alexa-tracking
Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
9649
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55eebf7294786846588b456a/penggunaan-oli-mobil-pcmo-hdeo-untuk-motor---part-1
Selamat datang di Thread admapower64 Join Facebook Page untuk PCMO dan HDEO user di sini Unduh Daftar Pelumas PCMO / HDEO / MCO di sini Composed and Edited by Dee santi Pada kesempatan kali ini, mari kita diskusi salah satu topik yang paling sering kita pertanyakan selama ini, yaitu, bisakah menggunakan pelumas mobil untuk mesin motor kita? Sebelum ada jawaban ya atau tidak, mari kita definisikan
Lapor Hansip
08-09-2015 17:58

Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor

Selamat datang di Thread admapower64


Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1



Composed and Edited by Dee santi


Quote:
Pada kesempatan kali ini, mari kita diskusi salah satu topik yang paling sering kita pertanyakan selama ini, yaitu, bisakah menggunakan pelumas mobil untuk mesin motor kita?

Sebelum ada jawaban ya atau tidak, mari kita definisikan arti pelumas terlebih dahulu. Pelumas adalah zat kimia, yang umumnya adalah cairan, yang diberikan diantara dua benda bergerak untuk mengurangi gaya gesek. Pelumas pada umumnya dibagi ke dalam dua jenis, yaitu mineral dan sintetis. Pelumas mineral berasal dari hasil distilasi minyak bumi, sementara pelumas sintetis berasal dari proses Fischer-Tropsch Process yang menggabungkan Hydrogen dan Carbon. Pelumas Mineral dan Sintetis menurut API atau American Petroleum Institute dibagi ke dalam lima kelompok, diantaranya adalah:
  • API Group I, Base Stock Mineral dengan teknologi proses distilasi fraksi mineral parafin, dengan teknologi tersebut, minyak bumi akan bertambah ketahanan oksidasinya dan juga menyingkirkan zat-zat yang merusak Base Stock tersebut. Proses Distillation dan Solvent Refined tersebut akan meningkatkan VI atau Viscosity Index menjadi 80 – 119, Sulphur > 0.03%, Saturates < 90%.

  • API Group II, Base Stock Mineral dengan teknologi proses sama seperti Group I tetapi ditambahkan dengan Hydrokracked Technology. Dalam hal ini, Base Stock menjadi lebih murni dan lebih mudah untuk ditambahkan additives. Salah satu merek pelumas yang menggunakan Group II Base Stock adalah Shell™ Rotella® dan Pennzoil® PureBase® Perlu diketahui, Royal Dutch Shell adalah pemilik dari Pennzoil dan Quaker State. Dengan teknologi Distillation, Solvent Refined, dan Hydrocraked, maka nilai VI atau Viscosity Index menjadi 80 – 119, Sulphur < 0.03%, Saturates > 90%.

  • API Group III, Base Stock ini digadang-gadangkan menjadi salah satu pelopor pelumas dengan Synthetic Technology yang berasal dari Mineral Oil. Teknologi ini dipakai luas oleh banyak Pabrikan pelumas SuperMajor (British Petroleum, Chevron, ConocoPhillips, ExxonMobil, Royal Dutch Shell, Total), salah satu yang paling terkenal dan fenomenal adalah Base Stock milik Suncor PetroCanada yang menyatakan bahwa pelumas mereka memiliki Base Stock yang murni. Group III sendiri sudah digantikan dengan Group III+ atau VHVI yang merupakan singkatan Very High Enhanced Viscosity Index. Teknologi proses yang digunakan adalah sama dengan Group II tetapi ditambahkan teknologi Hydroisomer, sehingga menjadikan Base Stock dengan 99% Saturasi dan 1% Aromatik. Dengan teknologi Distillation, Solvent Refined, Hyrdokracked, dan Hydroisomer, maka nilai VI atau Viscosity Index menjadi ≥120. Di pasaran dunia, Group III+ dipasarkan dengan nama Fully-Synthetic Lubricant, yang common usernya adalah SuperMajor. Ada perbedaan antara pasaran dunia dan Eropa, pasaran dunia Oli Group III+ dapat disebut sebagai Fully-Synthetic, sementara di Eropa Oli Group III+ hanya boleh disebut Synthetic Technology. Untuk membedakannya, bisa dibuka http://www.total.fr/ dimana oli yang dijual sebagian besar di luar Eropa disebut sebagai Fully-Synthetic, maka di Perancis hanya disebut Lubrifiant technologie de synthèse atau Synthetic Technology Lubricant. Di Eropa hanya Group IV dan Group V yang boleh di label dengan Fully-Synthetic Lubricant.

