Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Buat yang belum Tahu Masuk Sini : Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Bitcoin

attetiseAvatar border
TS
attetise
Buat yang belum Tahu Masuk Sini : Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Bitcoin
Buat yang belum Tahu Masuk Sini : Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Bitcoin


“Bro, lu pernah denger bitcoin gak?”
“Paan? Oink-oink? Lu ngejek gue yah?
“Ah eror otak lu. Bit…Co..In.. Itu loh yang katanya mata uang baru?
“Dari negara mana tuh? Ada negara baru lagi emangnya?”
“Nah itu dia, masih newbie gue masalah gituan..”


Kira – kira, begitulah salah satu obrolan tentang bitcoin (yang tak berfaedah sebenarnya) untuk para pemula yang sama sekali belum tahu tentang dunia bitcoin. Tapi disini, saya akan mencoba menjelaskan beberapa hal untuk memperkenalkan salah satu mata uang digital yang lagi tren – trennya saat ini.

Menurut situs wikipedia, Bitcoin adalah sebuah uang elektronik yang di buat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Bitcoin juga bisa dibilang, mata uang digital atau mata uang virtual, atau mata uang elektronik, yang kesimpulannya, Bitcoin tidaklah berwujud seperti uang kertas atau uang logam meskipun banyak gambar – gambar yang menunjukkan bentuk fisik bitcoin itu sendiri.

Lalu, siapa Satoshi Nakamoto? Dia adalah orang (atau siapalah) yang katanya adalah pencipta Bitcoin itu sendiri. Tepatnya 3 Januari 2009, Satoshi Nakamoto meluncurkan 31.000 baris kode pemrograman dan mengumumkan lewat internet mata uang buatannya yang disebut Bitcoin. (Sumber: Kompas.com, 2014)

Meskipun sekarang ada berita tentang terungkapnya siapa itu Satoshi Nakamoto, namun sampai detik ini belum ada yang bisa memastikan siapa dia.. ow.. ow.. siapa dia? (Lah kok malah nyanyi). Tapi disini saya gak bakal bahas om Satoshi, kalau mau tau tentang misteri dia, bisa di klik di link ini

Bitcoin itu sendiri, tidak memiliki kepemilikan. Bukan maksudnya gak punya bapak atau ibu ya, melainkan Bitcoin adalah mata uang yang tidak satu negarapun yang memilikinya atau dapat mengklaimnya. Kalau Indonesia punya Rupiah, Malaysia punya Ringgit, Chelsea Islan punya aku, aisssh.. Nah, Bitcoin tidak ada yang punya.

Karena itulah semua orang bisa memiliki Bitcoin. Keuntungan dari tidak adanya kepemilikan ini adalah, kalau kamu mau bertransaksi, kamu tidak perlu melalui perantara, alias tanpa Bank. Akibatnya, kamu bisa bertransaksi tanpa memikirkan komisi atau biaya transaksi.

Meskipun begitu, Bitcoin memiliki tabungan tersendiri, dan seseorang yang memiliki Bitcoin pasti harus memiliki wallet address atau nomor rekening bitcoin. Ketika kamu bertransaksi, kamu hanya perlu menyerahkan wallet address mu tanpa perlu memberikan nama aslimu. Kalau mau lebih jelas tentang Bitcoin wallet, kamu bisa klik link inikarena saya akan lanjut membahas tentang bitcoin lainnya.

Sekarang kita balik lagi ke awal, untuk membicarakan mengenai kurs, atau nilai tukar mata uang. Pada tahun 2012, kurs 1 Bitcoin, hanya dihargai sebesar Rp 80.000,-. (Sumber: Detik.com,2013) WHAT??? Dan terus naik drastis di awal tahun 2013 menjadi Rp 11.000.000,- Iya Juta Rupiah! Namun, nilai bitcoin itu fluktuatif, alias naik turun.

Saya tidak akan menceritakan sejarah fluktuatifnya ya, karena sangat panjang. Yang jelas, Per tanggal 10 Agustus 2017, saat tulisan ini dibuat, Harganya melonjak dari Juni 2017 sebesar Rp. 26.000.000,-an menjadi Rp.45.000.000,-an. Bisa dibayangkan kan yang dulu masih seharga 80 ribu punya 5 bitcoin aja lalu ditahan sampi sekarang udah bisa beli mobil. Wow!

Karena harganya yang tinggi itu, membuat semakin banyak orang ingin memiliki bitcoin. Tapi untuk kalian yang punya modal kecil, jangan harap bisa punya, jangankan 0,1 bitcoin. 1 bitcoin pasti udah gak sanggup tuh.

Sedikit cerita lagi tentang awal bitcoin muncul, Sekitar bulan Mei 2010, atau tiga bulan setelah Bitcoin benar-benar diperkenalkan secara serius di dunia maya, seseorang mengaku telah membeli pizza dengan menggunakan Bitcoin.Salah satu anggota bernama Laszlo memposting sebuah gambar pizza ke forum Bitcoin. Dia mengklaim berhasil membeli pizza tersebut dengan membayar 10 ribu Bitcoin. Coba imajinasi lagi untuk orang yang punya 10 ribu bitcoin itu udah jadi apa dia sekarang yah? Hehehe…

“Tapi kan dulu masih belum jelas om, makanya bisa jual 10.000 bitcoin, lagian juga yang nerima itu bitcoin pasti langsung jual lagi”

Entah apa nasibnya 10.000 bitcoin itu, yang jelas Ada orang Indonesia yang mendadak milyader saat itu ketika dia dengan modal nekat menggeluti tren bitcoin saat itu. Kamu bisa menyimaknya di link ini.

Sepertinya sudah panjang juga ya, cerita tentang bitcoin di tulisan ini. Sebernarnya masih banyak lagi, tapi akan saya jelaskan di postingan berikutnya yah! Atau kalian bisa klik link di bawah ini untuk info lebih lanjut mengenai bitcoin.

Diubah oleh attetise 12-08-2017 05:24
0
4.2K
30
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.4KThread88.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.