Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
143
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59b0dfd89e740495358b456b/ternyata-bila-terlalu-banyak-makan-daging-bisa-meningkatkan-resiko-penyakit-ini
Daging ialah bagian lunak pada hewan yang terbungkus kulit dan melekat pada tulang yang menjadi bahan makanan. Daging tersusun sebagi...
Lapor Hansip
07-09-2017 12:57

Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.

Past Hot Thread
Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.


Perkenalan dari ane


Beberapa hal perlu kita perhatikandalam hidup kita,
apa itu tentang pekerjaan, aktivitas kita, kesehatan kita, hingga pola makan juga nih..

Sebenernya ente udah tahu belum? Apa sih yang bakalan dibahas di Thread hari ini??


Sebelumnya mari kita ulas tentang daging


Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.
Ilustrasi
© Syda Productions /Shutterstock


<><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><>



emoticon-Bingung
Tapi disini kita bukan bahas tentang si daging itu.
Melainkan beberapa dampak yang bakalan mendiang di dalem tubuh ente nih!
emoticon-DP



<><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><>



Penasaran kan? Kalo gitu langsung aja deh, coba kita simak artikel ane nih, yuk cekidott..

Quote:Bukan hanya asupan guladan karbohidrat secara berlebih yang bisa meningkatkan risiko diabetes. Makan seporsi daging merah setiap hari juga bisa berefek sama.

Begitu kesimpulan hasil studi di Duke-NUS Medical School Singapura dikutip Straits Times.

Lebih rinci lagi, peneliti menemukan, bahwa mereka yang lebih banyak mengonsumsi daging merah, memiliki kecenderungan 23 persen lebih tinggi untuk terkena diabetes, dibandingkan mereka yang mengonsumsi sedikit daging. Penggemar daging unggas seperti ayam dan bebek juga berisiko terkena diabetes, dengan tingkat kecenderungan 15 persen.

Temuan tersebut merupakan hasil dari Singapore Chinese Health Study. Studi itu melibatkan 63.257 orang penduduk Singapura yang dinyatakan bebas diabetes. Peserta direkrut sekitar tahun 1993 hingga 1998, ketika itu berusia 45-74 tahun.

Mereka diwawancara dua kali tentang diet yang dijalankan, melalui kuesioner yang mencakup 165 jenis makanan, dengan 33 di antaranya mengandung daging. Tujuannya untuk mengetahui dampak pola makan dan faktor lingkungan lain, pada penyakit kronis yang umum seperti kanker dan diabetes.

Faktor yang diperhitungkan meliputi total asupan makanan, status merokok, konsumsi alkohol, indeks massa tubuh (BMI), aktivitas fisik, riwayat hipertensi, dan kepatuhan terhadap diet sehat--tinggi sayuran, buah serta produk kacang kedelai.

Peneliti kemudian melakukan wawancara ulang sekitar 11 tahun kemudian. Saat itulah ditemukan bahwa 5.207 orang menderita diabetes akibat rutin makan daging.

Profesor Koh Woon Puay, penulis senior studi tersebut menginformasikan, rata-rata orang Singapura mengonsumsi 97 gram daging per hari.


Mengapa seporsi daging bisa bermasalah?

Quote:"Biang masalahnya adalah kandungan heme iron--sejenis zat besi--yang ditemukan pada daging dan unggas," kata Profesor Koh. Tentu, ada kaitan kuat antara kelebihan zat besi dengan risiko diabetes. Penjelasannya bisa dipahami sebagai berikut.

Tubuh sangat membutuhkan zat besi, tetapi tidak dapat memproduksinya sendiri. Zat besi berfungsi memproduksi hemoglobin yang berperan membawa oksigen ke jaringan tubuh. Mengonsumsi makanan mengandung zat besi secara rutin adalah satu-satunya cara.

Secara umum terdapat dua jenis zat besi. Yakni Heme dan nonheme. Heme terdapat dalam makanan hewani seperti ikan, makanan laut, unggas, dan daging merah. Sementara nonheme berasal dari tanaman seperti sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan.

