• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Dari Doraemon Hingga Mario Bros, Inilah Sejarah Pipa Beton yang Jadi Tempat Bermain

kucingbudukanAvatar border
TS
kucingbudukan
Dari Doraemon Hingga Mario Bros, Inilah Sejarah Pipa Beton yang Jadi Tempat Bermain


Game Super Mario Bros sangat identik dengan pipa-pipa hijau yang menjadi halang rintang dalam setting permaiannya. Pipa beton seperti ini juga menjadi hal yang ikonik dalam komik Doraemon, di mana Nobita dan teman-temannya kerap nongkrong-nongkrong di lapangan yang ada 3 pipa beton bertumpukan.



Pipa beton seperti ini disebut Dokan. Dokan ternyata gak sekedar muncul di komik atau game, tapi juga pada taman-taman di Jepang. Hal ini bukan tanpa alasan, tapi ada sejarah di balik itu.

Dokan dan Keajaiban Ekonomi Jepang



Dokan terbuat dari keramik atau beton yang biasa digunakan untuk sistem pipa saluran air, dan digunakan sejak zaman Meiji (1868-1912). Pada zaman sehabis Perang Dunia ke-2, Japan mengalami lonjakan pertumbuhan ekonomi, yang dikenal sebagai keajaiban ekonomi Jepang pasca perang, dimana saat itu pemerintah berinvestasi banyak pada infrastruktur Jepang, termasuk memodernisasi sistem pembuangan.

Karena banyaknya proyek konstruksi, Dokan sering ditumpuk dan ditinggalkan di lahan kosong sebagai alat penyimpanan sampai nanti waktunya dipakai. Nah karena saat itu gak ada taman bermain, anak-anak jadi memakai lahan kosong ini untuk bermain, termasuk bermain dengan Dokan. Mungkin karena bentuknya yang panjang dan berjejer dengan bagian tengahnya yang kosong, jadi seru aja untuk main main di sekitar Dokan. Meskipun, memakai Dokan sebagai tempat bermain ternyata gak aman, kalau Dokannya ancur bisa-bisa anak tertimbun di serpihannya.



Seiring berjalannya waktu, Dokan menjadi warisan di Jepang. Kalau sekarang sih dokan-dokan yang gak terpakai ini udah jarang kita lihat di Jepang. Tapi tergantikan dengan dokan-dokan buatan yang memang didesain khusus untuk taman bermain.



Dokan menjadi bagian dari sejarah yang diabadikan dalam popular culture melalui komik dan game, hingga kenangannya bisa tersimpan hingga generasi-generasi berikutnya.



sumber
0
35.5K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.