alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5988c9e3dad77066768b4567/sejak-ma-dibakar-marbot-tak-bisa-tidur-dia-bersujud-dan-minta-maaf-berulang-ulang
Lapor Hansip
08-08-2017 03:13
Sejak MA Dibakar, Marbot Tak Bisa Tidur: Dia Bersujud dan Minta Maaf Berulang-ulang
Sejak MA Dibakar Massa, Marbot Masjid Ini Tak Bisa Tidur: Dia Bersujud dan Minta Maaf Berulang-ulang


Senin, 7 Agustus 2017 15:07

TRIBUNJATENG.COM - Air sisa wudhu terlihat masih membasahi wajah dan janggut panjang pria 40 tahun saat ditemui Tribun di Musala Al Hidayah, Desa Hurip Jaya, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (5/8) siang.

Kedua bola matanya juga tampak memerah. "Tidak bisa tidur nyenyak," kata pria yang disapa Rojali ini. Rojali merupakan pendiri sekaligus pengurus atau lebih dikenal marbot Musala Al Hidayah.

Rojali menjadi saksi kunci kasus dugaan pencurian amplifier di Musala Al Hidayah yang membuat MA kemudian menjadi bulan-bulanan massa pada Selasa (1/8) sore lalu.

Rojali lalu menceritakan kronologi peristiwa hilangnya amplifier musala hingga akhirnya MA diduga sebagai pelaku pencurian. Ia mengaku masih mengingat betul kejadian pada Selasa sekitar pukul 16.00 WIB, usai waktu salat Ashar. Sebab, pria yang belakangan diketahuinya berinisial MA tersebut masuk dan keluar musala tanpa menyapa atau pun memberi salam saat bertemu dengan dirinya.
Padahal, saat itu Rojali tengah membersihkan halaman musala. "Mari saya ceritakan supaya jelas semuanya," ucap Rojali saat mengajak keluar dari musala.

Ia menceritakan, MA datang ke musala beberapa menit setelah dirinya mengumandangkan adzan Ashar dan melaksanakan salat berjemaah dengan anaknUsai menunaikan salat Ashar, Rojali bertemu dengan MA. Saat itu, MA terlihat kebingungan lantaran mencari tempat berwudhu.

Saat itu Rojali pun tak berprasangka apa pun perihal pria yang tak dikenalnya itu. Lantas, ia mengambil selang air untuk diisi di dalam sebuah ember besar tidak jauh dari halaman musala. Ia menyiram permukaan tanah berdebu depan musala. Hal itu dilakukan karena pihaknya akan menyelenggarakan haul organisasi desa di dalam dan halaman musala pada malam hari itu.

Di tengah aktivitas menyiram air ke tanah di halaman depan musala, Rojali melihat MA mengambil air wudhu di sisi kanan musala.
Beberapa menit kemudian, Rojali kembali pergi mengecek warung pulsanya yang berada sekitar 10 meter di depan musala.
Tak lama kemudian ia kembali lagi ke dalam musala untuk menyelesaikan pekerjaan bersih-bersih persiapan haul.

Rojali kembali berpapasan muka dengan MA yang saat itu keluar meninggalkan musala. Namun, untuk kali kedua ia tidak melihat ada senyum maupun sapa dari MA.ya, Fahmi.

"Pas keluar ya biasa saja, saya tidak memerhatikan betul dia. Hanya lewat saja sudah," tuturnya.

Cek sound system

Tidak lama kemudian, paman Rojali, Zainudin (54) datang ke musala untuk membantu mengecek peralatan sound system yang akan digunakan untuk acara haul malam itu.

Rojali baru tersadar satu amplifier musala tidak ada di tempatnya, di samping ruang imam. "Saya bilang ke mamang (pamam) saya, ada kok tadi. Saya adzan Ashar kan pakai itu. Saya cek ke dalam, ternyata memang enggak ada," ujar Rojali.

