Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
166
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59a68173dc06bdcd578b456b/berbahaya-hati-hati-dalam-memilih-obat-kutu-rambut
Kutu rambut, siapa sih yang gak kesel ama makhluk satu itu? Mungkin gegara kitanya yang males rawat rambut, makannya tu makhluk dateng kali ya?
Lapor Hansip
30-08-2017 16:12

Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.

Past Hot Thread
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.


Perkenalan dari ane


Quote:
Kutu rambut, siapa sih yang gak kesel ama makhluk satu itu? Mungkin gegara kitanya yang males rawat rambut, makannya tu makhluk dateng kali ya? emoticon-Ngakak

Ternyata banyak cara buat membasmi kutu di rambut, salah satunya make obat kutu


Eits, ternyata gabisa sembarangan make obat kutu rambut loh.
Tau kan kasusnya, yang ibu sama anak meninggal karena "dikarenakan" make obat kutu rambut yang di beli. emoticon-Mewek


Selidik punya selidik, ternyata kita kudu tiati sama obat kutu rambut
Why? Langsung aja disimak emoticon-Malu


<><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><>


Waspada dengan Obat Kutu Rambut
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.
Ilustrasi
© JPC-PROD /Shutterstock


Quote:Malang menimpa ibu dan ketiga anaknya, dua di antaranya meninggal dunia. Keluarga di Boyolali ini keracunan usai mengobati kutu rambut dengan insektisida, obat serangga merek Diazinon yang dicampur dengan air sebelum digunakan.

Diazinon merupakan jenis insektisida golongan organofosfat yang paling banyak digunakan oleh petani di Indonesia. Hama yang bisa diberantas dengan menggunakan insektisida diazinon antara lain kutu daun, lalat, ulat daun, ulat kubis, ulat batang, wereng padi, wereng kedelai, kumbang penggerak padi dan sebagainya.

Dalam penggunaan sehari-hari organofosfat tidak hanya mematikan serangga, tetapi cenderung menimbulkan keracunan atau mematikan organisme lain. Bahkan menimbulkan keracunan pada manusia.

Kontak dengan insektisida saat ini sudah menjadi permasalahan kesehatan yang mendunia. Data terbaru, tahun 2015, WHO memperkirakan kejadian keracunan insektisida akut sebanyak tiga juta kasus setiap tahunnya, dengan angka kematian sejumlah 220 ribu kasus.

Mayoritas insiden ini terjadi di negara-negara berkembang, terutama di Afrika, Asia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.


Kok Bisa Paparan Diazinon Berakibat Fatal?
Quote:Pada penggunaan yang salah, diazinon bisa menyebabkan gangguan kesehatan hingga kematian.
Insektisida ini bisa masuk ke dalam tubuh melalui kulit, saluran pencernaan, dan saluran pernapasan. Di dalam tubuh, ia akan mengikat enzim kholinesterase yang berada dalam darah. Enzim ini berfungsi penting mengatur kerja saraf otot. Jika enzim diikat, sistem biologis pun ikut kacau. Akibatnya orang bisa saja mengalami sesak napas parah hingga kematian.

Hal ini dibenarkan oleh Dekan Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (UI) Mahdi Jufri. Menurutnya, sifat diazonin sangat toksik alias beracun. Bahkan untuk menggunakannya petani wajib memakai sarung tangan dan masker.

"Efeknya mematikan jika tertelan atau dikonsumsi. Makanya harus dijauhkan dari anak-anak. Diazinon yang terkena kulit pun sudah mematikan. Apalagi jika diolesi di rambut atau kulit kepala. Sangat berbahaya. Membuat penderitanya gagal napas disertai mual muntah."

Ia juga menjelaskan, diazonin pada dasarnya sama seperti obat pembunuh serangga pada umumnya. Namun, jauh lebih berbahaya dibanding jenis obat semprot. Jadi terbayang, jika digunakan langsung ke kulit kepala tentu efeknya bisa sangat berbahaya. Apalagi pada anak-anak yang masih sangat riskan.


Mulustrasi Diazinon


Cara Aman Basmi Kutu Apa Dong?
Quote:Dr. Mahdi menyarankan agar masyarakat menggunakan obat kutu rambut yang aman. Yakni yang memiliki kandungan benzyl benzoate. Kandungan Melathion, Benzyl Alcohol, Lindane, Permethrin, Pyrethrin juga bagus, selama digunakan sesuai anjuran.