  • API Group IV, Base Stock ini adalah hasil katalisasi antara Hydrogen dan juga Carbon baik dengan Fischer-Tropsch Process atau proses pembentukan olefin lainnya. Base Stock ini dinamakan PAO atau PolyAlphaOlefin, disebut PAO karena bahan dasarnya adalah Olefin. Pengguna Base Stock ini sangatlah jarang, mereka yang menggunakan Base Stock ini biasanya adalah pelumas dengan kategori Top Tier atau Premium. Salah satu pengguna PAO adalah Amsoil Signature Series, Mobil 1, dan Yacco dengan jajaran pelumas Top Tier Mereka. PAO sangat sulit ditambahkan soluble additives, sehingga additives yang bisa ditambah biasanya adalah logam alkali, alkali tanah, atau logam transisi seperti Molybdenum dan Titanium. Logam alkali ditambahkan adalah supaya menambah retensi pelumas untuk menahan asam yang terbentuk saat pembakaran terjadi. PAO memiliki karakteristik yang paling unik, karena memiliki Titik Beku yang rendah hingga -53 C dan Titik Bakar yang tinggi, hingga 270 C. pelumas ini tidak mengandung sulphur karena dibuat murni dari Hidrogen dan Carbon, dan memiliki Viscosity Index di atas 140.

    PAO ini dikenal sebagai Base Stock ngambekan, alasannya adalah selain pembuatannya sulit, yaitu apabila oli dengan PAO Based akan dibuat maka bahan-bahan seperti additives pack harus dicampur sebelum menjadi oli. Seperti kita membuat cake, apabila kurang atau kelebihan bahan, maka cake tersebut tidak enak dan tidak bisa dimodifikasi. PAO juga sangat rewel apabila bertemu dengan racun sejenis Sulfur dan TEL atau Tetra-Ethyl-Lead, dan dia tidak bisa ditambah dengan post-mixed additives. PAO juga sangat licin apabila ditambahkan additive Boron Nitride sehingga sangat baik untuk mesin-mesin berbahan dasar Aluminum Silicon. Pada BMW disebut Alusil, pada Mercedes Benz disebut SILITEC, atau pada Yamaha disebut DiAsil. PAO dan Boron Nitride akan membentuk lapisan film sangat kuat dan licin, sehingga akan sangat baik untuk menambah performa mesin. Boron Nitride dan PAO tidak akan menyebabkan selip kopling, karena hanya bereaksi dengan logam Aluminum Silicon saja, tidak dengan komposit Kampas Kopling.


  • API Group V, Base Stock ini biasanya diisi oleh Ester, prosesnya sendiri adalah dengan cara katalisasi asam yang dinamakan dibasic Ester, dengan Alkohol atau CH3OH sehingga dibentuklah Ester dari hasil katalisasi tersebut. Ester biasanya digunakan untuk kompetisi karena kemampuannya untuk mempercepat pembakaran dan juga meningkatkan performa mesin, sehingga mesin balap biasanya menggunakan Ester dan atau campuran PAO dan Ester. Ester memiliki ikatan film yang paling kuat, tetapi kelemahannya adalah umur pakainya cukup singkat, sehingga hanya cocok digunakan bagi Anda yang membutuhkan oli kompetisi. Ester juga berguna untuk ditambahkan ke PAO based supaya mudah untuk di campur dengan additives. cara mengetahui adanya Ester dalam pelumas adalah dengan melihat nilai oksidasi dan TAN dari pelumas tersebut. Sifat alami Ester adalah oksidan dan asam, sehingga nilai TAN pasti ada dalam pelumas tersebut. Salah satu yang terkenal antara lain adalah Redline, Motul, dan Maxima



Quote:
Apa perbedaan pelumas untuk mesin mobil dan mesin motor?


