selldomba
TS
selldomba
Timbun 33 Tas Miliaran Rupiah, Dirjen Hubla Mengaku Bingung
Nasional
Kamis, 24/08/2017 21:50
Timbun 33 Tas Miliaran Rupiah, Dirjen Hubla Mengaku Bingung
Reporter: Feri Agus Setyawan , CNN Indonesia
Sebarkan:

Dirjen Hubla Kemenhub menimbun uang miliaran rupiah yang diduga hasil korupsi, di dalam 33 tas. Namun saat dicecar KPK, ia mengaku bingung. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Antonius Tonny Budiono menimbun uang miliaran rupiah yang diduga hasil korupsi, di dalam 33 tas ransel di rumah dinasnya. Namun Tonny saat dicecar penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), ia mengaku bingung.

"Karena yang bersangkutan tidak mungkin kita desak ingat semuanya. Dia bingung, dia ingat jumlah sekian, 33 tas ini masih bingung," kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (24/8).

Basaria mengungkapkan, 33 tas itu berisi uang dalam pecahan mata uang rupiah, US Dolar, Poundsterling, Euro dan Ringgit Malaysia senilai total Rp18,9 miliar. Ia menyatakan, pihaknya saat ini tengah mendalami uang di 33 tas milik anak buah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ini.

“Tiga puluh tiga tas itu masih dalam proses, dari siapa saja dan dalam proyek apa saja," tuturnya.
Lihat juga:
Mata Uang Lima Negara di Suap Dirjen Hubungan Laut Kemenhub
Sementara itu, Tonny dalam rekening Bank Mandiri miliknya, memiliki tabungan hingga Rp1,174 miliar.

Basaria mengungkapkan sampai saat ini, pihaknya belum bisa merinci dari mana saja sumber uang yang ditimbun Tonny. Pasalnya, kata dia, Tonny belum bisa mengingat semua dari mana uang tersebut berasal.

"Ini belum dirinci untuk kasus mana saja. Yang bersangkutan lupa dari mana saja," ucap Basaria.
Lihat juga:
KPK Sita Rp20 Miliar dalam OTT Dirjen Hubungan Laut Kemenhub
Dari pemeriksaan awal, sebagian uang yang disimpan Tonny itu diduga berasal dari Komisaris PT Komisaris PT Adhiguna Keruktama (AGK) Adiputra Kurniawan. Basaria meyakini uang puluhan miliar itu tak hanya bersumber dari kegiatan pengerjaan pengerukan pelabuhan Tanjung Mas, Semarang.

KPK sudah secara resmi menetapkan Tonny dan Adiputra sebagai tersangka suap terkait perizinan dan pengadaan proyek-proyek barang dan jasa di lingkungan Ditjen Hubla Kemenhub tahun 2016-2017.

Sumber
https://m.cnnindonesia.com/nasional/20170824214452-12-237138/timbun-33-tas-miliaran-rupiah-dirjen-hubla-mengaku-bingung/

Antonius nih namanya emoticon-Big Grin
Diubah oleh selldomba 25-08-2017 22:15
0
23.4K
119
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.