Cara alami menggunakan minyak zaitun dengan dibantu serit--sisir kutu--juga berfungsi. Yakni dengan mengoleskan minyak zaitun di rambut lalu menutupnya dengan pembungkus kepala, dan didiamkan semalaman. Keesokan harinya rambut disisir dengan serit untuk menghilangkan telur kutu dari batang rambut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Boyolali, Sherly Jeanne Kilapong menganjurkan agar tidak menggunakan obat-obatan, apalagi obat pestisida untuk membasmi kutu

"Dikeramasi setiap hari saja sebenarnya kutu itu akan hilang dengan sendirinya. Bisa dibantu dengan disisir, enggak juga tidak apa-apa. Keramas sehari sekali saja menggunakan shampo tidak akan kutuan. Kutu akan hilang," jelas Sherly.



Faktanya
Quote:Periset pernah menemukan bukti meresahkan soal kutu rambut. Menurut mereka kutu rambut telah bermutasi sedemikian rupa sehingga kebal terhadap obat antikutu dan juga insektisida. "Jika Anda menggunakan bahan kimia berulang-ulang, makhluk kecil ini akan membangun daya tahan tubuhnya," kata seorang periset.

Walau ini hanya temuan awal dari studi jangka panjang, tetap bisa diambil simpulan: tak mudah memberantas kutu, apalagi hanya sekadar dicuci.

Lagipula faktanya, kutu rambut bertahan hidup lebih dari beberapa hari di tempat hangat, dengan mendapat 'makanan' dari kepala manusia. Kutu rambut juga dapat bertahan hidup sampai enam jam meski rambut direndam. Itulah mengapa kutu rambut tetap akan sulit mati walau Anda rajin berenang dan keramas.

Selain itu, kutu rambut tidak dapat melompat, bergelantungan, atau terbang, melainkan bisa bergerak ke mana saja dan menyebar bila terjadi kontak antarkepala. Kutu rambut juga bisa mati dan dehidrasi, setelah sehari tidak dapat makanan di kepala.


Pencegahan Lebih Baik
Quote:Oleh karena itu, selain menggunakan obat yang aman dan menjaga kebersihan rambut, pencegahan juga diperlukan. Pertama, lakukan pengobatan kutu bersama-sama pada seluruh keluarga di rumah.

Kedua, cuci seprei dan pakaian yang terkontaminasi kutu dengan air panas (54,5 derajat Celsius) lalu gunakan pengering selama 20 menit.

Ketiga, letakkan seluruh benda kering yang sulit dicuci--seperti boneka--dalam kantong kedap udara selama tiga hari. Terakhir, rendam seluruh alat yang berhubungan dengan rambut, seperti sisir, jepit rambut, ikatan rambut, ikat kepala, dan kuas di dalam cairan alkohol atau sampo yang mengandung obat antikutu selama satu jam. Setelahnya cuci dengan air panas.


<><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><>


Gimana agan&sistah? Masih mau ga keramasan dan ngejaga kebersihan rambut kita? emoticon-Ngakak

Lebih enak kalo rambut bersih dan wangi macam di iklan-iklan sampo ntu emoticon-Malu
Semoga inpo dari ane bisa bermanfaat dan nambah wawasan buat kita semua ya

Kalo ada yang punya info lebih, boleh banget gan buat ditambahin dimarih emoticon-Maaf Agan


Quote:
Si samin, demen warna merah. Mohon diingetin kalo ada yang salahemoticon-Maaf Agan


Quote:
emoticon-Hot NewsBuat liat informasi menarik lainnya seperti artikel di atas bisa liat Di marihemoticon-cystg
Jangan lupa rate bintang 5, tinggalin komentar dan bersedekah sedikit cendol buat ane dan ane doain agan makin ganteng dan cantik deh emoticon-Malu (S)

SUMUR:
Beritagar.id


Jangan lupa kunjungi thread ane yang lain gan emoticon-I Love Kaskus (S)


