den88Avatar border
TS
den88
Gempa 8,1 SR Guncang Meksiko, Picu Tsunami


Kumparan - Gempa berskala besar melanda pantai selatan Meksiko pada Kamis (7/9) malam waktu setempat. Gempa ini menyebabkan bangunan bergoyang hebat dan orang-orang melarikan diri ke jalan dengan panik.

Badan Survei Geologi AS (USGS) mengatakan bahwa gempa tersebut berkekuatan 8 magnitudo, pusat gempa berada 165 kilometer barat Tapachula di negara bagian Chiapas selatan, tidak jauh dari Guatemala. Pusat gempa di kedalaman 35 kilometer. Demikian dilansir Associated Press.



Sistem Peringatan Tsunami AS mengatakan bahwa gempa tersebut berpotensi tsunami dan mengancam beberapa negara Amerika Tengah, termasuk garis pantai Pasifik di Guatemala, Honduras, Meksiko, El Salvador, dan Kosta Rika.

Lokasi gempa cukup jauh dari Mexico City, ibu kota Meksiko. Namun gempa tetap terasa sangat kuat. Penduduk yang ketakutan pun berkumpul di jalanan dalam kegelapan dengan memakai piyama tidur. Mereka keluar dari rumah dan gedung-gedung karena khawatir akan runtuh.



Liputan6.com, Mexico City - Gempa dengan kekuatan besar mengguncang Meksiko pada Kamis 7 September 2017 pukul 22.49 waktu setempat. Kekuatan lindu mencapai 8 skala Richter.

Badan Suvei Geologi Amerika Serikat atau United States Geological Survey (USGS) melaporkan, pusat gempa berada di dekat Tres Picos di kedalaman 33 km. "Orang-orang di Mexico City berlarian ke luar rumah," demikian diberitakan situs CNBC, Jumat (8/9/2017).

Gempa diperkirakan berpotensi memicu tsunami di sejumlah pantai di delapan negara, yakni Meksiko, Guatemala, El Salvador, Costa Rica, Nikaragua, Panama, Honduras, dan Ekuador.

Hingga saat ini belum diketahui apakah ada korban jiwa atau luka yang jatuh. Kerusakan juga belum bisa dipastikan.

Sejarah mencatat, gempa besar juga pernah mengguncang Meksiko.

Pada 19 September 1985 sekitar pukul 07.19, gempa berkekuatan 8,1 SR melanda beberapa negara bagian di Meksiko dan Ciudad de México.

Lindu dahsyat pagi itu menyebabkan kematian sedikitnya 10.000 orang dan kerusakan serius di Wilayah Kota Meksiko.

Bencana ini diyakini sebagai gempa bumi terbesar Meksiko dengan korban tewas.



Kumparan - Tsunami dilaporkan terjadi di Meksiko usai gempa besar yang mengguncang negara tersebut. Menurut laporan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) gelombang tsunami setinggi 0,7 meter sejauh ini telah tiba di Meksiko.



Sebelumnya usai gempa sebesar 8 magnitudo, PTWC mengeluarkan peringatan tsunami untuk beberapa negara. Termasuk di antaranya adalah Meksiko, Guatemala, Panama, Honduras, dan Ekuador.

Badan Survei Geologi AS (USGS) mengatakan bahwa gempa tersebut berkekuatan 8 magnitudo, pusat gempa berada 165 kilometer barat Tapachula di negara bagian Chiapas selatan, tidak jauh dari Guatemala. Pusat gempa di kedalaman 35 kilometer.
Diubah oleh den88 08-09-2017 06:44
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
2.3K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
icon
78.8KThread10.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.