Secara fungsi, pelumas memiliki peran yang sama, mesin motor manual memiliki gearbox dan kopling yang menyatu dengan blok mesin, sehingga pelumas untuk mesin motor konvensional harus bisa melumasi mesin tanpa merusak komponen gearbox, terlebih kopling, karena kalau terlalu licin, kopling dapat selip dan mengakibatkan terbakar. Pelumas mobil secara umum tidak dapat melumasi kopling, sehingga sangat tidak cocok digunakan kepada mesin motor konvensional.

Mesin motor matic memiliki gearbox dan kopling terpisah dari blok mesin, sehingga pelumas hanya melumasi mesin saja, tanpa melumasi gearbox dan juga kopling. Hal ini sama dengan karakteristik mesin mobil yang memiliki kopling dan gearbox terpisah.

Perbedaan selanjutnya adalah antar mesin mobil dan mesin motor adalah suhu operasional, putaran mesin operasional, volume mesin dan kapasitas pelumas, serta daya kerja operasional. Secara teoritis, suhu operasional mesin motor lebih tinggi daripada suhu operasional mesin mobil karena absennya pendinginan stabil, atau radiator pada mesin motor, meski beberapa jenis motor sudah mengadopsi radiator, tetapi terkadang hal ini sering dilupakan para pemilik, sehingga fungsinya tidak optimal.

Selanjutnya adalah putaran mesin operasional motor lebih tinggi daripada mobil, tentu saja, mesin mobil memiliki lebih dari 1 silinder dengan kapasitas minimal 250cc per silinder, sehingga untuk menjalankan mobil tidak diperlukan tenaga putaran tinggi. Semakin banyak dan semakin tinggi kapasitas mesin, maka putaran operasionalnya makin rendah. Mobil bisa berjalan 100 Kmh dengan RPM hanya 2,500 RPM, sementara motor membutuhkan lebih dari 5,000 RPM untuk berjalan pada 100 Kmh. Tetapi perlu diperhitungkan, mobil berjalan 2,500 RPM dengan kondisi Long Stroke sementara motor berjalan 5,000 RPM dengan kondisi Short Stroke ingat pelumas bekerja untuk melumasi dinding silinder, piston, crankshaft, dan valve train, meski secara teoritis beban mobil terkesan ringan, tetapi secara volumetrik pelumasan lebih besar mobil berkali-kali lipat. Dan oleh sebab itu bisa dipastikan bahwa oli untuk mobil harus lebih baik daripada oli motor.


Ilustrasi: sebuah mobil dengan kapasitas mesin 3,500cc dan berat 2,200 Kg (1997 BMW E38 735iL) berjalan dengan kecepatan 160 Kmh hanya dengan 4,100 RPM di Tachometer.
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1


Selanjutnya adalah volume mesin dan juga kapasitas pelumas. Dalam mobil berukuran mesin 1,000cc sampai 2,000 cc biasanya menggunakan 4 – 5 liter pelumas, itu berarti untuk dibutuhkan 2.5 mL pelumas untuk setiap cc mesinnya, sementara motor dengan kapasitas 100 cc – 125 cc membutuhkan pelumas 0.8 L, sehingga mesin motor membutuhkan 6.4 mL pelumas untuk setiap cc mesinnya. Hal tersebut tentu saja berpengaruh kepada tingkat retensi terhadap asam yang akan membuat pelumas cepat rusak. Secara rasio, seharusnya oli motor memiliki volumetrik lebih besar, dan itu berarti kerjanya lebih ringan dibandingkan mobil, apabila kita mengabaikan proses pelepasan panas.

Beban kerja sebenarnya tidak relevan apabila kita membandingkan motor dengan mobil, tetapi bisa kita jadikan acuan, bahwa kerja motor tidak seberat yang kita bayangkan.
  • Motor, Beban: 150 Kg | Kapasitas Silinder: 110 cc | Ratio Silinder/Beban = 0.733 (Paling ringan)
  • Mobil, Beban: 2,000 Kg | Kapasitas Silinder: 1,300 cc | Ratio Silinder/Beban = 0.65 (Moderate)
  • Truk, Beban: 20,000 Kg | Kapasitas Silinder: 8,000 cc | Ratio Silinder/Beban = 0.4 (Paling berat)

Asumsi semua kendaraan di atas di hitung termasuk pengemudi dan penumpang penuh, dari hitungan tidak relevan di atas, kita bisa simpulkan truk memiliki ratio paling berat dan motor paling ringan, sementara mobil tidak seberapa berat dibandingkan dengan truk. Ini acuan sederhana saja, sementara hitungan aslinya lebih rumit, tetapi bisa disimpulkan bahwa oli mereka bisa saling digunakan bergantian, ya bisa saling pakai tetapi memiliki limit masing-masing.