Pada daging merah atau gelap, seperti daging sapi, kambing, babi, termasuk juga paha ayam dan daging bebek--keduanya dianggap daging gelap, terkandung protein mioglobin--di dalamnya terdapat heme--dalam jumlah yang lebih tinggi. Intinya, semakin gelap warna daging, berarti semakin tinggi konsentrasi mioglobin, dan semakin banyak kandungan heme.

Heme lebih cepat diserap tubuh ketimbang nonheme. Namun penyerapan yang berlebihan bisa menyebabkan kelainan sehingga besi terakumulasi di pankreas dan hati.

Akibatnya, kelebihan zat besi tadi bisa menyebabkan stres oksidatif dan peradangan kronis, termasuk kerusakan sel beta di pankreas yang memengaruhi produksi insulin sehingga tubuh kesulitan mengatur kadar glukosa darah, penyebab diabetes.

Tak hanya itu, komponen lain dalam daging merah seperti lemak jenuh, sodium dan nitrit juga diketahui meningkatkan resistensi insulin.

Riset di Singapura ini merupakan yang pertama di Asia Tenggara, dan diprediksi berlaku menyeluruh di negara lainnya, walau banyak sudah studi di barat memaparkan hal serupa.


Riset di dunia barat

Quote:Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association pernah menyelidiki kematian hampir 700.000 orang pada tahun 2012 akibat penyakit jantung, strok dan diabetes tipe 2.

Peneliti menemukan hampir 50 persen kematian terkait dengan pilihan gizi buruk. Bagi orang yang sudah menderita diabetes, risiko kematian bahkan meningkat jika mengonsumsi lebih banyak daging olahan.

Studi terbaru di Finlandia juga menganalisis diet lebih dari 2.300 pria paruh baya berusia 42 sampai 60 tahun. Pada awalnya, tidak satu pun peserta didiagnosis diabetes tipe 2.

Setelah ditindak lanjuti 19 tahun kemudian, sebanyak 432 peserta dinyatakan positif diabetes. Periset menemukan bahwa orang yang kekurangan protein tumbuh-tumbuhan dan lebih banyak mengonsumsi protein hewani berisiko 35 persen lebih besar terkena diabetes.

Ini mencakup seluruh jenis daging. Baik itu daging merah olahan atau bukan, daging putih, termasuk jeroan seperti lidah atau hati. Studi tersebut menyimpulkan bahwa lebih banyak protein tumbuh-tumbuhan dan telur bisa membantu mencegah diabetes tipe 2.

Begitu pula riset skala besar tahun 2011 di Harvard University. Periset menemukan bahwa orang yang makan satu porsi daging merah setiap hari meningkatkan risiko diabetes 19 persen ketimbang yang tidak.

Bahkan, seporsi daging merah olahan berukuran kecil, seperti satu hot dog atau dua irisan daging asap, meningkatkan risiko hingga 51 persen. Riset ini menyimpulkan bahwa memilih biji-bijian, kacang-kacangan, susu rendah lemak, ikan atau unggas, dan bukan daging merah menurunkan risiko diabetes.

Berdasar simpulan beberapa riset tadi solusi menekan risiko diabetes cukup jelas. Bukan menghindari daging sama sekali, melainkan mengurangi konsumsinya.

Misalnya, daripada makan daging merah terus, alternatif protein sehat berupa dada ayam, ikan atau kerang, juga memperbanyak jenis protein nabati dan produk susu. Tak lupa menerapkan pola makan seimbang 5 sehat * sempurna, lengkap dengan buah dan sayuran.


Nah jadi begitu loh, gimana udah tau kan bahayanya? emoticon-Big Grin
Kenapa kita harus menjaga pola makan daging kita.
Terutama nih ya yang suka makan daging, mendingan ente kurang kurangin tuhh...
emoticon-Shutup emoticon-Shutup

<><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><>



Ya kemungkinan ente bisa atur misalkan dua hari makan sayuran dan sehari baru makan daging,
selang seling bergilir banyakin makan sayuran, secara rutin sih pastinya.

emoticon-2 Jempol


<><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><>


Quote:
Si samin, demen warna merah. Mohon diingetin kalo ada yang salahemoticon-Maaf Agan


