• Beranda
  • ...
  • Domestik
  • Menapaktilasi Riwayat Kretek Nusantara di Museum Kretek Kudus

mangmamas25Avatar border
TS
mangmamas25
Menapaktilasi Riwayat Kretek Nusantara di Museum Kretek Kudus


Kota Kudus punya banyak julukan, salah satunya adalah Kota Kretek. Julukan ini diberikan karena perekonomian masyarakatnya didominasi oleh kretek. Industri kretek sangat berkembang di kota ini. Rokok kretek adalah rokok yang menggunakan tembakau asli yang dikeringkan, dipadukan dengan saus cengkeh dan saat dihisap terdengar bunyi kretek-kretek.

Kretek menjadi salah satu bagian dari perkembangan kota Kudus. Gak heran kalau Kudus punya museum kretek, yang menyimpan cerita perkembangan kretek dari jaman dulu. Inilah cerita perjalanan ane mengunjungi Museum Kretek yang terletak di Jalan Getas Pejaten No 155, Kecamatan Jati itu.




Dulu, seorang bernama Haji Jamhari yang tinggal di Kudus sering merasakan sesak dan sakit di dada. Lalu pak Jamhari ngolesin minyak cengkeh di dada dan punggungnya biar anget. Ternyata cukup ampuh dan membuatnya nyaman. Kemudian ia mendapat ide untuk mencampur minyak cengkeh dengan irisan tembakau yang udah dikeringkan, lalu dilintin menggunakan daun jagung. Lintingan inilah yang kita kenal sebagai generasi rokok pertama. Ketika ujungnya dibakar lalu dihisap, muncul bunyi kretek-kretek, sehingga disebut sebagai rokok kretek.


Nitisemito

Gak lama setelah kreasi pak Jamhari, seorang pengusaha Kudus, Nitisemito mendirikan sebuah perusahaan kretek dengan nama Bal Tiga. Di tangannya inilah industri kretek di Kudus berkembang pesat. Selanjutnya banyak perusahaan rokok lainnya yang berdiri di Kudus, hingga sekarang berkembang ke pabrik-pabrik besar. Kretek menjadi tulang punggung perekonomian Kudus pada saat itu hingga kini.






Sejarah perjalanan industri rokok ini ditampilkan di Museum Kretek di Kudus. Museum satu-satunya museum rokok di Indonesia Gan! Gubernur Jawa tengah saat itu H. Soepardjo Roestam, menginisiasi berdirinya museum ini pada 3 Oktober 1986. Bangunan Museum di atas area seluas 2 hektar ini terlihat megah dari luar. Di depannya ada dua bangunan terpisah berasitektur rumah adat Kudus dan surau.




Museum kretek menunjukkan bahwa kretek berkembang sangat pesat di tanah jawa khususnya di Kudus. Di museum ini Agan bisa melihat sejarah kretek hingga proses produksi rokok kretek, mulai dari pembuatan secara manual sampai menggunakan teknologi modern. Ada juga cerita mengenai tokoh-tokoh yang berperan besar dalam memajukan bisnis rokok di Indonesia. Interior museum dipenuhi dengan patung-patung dan berbagai macam perlengkapan pembuatan rokok. Patung-patung itu adalah hasil karya seniman-seniman Kudus. Agan akan disuguhkan 1.195 koleksi yang menceritakan sejarah dan peradaban kretek dari waktu ke waktu.



Cobain deh Gan mampir ke Museum Kretek Kudus. Pas banget ada acara KASKUS Kudus Half Marathontanggal 24 September nanti. Ane denger banyak Kaskuser yang mau ikutan. Abis lari kita wisata keliling Kudus yuk Gan. Cek info lengkapnya kalau mau ikutan di sini.

Ada yang berencana mampir ke Kudus? Absen dulu di bawah yaa
emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om!

sumber: dokumentasi pribadi
Diubah oleh mangmamas25 25-08-2017 09:01
pandukusumo
pandukusumo memberi reputasi
1
14.8K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Domestik
Domestik
icon
10.2KThread3.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.