Quote:
Bisakah Pelumas Mobil Digunakan untuk Motor?


Secara umum, pelumas mesin mobil akan dapat digunakan untuk mesin motor matic, kalau untuk motor konvensional, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, karena ada karakteristik pelumas mobil yang sangat dilarang digunakan dalam mesin motor konvensional, hal yang perlu diperhatikan adalah:


Ilustrasi: Total Quartz 9000 Future GF-5 5W-30 pelumas Long Drain pertama yang diuji oleh TS hingga 10,000 Km di Honda Vario 110cc, memiliki sertifikasi yang dilarang untuk digunakan pada Motor Kopling Basah.
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1


  • Mitos Jumlah Molybdenum, banyak yang mengatakan pelumas motor konvensional tidak boleh mengandung friction modifier semisal Molybdenum atau Titanium yang bersifat melincinkan dan meningkatkan nilai fuel efficiency yang salah-salah bisa membakar kopling motor kesayangan Anda. Padahal pada kenyataannya bukan Friction Modifier yang membuat kopling motor Anda selip, tetapi Organic Additives semacam Graphite yang membuat kopling Anda selip. Jika tidak percaya, coba lihat Jumlah Molybdenum pada Motul 300V 4T bahkan jauh lebih tinggi daripada Molybdenum pada PCMO sekalipun, tetapi dari user tidak pernah ada yang mengeluh kopling-nya selip. Perlu diketahui, Molybdenum, Boron, atau Titanium hanya bereaksi dengan Logam saja, tidak dengan komposit organic yang mungkin ada di Kopling.

  • API Resources Conserving atau API Energy Conserving, pelumas dengan API Starburst pasti mengacu kepada fuel efficiency, sehingga pasti pelumas akan sangat licin dan tidak dapat melumasi dan melindungi kopling secara bersamaan. API RC/EC biasanya menuntut oli bisa digunakan dalam jangka waktu yg lama dengan state stay-in-grade, sehingga perlu banyak Organic Additives dan tidak cocok dengan komposit kopling.

  • ILSAC GF-5, tidak disarankan digunakan dalam motor konvensional, karena sifatnya sama seperti API RC/EC menjamin oli dapat digunakan dalam waktu yang lama, dan bisa menghemat bahan bakar.

  • German Approval Oil, ya seperti namanya German Approval, mengacu kepada Manufacturer Jerman, seperti BMW, VW, dan Mercedes Benz. pelumas dengan sertifikasi baru mereka tidak cocok dengan motor kopling basah, karena ditakutkan mengakibatkan selip kopling. Terlebih pelumas dari pabrikan mereka menuntut Sustain Release untuk beberapa additives dan itu bisa berdampak kepada motor dengan kopling basah.


Apabila dahulu PCMO hanya bisa digunakan untuk motor matic saja, sementara pelumas HDEO bisa digunakan di motor matic atau motor manual, kini banyak yang menggunakan pelumas PCMO untuk motor dengan kopling basah, salah satu contohnya adalah ADNOC Voyager Silver 10W-40, Pertamina Fastron Techno 10W-40, dan Pertamina Fastron Fully Synthetic 0W-50. Penggunaan pelumas mobil pada motor akan menyebabkan beberapa dampak yang mungkin positif atau negatif tergantung kepada bagaimana Anda menanganinya. Tetapi, sepengalaman saya, penggunaan pelumas mobil lebih banyak efek positif ketimbang negatif-nya. Dan kita kembali ke rumusan awal, baik PCMO, HDEO, dan MCO adalah sama-sama Hydrocarbon Based, sehingga tidak masalah apabila Anda juga mau menggunakan MCO di mobil Anda, hanya saja limitasinya tambah banyak.


