahu enggak ada orang yang bisa hidup bahagia selamanya," saran Rosdiana.

"Bagaimana pun setiap pilihan pasti ada konsekuensinya. Kalau misalnya tetap mempertahankan menikah dengan laki-laki yang tidak perjaka karena banyak melakukan hubungan dengan perempuan, ya siap-siap saja dengan kemungkinan tertular penyakit, dan sebagainya," pungkasnya.

Sumber


Hmm sungguh topik yang sensitip.

emoticon-Bingung

0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 8
Psikolog: Perceraian karena Ketidakperawanan Jarang Ditemui
12-09-2017 15:26
Mending ttp dites aja seh, khawatir cowoknya baperan, plus biar g ada rahasia2an emoticon-Big Grin

Kecuali emg sblm nikah ceweknya udh ngasih tau ye, ntu beda emoticon-Big Grin
0 0
0
Psikolog: Perceraian karena Ketidakperawanan Jarang Ditemui
12-09-2017 15:28
INTINYA NYA GAN TETAP NGEJRENG Psikolog: Perceraian karena Ketidakperawanan Jarang Ditemui
0 0
0
Psikolog: Perceraian karena Ketidakperawanan Jarang Ditemui
12-09-2017 15:34
Quote:Original Posted By hakoniwa93
Orang udah terbang ke bulan, kita masih ributin masalah perawan emoticon-Leh Uga

ntap emoticon-Leh Uga
0 0
0
Psikolog: Perceraian karena Ketidakperawanan Jarang Ditemui
12-09-2017 15:50
Quote:Original Posted By oblons


Kayanya gampang2 susah

Ada pepatah mengatakan malu bertanya sesat di jalan

Mungkin hampir mirip lah begitu

Klo emang ragu sebaiknya ditanyakan jangan menyesal kemudian


itulah gan kalo kita nanya dan ternyata dia emang masih perawan, takutnya pasangan kita tersinggung dan bikin hubungan renggang, dia anggep bahwa kita ga percaya sama dia.kitanya rugi 2x

klo ga ditanya , ujug2 nikah taunya udah jebol lebih rugi lagi wkwkwkw,

mungkin ada agan2 disini yg punya advice nanya tapi ga bikin tersinggung gimana caranya

Quote:Original Posted By pluss


itu tergantung diri kitanya sih gan.. #bukanane
ane punya temen (cewe), diperawanin sama mantannya. esex2 dilakukan pas lagi pacaran, habis itu di putusin. hancur dunianya langsung gan, ane sampe kasian ngeliatnya. setelah 1 tahun berlalu, ada cowo yang deketin dia dan akhirnya jadian sampe sekarang.
Denger2 mereka mau nikah tahun 2019, tapi temen ane udah ngmng jujur klo dia gak perawan. Cowonya GENTLE banget gan ngomong nya, "Saya nikahin kamu bukan karena kamu perawan atau tidak, tapi karena hati".

Bisa dibayangin temen ane lngsng luluh hati nya sambil nangis.

Kesimpulannya yang bisa ane ambil, tergantung orangnya. Dia lihat dari sisi mana? Apakah Hati yang dia lihat atau cuma sekedar nafsu untuk esex2 doang. emoticon-Matabelo


nah itu cowo emg udah ga perjaka juga kali gan atau tarohlah dia masih perjaka tapi emg cinta ama temen ente sepenuh hati.

nah tapi klo buat ane yang masih perjaka tulen ini ( percaya ga gan ? ), ane sih ngarepnya dapet istri ya wajib perawan, karena menurut ane cewe yang masih perawan sampe nikah itu tau gimana cara ngehargai diri dia sendiri, otomatis secara ga langsung pasti bisa ngerhargain orang disekitarnya juga.

misalkan ane emg cinta mati sama dia, mencoba mengkesampingkan status dia yg udah ga perawan.tapi tetep aja dalam hati kecil ane ada yang mengganjal emoticon-Mewek

0 0
0
Psikolog: Perceraian karena Ketidakperawanan Jarang Ditemui
12-09-2017 15:59
Quote:Original Posted By dropshot69


itulah gan kalo kita nanya dan ternyata dia emang masih perawan, takutnya pasangan kita tersinggung dan bikin hubungan renggang, dia anggep bahwa kita ga percaya sama dia.kitanya rugi 2x

klo ga ditanya , ujug2 nikah taunya udah jebol lebih rugi lagi wkwkwkw,

mungkin ada agan2 disini yg punya advice nanya tapi ga bikin tersinggung gimana caranya



nah itu cowo emg udah ga perjaka juga kali gan atau tarohlah dia masih perjaka tapi emg cinta ama temen ente sepenuh hati.

nah tapi klo buat ane yang masih perjaka tulen ini ( percaya ga gan ? ), ane sih ngarepnya dapet istri ya wajib perawan, karena menurut ane cewe yang masih perawan sampe nikah itu tau gimana cara ngehargai diri dia sendiri, otomatis secara ga langsung pasti bisa ngerhargain orang disekitarnya juga.

misalkan ane emg cinta mati sama dia, mencoba mengkesampingkan status dia yg udah ga perawan.tapi tetep aja dalam hati kecil ane ada yang mengganjal emoticon-Mewek



Klo dia masih perjaka apa gak, ane juga gak tau ya. Secara ane gak kenal, dan kalaupun ada pengecekan juga susah keliatannya. Hahaha emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Klo untuk perjaka tulen, ya balik lg ke prinsip hidup dia lagi gan. Dia mau menerima wanita yang sudah tidak perawan atau tidak, ataupun sebaliknya pada pihak wanitanya. Yang masih perawan, apakah mau menerima lelaki tidak perjaka.
0 0
0
Psikolog: Perceraian karena Ketidakperawanan Jarang Ditemui
12-09-2017 16:00
kalangan tertentu aja kayaknya yg masih ribut2 masalah kesucian itu






kalangan muna emoticon-Embarrassment
0 0
0
Psikolog: Perceraian karena Ketidakperawanan Jarang Ditemui
12-09-2017 16:20
kan emng sudah sama2 tau dan mengerti
0 0
0
Psikolog: Perceraian karena Ketidakperawanan Jarang Ditemui
12-09-2017 16:25
Cintamu setipis selaput dara mas... emoticon-Kaskus Banget
0 0
0
Psikolog: Perceraian karena Ketidakperawanan Jarang Ditemui
12-09-2017 16:31
Sejenak mengalihkan fokus dari berita politik, itu tujuannya kayaknya..
0 0
0
Psikolog: Perceraian karena Ketidakperawanan Jarang Ditemui
12-09-2017 16:31
Quote:Original Posted By rickymanuel
Perawan no Nikah no kimpoi yes


all hail kimpoi

0 0
0
Psikolog: Perceraian karena Ketidakperawanan Jarang Ditemui
12-09-2017 16:32
Quote:Original Posted By nvryandi
Kalo zaman sekarang kayanya bukan masalah perawan atau perjaka,
Melainkan lebih kepada ekonomi , tuntutan biaya hidup yang semakin melambung tinggi, diiringi dengan gaya hidup faktor media sosial emoticon-Cool


ntaapss emoticon-Leh Uga
0 0
0
Psikolog: Perceraian karena Ketidakperawanan Jarang Ditemui
12-09-2017 16:46
Yg penting serpis bagus
0 0
0
Psikolog: Perceraian karena Ketidakperawanan Jarang Ditemui
12-09-2017 16:56
mejeng dolo
0 0
0
Psikolog: Perceraian karena Ketidakperawanan Jarang Ditemui
12-09-2017 17:18
kalo sudah cinta, apadaya gan. lupa nyabut malah bahaya. rugi buat penerusnya.
0 0
0
Psikolog: Perceraian karena Ketidakperawanan Jarang Ditemui
12-09-2017 17:32
Quote:Original Posted By m310u
kalau dah cinta, masa lalu ga akan dbahas2 emoticon-Malu

Yg akan dbahas, masa depan emoticon-Wkwkwk


Setubuh breyyyyy
0 0
0
Psikolog: Perceraian karena Ketidakperawanan Jarang Ditemui
12-09-2017 17:56
kebanyakan ga pernah ada yang masalahin cewenya udah ga perawan juga, ane liat orang2 terdekat adem2 aja, paling tetep masalah ekonomi yang diributin
0 0
0
Psikolog: Perceraian karena Ketidakperawanan Jarang Ditemui
12-09-2017 18:02
situ nikah cuma nyari lobang, nikah itu komitmen


maaf ane belon nikah tapi sok bijak
0 0
0
Psikolog: Perceraian karena Ketidakperawanan Jarang Ditemui
12-09-2017 18:09
Sebisa mungkin sesama pasangan bisa saling jujur sebelum melanjutkan ke jenjang pernikahan, biar masing-masing pasangan merasa tenang dan nyaman dan namanya masa lalu udah seharusnya dikubur nggak usah di ungkit-ungkit kembali biar bisa lebih fokus ke masa depan yang lebih baik.
0 0
0
Psikolog: Perceraian karena Ketidakperawanan Jarang Ditemui
12-09-2017 18:29
Bekas ya bekas ajah vroo... emoticon-Wakaka
0 0
0
Psikolog: Perceraian karena Ketidakperawanan Jarang Ditemui
12-09-2017 18:35
Kalo jones mah sih yang penting yang mau aja dulu...
0 0
0
Halaman 6 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Berita dan Politik
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia