ongsiolaAvatar border
TS
ongsiola
Emil: China Town Bisa Tambah Destinasi Wisata di Bandung



Senin, 21 Agustus 2017 | 06:51 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meresmikan pembukaan destinasi wisata baru "China Town" yang kental dengan nuansa pecinan di Jalan Klenteng Kota Bandung, Jawa Barat, Ahad (20/8).

"Mudah-mudahan keindahan destinasi ini memperkuat pariwisata Kota Bandung yang hari ini juara satu di Indonesia, tidak terkalahkan," ujar Ridwan Kamil saat meresmikan China Town.

Konsep China Town itu memadukan dua unsur budaya khas Tiongkok dan Sunda yang identik dengan suasana ruang terbuka. Menurutnya, ikon baru Kota Bandung itu semakin memperkuat identitas Kota Bandung yang penuh dengan nuansa keberagaman.

Selain itu, ia menegaskan bahwa keberagaman bisa tetap hidup dalam kedamaian meski berada di tengah-tengah perbedaan suku, budaya dan agama. "Mudah-mudahan keberagaman ini menjadi inspirasi untuk Indonesia. Bahwa Indonesia di 72 tahun merdekanya, kekuatannya lahir dari keberagaman," kata dia.

Di dalam China Town ini terdapat 77 kios yang berasal dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Bandung seperti kuliner, pakaian, hingga kerajinan tangan. Warga yang datang tidak hanya bisa menikmati suasana sejuk, juga dapat mengenal lebih dekat mengenai budaya Tionghoa.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT Usaha Wisata Bersama Bandung, Lucky Tjandradinata selaku pengelola China Town meminta masyarakat untuk tidak ragu mencicipi makanan di ikon destinasi wisata baru Kota Bandung tersebut.

Ia menjamin bahwa seluruh kuliner yang ada, terbebas dari daging celeng maupun minyak babi, meski tempatnya bernuansa Pecinan. "Kita tidak mengandung daging babi, dan minyak babi saya berani jamin masyarakat aman saat mengonsumsi makanan," kata dia.

Lucky menceritakan lahan seluas 3.000 meter persegi ini, awalnya hanya bangunan heritage berasitektur Cina.

Namun di bagian belakang bangunan, terdapat lahan yang tidak terpakai.

Bersama yayasan Perhimpunan Sosial Masyarakat Bandung (Permaba), ia membahas peremajaan bangunan Heritage sekaligus pemanfaatannya sebagai lahan komersil dan budaya.

"Bapak (Ridwan Kamil) bilang, 'di mana lokasinya?', saya jawab 'di Jalan Klenteng'. 'Oh Jalan Klenteng, kita bikin sesuatu yang tematik karena itu kan kawasan pecinan',. Kita terjemahkan, beliau suka langsung kita bangun," kata dia.

Untuk bisa menikmati kawasan China Town ini, pengunjung dikenai biaya masuk sebesar Rp 10.000 pada hari Senin-Kamis, dan Rp 20.000 di hari libur.

Sementara untuk jam operasional, dari hari Minggu hingga Kamis dibuka pukul 12.00-22.00 WIB, sedangkan hari Jumat sampai Sabtu mulai dari pukul 12.00 hingga 00.00 WIB.

"Untuk harga makanan, kita membuat tidak terlalu mahal. Paling ada tertentu sedikit tinggi, tapi untuk makanan berat kurang lebih Rp 25.000-Rp 30.000," katanya.

Red: Bilal Ramadhan
Source: Antara

http://m.republika.co.id/berita/nasional/daerah/17/08/21/ouzwkn330-emil-china-town-bisa-tambah-destinasi-wisata-di-bandung

Disaat China Town berasa lebih menjanjikan dari pada Sunda Town

Kenapa Harus China Town dan bukanya identitas Sunda Town yang dikedepankan seperti terlihat di desa desa dimojokerto yg mengangkat arsitektur dan identitas majapahitan
sebagai destinasi wisata?

Kemanakah pasundan,pajajaran dan kebesaranya? kenapa bukan itu yg ditampilkan?

Diubah oleh ongsiola 21-08-2017 00:07
0
6K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.