"Saya baru ingat ada laki-laki itu karena hanya dia sendirian yang masuk ke sini terakhir. Saat salat Ashar pun saya hanya berdua sama anak saya," jelas pegawai perusahaan minyak sawit di Pondok Ungu itu. Karena tahu amplifier musala telah hilang, Rojali memberitahukan kepada sejumlah pemuda setempat untuk melakukan pencarian terhadap MA yang diduga sebagai pelaku pencuri amplifier musala.
Ia hanya menyebut MA mengendarai sepeda motor bebek merk Revo warna merah.

Selain itu, diperkirakan amplifier yang dibawa akan tampak dari luar jika dibawa dengan sepeda motor. Ia bersama belasan pemuda dengan mengendarai sekitar tujuh sepeda motor berpencar keliling desa untuk mencari MA.

"Ampli-nya lumayan besar. Jadi saya pikir akan ditaruh di antara jok motor dan setang. Saya mintakan bantuan untuk menemui sepeda motor bebek warna merah," kata dia.

Lihat motor merah

Tiba-tiba, di tengah perjalanan kembali ke musala, Rojali melihat sepeda motor dan pengendara dengan ciri-ciri seperti yang ditemuinya di musala. Lantas, ia berputar balik dan tancap gas mengejarsepeda motor diduga pelaku pencuri amplifier musala tersebut. Begitu mendekat, Rojali memepet sepeda motor merah tersebut seraya berteriak, "Hai, itu amplifier saya."

Bukannya berhenti, pengendara sepeda motor bebek warna merah itu justru berusaha melarikan diri dengan memacu kendaraannya. Sejumlah warga dengan sepeda motornya di tepi jalan melihat kejadian itu. Lantas, mereka ikut bergabung melakukan pengejaran.
Kejar-kejaran dari sejumlah warga terhadap sepeda motor yang dikendarai MA tak terelakkan. Pengejaran terjadi hingga 500 meter sebelum akhirnya MA menghentikan laju sepeda motornya di tepi kali.

Saat pengejaran itu, Rojali mengaku sama sekali tidak pernah berteriak 'maling' kepada MA.

Teriakan maling justru terjadi saat sejumlah warga yang didominasi anak muda sudah berkumpul di tepi kali tempat MA menceburkan diri.
"Saya saat itu juga ikut mengejar. Tapi Demi Allah, Demi Rasulullah, saya tidak meneriaki dia. Justru saya meminta agar dia dilepaskan dan amplifier Musala bisa kembali," kata dia dengan suara tegas.

Bersujud
Bogem mentah tidak dapat dihindari, saat MA keluar dari kali dan tersungkur di jalanan. Rojali masuk ke dalam kerumunan dan meminta tokoh masyarakat setempat menenangkan massa. Beberapa pukulan juga sempat melayang ke arah belakang Rojali dan tokoh agama yang berada untuk melindungi MA.

"MA sempat bangun dan bersujud minta maaf di hadapan saya. Dia bilang minta maaf berulang kali," ucap lirih Rojali.

Selanjutnya, suasana di lokasi kejadian untuk beberapa saat mulai tenang ketika tokoh masyarakat hadir dan akan membawa MA ke Balai Desa setempat untuk dilindungi. Rojali mempercayakan langkah selanjutnya kepada tokoh setempat untuk penanganan selanjutnya. Ia lalu kembali ke motor MA dan mengambil satu amplifier yang dibawa oleh MA.

"Saya baru tahu malamnya kalau dia dibakar. Demi Allah, itu biadab sekali. Tak pernah saya berpikir kalau akan berakhir seperti itu. Allah membalas perbuatan itu," ucapnya seraya jari telunjuknya menghadap ke atas.

Saat kembali ke sepeda motor, Rojali menemukan terdapat tiga buah amplifier yang dibawa oleh MA. Namun, hanya satu amplifier musala yang dikenali Rojali. Ia pun mengambil amplifier tersebut untuk dikembalikan ke musala.

"Di Musala ini, hanya satu yang hilang, tidak ada lagi. Dua amplifier lainnya di motor dia, saya tidak tahu dari mana. Saya tidak mau berburuk sangka," tandasnya.

Tidak rusak

Rojali meyakinkan, amplifier yang dibawa oleh MA tidak dalam kondisi rusak. Itu terbukti saat ia bisa menggunakan pengeras suara dengan amplifier sebagai perangkatnya saat mengumandangkan adzan Salat Ashar sebelum kejadian. Selain itu, tidak ada warga sekitar yang memesan jasa MA untuk memperbaiki amplifier musala.

Menurut Rojali, jikalau amplifier rusak, maka pamannya, Zainudin, yang akan memperbaikinya. Zainudin terbilang mempunyai keahlian itu.
Bukan hanya itu, tempat tinggal MA yang berada di Cikarang Utara terbilang sangat jauh dari Musala Al Hidayah, yakni berjarak sekitar 25 kilometer.
Para warga di sekitar musala pun tidak ada yang mengenal maupun mengetahui jika MA berprofesi sebagai tukang reparasi alat elektronik seperti amplifier.

================================================================
Komen TS

Banyak sekali kejanggalan pada keterangan marbot.

Dia kan lagi di halaman mushola saat korban akan pergi meninggalkan mushola.

Kejadiannya gwa yakin ga kyak gitu, tapi:

"Pas lagi nyapu, denger suara motor dinyalakan, terus marbot menoleh ke arah korban yang meninggalkan mushola dengan sepeda motor. Pas lihat ada ampli di atas jok motor, langsung deh reflek tereak woiiiiiiiiiiii maling."
Diubah oleh l4d13put
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 9 dari 12
08-08-2017 17:59
Quote:Original Posted By presidenidaman
Bunuh, Penggal, Bakar, Bom, Jarah, Perkosa
Prestasi umat ini emoticon-Big Grin

Ane tdk membenarkan tindakan main hakin sendri. Jd mohon kejadian ini jgn dijadikan ujaran kebenciann untuk mengneralisir umat yg agan benci.
Yg tereak ham skrang apa udh lupa moyangny yg genosida amerika,australia siapa? Yg bikin negera minyak hancur siapa? Yg bom boman di pd1 pd2 umat mana? Yg ngambil rempah2 350th agma mnaa? Skrng media klo islam yg salah dikit hebohny minta ampyunn
0
08-08-2017 18:03
Quote:Original Posted By maula786
ane bukan mau buruk sangka dulu.
dari beberapa peristiwa, ada namanya rangkaian kronologi dari awal-tengah-dan akhir.
1. itu menurut saksi orang dalem mushola, MA itu sosok yang dicurigai dan mengambil alat amplifier yang dibawanya.

2. dari pihak keluarga korban, MA merupakan sosok yang baik dan sholeh. hidup dengan keluarga yang apa adanya. ucapan dari istrinya, anaknya tiap magrib solat bareng terus. dari keterangan keluarga dan tetangga pun demikian.
memang jelas kontras ya. kita ga tau pasti. wallohualam.
lagipula, alm MA itu pekerjaannya seorang teknisi alat2 speaker, salon, dan amplifier ama alat2 lain juga mungkin.

3. kabar yang berhembus, memang alm. MA sengaja ke mushola untuk shalat ashar. dan kebetulan membawa alat2 elektronik (amplifier). ada juga yang bilang, alat2 itu dibawa dulu ke dalam, karena takut hilang di motor. lalu keluar pun dibawa lagi.
nah dari penglihatan orang dalem musholla itu lah, disangka MA tersebut mencuri alat2 elektronik.

4. setelah kejadian, banyak massa kejar dan pukul. pada waktu itu, ada orang yang berteriak, bahwa amplifiernya ada, tidak hilang. (saksi yang ini belum dikaitkan).

5. korban MA, sudah minta ampun sampai sujud. bisa lihat di video (youtube nama sumbernya lupa tapi gambarnya dia bersimpuh). tapi anehnya, kenapa terjadi pembiaran. kalaupun tidak tega, peluk orang itu (alm MA) dan bawa langsung ke tempat aman.

6. kalau memang alm MA mencuri, (kita tidak tahu, mungkin kepepet x karena kebutuhan, orang tidak mampu) tapi entah juga hanya persepsi.

7. tapi, kalau tidak juga, sumber lain mengatakan, ada orang berteriak bilang tidak ada yang hilang alias amplifiernya ada. lalu, kenapa dijadikan ada barang bukti. apakah orang dalem mushola ingin mencari selamat. bisa jadi, amplifier tersebut tidak hilang. tapi pas kejadian alm, MA tewas di tangan warga. orang dalem mushola tsb punya alasan untuk memotong kabel amplifiernya seolah2 memang benar dicuri.

8. mungkin ada perasaan bersalah bagi orang dalem mushola tsb. yang pastinya kita lihat saja nanti. kejadian apa yang akan terjadi setelah ini.

9. kejadian sebenarnya, hanya Alloh yang tahu.

10. kita semua hanya sebatas penonton, dan beropini. kalau ada detektif sekelas conan, bolehlah didatangkan. (hemmmm)

sekian.emoticon-Traveller emoticon-Shutup




wah menarik sekali
ini harus diselikidi polisi sampe tuntas

alih2 ada acara haul ortu yang bid'ah juga
sampe harus ada kejadian begini
0
08-08-2017 18:08
Quote:Original Posted By novembermann
Semoga pelakunya dibakar si neraka jahanam 1000 tahun lamanya.


1000 tahun didunia sama dengan 1 hari di akhirat gan.
kira2 pasnya ngikut waktu mana ?
0
08-08-2017 18:13
gila ngarang bebas bawa2 nama allah berapa kali tuh

emoticon-Gila
0
08-08-2017 18:14
sudah sudah, siap" aja nanti balasanya,. anget" gimana gitu
0
08-08-2017 18:19
Coba di tanya, kemaren pada ngikut demo kesurupan berjilid kagak??
Mungkin mereka terinspirasi pilot yordania yang dibakar isis
0
08-08-2017 18:23
Quote:Original Posted By tarnoid
1. pas keluar katanya hadap2an, tapi gak keliatan dia bawa ampli ??

2. waktu papasan di jalan amplinya keliatan, pas ninggalin masjid gak keliatan ?? dia hafal sama jenis dan warna motornya, berarti sewaktu korban pergi merhatiin motornya dong ??

3. MA dikeroyokin dia main pergi2 aja sambil bawa ampli mushala nya??

4. katanya di serahkan ke balai desa. berarti ditangani sama aparatur desa. masa aparatur desa yg bakar??

5. gak bisa tidur. ya iyalah minimal deg2an takut keciduk atau ya mungkin bisa tidur tapi didatengin dalem mimpi.


Dan kenyataannya sampai korban jadi arang tu ampli masih ditempatnya dan masih utuh 3 (motor korban), Nahlo jadi ampli siapa yg di ambil marbot tadi??? Dan jg ada kesaksian kalau ampli di mushola ternyata masih ada di tempatnya (mushola) emoticon-Wow
0
08-08-2017 18:26
Quote:Original Posted By Sipetruk

Agak kontradiktif nih cerita marbot
Berpapasan muka saat keluar dari mushola tapi gak ngeliat dia nenteng atau masukin tuh ampli didalam baju.
Katanya ampli lumayan besar dan kalo dibawa bakal keliatan dari luar.


Sependapat dengan statement anda, mudah2an penyidik bisa menilai seperti ini.