Quote:

ini gan karet "grafena" yang katanya sekuat baja
Bisakah teknologi menghidupkan manusia tak bernyawa
Pedoman Gizi Seimbang, Hidup 5 Sehat 8 Sempurna
2 Hal Yang Pantang Dilakukan Bagi Pemilik Mobil Matic
Terntata, Sit Up Tidak Lagi Direkomendasikan
Kenapa Orangtua tega membunuh anaknya
Apa Iya? Penggunaan Bedak Bayi dapat Memicu Kanker Ovarium.
Jangan Coba-Coba Bawa Vape ke Negara ini Gan, Bisa Dipenjara.
Main musik bermanfaat untuk otak (+video)
Tahu, dengan segala manfaatnya buat tubuh
Cara terbaik untuk menikmati wiski
Kiat agar bisa menikmati hubungan intim
Beberapa makanan yang bisa menurunkan kolesterol
Tips penting untuk menjadi lebih produktif
Bikin kangen, inilah permainan tradisional khas Indonesia
Mengenal tipe-tipe pedofil
Tak Hanya Makanan, Bantal juga Bisa Kadaluwarsa Gan.
Bahaya dibalik seringnya movie maraton
ini dia hewan yang bisa hidup tanpa oksigen
Cara jitu ntuk sukses dalam tawar menawar
Kertas tisu ini mampu menambal luka gan (+video)
Akhirnya ditemukan manfaat puntung rokok bagi lingkungan
Ini Bukti Jika Anak yang Berbohong Cenderung Lebih Cerdas.
Ternyata Kurang Tidur Bisa Memperlebar Lingkar Pinggang Gan.
Mengapa wangi bayi begitu menyenangkan?
Depresi bisa dikenali lewat instagram
Agar Naik KRL Menyenangkan, Agan Harus Memerhatikan Beberapa Hal Berikut.
Budi Daya Lalat, Solusi Pakan Ternak dari Situbondo
Ini gan hasil rekonstruksi wajah mumi Mesir
Anak yang Duduk Diam di Kelas Ternyata Memiliki Dampak Buruk Gan.
Hati-hati, buruknya kebiasaan gemar menimbun barang
Main biliar, menyenangkan dan menyehatkan
Ini Ciri-Ciri Orang yang Bakal Lunasin Utang Gan.
6 Cara Cerdas Melamar Kerja via Internet
Jarang mandi bisa bikin sehat?
Kapal Selam Militer ini Ternyata Hasil Cetakan 3D Gan.
Sifat yang tak disukai pewawancara dari pelamar kerja
Kenapa sebaiknya tak pesan teh dan kopi di pesawat
Bukan barang branded, tas ini berhasil terjual sebesar Rp 24 Miliar.
Rahasia dibalik gigi yang berisik pada saat tidur
Alkohol ternyata justru mempertajam ingatan?
3 Destinasi Wisata di Bali yang Anti Mainstream dan Cocok untuk Instagrammer.
Hati-hati, operasi pembesaran penis bisa berakibat fatal
Cara cepat jernihkan pikiran saat stress
Ternyata ini yang bikin agan gelisah semalam sebelum berlibur. [+Cara mengatasinya].
Fenomena Gerhana Bulan Sebagian bisa dilihat pada 7 Agustus di Indonesia
Cara bahagia menggunakan media sosial
Ini Jadinya Gan, Kalau di Kamar Anak Ada Tv nya.
Memendam dan terabaikannya emosi diri punya dampak buruk
Pentingnya clean sleeping bagi tubuh
6 kiat asah otak agar agan tetap awet muda
Penanganan yang bisa dilakukan jika anak terkena luka bakar
Mengenal sindrom penipu dan cara mengatasinya
Hadiah Rp 3,3 Miliar Disiapin untuk Agan yang Bisa Ngebobol Sistem Operasi ini.
Cara memilih beras yang baik nan berkualitas
Tip sukses tanpa pekerjaan tetap
Cara untuk Membeli Waktu Supaya Selalu Bahagia.
Mengapa kita makan di saat tak lapar?
Masa sih debu bisa bikin gemuk?
Tanda-tanda orang mau bunuh diri. [+Tips mencegahnya]
Lebih bersahabat. Inilah fakta mengapa anjing bisa begitu jinak terhadap manusia
Tur gratis menjelajah stasiun luar angkasa



Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.




