atandiAvatar border
TS
atandi
Tujuh Tahun Setelah Meletus, Ini yang Terjadi di Gunung Merapi
TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Kepala Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) I Made Agung Nandaka menyatakan, tujuh tahun setelah erupsi eksplosif, kondisi gunung Merapi tetap berstatus Aktif Normal.
"Tidak ada tanda-tanda peningkatan aktivitas. Memang sesudah itu ada letusan kecil, tapi data monitoring menunjukkan tidak ada yang signifikan," kata Agung Nandaka di ruang monitoring Merapi kantor BPPTKG Yogyakarta, Selasa (15/8/2017).
Apakah kondisi ini menandakan Merapi masuk fase istirahat menengah atau panjang? "Erupsi 2010 sangat besar, jadi mungkin saja butuh waktu (menghimpun energi)," lanjutnya.
Agung Nandaka berharap masyarakat tetap tenang, tidak terjebak membanjirnya informasi yang belum tentu benar.

BPPTKG Yogyakarta lewat akun media sosial dan web resminya selalu menyampaikan info terbaru yang akurat terkait aktivitas Merapi.
Kini lebih kurang 150 peranti pemantauan terpasang di sekeliling Merapi hingga bagian puncaknya. Semua peralatan itu terintegrasi dan terpantau real time di ruang monitor BPPTKG Yogyakarta.
"Merapi juga pernah mengalami fase panjang tidak meletus. Pernah 8 tahun, pernah 9 tahun, dan pernah lebih lama lagi dari itu," ujar lulusan geofisika ITB yang pernah studi lanjut tentang kegunungapian di Prancis ini.

Menurutnya, rekam jejak letusan Merapi harus dibaca sejak paling tidak 400 tahun lalu. Ini periode ketika aktivitas Merapi tercatat dalam sejarah di Nusantara.
Dengan demikian apa yang kerap diyakini masyarakat sekitar Merapi tentang siklus 4 tahunan, 7 tahunan, belum mendapat pijakan yang kuat dari sisi akurasi data monitoring.
Gunung Merapi meletus dahsyat pada akhir September hingga November 2010. Lebih kurang 140 juta meter kubik material vulkanik dimuntahkan.
Letusan itu tercatat mencapai velositas 3, dan merupakan erupsi paling dahsyat pada kurun waktu 100 tahun terakhir.
Sebelum meletus, aktivitas Merapi terdeteksi meningkat sejak Januari 2009, ditandai gempa vulkanik beruntun.
Pada 10 Juni 2010, aktivitas Merapi kian kentara menuju fase erupsi yang akhirnya mencapai puncaknya tiga bulan kemudian. (*)
Sumber = http://m.tribunnews.com/regional/2017/08/15/tujuh-tahun-setelah-meletus-ini-yang-terjadi-di-gunung-merapi
0
3.2K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.