• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kamu yang Penasaran! Inilah Misteri di Balik Jimat Kertas Penangkal Vampir

yukepodotcom
TS
yukepodotcom
Kamu yang Penasaran! Inilah Misteri di Balik Jimat Kertas Penangkal Vampir
WELCOME TO YUKEPO OFFICIAL THREAD
emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah




Bagi generasi 90-an film tentang vampir Cina mungkin menjadi salah satu tontonan favorit setelah pulang sekolah. Sekelompok orang yang menghampiri sebuah bangunan kuno dan tiba-tiba saja ada vampir yang terbangun dan mengejar mereka. Lalu datanglah orang pintar yang melawan vampir tersebut dengan berbagai cara, seperti dengan mantra, pedang, melempar beras, dan akhirnya berhasil ditaklukan dengan menempel kertas jimat warna kuning. Sampai sekarang, mungkin sebagian dari kita masih dibuat bingung, apa sih maksud di balik kertas itu. Kok bisa vampir berhenti setelah dipasang kertas tersebut?



Kertas jimat berwarna kuning tersebut disebut kertas 'hu'. Penulisan jimat tersebut diyakini berasal dari pendeta Thao Thian Su yang merupakan pendiri agama Tao. Dikutip dari autumnfloods.com, bahwa ada banyak kesamaan antara penulisan pada kertas Hu dan surat resmi pemerintah Cina. Di antaranya keduanya sama-sama memiliki logo, nama yang memiliki otoritas, judul perintah, garis pembatas pada kertas, isi perintah, dan yang menyetujui perintah. Entah kebetulan atau tidak struktur penulisan keduanya hampir sama.



Jimat kertas ini dipercaya akan memberikan perlindungan. Jika ditempelkan di depan pintu akan melindungi rumah dari hal-hal buruk. Kertas kuning tersebut sebenanarnya berisi perintah kaisar. Pada masa kekaisaran dahulu, para pendeta merupakan para pejabat kekaisaran, saat ini setara dengan kementrian agama. Lalu mengapa kertas tersebut akhirnya dijadikan jimat perlindungan? Dalam kepercayaan masyarakat di sana bahwa surga atau neraka tidak jauh berbeda dengan di dunia. Keduanya dipercaya sama-sama diatur oleh pejabat yang memiliki otoritas.



Lalu, apa kaitannya dengan jimat tersebut. Jika dekrit kaisar ditaati oleh para pejabat dan warganya. Maka sama halnya dengan isi perintah kertas 'hu', misalnya “jangan mengganggu” yang dibubuhi tanda atas nama dewa atau dewi, maka akan ditaati pula oleh para penghuni neraka atau surga. Nah, sayangnya industri perfilman menggunakan citra kertas 'hu' ini sebagai penangkal vampir. Seperti yang sering kita tonton, vampir akan berhenti seketika jika dipasang jimat di keningnya.

Demikianlah penjelasan tentang coretan-coretan yang tertuang dalam kertas kuning tersebut. Ternyata kertas tersebut berisi perintah kepada makhluk-makhluk tertentu untuk tidak mengganggu. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu tertarik menggunakannya?


Sumber : Yukepo
Rate, comment, cendol appreciated emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
nona212
nona212 memberi reputasi
1
87.8K
346
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.