Quote:
emoticon-Hot NewsBuat liat informasi menarik lainnya seperti artikel di atas bisa liat Di marihemoticon-cystg
Jangan lupa rate bintang 5, tinggalin komentar dan bersedekah sedikit cendol buat ane dan ane doain agan makin ganteng dan cantik deh emoticon-Malu (S)

SUMUR:
Beritagar.id


Jangan lupa kunjungi thread ane yang lain gan emoticon-I Love Kaskus (S)


Quote:

ini gan karet "grafena" yang katanya sekuat baja
Bisakah teknologi menghidupkan manusia tak bernyawa
2 Hal Yang Pantang Dilakukan Bagi Pemilik Mobil Matic
Terntata, Sit Up Tidak Lagi Direkomendasikan
Kenapa Orangtua tega membunuh anaknya
Apa Iya? Penggunaan Bedak Bayi dapat Memicu Kanker Ovarium.
Jangan Coba-Coba Bawa Vape ke Negara ini Gan, Bisa Dipenjara.
Main musik bermanfaat untuk otak (+video)
Tahu, dengan segala manfaatnya buat tubuh
Cara terbaik untuk menikmati wiski
Kiat agar bisa menikmati hubungan intim
Beberapa makanan yang bisa menurunkan kolesterol
Tips penting untuk menjadi lebih produktif
Bikin kangen, inilah permainan tradisional khas Indonesia
Mengenal tipe-tipe pedofil
Tak Hanya Makanan, Bantal juga Bisa Kadaluwarsa Gan.
Bahaya dibalik seringnya movie maraton
ini dia hewan yang bisa hidup tanpa oksigen
Cara jitu ntuk sukses dalam tawar menawar
Kertas tisu ini mampu menambal luka gan (+video)
Ini Bukti Jika Anak yang Berbohong Cenderung Lebih Cerdas.
Ternyata Kurang Tidur Bisa Memperlebar Lingkar Pinggang Gan.
Mengapa wangi bayi begitu menyenangkan?
Depresi bisa dikenali lewat instagram
Agar Naik KRL Menyenangkan, Agan Harus Memerhatikan Beberapa Hal Berikut.
Budi Daya Lalat, Solusi Pakan Ternak dari Situbondo
Ini gan hasil rekonstruksi wajah mumi Mesir
Anak yang Duduk Diam di Kelas Ternyata Memiliki Dampak Buruk Gan.
Hati-hati, buruknya kebiasaan gemar menimbun barang
Main biliar, menyenangkan dan menyehatkan
Ini Ciri-Ciri Orang yang Bakal Lunasin Utang Gan.
6 Cara Cerdas Melamar Kerja via Internet
Jarang mandi bisa bikin sehat?
Kapal Selam Militer ini Ternyata Hasil Cetakan 3D Gan.
Sifat yang tak disukai pewawancara dari pelamar kerja
Kenapa sebaiknya tak pesan teh dan kopi di pesawat
Bukan barang branded, tas ini berhasil terjual sebesar Rp 24 Miliar.
Rahasia dibalik gigi yang berisik pada saat tidur
Alkohol ternyata justru mempertajam ingatan?
3 Destinasi Wisata di Bali yang Anti Mainstream dan Cocok untuk Instagrammer.
Hati-hati, operasi pembesaran penis bisa berakibat fatal
Cara cepat jernihkan pikiran saat stress
Ternyata ini yang bikin agan gelisah semalam sebelum berlibur. [+Cara mengatasinya].
Fenomena Gerhana Bulan Sebagian bisa dilihat pada 7 Agustus di Indonesia
Cara bahagia menggunakan media sosial
Ini Jadinya Gan, Kalau di Kamar Anak Ada Tv nya.
Memendam dan terabaikannya emosi diri punya dampak buruk
Pentingnya clean sleeping bagi tubuh
6 kiat asah otak agar agan tetap awet muda
Penanganan yang bisa dilakukan jika anak terkena luka bakar
Mengenal sindrom penipu dan cara mengatasinya
Hadiah Rp 3,3 Miliar Disiapin untuk Agan yang Bisa Ngebobol Sistem Operasi ini.
Cara memilih beras yang baik nan berkualitas
Tip sukses tanpa pekerjaan tetap
Cara untuk Membeli Waktu Supaya Selalu Bahagia.
Mengapa kita makan di saat tak lapar?
Masa sih debu bisa bikin gemuk?
Tanda-tanda orang mau bunuh diri. [+Tips mencegahnya]
Lebih bersahabat. Inilah fakta mengapa anjing bisa begitu jinak terhadap manusia
Tur gratis menjelajah stasiun luar angkasa



Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 8
Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.
10-09-2017 18:29
sesuatu yg kebanyakan emg ga baekk
0 0
0
Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.
10-09-2017 18:29
makan hati emoticon-Frown
0 0
0
Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.
10-09-2017 18:30
makan daun daunan saja lebih sehat emoticon-Recommended Seller
0 0
0
Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.
10-09-2017 18:31

konsumsi sekedarnya saja...emoticon-Embarrassment
0 0
0
Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.
10-09-2017 18:31
Aduh daging kurban gue di kulkas msh byk nih
0 0
0
Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.
10-09-2017 18:31
well noted gan
0 0
0
Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.
10-09-2017 18:31
Ane nggak suka daging gan tapi suka nya seafoodemoticon-Cool
0 0
0
Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.
10-09-2017 18:31
panjang bet emoticon-Matabelo

rangkumin dong penyakit apa aja emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.
10-09-2017 18:32
ane pernah baca suatu majalah.
Bahwa sebenernya manusia itu harusnya herbivora.
Karna dilihat dari panjang usus manusia yg hampir sama panjang dengan hewan herbivora. Usus didesain mengolah makanan dalam waktu agak lama di banding hewan karnivora yg berusus pendek.
Jadi kalo manusia memakan daging melewati usus lebih panjang dari usus karnivora yg lebih pendek, pembusukan makanan berupa daging akan lambat laun bermasalah, krn daging lebih cepat busuk dari sayur2an.

itu yg ane baca, kurang lebih seperti itu, banyak yg lupa juga apa aja masalahnya
0 0
0
Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.
10-09-2017 18:34
Semua yang berlebihan ga baik

Sayur juga termasuk, bukan daging aja emoticon-Malu (S)
0 0
0
Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.
10-09-2017 18:39
Boleh makan daging, tapi sebaiknya seminggu 1 atau 2 kali saja.
0 0
0
Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.
10-09-2017 18:40
Quote:Original Posted By galih946971jati
makan yg kenyal kenyalemoticon-Matabelo


Kayak yupi ya gan? Wkwk
0 0
0
Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.
10-09-2017 18:40
Nah lo yg suka/sering makan daging
0 0
0
Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.
10-09-2017 18:41
Quote:Original Posted By akukiwae
ane pernah baca suatu majalah.
Bahwa sebenernya manusia itu harusnya herbivora.
Karna dilihat dari panjang usus manusia yg hampir sama panjang dengan hewan herbivora. Usus didesain mengolah makanan dalam waktu agak lama di banding hewan karnivora yg berusus pendek.
Jadi kalo manusia memakan daging melewati usus lebih panjang dari usus karnivora yg lebih pendek, pembusukan makanan berupa daging akan lambat laun bermasalah, krn daging lebih cepat busuk dari sayur2an.

itu yg ane baca, kurang lebih seperti itu, banyak yg lupa juga apa aja masalahnya


Makasih gan infonya. Sangat berguna
0 0
0
Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.
10-09-2017 18:42
Makan dagng secukup nya aja 👍👍👍👍
0 0
0
Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.
10-09-2017 18:46
hassh... emang ente nggak makan daging?
0 0
0
Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.
10-09-2017 18:49
daging secukup nya sahaja jangan kebanyakan juga emoticon-Malu
0 0
0
Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.
10-09-2017 18:52
Quote:Original Posted By semprot.crooot
Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.


Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.


emoticon-Ngakak
0 0
0
Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.
10-09-2017 18:52
Saya jarang makan daging gan. Daging mahal. Tahu Tempe aja lah emoticon-Jempol
0 0
0
Ternyata bila terlalu banyak makan daging, bisa meningkatkan resiko penyakit ini.
10-09-2017 18:55
Vgetarian kita bre
0 0
0
Halaman 3 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia