alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
1.29 stars - based on 31 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/59a9b41f9252336d7b8b4568/pentingnya-priok-amp-patimban-untuk-bisnis-manufaktur-dan-distribusi-barang
Lapor Hansip
02-09-2017 02:25
Pentingnya Priok & Patimban Untuk Bisnis Manufaktur dan Distribusi Barang
Past Hot Thread
Pentingnya Priok & Patimban Untuk Bisnis Manufaktur dan Distribusi Barang
Foto dok. Beritadaerah.co.id
Indonesia yang merupakan negara kepulauan dengan sepertiga wilayah terdiri perairan, belum lagi letak negara kita yang strategis sebagai persinggahan rute perdagangan dunia sehingga keberadaan pelabuhan memegang kendali yang sangat penting gan. Pelabuhan ga hanya mendatangkan devisa untuk negara saja, namun juga bisa memudahkan buat agan sista yang bergerak dalam industri manufaktur ataupun distribusi barang. Untuk mendukung kebutuhan bisnis di Indonesia keberadaan pelabuhan Tanjung Priok tentu sudah diketahui banyak orang yang melancarkan segala sesuatu dalam bongkar muat dan pendistribusian barang, sayangnya terkadang agak tersendat karena memang pelabuhan priok yang sedang padat, sehingga solusinya bisa beralih ke pelabuhan Patimban yang berlokasi di Subang, Jawa Barat.

Kelancaran arus barang menjadi skala prioritas bagi kelangsungan kedua bidang bisnis di atas, beruntung banget buat warga Meikarta yang bergerak di bidang industri manufaktur atau ditribusi barang, karena letaknya yang diapit Subang dan Jakarta sehingga benar-benar diuntungkan oleh keberadaan pelabuhan Patimban. Maka hidup warga Meikarta yang menggantungkan nafkah pada industri manufaktur dan jasa distribusi barang akan lebih tenang. Harapan bahwa perekonomian mereka akan cepat berkembang pun kian nyata seiring dengan kemajuan pembangunan pelabuhan Patimban. Dengan alasan memiliki nilai strategis sangat tinggi, gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan bupati Subang Imas Aryumningsing berharap pelabuhan Patimban bisa mulai beroperasi pada tahun 2019.
Menurut kepala direktorat pelabuhan Kemenhub Mauritz Sibarani, keberadaan Patimban bisa menekan ketergantungan Indonesia pada Singapura secara signifikan. Patimban adalah pelabuhan laut dalam untuk yang dirancang sebagai partner Tanjung Priok untuk menghadapi pertumbuhan arus barang yang kerap tak tertangani. Rudy Sangian, pakar kepelabuhanan dari Supply Chain Indonesia (SCI), melihat masalah keterbatasan kapasitas pelauhan sebagai masalah lama yang hanya bisa diatasi dengan kehadiran Patimban. Sejauh ini, menurut Rudy, total panjang dermaga Tanjung Priok adalah 12.167,8 meter. Jika rata-rata dengan panjang per kapal adalah 100 meter, maka 122 kapal yang bisa ditambat di Priok sedangkan kapal berbendera Indonesia berbobot di atas 500 gross ton berjumlah 6.922 unit.

Pentingnya Priok & Patimban Untuk Bisnis Manufaktur dan Distribusi Barang
Foto via inilah.com
Tanjung Priok adalah tempat berlabuh kapal antarpulau yang membawa komoditas ekspor atau impor. Di Priok, muatan kapal-kapal feeder ini dialihkan ke yang lebih besar untuk diangkut ke Singapore. Di Singapore muatan tersebut dialihkan lagi ke kapal lintas samudera menuju berbagai negara. Bila pembangunan Patimban rampung, kapal-kapal antarpulau tersebut tak perlu ke Priok. Mereka bisa langsung ke Patimban, dan muatannya dialihkan ke kapal lintas samudera yang tak perlu mampir ke Singapura untuk diangkut ke negara tujuan.
Daya tampung Patimban adalah 7,5 juta kontainer dan 600.000 unit kendaraan bermotor, makanya ga sulit membayangkan jika industri manufaktur dan distribusi barang membuka peluang besar bagi warga Meikarta untuk mengembangkan bisnis atau karir. Apalagi nanti akan ada tol layang di atas jalan to Jakarta-Cikampek sehingga waktu tempuh ke Subang bisa di bawah satu jam sehingga tak memakan waktu banyak.
Pemerintah sendiri telah memasukkan oroyek Patimban yang bernilai Rp 43 trilyun ini dalam daftar Proyek Strategis Nasional. Pemerintah berharap, Patimban akan sanggup menekan biaya logistik nasional yang sampai sekarang masih tergolong tertinggi di Asean. Riset oleh Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) menunjukkan bahwa tahun ini rasio biaya logistik Indonesia dibandingkan produk domestik bruto (PDB) mencapai 23,5%. Ini masih jauh lebih tinggi dibandingkan Singapura yang hanya 8,1 persen, Malaysia 13 persen, dan Thailand 13,2 persen. Agan udah kepikiran untuk pindah ke Meikarta dan memulai menekuni bisnis manufaktur dan distribusi barang? Patut dipertimbangkan nih gan!
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 6
04-09-2017 03:14
dan terjadi lagi...
0
04-09-2017 03:24
platform forum kok jadi ajang kontes promosi emakarta?
emang engga bisa pasang iklan dg kontens yg fair, dan dg cara dan pada tempat yg sesuai?

emoticon-Traveller
0
04-09-2017 04:27
meikampret ht mulu

emoticon-Blue Guy Bata (L)
0
04-09-2017 06:17
Meikampret emoticon-Betty
0
04-09-2017 07:17
mantap gan
0
04-09-2017 09:10
Quote:Original Posted By patra.yosh
ane gak perlu baca tritnya udah yakin pasti Cumiarta.
ada tanda (ads). ngoahahahaha


malah jadi ht lg emoticon-Ngakak
0
04-09-2017 09:40
nggak ada pelabuhan.. sopit truk demo gannn
0
04-09-2017 10:29
meikarta everywhere
0
04-09-2017 10:43
Quote:Original Posted By Dejavu.Cucud
platform forum kok jadi ajang kontes promosi emakarta?
emang engga bisa pasang iklan dg kontens yg fair, dan dg cara dan pada tempat yg sesuai?

emoticon-Traveller


kurang menarik mungkin bagi mereka gan.
senengnya make jebmen keknya mereka.
0
04-09-2017 11:00
priuk dan patimban = meikarta emoticon-Ngakak
0
04-09-2017 15:45
sering banget meikarto ngiklan disini, mana gitu jadi HT lagi
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
10-09-2017 18:44
Aku ingin pindah Ke Memeikarta emoticon-Bettyemoticon-Bettyemoticon-Betty
Diubah oleh fadil.anugrah
0
13-09-2017 08:12
Aku coba pertimbangkan gan
0
27-09-2017 15:16
Mantabs soul gan.. thxu udh berbagi infonya// emoticon-Smilie
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Halaman 6 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.