den88
TS
den88
Banyak Pabrik & Kendaraan Bermotor Jadi Musuh Untuk Cikarang?
Di Indoneisa, kawasan industri emang banyak dan tersebar di berbagai wilayah. Kawasan industri ini pun berimbas pada UMK atau Upah Minimum Kabupaten/Kota yang sangat tinggi, meskipun wilayah itu sendiri mungkin ga terlalu besar. Selain urusan gaji yang menjanjikan dan biaya hidup yang cenderung murah membuat banyak pingin kerja di kawasan industri. Dari segi pembanguna, kawasan industri pun pastinya bakal makin banyak pembangunan.

Dibalik kemajuan infrastruktur dan upah gaji yang terbilang besar, kawasan industri sebenarnya akan punya masalah, yaitu polusi udara yang sepertinya jadi masalah pada setiap kawasan industri. Gas yang di keluarkan dari kendaraan bermotor, asap pabrik, atau pembakaran sampah oleh penduduk pun ikut andil menambah polusi terhadap udara. Polusi udara didefinisikan sebagai kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti.
Penyebab Pencemaran Udara
Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia. Beberapa definisi gangguan fisik seperti polusi suara, panas, radiasi atau polusi cahaya dianggap sebagai polusi udara. Sifat alami udara juga berdampak pencemaran udara yang dapat bersifat langsung dan lokal, regional, ataupun secara global. Ngomongin tentang polusi, Industri sering kali dianggap sebagai sumber pencemar karena aktivitas industri sendiri merupakan kegiatan yang sangat tampak dalam pembebasan polutan ke lingkungan, termasuk polusi udara. Ukuran partikel debu yang masuk ke dalam paru-paru akan menentukan letak penempelan atau pengendapan partikel tersebut.

Dan kalau ngomongin kawasan Industri, udah pasti ga bakal lepas dari nama besar Cikarang yang merupakan kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. Sudah menjadi masalah yang juga penting, bahwa kondisi polusi udara di Cikarang pun makin hari semakin mengkhawatirkan. Proses produksi baik dari Kawasan industri, zona industri dan pengelolaan limbah tradisional dianggap berpotensi besar dalam menyumbang pencemaran terbanyak dan sudah melebihi ambang batas baku mutu.

Cikarang Perlu Ada Tempat-Tempat Hijau
Nama Cikarang yang sudah lekat dengan kawasan industri, sehingga gambaran yang muncul dikepala GanSis pun bakal kepikiran adanya banyak pabrik, polusi udara, dan panas ga ketulungan, Gan!. Sebenaranya sih,... Efek dari emisi debu di kawasan industri bisa diminimalisir dengan melakukan kontrol terhadap industri sebagai sumber polutan yaitu dengan memasang alat-alat pemisah debu untuk memisahkan debu dari aliran gas buang. Makanya Cikarang pun butuh tempat-tempat hijau, Seperti tempat-tempat berikut ini yang bisa jadi penyaring dari polusi tersebut

Kampoeng Djamu Milik Martha Tilaar

Sebut saja Kampoeng Djamoe Organik yang lokasinya tepat berada di Jalan Ciujung, Kawasan EJIP Pintu II, Cikarang Selatan, Jawa Barat.Tempat wisata alam di Cikarang yang mungkin menjadi satu-satunya pilihan untuk dikunjungi saat liburan bersama teman atau keluarga, ada salah satu tempat yang dimiliki oleh Martha Tilaar dengan luas sekitar 9 hektar, di dalamnya banyak sekali dipenuhi tanaman obat-obatan yang nantinya akan diolah dan diproduksi menjadi jamu, kosmetik, dan sebagainya. Di sana juga ada Danau Buatan dan Sawah Padi Organik hingga mampu menghadirkan suasana sejuk yang bakal bikin GanSis adem deh kalau meluncur ke TKP gan!.

Saung Ranggon

Tempat lainnya Saung Ranggon ini didirikan oleh Pangeran Rangga pada abad ke-16 yang berarti hingga sekarang usianya sudah sekitar 500 tahunan. Rumah tradisional ini letaknya tepat berada di Jalan Desa Cikedokan, Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat. Objek wisata sejarah saung ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun dan ditambah dengan angin yang bertiup sepoi-sepoi sehingga enak untuk santai ketika bareng teman ataupun keluarga, atau bisa jadi buat tempat yang asik buat kopdar bareng komunitas GanSis.

Kota Baru Meikarta
Lahan yang terbatas ini pastinya masih kurang untuk bisa jadi solusi mengatasi tingkat polusi dan stress. Makanya Lippo Group pun tengah membangun mega proyek yang membangun kota baru Meikarta Cikarangmenyiapkan bukan hanya apartemen dan berbagai gedung penunjang, tapi juga dibangun lahan untuk mengatasi tingkat polusi yang nantinya bakal terjadi di Meikarta mendatang. Ga tanggung-tanggung, sejak Mei hingga Agustus 2017, Meikarta telah membangun Central Park. FYI yah gan, ini merupakan sebuah taman terbuka hijau seluas 100 hektar yang pastinya bakal jadi salah satu tempat hijau yang akan menjadi penyaring polusi udara.

Taman ini memiliki berbagai tanaman, lengkap dengan kebun binatang mini hingga jogging track, membuat taman tersebut cocok digunakan untuk bersosialisasi, rekreasi dan bersantai bagi keluarga yang tinggal di sana. Selain taman yang luas, di tempat ini juga terdapat danau seluas 25 hektar yang bisa dinikmati sebagai sarana rekreasi. Danau tersebut mampu menampung 300 ribu meter kubik air, bisa digunakan sebagai sebagai reservoir penanggulangan banjir. Kalau agan perhatiin, Central Park yang ada di Meikarta ini mirip banget dengan Central Park yang ada di New York, Amerika Serikat dimana penduduk kota besar yang sibuk itu bisa mendapatkan udara segar dan berrekreasi di tempat tersebut. Central Park di Meikarta ini berupa taman kota yang dilengkapi danau yang punya ruang terbuka hijau serta daerah penyerapan yang baik. Selain untuk mengurangi tingkat polusi yang makin hari makin memprihatikan, Central Park Meikarat pun bisa jadi pusat berkegiatan masyarakat secara gratis di tengah udara yang segar dan untuk kehidupan yang lebih sehat.
Itulah sederet tempat-tempat hijau di Ciakarang yang siap untuk menjadi penyaring polusi udara-udara di tengah kawasan pabrik yang penuh dengan aktivitas. Semoga tempat-tempat hijau yang kayak gini jadi makin banyak lagi yah gan, sehingga masyarakat pun bisa hidup lebih sehat dengan menikmati udara yang segar.
Punya komentar? Boleh gan, Reply Thread ini dan komeng terindah bakal ane angkut ke Pejawan.
0
33.1K
255
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.