News
Batal
KATEGORI
link has been copied
130
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5992700954c07a12148b456b/sevel-6-bulan-menuju-pailit
Tumbangnya seluruh bisnis 7-Eleven Indonesia pada akhir Juni lalu berbuntut panjang. Mulai dari utang yang menumpuk, dikejar-kejar pajak, sampai terancam pailit.
Lapor Hansip
15-08-2017 10:52

Sevel, 6 Bulan Menuju Pailit?

Past Hot Thread
Sevel, 6 Bulan Menuju Pailit?
Sevel di Mangga Besar (Foto: Nadia Riso/kumparan)


Tumbangnya seluruh bisnis 7-Eleven Indonesia pada akhir Juni lalu berbuntut panjang. Mulai dari utang yang menumpuk, dikejar-kejar pajak, ribuan mantan karyawan yang belum dibayarkan gajinya, kreditur yang menuntut pembayaran utang, sampai terancam pailit.

PT Modern Sevel Indonesia (MSI), operator bisnis 7-Eleven, baru saja mengumumkan kepada seluruh kreditur, bahwa aset-aset perusahaan yang tersisa belum mencukupi untuk membayar seluruh utang yang mencapai sekitar Rp 1 triliun. Anak usaha PT Modern Internasional Tbk (MDRN) tersebut kemarin (14/8) telah mengajukan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) kepada sekitar 200 kreditur. Kreditur ini tidak hanya bank atau lembaga keuangan saja, tapi juga supplier barang dan jasa yang belum mendapat pembayaran bahkan sejak 2015.

Direktur Utama MDRN, Sungkono Honoris dan konsultan hukum perusahaan, Joel Hogarth dari Borelli Walsh menjelaskan duduk perkara PKPU tersebut. Perseroan mengajukan permohonan pembayaran hanya 13-28 persen utang (tergantung besarannya). MSI meminta waktu 6 bulan kepada kreditur untuk menentukan sikap apakah menerima atau tidak PKPU tersebut.

"Jika 2/3 kreditur setuju dengan PKPU ini, maka akan kami proses pembayarannya. Namun, jika tidak, kami akan mengajukan pailit ke Pengadilan Niaga," ujar Joel dalam pertemuan dengan kreditur di Hotel Acacia, Jakarta.

Kondisi pailit memang tidak diinginkan perseroan, karena artinya seluruh harta dan aset akan dijual melalui Balai Lelang Pengadilan. Namun menurut Joel, harganya akan lebih rendah dari pada jika dijual normal sehingga tidak akan maksimal untuk membayar utang.

Ia menjelaskan, saat ini MSI tengah bernegosiasi dengan pihak Seven Eleven Inc (SEI) di Amerika untuk mendapatkan security deposit karena berakhirnya kontrak MSI sebelum jatuh tempo yaitu 2019. Dengan ini, perusahaan tak wajib membayar royalti, sehingga security deposit sekitar Rp 61 miliar bisa diminta.

Selain itu, ada sejumlah aset di gerai seperti mesin kopi, mesin panggang dan kulkas yang akan dijual. Ada juga sisa-sisa barang yang dijual, seperti rokok yang nilainya masih tinggi. Jumlah aset ini sekira Rp 30 miliar.

Selain itu, ada juga biaya uang sewa gerai yang biasanya dibayarkan untuk 5 tahun, dan dibayarkan penuh di depan.

"Ada sekitar 60 gerai yang kita bayar biaya sewa nya di depan, rata-rata ada yang masih tersisa untuk 2-3 tahun karena toko kan sudah tutup semua sebelum selesai jangka waktu," jelas Joel.

Baca Juga :



kumparan juga menanyakan langsung kepada sejumlah kreditur, apakah mereka akan menerima PKPU dari MSI. Mereka kompak mengatakan tidak terima.

Salah satu kreditur mengaku menyuplai makanan olahan terutama bakso dan sosis ke Sevel. Ia menyebutkan, perusahaan sudah setahun menunggak pembayaran, yang membengkak hingga lebih dari Rp 100 juta.

"Tentu saya tidak terima dengan permohonan mereka. Awalnya saya pikir semua kreditur dikumpulkan untuk diselesaikan pembayarannya. Tapi ternyata begini. Saya juga enggak nyangka banyak sekali yang datang," ujar kreditur tersebut.

Kreditur lain mengatakan, pihaknya tidak terima jika Sevel hanya membayar sebagian utang. Kreditur merupakan perwakilan perusahaan yang menyuplai layanan jasa kepada Sevel. Ia mengaku Sevel sudah menunggak pembayaran ratusan juta rupiah sejak 2015.

"Tentu saja kami tidak terima. Tapi kalau pailit, mereka bebas dari tanggung jawab. Ini yang akan kita bicarakan lebih lanjut," jelas kreditur tersebut.

Ada juga kreditur dari perusahaan konstruksi, yang mengaku MSI menunggak pembayaran renovasi tiga gerai mereka sejak tahun 2015.

"Totalnya kira-kira mencapai Rp 500 juta. Memang pada 2015 itu bisnis mereka sudah mulai goyah. Sebelumnya perusahaan saya merenovasi gerai di Tebet, dan tidak ada masalah, langsung dibayar lunas," kata kreditur dari perusahaan konstruksi tersebut.

Sevel, 6 Bulan Menuju Pailit?
Kreditur Seven Eleven (Sevel) (Foto: Edy Sofyan/kumparan)


Usai pertemuan, ratusan kreditur tetap memenuhi ruangan dan bertanya secara langsung kepada Sevel dan Joel. Mereka menanyakan macam-macam, mulai alasan sebenarnya kerugian Sevel, kegagalan akuisisi oleh PT Charoen Pokphand Tbk, hingga menuntut perusahaan menyelesaikan kewajibannya.

Seorang kreditur bernama Eka, meminta seluruh kreditur untuk membicarakan hal ini dalam pertemuan dalam waktu dekat.

"Ya kami kumpulkan dulu kontak semua kreditur, nanti akan kami bicarakan langkah selanjutnya kami mau bagaimana," tuturnya.

Untuk diketahui, Sevel sudah ada di Indonesia sejak 2009. Jumlah gerainya tertinggi pada 2014 mencapai 190. Namun, Sevel mulai mengalami keterpurukan pada 2015, karena pelarangan penjualan minuman beralkohol oleh pemerintah. Kesalahan strategi dan tidak membaca kebutuhan pasar membuat Sevel kalah bersaing dan terpaksa melakukan penutupan toko. Hingga akhir Juni 2017, Sevel memutuskan menyerah dan mengumumkan penutupan seluruh gerainya.

Adapun total liabilitas MDRN berdasarkan laporan keuangan kuartal I-2017 mencapai Rp 1,38 triliun, meningkat dari periode sama tahun lalu yang sebesar Rp 1,34 triliun. Sedangkan aset perseroan turun menjadi Rp 1,57 triliun dari sebelumnya Rp 1,98 triliun.

Sumber: https://kumparan.com/edy-sofyan/seve...-menuju-pailit
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 7
Sevel, 6 Bulan Menuju Pailit?
16-08-2017 16:41
Quote:Original Posted By panzermeyer


itu juga gan..klo kita mau fair..CK udah maen dipasar alkohol sejak lama dan gak terusik. Sevel ini pemain baru ngacak2 pasar, pemain lama yg notabenenya perusahaan dalem negri merasa keganggu..apalagi rata2 pemain/pengusaha di Indonesia adalah mereka yang deket dengan sumbu kekuasaan. Bisnis itu "Dog Eat Dog" saling bunuh2an..tinggal siapa yang kuat aja..apalagi politik bermain banget disini..
ane sedikit cerita pengalaman ane.. kebetulan kantor ane maen di tambang.. tau sendiri jaman kaya gini, Pemain besar gak mau diganggu, ibaratnya "lu ganggu gw lu gw matiin"... akhirnya kantor ane yg berusaha maen di pasar perusahaan besar itu dimatiin dengan kontrak gila2an..skrg kantor ane tinggal tunggu gulung tiker aja..padahal yee uda diwarning "lu maen boleh asal jgn ganggu gw" istilahnya gitulah. malahan si bis besar uda sampe ke kantor ane buat bagi2 wilayah kekuasaan..gitu aje sih