Diubah oleh kangjati
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 9
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.
03-09-2017 11:59
katanya juga bisa penyebab kanker
0 0
0
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.
03-09-2017 12:25
turut berduka deh buat yg meninggal... emoticon-Turut Berduka
ane gak pernah kutuan, ane keramas tiap hari... emoticon-Cool
inget pernah guru sma ane pernah cerita, punya temen yg demen banget manjangin rambut trus dibikin gimbal.
temennya ini katanya gak pernah keramas, sampe bau banget rambutnya... tiap disuruh keramas pasti marah soalnya bilang nanti gimbalnya rusak.
trus pernah suatu hari curhat katanya kepalanya sakit sampe merambat ke telinga, leher sama gigi, trus juga di telinganya katanya ada kayak binatang jalan..
pas dibawa ke dokter trus di rontgen katanya otaknya mulai digerogotin sama kutu. jadi kutunya itu masuk lewat pori2 kulit kepala... emoticon-Wow emoticon-Takut
akhirnya gak sampe sebulan setelah itu meninggal katanya.... emoticon-Mewek
0 0
0
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.
03-09-2017 12:25
Quote:Original Posted By nasbungdiehard
Kasi aja kepalanya sama monyet
Monyet suka loh makan kutu
ane pernah lihat monyet nyari kutu dikepala manusia dan dia dapat banyak


emoticon-Shakehand2 emoticon-Hammer2
0 0
0
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.
03-09-2017 12:30
yg jarang mandi kudu hati2 emoticon-Leh Uga
0 0
0
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.
03-09-2017 13:04
lah itu sepupu ane kutuan, sama ibunya dikasih obat nyamuk cair kepalanya emoticon-Wakaka
parah emoticon-Wakaka
untung ga kenapa2 emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.
03-09-2017 13:05
Jelas lah pake insektisida yg dikhususkan untuk tanaman, bukan untuk rambut. Insektisida aja apabila disemprotkan ke tanaman secara terus menerus bisa menimbulkan keracunan. Makanya para petani kalo mau nyemprot harus pake pelindung, ditakutkan akan terhirup insektisida yg disemprotkan.

Lah ini malah langsung dipakai ke kepala manusia hadeuh beda sasarannya emoticon-Cape d... berita nya kirain ane gara2 pake merk dagang p*d*t*x
Diubah oleh nona007
0 0
0
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.
03-09-2017 13:30
keramas pake pestisida dan insektisida yah emoticon-Big Grin
Diubah oleh nazua
0 0
0
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.
03-09-2017 13:46
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut. ..
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.
0 0
0
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.
03-09-2017 13:50
Botakin aja susa bener
0 0
0
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.
03-09-2017 14:35
Iya botakin aja kelar gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.
03-09-2017 14:42
untung ane gak kutuanemoticon-Leh Uga
0 0
0
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.
03-09-2017 14:48
untung ane gk kutuan...
tp kalo kutuan bagusan pake sisir jaman dulu gt, bener gk? gk ada fotonya ane emoticon-Leh Uga
0 0
0
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.
03-09-2017 15:04
dulu ane mah diseret , lumayan sakit2 enak sama emak waktu dulu emoticon-Ngakak
0 0
0
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.
03-09-2017 15:09
oh gitu toh
0 0
0
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.
03-09-2017 15:11
Quote:Original Posted By cesarydinan05


emang bs gan?


kata temen ane bisa ,ane belum coba
0 0
0
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.
03-09-2017 15:13
masih ada aja rambut yang kutuan,heloow
0 0
0
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.
03-09-2017 15:28
Ane abis pulang kkn jadi kutuan :'( kayaknya ada temen yg kutuan 1 orang tapi kok ya efeknya semua orang kena kutu... Buset dah ini berabe amat gue ngurusnya padahal sblm kkn rambut ane bersih bersinar emoticon-Frown emoticon-Frown
0 0
0
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.
03-09-2017 15:52
ngeli
0 0
0
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.
03-09-2017 16:00
botakin aja gampang plus murah emoticon-Ngakak
0 0
0
Berbahaya, Hati-Hati Dalam Memilih Obat Kutu Rambut.
03-09-2017 17:34
mesti di botak licin dulu gan
ampuh pasti emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 7 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia