mat.ahari
TS
mat.ahari
Tekad Merkel Bawa Jerman Pimpin Dunia di Masa Depan

Nusantara.new, Hamburg – Bagi Kanselir Jerman Angela Merkel, saat ini dunia tengah terombang-ambing ketidakpastian. Hadirnya “orang-orang kuat” dengan kepemimpinan yang sulit diduga kerap menimbulkan kekhawatiran. Sebab itu, Merkel bertekad untuk mempertahankan tatanan Barat yang saat ini bergantung ke Jerman dan bertekad memimpin dunia di masa depan.

“Orang-orang kuat” yang dimaksud Merkel, seperti Donald Trump di Amerika Serikat, Kim Jong-un di Korea Utara, dan Vladimir Putin di Rusia, para pemimpin yang kebijakan-kebijakannya berpotensi menggoyang tatanan dunia yang ada.

Menjelang Pemilu Jerman bulan depan, tekad Merkel untuk memimpin Jerman, sekaligus memimpin Barat dan juga dunia semakin kuat. Di sejumlah kampanye, Merkel kerap menggunakan kalimat bahwa “Situasi dunia mengalami ketidakpastian” atau “segala hal telah berubah” sehingga dia berpendapat bahwa saatnya Jerman juga harus ikut bertanggung jawab.

Inilah transformasi sikap Merkel. Karena setahun lalu, dia sebetulnya menolak gagasan bahwa Jerman harus memimpin aliansi Barat yang terguncang kemenangan Donald Trump di AS. Sesuatu yang disebutnya “tidak masuk akal”. Tapi sekarang, setelah melihat sepak terjang Trump, Merkel tahu jawabannya kenapa Jerman harus mengambil inisiatif memimpin dunia, atau setidaknya memimpin Barat.

Setahun yang lalu juga, karena terjadi krisis imigran di Eropa, Merkel bahkan bertanya-tanya apakah dia harus mencalonkan kembali untuk memimpin Jerman.

“Dia bertanya pada dirinya sendiri, ‘Dapatkah saya melakukan ini? Apakah saya siap untuk ini?’” Kata seorang pembantu dekat Merkel, sebagaimana dilansir Reuters.

Tapi sekarang, dengan masalah imigran yang sudah terkendali di Jerman, Merkel yang sudah memasuki usia 63 tahun, merasa siap memimpin kembali Jerman. Elektabilitasnya pun paling moncer dibanding calon-calon lain. Dia terlihat percaya diri dalam kampanye-kampanyenya, dengan sebuah keyakinan baru: tekad untuk mempertahankan tatanan dunia yang “terancam” oleh pemimpin seperti Trump, Vladimir Putin dan Kim Jong-un.SUMBER ...
sebelahbloganasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
2.5K
9
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
icon
78.7KThread10.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.