Quote:
Mengapa Harus Pelumas Mobil/Diesel (PCMO/HDEO)?


Apa alasan lebih memilih Pelumas Mobil/Diesel dibandingkan Pelumas Motor (MCO)?
  • Longer Drain Interval.
  • Better Performance.
  • Better Protection.
  • Better Fuel Efficiency.
  • Low Evaporation.


Tetapi tidak menutup kemungkinan Pelumas Motor (MCO) juga melakukan tujuan utama dibuatnya thread ini yaitu Resources Saving by Longer Drain Interval Lubricant. Beberapa contoh oli yang bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama adalah, Liqui Moly 4T, Royal Purple 4T, dan Elf Campione.


Quote:
Saya sebagai TS tidak berafiliasi dengan Lubricant Manufacturer manapun, posting saya di sini netral dan tidak mendikreditkan suatu merek dan atau jenis pelumas. Pendapat dan teori saya belum tentu benar, sehingga perlu didiskusikan di sini. Saya mengundang para expert disini untuk berdiskusi bersama mengenai penggunaan PCMO dan HDEO untuk mesin motor, berikut ini rules untuk thread ini:
  • Setiap sanggahan terhadap hal teknis dan juga yang berhubungan dengan kondisi dan atau kualitas suatu pelumas dan umur pakai pelumas, harap disertakan dengan bukti empiris yang kongkret, bukan sekedar katanya atau rasanya. Hal tersebut sudah diluar dari teorema dengan tanpa bukti empiris, sehingga sanggahan tidak akan dilanjutkan.
  • Dilarang Junk, SARA, flaming, ataupun nitip lapak disini, karena disini hanya untuk berdiskusi, mohon hargai Kaskuser lainnya.
  • Do at your own risk, penggunaan pelumas PCMO/HDEO pada mesin motor agan mungkin akan berdampak buruk, sehingga sehingga resiko pemakaian pelumas PCMO/HDEO selanjutnya adalah tanggung jawab user, saya hanya menyarankan yang terbaik dari datasheet dan pengalaman.

profile-picture
profile-picture
ayumovic dan brawlcrawlclaw memberi reputasi
6
Tampilkan isi Thread
Halaman 391 dari 483
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
06-09-2017 12:01
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
Shell rimula r5 buat kopling basah bisa ga ya gan?
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
06-09-2017 14:33
Quote:Original Posted By bernadbearprant
Pantesan ya jadi irit pake pertalite, selama ini ternyata pengapian dibikin mundur toh, ane baru ngeh, tiap cek oli EMG sering bgt bau Pertamax gitu, setelah pake pertalite udh abis bau menyengat bahan bakar di oli nya, makasi ya suhu info nya, iya di online semua oli pada murah2, katanya sih karena ambil langsung dari agen, ntahlah ane gak tau sebagai konsumen tu oli asal dari mana, suhu thanks info oli curah, ane jajal besok msx nya, Gbu


motor ente kompresinya brapa gan? pake pertalite performanya jadi turun ato sama aja dengan pertamax?
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
06-09-2017 15:11
Bajak suhuemoticon-Peace
Quote:Original Posted By KT610-lover


Ane dpt amsoil ss 0W30 tp msh api sm/gf4..rencana buat taun depan gantiin yg skrng sae 0W20 api sn/gf5..

Pertanyaan ane
Ini oli produksi taun brp ya..kemasanya beda soalnya?
Kadar PAOnya gmn?
penampakanya

yg skrng dipake
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
06-09-2017 15:19
Nah ini dia, kalo kata om lover settingan pengapian di mundurin sama mekanik bengkel, makanya waktu pake Pertamax bukannya irit malah boros, kecium bau Pertamax gak kebakar di knalpot, full tank cuma dapet 175an km, nyoba pertalite full tank malah tembus 235kman 4.3liter. Secara teori kompresi MX kingd10:5 harusnya konsumsi Pertamax 92 yak. Yg pasti sih sekarang ane makin irit dompet setelah tau pertalite yg cocok di motor. ane ojek online jadi hatam masalah jarak tempuh dan berapa liter konsumsi secara sehari2 di jalanan hehe.

Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
Diubah oleh bernadbearprant
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
06-09-2017 15:23
Hari ini pft di drain setelah jarak tempuh 3000km / cek oli ada di tgh batas deepstick. Baru kali ini pake oli 3000km + + ternyata Joss ya oli mobil hehe foto nya di atas

Masih Smoth sih, tapi mending di drain aja deh daripada kenapa kenapa hehe. Thanks ya suhu oli sesat, semoga kebaikan pengetahuan ente yg udh di bagi sama org2 awam menjadi berkah. Amin
Diubah oleh bernadbearprant
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
06-09-2017 15:34
permisi, apakah ada yg tau oilshop yg lengkap buat wilayah bekasi?
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
06-09-2017 16:18
Quote:Original Posted By clinekus
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
Shell rimula r5 buat kopling basah bisa ga ya gan?


Bisa


Quote:Original Posted By me2tgueteres
Bajak suhuemoticon-Peace


Ane dpt amsoil ss 0W30 tp msh api sm/gf4..rencana buat taun depan gantiin yg skrng sae 0W20 api sn/gf5..

Pertanyaan ane
Ini oli produksi taun brp ya..kemasanya beda soalnya?
Kadar PAOnya gmn?
penampakanya

yg skrng dipake


Itu stok tua bgt om.. Berhubung ini oli pao, pastikan sebelum dituang ke motor, ga ada yg gumpal. Tuang ke botol kaca dan cek.


Quote:Original Posted By bernadbearprant
Nah ini dia, kalo kata om lover settingan pengapian di mundurin sama mekanik bengkel, makanya waktu pake Pertamax bukannya irit malah boros, kecium bau Pertamax gak kebakar di knalpot, full tank cuma dapet 175an km, nyoba pertalite full tank malah tembus 235kman 4.3liter. Secara teori kompresi MX kingd10:5 harusnya konsumsi Pertamax 92 yak. Yg pasti sih sekarang ane makin irit dompet setelah tau pertalite yg cocok di motor. ane ojek online jadi hatam masalah jarak tempuh dan berapa liter konsumsi secara sehari2 di jalanan hehe.

Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1


Bukan dimundurin sama mekanik bengkel om, tapi setting umum dari pabrikannya begitu. Untuk mengakomodir user motor ini di daerah yg biasanya masih pakai premium. Hehe
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
06-09-2017 16:34
Iseng2 nanya oli ke temen ane yg kebetulan mekanik mobil mercy, eh malah ditawarin oli ini

OLI


Btw ini aman ga ya gan buat nmax
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
06-09-2017 16:43
maaf nubi tanya gan.. motor ane skywave spek standart 125cc , mqu coba oli diesel, yg rekomen merk apa ya, trus posisi motor sering muncul suara ngelitik, apa mungkin bisa ilang suaranya kalau pakao oli diesel trimakasih..
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
06-09-2017 17:47
Bukan dimundurin sama mekanik bengkel om, tapi setting umum dari pabrikannya begitu. Untuk mengakomodir user motor ini di daerah yg biasanya masih pakai premium. Hehe[/QUOTE]


Oh iya om dari pabrikan ya maksudnya, karena indo kebiasaan Ron 88 hehe, btw thanks om udh ngajarin sesat, keep longdrain dah !!
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
06-09-2017 20:10
suhu2 ane mau tanya dong olie mobil apa ya yg cocok buat motor gsxr150 ane, ane udah baca dari awal malah tambah bingung, selama ini motor ane pake olie sgo km udah 5000an, pake olie sgo kalo over gigi bunyinya kasar dan kalo pas over di gigi 1 ke 2 atau sebaliknya nyangkut di netral mulu, lama2 kesel juga, kira2 olie apa yg bagus dan cocok buat gsxr ane, thanks buat suhu2 disini
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
06-09-2017 21:29
Quote:Original Posted By k03s.sanjaya
suhu2 ane mau tanya dong olie mobil apa ya yg cocok buat motor gsxr150 ane, ane udah baca dari awal malah tambah bingung, selama ini motor ane pake olie sgo km udah 5000an, pake olie sgo kalo over gigi bunyinya kasar dan kalo pas over di gigi 1 ke 2 atau sebaliknya nyangkut di netral mulu, lama2 kesel juga, kira2 olie apa yg bagus dan cocok buat gsxr ane, thanks buat suhu2 disini


Rimula 4x atau PFD

cuman kalau perpindaahan gigi Rimula 4x lbh smooth dari semua oli sesat yg pernah saya coba ( PFT hijau, PFT ungu, PFD, Rimula 4x , Lupromax Diesel)
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
06-09-2017 21:37
Lupa quote
Diubah oleh k03s.sanjaya
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
06-09-2017 21:38
Quote:Original Posted By b3rryzx


Rimula 4x atau PFD

cuman kalau perpindaahan gigi Rimula 4x lbh smooth dari semua oli sesat yg pernah saya coba ( PFT hijau, PFT ungu, PFD, Rimula 4x , Lupromax Diesel)


Kalo rimula kira brp harganya ya gan?
Bisa langsung ganti aja atau mesti drain dulu gan
Diubah oleh k03s.sanjaya
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
06-09-2017 21:39
Gan ane mau tanya. Sekarang motor ane vario 150 olinya waktu ane cek di dipstick itu jauh diatas batas max nya. Padahal ane isi pas 800 ml. Rencana mau ane drain aja gan trus diisi lagi ke mesin. Kalo oli udh di drain trus di isi lagi ke mesin bisa ga gan? Soalnya ane pernah baca kalo oli udh di drain gabole diisi lagi ke mesin. Sayang juga si olinya soalnya baru dipake 300 km an. Trus cara drain oli biar keluarnya maksimal gmn gan? Mohon dibimbing.
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
06-09-2017 22:33
Quote:Original Posted By k03s.sanjaya


Kalo rimula kira brp harganya ya gan?
Bisa langsung ganti aja atau mesti drain dulu gan


Rimula 4x 1L harga 58rb di pomb bensin Shell

ga usah, ganti filter Oli aja pas pergantian oli
Diubah oleh b3rryzx
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
07-09-2017 06:44
Quote:Original Posted By mirzabadarudin
Gan ane mau tanya. Sekarang motor ane vario 150 olinya waktu ane cek di dipstick itu jauh diatas batas max nya. Padahal ane isi pas 800 ml. Rencana mau ane drain aja gan trus diisi lagi ke mesin. Kalo oli udh di drain trus di isi lagi ke mesin bisa ga gan? Soalnya ane pernah baca kalo oli udh di drain gabole diisi lagi ke mesin. Sayang juga si olinya soalnya baru dipake 300 km an. Trus cara drain oli biar keluarnya maksimal gmn gan? Mohon dibimbing.


kalo gue sih ambil aja pake sedotan dari lobang pengisian sampe volume oli normal
Diubah oleh dokumen
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
07-09-2017 07:20
Quote:Original Posted By bernadbearprant
Bukan dimundurin sama mekanik bengkel om, tapi setting umum dari pabrikannya begitu. Untuk mengakomodir user motor ini di daerah yg biasanya masih pakai premium. Hehe
Oh iya om dari pabrikan ya maksudnya, karena indo kebiasaan Ron 88 hehe, btw thanks om udh ngajarin sesat, keep longdrain dah !!

jadii mx king aman pake pertalite ya gan?
Quote:Original Posted By b3rryzx

Rimula 4x 1L harga 58rb di pomb bensin Shell
ga usah, ganti filter Oli aja pas pergantian oli

oli disel dibanding oli mobil enak mana ya om., misal rimula vs Total Quartz 7000
Diubah oleh cahyaadiprab
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
07-09-2017 08:49
Quote:Original Posted By KT610-lover

Bukan dimundurin sama mekanik bengkel om, tapi setting umum dari pabrikannya begitu. Untuk mengakomodir user motor ini di daerah yg biasanya masih pakai premium. Hehe


kalo minta dimajuin lagi gimana gan biar efektif di ron92?
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
07-09-2017 09:24
Quote:Original Posted By dokumen


kalo minta dimajuin lagi gimana gan biar efektif di ron92?


Ecm standar ga bisa diutak atik. Ganti ecu brt juken.


Anyway, ga usah parno bgt sama fuel dilution. Toh motor2 ente agak vampir. Ga fd pun, olinya keburu habis. Ga akan nyampe 10rb km. Jadi rutin pantau aja.
0 0
0
Halaman 391 dari 483
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.