0
08-08-2017 18:30
Hukum aja ini marbotnya
Dia ada andil dalam kasus ini
Ayo pak polisi
0
08-08-2017 18:41
Quote:Original Posted By ndoromuda
Ya kali marbot ngarang cerita (bohong)...ga mungkin lah

Marbot ga bisa bohong ya gan? emoticon-Big Grin
:thumbsup
0
08-08-2017 18:46
Quote:Original Posted By kresna.duta


Dan kenyataannya sampai korban jadi arang tu ampli masih ditempatnya dan masih utuh 3 (motor korban), Nahlo jadi ampli siapa yg di ambil marbot tadi??? Dan jg ada kesaksian kalau ampli di mushola ternyata masih ada di tempatnya (mushola) emoticon-Wow


yang paling berat emang si marbot ini, bukan massa nya

massa juga bergerak karena dia (menurut cerita karangan dia dan walaupun gak ngarang yang tau ampli ilang kan dia, dia reflek ngerahin massa)

kalo gak salah kenapa sampe gak bisa tidur?? gak tega?? kenapa dilakuin??
0
08-08-2017 18:56
Quote:Original Posted By tarnoid


yang paling berat emang si marbot ini, bukan massa nya

massa juga bergerak karena dia (menurut cerita karangan dia dan walaupun gak ngarang yang tau ampli ilang kan dia, dia reflek ngerahin massa)

kalo gak salah kenapa sampe gak bisa tidur?? gak tega?? kenapa dilakuin??


Doi gak bisa tidur karena khawatir ntar malem ada petugas yg ngetok-ngetok pintu rumahnya.
0
08-08-2017 18:57
Anjing Nih Marbot, Mengarang indah...
Masuk penjara aja lu setan
0
08-08-2017 19:00
mendadak detektif emoticon-Traveller
0
08-08-2017 19:03
Kalo pun dia maling. Gausa dibakar lah. Ga ngelukai siapa siapa kan? Ga ada korban kan? Ya ga perlu dibakar. Kasian istri anaknya.

Kecuali begal yg ngelukain. Nah itu di bbq gpp deh.

Gw ga membenarkan kelakuan dia. Kalo dia maling tetep salah. Lagian kalo emang dia miskin. Pasti bakal dipenjara lama. Dan kalo emang mentalnya bukan maling. Dia kemungkinan tobat.

Kalo salah bakar kan jadi repot.

Jaman skrg enak. Lu gasuka sama orang. Lu taro barang di motor/mobil dia. Lu jebak di daerah warga barbar. Lu teriakin maling. Abis tuh dibakar.

Ga perlu sewa hitman.

Rakyat barbar emoticon-Recommended Seller
0
08-08-2017 19:11
Quote:Original Posted By kresna.duta


Doi gak bisa tidur karena khawatir ntar malem ada petugas yg ngetok-ngetok pintu rumahnya.


yoi
kalo terjaga kan bisa langsung ngacir

perkara mic gak nyala doang bisa ngebunuh orang
0
08-08-2017 19:12
we'll see at the end, salam marbot emoticon-Peace


Quote:Original Posted By mr.fahrenhelt

Jaman skrg enak. Lu gasuka sama orang. Lu taro barang di motor/mobil dia. Lu jebak di daerah warga barbar. Lu teriakin maling. Abis tuh dibakar.

Ga perlu sewa hitman.

Rakyat barbar emoticon-Recommended Seller


begitulah... itu sudah~ emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh Just.Junz
0
08-08-2017 19:20
oknum marbot nih...mengakui salah dan jujur itu bukan budaya kita bro
0
08-08-2017 19:32
maling nya bawa 3 amplifier? nyolong dari mana aja tuch?

sedikit tdk logis...

kl ane maling....kagak bakal kelayapan bawa 3 ampli malingan....dapat 1 langsung lego dulu....

masak iya keluyuran bawa 2 ampli malingan terus nyolong lagi di musala itu?


naga2 nya marbot nya salah.....terus bikin alibi....dng motong kabel ampli sendiri terus di taruh jadi satu dengan ampli korban...yg 2 biji

tentu nya setelah kejadian kejar2 an dan pembakaran....

0
08-08-2017 19:36
Quote:Original Posted By hallowgan
Emang biadab ini, maen bakar udah kek setan aja.
Liat adegan di videonya ngeri kali tuh manusia2.


Astagàaa ada vdeo sgla emoticon-Cape d...
0
Halaman 9 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.