kamoezzzzAvatar border
TS
kamoezzzz
Sarsaparilla, Minuman Soda Asli Indonesia
Pernah denger nama kuliner minuman Sarsaparilla gan?



Buat yang belum pernah denger, sarsaparilla adalah minuman limun yang berwarna ungu kecoklatan. Bisa dibilang, jaman dulu minuman ini adalah minuman favorit bangsawan di Yogyakarta, biasanya disebut Cola Jawa. Minuman ini juga seringnya ada di acara hajatan atau nikahan gitu gan.

Bisa dibilang ini adalah minuman soda asli Indonesia. Tapi sekarang mulai ditinggalkan karena kalah pamor dengan minuman soda dari luar negeri. FY nih gan, minuman ini terbuat dari tanaman sarsaparilla yakni Smilax regeli yang dikombinasikan dengan gula dan air berkarbonasi.



Buat agan yang lagi masuk angin, coba deh minum limun sarsaparilla atau saparella ini, rasanya semriwing gimanaaa gitu. Habis agan sendawa, bisa sembuh deh tuh masuk anginnya karena ada karbonasinya gan. Bukan cuma itu, minuman ini juga bisa menghangatkan perut dan badan loh.



Kalo agan pengen nyobain limun sarsaparilla ini, nggak perlu bingung karena sekarang udah mulai aktif lagi penyebarannya dan bisa agan temuin di berbagai tempat nongkrong, bahkan supermarket. Harganya sekitar Rp 15ribuan gan untuk sebotolnya.

Sumur
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
83.1K
295
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.