wew.. tapi bener sih.. yang gue bilang wawancara dosen UI itu dia bilang kondisi antara di kertas dan dilapangan itu beda jauh. Kalau udah dilapangan katanya ada sebuah 'Adat' tersendiri. Inilah sih yang menurut gue yang bikin susah ekonomi indonesia maju belom ada yang berani berentiin 'Adat' itu. Ya agan taulah yah adat yang dimaksud tuh apa.
0 0
0
Sevel, 6 Bulan Menuju Pailit?
16-08-2017 18:51
Gak nyonya mener, gak sevel, pada kena pailit, lagi trend banget pailit nih
0 0
0
Sevel, 6 Bulan Menuju Pailit?
16-08-2017 19:04
Saua keju
0 0
0
Sevel, 6 Bulan Menuju Pailit?
16-08-2017 19:29
Quote:Original Posted By naifa
emoticon-Cape d... utang numpuk langsung emoticon-Ngacir2 lawson comingsoon jg ne kynya emoticon-Takut


Lawson punyanya grup Hero. Ada Giant, Ikea, di blk nya. Dia udh lbh tau cara survive nya. Gerai yg dinilai ga produktif lgs ditutup drpd malah bikin cost ga dpt revenue. Samping teras kota, dpn tn kusir contohnya. Yg msh rame ky depan SDC summarecon dipertahanin.
0 0
0
Sevel, 6 Bulan Menuju Pailit?
16-08-2017 21:13
Modern Tbk nya harus ikut tanggung jawab dunk emoticon-No Hope
0 0
0
Sevel, 6 Bulan Menuju Pailit?
17-08-2017 00:54
Konspirasi??mudah2an tidak
0 0
0
Sevel, 6 Bulan Menuju Pailit?
17-08-2017 06:36
Sevel mau pailit

Kmrin laba indomaret juga turun 71%
Gw kerja di indomaret
Semoga prusahaan gw survive 😭
0 0
0
Sevel, 6 Bulan Menuju Pailit?
17-08-2017 07:41
Quote:Original Posted By mvswhs
Makanya jangan serakah.

Sevel aja masih baru di indo lgsg gebrak buka banyak gerai.

Mbok ya buka gerai dikit2 dulu, lihat perkembangan. Kl dah kolaps, bingung dah. Ujung2nya gak bisa bayar terus....KABUR..... emoticon-Ngacir


tull.... serakah sih ya gan. beda ma duo minimart, yg buka cabang pakai sistem franchise. jd modal ga dr satu PT aja. ini nekad.... di tempat2 ekonomi pas2an koq buka. ya ujung2nya cuma buat numpang nongkrong berjam2 aja, ga ada yg belanja....
0 0
0
Sevel, 6 Bulan Menuju Pailit?
17-08-2017 16:16
waduh waduh...
0 0
0
Sevel, 6 Bulan Menuju Pailit?
17-08-2017 21:53
Quote:Original Posted By powerpunk
Nasib karyawannya bijimane neh?




emoticon-Turut Berduka


Karyawan mah tenang aja gan.
Karna mereka yg pertama kali dibayarkan, so karyawan bakalan dapet hak2 nya.
Yg apes mah kreditur nya, klo jadi pailit ya tinggal dibagi bareng2 setelah hak2 karyawan terpenuhi, baru sisanya buat bayar kreditur, semoga aja msh banyak sisanya setelah asset, klo nggak ya apes namanya. Wasssalam dah
Diubah oleh totoughtodie
0 0
0
Sevel, 6 Bulan Menuju Pailit?
23-08-2017 08:20
Quote:Original Posted By totoughtodie


Karyawan mah tenang aja gan.
Karna mereka yg pertama kali dibayarkan, so karyawan bakalan dapet hak2 nya.
Yg apes mah kreditur nya, klo jadi pailit ya tinggal dibagi bareng2 setelah hak2 karyawan terpenuhi, baru sisanya buat bayar kreditur, semoga aja msh banyak sisanya setelah asset, klo nggak ya apes namanya. Wasssalam dah


belum tentu gan !!!
karyawan bisa aja gak dibayar pesangon plus gajinya kalau duitnya gak ada / kurang

0 0
0
Sevel, 6 Bulan Menuju Pailit?
18-09-2017 08:15
Wuih gara2 customer beli aqua tpi nongkrong 5 jam emoticon-Leh Uga
0 0
0
Halaman 7 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia