alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
169
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/598a9ccdd89b09ca2a8b4569/9829982996169616-burung-kaca-mata96169616-98299829---part-1
Saya baru beli burung kaca mata tadi siang di Pasar Jatinegara. Harganya murah, cuma IDR 10.000,- dikasih harga segitu, gak tega mau nawarnya :D Suaranya lumayan nyaring dan unik. Yang dirumah saya sih belum gacor, tapi burungnya tetangga udah berisik banget :D saya jadi tau deh gimana suaranya. Btw, dengan harga semurah itu, ditambah makanan yang tidak sulit, burung kaca mata layak dijadikan hibu
Lapor Hansip
09-08-2017 12:25

♥♥▐▐ Burung Kaca Mata▐▐ ♥♥

Saya baru beli burung kaca mata tadi siang di Pasar Jatinegara. Harganya murah, cuma IDR 10.000,- dikasih harga segitu, gak tega mau nawarnya emoticon-Big Grin

Suaranya lumayan nyaring dan unik. Yang dirumah saya sih belum gacor, tapi burungnya tetangga udah berisik banget emoticon-Big Grin saya jadi tau deh gimana suaranya. Btw, dengan harga semurah itu, ditambah makanan yang tidak sulit, burung kaca mata layak dijadikan hiburan dirumah.

ini picnya (hasil googling):

♥♥▐▐ Burung Kaca Mata▐▐ ♥♥ - Part 1

ini cara perawatannya (googling juga):

Pagi hari Kandang burung dikeluarkan ke teras rumah (diangin-anginkan). Akan lebih bagus jika digantung menghadap ke matahari terbit sambil membersihkan kandang dari fesenya kemudian berikan 2-3 ekor jangkrik yang sudah dibersihkan kakinya dan sayapnya ditambah kroto telur semut yang bersih sekitar 1 sendok teh. Kemudian mandikan Burung pada pukul 07.30.

Setelah dibersihkan kandangnya dan dimandikan, kandang dan burungnya dapat dijemur dibawah matahari dari pukul 09.30 sampai dengan pukul 10.00. Kemudian angkat kandang burung dan gantung pada tempat yang teduh serta jauh dari aktivitas manusia agar burung tersebut bernyanyi/ berkicau.

Sore Hari (sekitar pukul 16.00) Lakukan sama seperti perawatan pagi hari. Burung diberikan makanan tambahan, dimandikan kemudian dijemur kembali sampai bulu-bulunya kering.

Malam hari Masukan kandang burung ke tempat yang tenang atau jika digantung di luar rumah (teras), kandang harus dikerudung dengan kain agar burung tidak digigit nyamuk.
0
Halaman 1 dari 9
♥♥▐▐ Burung Kaca Mata▐▐ ♥♥ - Part 1
09-08-2017 12:25

Autolock Thread by Hansip

Thread ini adalah thread lanjutan dari :
♥♥▐▐ Burung Kaca Mata▐▐ ♥♥
0 0
0
♥♥▐▐ Burung Kaca Mata▐▐ ♥♥ - Part 1
09-08-2017 12:25
Ini adalah trid lanjutan dengan revisi dimana TSnya sudah tidak aktif.

:::::::::::::::::::::::RULES PLECI MANIA KASKUS::::::::::::::::::::::::::::::


Quote:1. TIAP KASKUSER YANG POSTING DI TRID INI WAJIB MEMATUHI PERATURAN / RULES YANG BERLAKU
2. TRID INI TERBUKA UNTUK SIAPAPUN DAN BERLAKU MEMBAHAS SEGALA INFO TENTANG BURUNG KACAMATA (PLECI)
3. TIDAK BOLEH POSTING MENCELA KASKUSER LAIN, BERBAU SARA, BERBAU PORNOGRAFI, JUNK, FLAME, ATAU RUSUH
4. DILARANG UNTUK BERJUALAN / PROMOSI / MEREFRENSIKAN PRODUK TERTENTU DAN SETIAP KASKUSER YANG MELAKUKAN JUAL BELI MELALUI PM DAN BUKAN POSTING DI TRID INI
5. SETIAP POSTING MEMBAHAS PRODUK TERTENTU SEBAGAI INFO DAN BUKAN REFRENSI ATAU JUAL BELI ,SEPERTI CONTOH MAKANAN UNTUK BURUNG TIDAK BOLEH DICANTUMKAN SECARA JELAS CONTOH : MERK JADI MER*
6. SETIAP KASKUSER YANG POSTING WAJIB BERSIKAP SOPAN DAN MENGHARGAI KASKUSER LAIN
7. BIASAKAN CEK PAGE 1 SEBELUM BERTANYA DAN MEMBAHAS SESUATU
0 0
0
♥♥▐▐ Burung Kaca Mata▐▐ ♥♥ - Part 1
09-08-2017 12:25
Sekilas Burung kacamata/pleci
Quote:
Suku burung-burung kacamata (Zosteropidae) mencakup sejumlah burung pengicau (Passeriformes) kecil yang cenderung tersebar di daerah tropika di Dunia Lama (termasuk Australasia). Genus pencirinya adalah Zosterops. Burung-burung anggota suku ini dicirikan dengan lingkaran di sekitar mata berwarna putih (dari sini nama bahasa Inggris white-eye berasal) atau abu-abu.

Banyak anggotanya yang bersifat endemik di suatu pulau atau kepulauan, seperti jenis yang baru ditemukan tahun 2007 di Kepulauan Togian, Sulawesi Tengah.

Penampilan anggotanya sangat "biasa", tidak ada ciri mencolok, kecuali adanya segaris lingkaran di sekitar mata. Sayapnya melingkar dan memiliki kaki yang kuat. Ukurannya kecil, hingga sepanjang 15cm. Warna bulu biasanya hijau kelabu, tetapi ada jenisnya yang memiliki bulu leher dan perut berwarna putih atau kuning. Semua anggotanya senang berkelompok, terbang dalam kawanan. Dalam musim kimpoi, mereka membangun sarang di pohon dengan telur biru pucat 2-4 butir. Menu utamanya serangga dan buah-buah kecil, serta nektar. Di Australia bahkan ada yang menjadi hama di perkebunan anggur karena bertengger di tangkai dan melukai tanaman
.
*sumber : wikipedia


Jenis-jenis kacamata :
Quote:
Kacamata biasa (Zosterops palpebrosus) adalah nama sejenis burung kecil dari suku Zosteropidae, bangsa Passeriformes (burung petengger). Burung ini merupakan penetap di hutan-hutan terbuka di kawasan Asia tropis, mulai dari India ke timur hingga Cina dan Indonesia. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Oriental White-eye.
Pengenalan
Burung kecil yang lincah, dengan panjang tubuh (dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 10–11 cm. Sisi atas tubuh tertutup bulu-bulu kehijauan atau hijau kekuningan (hijau zaitun), sedangkan sisi bawahnya sedikit bervariasi bergantung rasnya, kecuali leher dan dadanya yang berwarna kuning terang. Sayapnya membundar dan kaki-kakinya kuat.
Nama-namanya (“kacamata”, white-eye) merujuk pada lingkaran bulu-bulu kecil berwarna putih di sekeliling matanya. Nama marganya berasal dari kata Yunani zosterops, yang berarti ”sabuk mata”.
Gemar berkelompok, burung ini kerap membentuk gerombolan besar yang bergerak bersama di antara tajuk pepohonan; bahkan sering juga bercampur dengan spesies lain seperti burung sepah (Pericrocotus). Meskipun utamanya burung kacamata bersifat pemakan serangga, namun ia pun memakan nektar dan aneka jenis buah. Sembari mencari mangsanya di sela-sela dedaunan, burung ini terus bergerak dari satu ranting ke lain ranting, dan kemudian berpindah ke lain pohon yang berdekatan, sambil terus mengeluarkan suara berkeciap tinggi setiap beberapa saat sekali untuk berkomunikasi dengan anggota kelompok yang lainnya.
Di Jawa, burung ini tercatat bertelur mulai dari Januari hingga Oktober. Telur berjumlah kurang lebih tiga (2–5) butir berwarna biru pucat, diletakkan pada sarang berupa cawan kecil yang khas bentuknya. Sarang ini terbuat dari akar-akaran, tangkai dan tulang daun, dan bahan-bahan tumbuhan lainnya, serta dihiasi dengan lumut. Sarang diletakkan di percabangan ranting atau rumpun bambu, sekitar 2–4 m di atas tanah.
Ras dan penyebaran
Ada banyak ras (anak jenis) dari Z. palpebrosus. Berikut ini uraian mengenai beberapa ras yang terdapat di Indonesia dan cirinya.

Z.p. auriventer di Sumatra, Kalimantan dan Asia Tenggara. pengelompokkannya sekarang banyak didaerah kepulauan riau, batam , sumatera utara, aceh hingga malaysia dan singapore. mempunyai nada middle tone. dan mempunyai lingkar mata yang jauh lebih besar dan tebal dibanding zp buxtoni.
zp auriventer

Z.p. buxtoni di Sumatra, Kalimantan, dan Jawa bagian barat. Mirip dengan kacamata gunung Zosterops montanus, sisi bawah tubuh berwarna abu-abu keputihan; perbedaannya buxtoni memiliki sebuah garis kuning membujur di tengah dada hingga perut, paha yang berwarna putih, dan iris mata kecoklatan (montanus, iris putih). Sangat mirip dengan kacamata belukar Zosterops everetti, yang perutnya lebih abu-abu dan pita kuning di dadanya lebih lebar. nada callnya seperti zp melanurus / dada kuning
zp buxtoni

Z.p. melanurus (pleci dada kuning) di Jawa dan Bali. Sisi bawah tubuh kuning seluruhnya. Sisi atas tubuh (termasuk tunggir) hijau zaitun, dengan bercak kuning di atas paruh. Mirip dengan kacamata laut Zosterops chloris yang bertubuh sedikit lebih besar dan memiliki kekang hitam gelap. ini adalah jenis yang sering di pelihara dan dilombakan, karena dianggap mudah dijinakkan dan mempunyai lagu yang variatif
zp melanurus

Z.p. unicus (pleci lombok)di Sumbawa dan Flores. Seperti warna tubuh melanurus, namun tunggirnya berwarna kuning, badan lebih besar dan nada call yang ciap-ciap mirip ayam.


*sumber : postkicau


Cara membedakan Kelamin burung pleci
Cara memilih bahan/ombyokan yang bagus
MENCIRIKAN BAKALAN YANG PROSPEK
Pola Perawatan Harian
Tahap-tahap suara burung pleci
Fungsi posisi sangkar ngrendeng(pengkolonian)
0 0
0
♥♥▐▐ Burung Kaca Mata▐▐ ♥♥ - Part 1
09-08-2017 12:25
FAQ :
Quote:BEBERAPA PERTANYAAN MENDASAR TENTANG PLECI

1. Apakah burung pleci itu petarung ? bukan, pleci adalah burung koloni, yg hidupnya bergerombol seperti burung gereja, kita hanya bisa menjadikan burung semi fighter.

2. Apakah kacamata dan ekor menunjukkan jenis kelamin ? tebal dan tipis nya kacamata pleci, ekor berbentuk lancip, papak, huruf V tidak ada hubungan nya dengan jenis kelamin pleci.

3. Kenapa pleci saya masih cuit cuit aja, ngriwik aja ? pastikan jenis kelamin pleci, paling tidak 3 bln rawatan pleci sudah ngriwik, burung mapan minimal 1 th perawatan, tidak ada yg instan dalam merawat burung.

4. Bagaimana caranya biar pleci cepat ngalas, cepat ngeroll, cepat gacor, cepat buka paruh ? dengan perawatan rutin, stabil dan konsisten pasti pleci anda akan cepat jadi sesuai yg di harapkan.

5. Makanan apa yg bisa membuat pleci buka paruh ? tdk ada makanan khusus yg bisa mempercepat buka paruh, burung mapan minimal 1 th perawatan, EF sesuaikan dengan kharakter burung anda, jangan terpengaruh dengan omongan penjual, tepung ini bisa membuat gacor, minyak ini bisa mempercepat buka paruh, blom tentu hal tsb baik untuk burung kita, pada awal nya mungkin bagus, tapi efek nya di kemudian hari kita tidak tahu, terapkan aja hal yg kita percayai sendiri, tidak ada yg instan dalam merawat burung.

6. Bolehkah pleci saya kasih voer saja atau bubur bayi saja ? voer / bubur bayi / susu hanya untuk memudahkan kita , apabila kita tinggal pergi, di alam liar tidak ada yg namanya voer / bubur bayi / susu, dll . Burung pleci adalah pemakan buah, serangga dan nectar, jadi BUAH ADALAH WAJIB ada setiap hari, di samping tambahan EF hewani lainnya.

7. Bagaiman cara melatih mental pleci ? sering bawa jalan jalan pleci anda, cari suasana baru, ketemu dengan pleci lain, sering di latih , bawa ke pasar burung, bawa ke latberan, dll.

8. Kenapa pleci saya di rumah gacor, waktu di perjalanan bunyi aja, tetapi waktu di gantang di lomba burung , pleci saya cuma loncat loncat, didis aja ? pleci adalah burung koloni bukan petarung, biarpun pleci hebat, bunyi gacor, tapi kalau dekat dengan pleci lain pasti akan sama sama diam, hanya pleci yg terlatih akan mau berbunyi jika dekat dengan pleci lain. Untuk itu perlu sering di latih, dan yg perlu diperhatikan adalah, khusus pleci lomba , gantang jejer pleci setiap saat, supaya pleci terbiasa untuk bernyanyi dan akan membentuk sebuah koloni di rumah kita, akhirnya jika ada yg kita pisah atau di bawa ke perlombaan, burung itu akan bernyanyi di lapangan untuk mencari koloni nya.

9. Apakah pleci harus di kerodong ? di alam liar tidak ada kerodong, karena sudah kita pelihara di rumah, maka sebaik nya pleci di kerodong pada malam hari, fungsi kerodong untuk menahan dingin, anti nyamuk, dan yg terpenting anti tikus.

10. Bagaimana tentang pemberian madu ? madu boleh di berikan , tetapi jangan setiap hari, cukup 1x seminggu, boleh di berikan murni dalam cepuk atau oles di pisang.

11. Kenapa pleci saya tidak mau makan buah ? pasti pleci anda beri makanan yg manis, misal bubur bayi / susu / voer yg mengandung bahan manis, atau di kasih madu, sehingga pleci akan memilih yg lebih manis dari buah, dan tidak mau makan buah.

12. Kenapa pleci saya tidak mau makan voer, kroto / UH / UK, dll ? perlu latihan khusus supaya pleci mau makan EF tsb, berikan tiap hari dalam cepuk makan nya, lama lama pleci akan tahu bahwa itu adalah makanan nya, atau boleh di campur dulu dengan pleci lain yg sdh mau makan EF tsb.

13. Pleci saya bunyi ciirrr...ciirr...ciirrr... ? bunyi tsb bisa nada panggil bahaya atau pleci lagi birahi, tidak menandakan pleci itu betina, dll.

14. Bagaimana ciri pleci sudah berumur ? pleci bulu nya sudah kusam ( tapi bukan patokan juga, sudah lama makan voer bisa membuat kusam bulu ), lihata aja kakinya sudah ada sisik tebal atau blom, kukunya panjang atau tidak, dll.

15. Pleci perlu di mandikan atau tidak ? pleci adalah burung yg suka mandi, kasih cepuk besar, kalau mau mandi pasti mandi juga, apalagi kalau lihat taman nya mandi, kalau perlu boleh di semprot dikit.

16. Berapa ekor ideal nya pelihara pleci ? pleci adalah burung koloni, jadi pelihara pleci minim 3 ekor, apalagi kalau buat perlombaan, minim harus pelihara 5 ekor untuk membentuk koloni.

17. Kenapa pleci saya mabung nya tidak cepat selesai ? pleci mabung apalagi kalau nyulam bisa sampai 5 bulan lebih, kalau mau cepat, harus full kerodong, akasih EF hewani yg banyak, dll.

18. Bagaimana perawatan pleci mabung ? full kerodong, full gizi, saat nya pemasteran, tidak mandi semprot ( biar mandi sendiri ) , tidak jemur.

19. Apakah pleci bisa di master suara burung lain ? pleci adalah burung pintar bisa dimaster suara burung lain, boleh dengan burung asli atau dengan mesin, pemasteran harus senantiasa di perdengarkan, ideal nya pemasteran mulai malam sampai pagi hari, dan pagi hari sampai sore.

20. Apakah vitamin perlu di berikan ? vitamin boleh di berikan seminggu sekali, atau saat membutuhkan, mis : saat cuaca buruk, saat burung kelihatan sakit, vitamin bebas beli di kios burung, boleh campur vitamin + madu + air sedikit dalam cepuk kecil.

Itulah berbagai pertanyaan mendasar tentang perawatan burung pleci, semoga bisa membantu para pleman yg lagi galau dalam merawat burung pleci nya.
*sumber dari files PCMI chapter Garut


KOLEKSI


0 0
0
♥♥▐▐ Burung Kaca Mata▐▐ ♥♥ - Part 1
09-08-2017 12:25
murah meriah brother, kebetulan ada kandang kosong bekas cockatiel yang udah almarhum emoticon-Big Grin Karena saya bekerja, makanya saya pilih burung yang tidak sulit makannya, kalo bisa sih, naruh voor di tempat makan yang banyak biar bisa buat 3 hari gitu, trus isi penuh tempat airnya deh, huehehehe... (pemalas)
0 0
0
♥♥▐▐ Burung Kaca Mata▐▐ ♥♥ - Part 1
09-08-2017 12:25
pecinta burung juga gan..?? good job brother emoticon-I Love Kaskus
0 0
0
♥♥▐▐ Burung Kaca Mata▐▐ ♥♥ - Part 1
09-08-2017 12:25
oh bisa makan voor toh,waktu itu ane liat dikasi pisang ma pedagangnya makanya ga jd beli takut repot emoticon-Big Grin
0 0
0
♥♥▐▐ Burung Kaca Mata▐▐ ♥♥ - Part 1
09-08-2017 12:25
Quote:Original Posted By wiraay
pecinta burung juga gan..?? good job brother emoticon-I Love Kaskus


merpati, cockatiel, parkit, burung mprit, ayam brooiler, pokoknya yang gampang dipelihara bro emoticon-Smilie
0 0
0
♥♥▐▐ Burung Kaca Mata▐▐ ♥♥ - Part 1
09-08-2017 12:25
Quote:Original Posted By arab_bahlul
oh bisa makan voor toh,waktu itu ane liat dikasi pisang ma pedagangnya makanya ga jd beli takut repot emoticon-Big Grin


waktu ane beli juga lagi makan pisang bro, tapi dikasih voor juga. ane mau biasain makan voor aja, soalnya, burung kicau bisa dirubah kok pola makannya.
0 0
0
♥♥▐▐ Burung Kaca Mata▐▐ ♥♥ - Part 1
09-08-2017 12:25
Lucu gan jadi pengen punya satu :maho :maho :maho
0 0
0
♥♥▐▐ Burung Kaca Mata▐▐ ♥♥ - Part 1
09-08-2017 12:25
ade gua pernah punya tuh gan..suaranya emak keren..........cuma ga boleh kena udara dingin suka sakit....
0 0
0
♥♥▐▐ Burung Kaca Mata▐▐ ♥♥ - Part 1
09-08-2017 12:25
wah. . di tempat ane burung ginian terbang bebas.. klo mau nangkap biasanya malam hari.. sukanya tidur di pohon2 yg daunnya rimbun.. masa sih harganya sampe 10k gitu..??
0 0
0
♥♥▐▐ Burung Kaca Mata▐▐ ♥♥ - Part 1
09-08-2017 12:25
yah gagal pertamax
0 0
0
♥♥▐▐ Burung Kaca Mata▐▐ ♥♥ - Part 1
09-08-2017 12:25
wah keren Gan..., bisnisan baru neh...
0 0
0
♥♥▐▐ Burung Kaca Mata▐▐ ♥♥ - Part 1
09-08-2017 12:25
Quote:Original Posted By DN5000YM
wah. . di tempat ane burung ginian terbang bebas.. klo mau nangkap biasanya malam hari.. sukanya tidur di pohon2 yg daunnya rimbun.. masa sih harganya sampe 10k gitu..??


seperti yang ane bilang gan, dikasih harga 10k, ane gak enak nawarnya. Ane pernah lihat orang yang kerjanya nangkep burung ini deket rumah. dia bawa tiang yang bisa disambung-sambung jadi panjang, dibagian ujungnya ada burung dan perangkap. Sulit loh dapetin burung kacamata, 10k wajar deh emoticon-Big Grin
0 0
0
♥♥▐▐ Burung Kaca Mata▐▐ ♥♥ - Part 1
09-08-2017 12:25
Quote:Original Posted By Vivid_com
wah keren Gan..., bisnisan baru neh...


emoticon-Cape deeehh






















.





emoticon-Ngakak
0 0
0
♥♥▐▐ Burung Kaca Mata▐▐ ♥♥ - Part 1
09-08-2017 12:25
ane jg lagi pengen iseng jg ah
0 0
0
♥♥▐▐ Burung Kaca Mata▐▐ ♥♥ - Part 1
09-08-2017 12:25
masih ada ngak gan ?
pingin hunting juga du jatinegara
0 0
0
♥♥▐▐ Burung Kaca Mata▐▐ ♥♥ - Part 1
09-08-2017 12:25
kayanya masih banyak gan, kemarin, dalam 1 kandang aja saya lihat sekitar 7 ekor. belom kandang yang disebelahnya. itu masih disatu tempat. belum ditempat yang lain, kayanya masih banyak kok. bisa milih yang bulunya masih halus emoticon-Big Grin

btw, diforum sebelah dibilang, katanya lagi musim tuh burung kacamata. apalagi di singapore, malingsia dan vietnam burung ini dilombakan (ajang lomba bergengsi loh). Bayangkan gan, burung yang biasa nangkring dipohon depan rumah kita, gak taunya dinegara orang dilombakan. Yang cuma seharga IDR 10.000 (atau kurang) itu dilombakan, MANTAB banget kan ??

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
(murah,murah,murah)
0 0
0
♥♥▐▐ Burung Kaca Mata▐▐ ♥♥ - Part 1
09-08-2017 12:25
0 0
0
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia