News
Batal
KATEGORI
link has been copied
105
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59ad2542dbd77076528b4569/ternyata-bulan-punya-oksigen-dari-mana
Banyak ilmuwan sedang mencari tempat tinggal baru buat manusia, selain Bumi. Mars selama ini digadang-gadang jadi "rumah" buat umat manusia dan
Lapor Hansip
04-09-2017 17:04

Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?

Past Hot Thread
Quote:
Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?

Banyak ilmuwan sedang mencari tempat tinggal baru buat manusia, selain Bumi. Mars selama ini digadang-gadang jadi "rumah" buat umat manusia dan penelitiannya terus dilakukan. Ternyata nggak jauh-jauh dari Bumi, ada tempat tinggal yang kemungkinan bisa jadi tempat singgah manusia. Yaitu Bulan.

Yes, betul GanSis. Bulan yang selama ini adalah satelit bumi punya potensi untuk ditinggali. Paling nggak untuk sementara. Chris Hadfield, pensiunan astronot Kanada memberikan pendapat tersebut. Sebelum benar-benar ke Mars, Bulan sebenarnya bisa jadi persinggahan sementara.

Quote:"Saya pikir jika kita mengikuti pola yang didorong secara historis, maka Bulan akan menjadi yang pertama sebelum Mars. Bukan hanya untuk menegaskan kembali bahwa kita bisa sampai di sana, tapi untuk menunjukkan bahwa kita juga bisa tinggal di sana." kata Hadfield dalam sebuah wawancara.


Nah belum lama ini peneliti Jepang memberikan pernyataan yang serupa. Lewat sebuah penelitian soal menjadikan Bulan sebagai tempat tinggal sebelum Mars, peneliti Jepang malah bilang kalau Bulan punya oksigen. Whoa???

Penelitian ini dipimpin oleh Kentaro Terada dari Osaka University. Mereka menggunakan data-data dari wahana antariksa SELENE (Kaguya) dan mempelajari dari mana asal oksigen yang ada di Bulan. Bisa tebak, GanSis?

Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?

Ternyata oksigen di Bulan berasal dari Bumi.

Hipotesis Terada dan para koleganya, selama sekitar lima hari di setiap bulan, Bulan terlindungi dari angin Matahari oleh magnetosfer Bumi. Ini adalah sebuah gelembung di mana medan magnet Bumi punya pengaruh cukup besar.

emoticon-cystg

Terada dan timnya percaya, ion oksigen perlahan-lahan bergerak dari bumi ke BUlan dan tertanam di lapisan atas permukaan bulan yang terdiri dari tanah dan batuan.

Oksigen ini ternyata sudah miliaran tahun bertahan di sana.

Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?

Analisa Terada sudah dipublikasikan di jurnal Nature Astronomy edisi September ini. Dengan mempelajari lebih jauh tentang sampel batuan Bulan, Terada berharap bisa memahami perubahan atmosfer Bumi dari waktu ke waktu. Juga bisa lebih paham seberapa besar pengaruh perubahan atmosfer terhadap evolusi berbagai bentuk kehidupan di Bumi.

emoticon-Cendol Gan

Sumber.
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 6
Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?
06-09-2017 09:00
perlu diexploitasi lebih lanjut
0 0
0
Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?
06-09-2017 09:21
Bulan itu belah jadi dua gak bisa di tinggalin. karna dulu ada perang antara naruto vs toneri, jutsu toneri yg maha dahsyat itu membelah bulanemoticon-Turut Berduka
0 0
0
Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?
06-09-2017 09:27
Quote:Original Posted By jerapahganteng
mitosssss


keberadaanmu juga mitos kok
0 0
0
Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?
06-09-2017 10:15
hmmm nais inpoh dah
0 0
0
Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?
06-09-2017 10:42
kalau bulan bisa ngomong emoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio
0 0
0
Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?
06-09-2017 11:19
masih kalah sama matahari gan.. matahari bkn cm pnya oksigen, tp punya mba-mba cakep jg
0 0
0
Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?
06-09-2017 11:38
Quote:Original Posted By vapro
Sdh ht nih bre


hoax itu mah..
0 0
0
Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?
06-09-2017 12:37
Udah bisa bangun pondasi rumah d bulan emoticon-Hammer2
0 0
0
Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?
06-09-2017 12:42
kalo bulan ditinggali bumi bakal gelap ntar emoticon-Betty
0 0
0
Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?
06-09-2017 12:55
beli oksigen
0 0
0
Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?
06-09-2017 12:57
Luar angkasa katanya ga ada udara terus oksigen yang notabenenya udara gimana caranya ke bulan? Ni ilmuwan yang kasih pendapat beneran atau ilmuwan jadi2an sih? Ngakak logikanya 😂
0 0
0
Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?
06-09-2017 13:59
abis ini bulan bisa ngomong,
0 0
0
Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?
06-09-2017 16:02
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Quote:Original Posted By megatron21
masa sih? kok ane skeptis ya emoticon-Bingung

Gak ada yang aneh kok,

papernya bahas ion oksigen yang terdeteksi oleh Kaguya
ion tersebut bukan bagian dari "solar wind" karena terdeteksi saat Kaguya (dan bulan) ada di wilayah magnetosfir bumi sehingga terlindung dari "solar wind".

Dari situ bisa disimpulkan bahwa oksigen itu asalnya dari bumi.

Dari simulasi,
ion oksigen tersebut mampu sampai ke permukaan bulan hingga kedalaman sekian. Nah, prospeknya adalah kemungkinan kondisi atmosfer awal bumi terkunci di batuan bulan. emoticon-Cool
0 0
0
Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?
06-09-2017 16:09
walaupun ada oksigen kondisi d bulan jauh lbh ekstrem dr mars,gak cocok sma skali bahkan utk d bgn pangkalan
0 0
0
Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?
06-09-2017 16:23
Quote:Original Posted By widya poetra
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi


Gak ada yang aneh kok,

papernya bahas ion oksigen yang terdeteksi oleh Kaguya
ion tersebut bukan bagian dari "solar wind" karena terdeteksi saat Kaguya (dan bulan) ada di wilayah magnetosfir bumi sehingga terlindung dari "solar wind".

Dari situ bisa disimpulkan bahwa oksigen itu asalnya dari bumi.

Dari simulasi,
ion oksigen tersebut mampu sampai ke permukaan bulan hingga kedalaman sekian. Nah, prospeknya adalah kemungkinan kondisi atmosfer awal bumi terkunci di batuan bulan. emoticon-Cool


Bukan yg ini wid... kalo yg ini ane masih ngerti, tapi klaim yg oksigen bumi dari bulan itu berasa nonsense
======

Edited... ternyata gw yg salah baca emoticon-Hammer2
Diubah oleh megatron21
0 0
0
Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?
06-09-2017 16:25
Ayoo kita kebulan gan hahahahaha
0 0
0
Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?
06-09-2017 16:36
Quote:Original Posted By acesabo
walaupun ada oksigen kondisi d bulan jauh lbh ekstrem dr mars,gak cocok sma skali bahkan utk d bgn pangkalan


lebih ekstrem di mananya? emoticon-Bingung
0 0
0
Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?
06-09-2017 16:47
Quote:Original Posted By peyotpetot
lebih ekstrem di mananya? emoticon-Bingung


..... mash sd gan?
0 0
0
Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?
06-09-2017 16:55
Quote:Original Posted By acesabo


..... mash sd gan?


kalo gak bisa jawab ya sudah ......................................................... emoticon-Ngacir
0 0
0
Ternyata Bulan Punya Oksigen. Dari Mana?
06-09-2017 17:24
Quote:Original Posted By peyotpetot
kalo gak bisa jawab ya sudah ......................................................... emoticon-Ngacir


trxta bener emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia