semxtjAvatar border
TS
semxtj
Pertumbuhan Apartemen di Jakarta

108jakarta.com - Bicara tentang tempat tinggal di kota besar seperti Jakarta, memang semakin menarik. Apalagi ciri khas kota besar, orang yang datang makin banyak dan lahan yang tersedia semakin sempit. Kondisi ini membuat para pengembang properti memilih membangun hunian tipe vertikal sebagai solusi sekaligus alternatif dari permasalahan tersebut. Hunian vertikal atau apartemen kemudian menjadi pilihan tempat tinggal yang prospektif.

Jakarta adalah kota yang paling banyak diminati bagi masyarakat yang ingin tinggal di apartemen. Karena banyak apartemen yang memang dibangun dekat dengan pusat bisnis dengan berbagai fasilitas pendukung seperti area perkantoran, pusat perbelanjaan, transportasi dan infrastruktur lainnya. Tercatat pada kuartal III tahun 2016 konstribusi dan pertumbuhan apartemen di kawasan Jakarta mencatat angka 3.317 unit. Apartemen di Jakarta terbagi ke dalam beberapa kelas, yaitu premium dan segmen menengah. Untuk kelas premium paling banyak ditemui di area CBD (Central Business District) seperti Sudirman dan Thamrin . Lokasinya strategis dan dukungan fasilitas yang mewah, membuat apartemen yang berada di area tersebut menjadi incaran para ekspatriat.

Pilihan lainnya adalah apartemen yang kelas menengah dengan harga terjangkau. Tentu saja fasilitas yang dimiliki berbeda dengan apartemen mewah. Begitu juga dengan persoalan yang timbul juga berbeda. Sebagai gambaran sebuah apartemen di daerah Rasuna Said Kuningan dan Karet Kuningan harganya bisa mencapai 6 miliar rupiah per unit. Lalu di daerah Menteng kisaran harganya antara 1,2 miliar rupiah sampai 3,4 miliar rupiah. Di daerah Pedati Jakarta Timur harga yang dipatok 360 juta rupiah sampai 900 juta rupiah per unitnya.

Harga bisa dalam kisaran 270 juta rupiah bila agak ke pinggiran Jakarta. Namun hal tersebut nampaknya tidak jadi persoalan selama akses menuju ke apartemen tersebut seperti jalan tol, kereta commuter line, jalan layang, TransJakarta, bus, angkutan dalam kota dan bahkan segera dibangun kereta api ringan atau LRT (Light Rail Transit).


Kemudahan akses itulah yang juga nantinya diberikan oleh Lippo Group yang tengah mengembangkan sebuah kota baru bernama Meikarta di Cikarang, Jawa Barat. Dengan nilai investasi sebesar Rp 278 triliun, pada tahap awal akan dilakukan pengembangan di atas lahan seluas 500 hektar. Meikarta nantinya hadir sebagai sebuah kota mandiri dengan beragam fasilitas di dalamnya. Fasilitas utama diantaranya sebuah lahan terbuka hijau seluas 100 hektar yang diberi nama Central Park yang bisa dipergunakan untuk publik tanpa bayar. Di tengah Central Park ada danau besar, yang bisa menampung 300 ribu meter kubik air. Ini jadi reservoir penanggulangan banjir.

Selain apartemen, Meikarta juga tengah menyediakan fasilitas yang sangat lengkap loh Gan. Mulai dari sektor pendidikan, fasilitas kesehatan bahkan akan dibangun pusat pengembangan teknologi informasi, 1-12 kayak Silicon Valley di Amerika Serikat.


emoticon-Jempol
0
985
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.