poseedAvatar border
TS
poseed
Berburu Kuliner Tradisional Surabaya yang Uenak Tenan Rek!
Surabaya merupakan ibu kota dan kota metropolitan terbesar di provinsi Jawa Timur. Sebagai kota kedua terbesar di Indonesia, setelah Jakarta, Surabaya memiliki daya tarik kuliner tradisional yang menarik banyak wisatawan. Baik dalam negeri maupun manca negara.
Jika Agan dan Sista berkesempatan untuk berkunjung ke kota yang sangat istimewa ini, tidak ada salahnya mencoba mencicipi beberapa makanan legendaris khas kota Surabaya.

1. Rujak Cingur


Makanan unik khas Surabaya ini memiliki bahan dasar istimewa, hidung sapi atau cingur. Agan dan Sista dapat menemukan Rujak Cingur hampir di seluruh tempat makan di Surabaya. Perpaduan bumbu kacang dan petis sebagai bumbunya pasti terasa sangat menggugah selera. Laziz!

2. Tahu Tek



Meski memiliki penampilan yang sangat sederhana, namun Tahu Tek merupakan salah satu panganan favorit masyarakat Surabaya. Tahu Tek terdiri dari potongan tahu goreng, lontong, dan kentang dengan taburan kecambah dan siraman saus petis yang pastinya terasa sangat yummy dan dijamin kenyang deh gansis makan ini.

3. Rawon Setan


Makanan khas Jawa Timur ini menyerupai soto, namun memiliki kuah berwarna hitam pekat. Rawon Setan merupakan salah satu makanan yang diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Surabaya. Untungnya, makanan yang satu ini mudah ditemui. Hampir semua tempat makan di Surabaya menyajikan masakan yang satu ini.

4. Lontong Balap


Konon makanan yang satu ini memiliki sejarah yang unik untuk namanya. Sang penjual yang menggunakan pikulan untuk menjajakan makanannya harus berjalan cepat karena beratnya beban yang dipikulnya. Hal tersebut membuatnya seakan-akan sedang melakukan balapan. Oleh karena itulah, makanan ini dinamakan Lontong Balap. Selain petis, salah satu bahan unik yang terdapat dalam Lontong Balap adalah Lentho yang terbuat dari kacang tolo dan bentuknya mirip dengan perkedel.

5. Nasi Krawu


Meski makanan yang satu ini aslinya berasal dari Gresik, namun Agan dan Sista juga dapat menemukan Nasi Krawu dengan cukup gampang di Surabaya. Perpaduan sempurna antara nasi, semur daging, jeroan sapi, serundeng, dan sambal terasi ini akan terasa lebih sedap jika dimakan hangat. Rasanya? Enak banget, pastinya!

Jika Agan dan Sista sedang berkunjung ke Surabaya, jangan lupa untuk mencicipi ke-5 makanan khas Surabaya ini ya.. Lebih terasa mantap jika mencoba di kota asalnya bukan?

Link Sourceemoticon-Wowcantikhttp://www.kylindo.com:700/art/568

Spoiler for Jangan Lupa Baca dan Rate Thread Lainnya:
Diubah oleh poseed 13-09-2017 02:38
0
39K
241
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.