News
Batal
KATEGORI
link has been copied
181
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5982877f1ee5df6c018b456a/jerat-dirut-pt-ibu-dengan-tppu-polri-hitung-untung-beras-maknyuss
Rabu 02 Agustus 2017, 18:05 WIB Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss Audrey Santoso - detikNews Jakarta - Penyidik Bareskrim Polri menjerat Dirut PT Indo Beras Unggul (IBU) berinisial TW dengan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU). Penyidikan akan diawali dengan penghitungan keuntungan PT IBU produsen beras merek Maknyuss dan Ayam Jago. "TW penanggung jawab
Lapor Hansip
03-08-2017 09:16

Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss

Rabu 02 Agustus 2017, 18:05 WIB
Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss
Audrey Santoso - detikNews

Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss
Jakarta - Penyidik Bareskrim Polri menjerat Dirut PT Indo Beras Unggul (IBU) berinisial TW dengan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU). Penyidikan akan diawali dengan penghitungan keuntungan PT IBU produsen beras merek Maknyuss dan Ayam Jago.

"TW penanggung jawab (perusahaan) sesuai UU 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Nah ditanya nanti dia, tugas tanggung jawabnya. Nanti lalu dicari berapa keuntungannya," ujar Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul kepada wartawan, Rabu (2/8/2017).

Penyidik pada Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus akan menelusuri dugaan pencucian uang hasil keuntungan yang dilakukan TW yang diduga berasal dari tindak pidana.

"Kalau tindak pidana kejahatan yang kemudian menguntungkan ya harus ditelusuri lah hasil kejahatannya," sambungnya.

Dalam kasus ini polisi sudah memeriksa 24 orang saksi dari manajemen, supplier, pihak terkait produksi, distribusi dan penjualan. Polisi juga memeriksa 11 orang ahli yang sudah menguji beras secara laboratorium.

"Tersangka hari ini mulai ditahan di rutan Bareskrim Polri di Polda Metro," sambung Martinus.

Ada 3 sangkaan pidana yang diduga dilakukan terkait PT IBU. Pertama, Beras merek Maknyuss dan Ayam Jago produksi PT IBU mencantumkan AKG dalam label kemasan. Padahal AKG hanya dicantumkan pada makanan olahan .

Pencantuman AKG dalam kemasan pangan olahan menurut Martinus menjadi acuan bagi para konsumen. Namun AKG yang terdiri dari energi, protein, lemak, karbohidrat ditegaskan Martinus hanya untuk produk olahan.

Kedua, PT IBU diduga memperdagangkan beras Maknyuss dan Ayam Jago dengan mutu yang tidak sesuai hasil uji laboratorium. Ketiga, beras Maknyuss dan Ayam Jago menggunakan sertifikat SNI PT Sukses Abadi Karya Inti (Sakti).

"Kemasan yang ada seharusnya sesuai dengan di mana (produk) itu diproduksi, (tapi) ternyata nggak. PT Sakti ternyata diproduksi PT IBU. Ini menyulitkan pengawasan stakeholder terkait berapa jumlah produksi dan berapa yang didistribusi," paparnya.

Atas dugaan pidana ini, TW disangkakan dengan pasal berlapis yakni Pasal 144 jo Pasal 100 (2) UU Nomor 18/2012 tentang Pangan, Pasal 62 jo Pasal 8 ayat 1 huruf e,f,i dan atau Pasal 9 h UU Nomor 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen, Pasal 3 UU Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan Pasal 382 KUHP.
(fdn/idh)

======
sumber
https://news.detik.com/berita/d-3583...683.1489635279

Kirain tindak pidana pencucian beras.. emoticon-Big Grin
kalo soal ginian polisi lebih jago.. nemu aja pasalnya .. emoticon-Big Grin

emoticon-Motret emoticon-Motret
Diubah oleh cerminbp
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 10
Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss
03-08-2017 20:37
Begini susah petani juga nih, siapa mau beli gabahnya. Mmg jaman bikin susah.emoticon-Marah
0 0
0
Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss
03-08-2017 20:43
Quote:Original Posted By bimil


margin keuntungan harga yg dinilai berlebihan memiliki peluang untuk "dikecilkan" agar terlihat normal. data dilapangan kemungkinan besar sudah diperoleh sama penyidik.

nah, karena "dikecilkan" tadi jadilah ada gap uang yang sebenarnya ada lalu "disembunyikan" atau "manipulasi". cuci cuci nya ada disitu Gan

modus lain nyang biasah dilakukan adalah dgn sengaja buat mata rantai panjang pindahnya barang, padahal pemilik staleholder nya ya dia dia juga emoticon-Ngakak

ane yakin, dengan segala pro kontra nya, soal beras ini jd membuka mata konsumen kalau ada peluang konsumen "dinakalin"

tinggal PT mama membuktikan saja kalau mrk merasa benar di pengadilan


emoticon-Ngakak

semangat gan emoticon-Leh Uga

0 0
0
Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss
03-08-2017 20:56
Quote:Original Posted By bimil


margin keuntungan harga yg dinilai berlebihan memiliki peluang untuk "dikecilkan" agar terlihat normal. data dilapangan kemungkinan besar sudah diperoleh sama penyidik.

nah, karena "dikecilkan" tadi jadilah ada gap uang yang sebenarnya ada lalu "disembunyikan" atau "manipulasi". cuci cuci nya ada disitu Gan

modus lain nyang biasah dilakukan adalah dgn sengaja buat mata rantai panjang pindahnya barang, padahal pemilik staleholder nya ya dia dia juga emoticon-Ngakak

ane yakin, dengan segala pro kontra nya, soal beras ini jd membuka mata konsumen kalau ada peluang konsumen "dinakalin"

tinggal PT mama membuktikan saja kalau mrk merasa benar di pengadilan


Jadi saya sebenernya merasa agak bingung juga dengan kasus ini, contoh ke pribadi ya. misalnya saya punya kebun cabe, modal produksi 10jt. Pas panen, pas harga cabe tinggi.. dapat untung 20jt..

Ini konteksnya usaha pribadi ya, bukan perusahaan sekelas tbk. Menurut agan, apakah saya termasuk melanggar hukum? Tentunya ya ngga ada laporan keuangan dll karena ini usaha pribadi
Diubah oleh tukangkredit
0 0
0
Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss
03-08-2017 21:06
cukup tahu saja.
0 1
-1
Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss
03-08-2017 21:19
Ud kadung malu emoticon-Ngakak
0 0
0
Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss
03-08-2017 21:36
Quote:Original Posted By tukangkredit


Jadi saya sebenernya merasa agak bingung juga dengan kasus ini, contoh ke pribadi ya. misalnya saya punya kebun cabe, modal produksi 10jt. Pas panen, pas harga cabe tinggi.. dapat untung 20jt..

Ini konteksnya usaha pribadi ya, bukan perusahaan sekelas tbk. Menurut agan, apakah saya termasuk melanggar hukum? Tentunya ya ngga ada laporan keuangan dll karena ini usaha pribadi


Agan selama ini bgm bayar pajak penghasilannya?

Dari jawaban Agan, akan ada diskusi nyang menarik ntar

Sekedar nambahin, utk kejahatan ekonomi biasanya ada skala prioritas dalam pencarian data di lapangan. Mangkanyah nyang diuber adalah pemain besar dahulu. Ini terkait efek jera, jumlah SDM, perbaikan sistem, nilai kapital, dan tentu sajah dampaknya ke kepentingan hajat hidup org banyak.

Contoh lain, kenafa Petral dihajar? Masih bisa pakai alesan, kalau dpt untung gede dan masy mau beli antri di spbu, apanya yg salah??? emoticon-Ngakak
Diubah oleh bimil
0 0
0
Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss
03-08-2017 21:38
Hanya di rejim ini hal hal yang luar biasa seperti ini bisa terjadi emoticon-Big Grin
0 0
0
Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss
03-08-2017 21:42
Quote:Original Posted By xanaduahmad
saya petani, kalo mau jual gabah jelas saya pilih ke swasta. entah itu PT APAPUN asal harganya cocok.
soalnya kalo jual ke bulog ribet ruwet mbulet ra karuan-karuan
buat yg pernah setor beras ke bulog paasti tau yg tak maksud, klo mau tau apa itu, coba aja sendiri, ntar bakalan tau dah


biasanya Pembeli swasta berani ngasi harga lebih tinggi karena mereka juga nuntut kualitas yg lebih baik juga. misal gabah harus bersih dari kawul (daun padi) dan gabah gabuk (gabah tanpa isi/cuma kulitnya aja). juga tingkat kandungan airnya harus sesuai dengan standar mereka yg kadang susah dicapai. untuk memenuhi standar pembeli itu kami harus keluar biaya lebih, misal biaya blower, grosok, dan ayak.

buat Bapak Polisi Yang Terhormat : GOOD JOB!!!!!!!


emoticon-Wkwkwk




Ga boleh Petani kaya, harusnya miskin terussssss....
Jual beras harus ke bulog!!
0 0
0
Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss
03-08-2017 21:45
Quote:Original Posted By xanaduahmad
saya petani, kalo mau jual gabah jelas saya pilih ke swasta. entah itu PT APAPUN asal harganya cocok.
soalnya kalo jual ke bulog ribet ruwet mbulet ra karuan-karuan
buat yg pernah setor beras ke bulog paasti tau yg tak maksud, klo mau tau apa itu, coba aja sendiri, ntar bakalan tau dah


biasanya Pembeli swasta berani ngasi harga lebih tinggi karena mereka juga nuntut kualitas yg lebih baik juga. misal gabah harus bersih dari kawul (daun padi) dan gabah gabuk (gabah tanpa isi/cuma kulitnya aja). juga tingkat kandungan airnya harus sesuai dengan standar mereka yg kadang susah dicapai. untuk memenuhi standar pembeli itu kami harus keluar biaya lebih, misal biaya blower, grosok, dan ayak.

buat Bapak Polisi Yang Terhormat : GOOD JOB!!!!!!!


emoticon-Wkwkwk


ente nanem padinya pakai sistem subsidi gak Gan utk saprodi nyah?
0 0
0
Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss
03-08-2017 21:45
kl emamg salah lbh baik polri dg jiwa satria mengakui

jgn dicari2 pasal nya....keliatan sekali
0 0
0
Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss
03-08-2017 21:51
Maju kena mundur kena

Hidup beras berkutu dari bulok
Petani harus tetap miskin



Sim gue dikasih sementara nih bangcat tu polri


0 0
0
Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss
03-08-2017 21:53
Quote:Original Posted By momo.momo.momo
kl emamg salah lbh baik polri dg jiwa satria mengakui

jgn dicari2 pasal nya....keliatan sekali


mangsih isa pra peradilan Gan kalau emang yakin bisa counter kelirunya polri
0 0
0
Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss
03-08-2017 22:00
Hancur penegak hukum klo menjarain orang atas dasar malu, bukan karena mau menegakkan kebenaran
0 0
0
Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss
03-08-2017 22:45
Quote:Original Posted By xanaduahmad
saya petani, kalo mau jual gabah jelas saya pilih ke swasta. entah itu PT APAPUN asal harganya cocok.
soalnya kalo jual ke bulog ribet ruwet mbulet ra karuan-karuan
buat yg pernah setor beras ke bulog paasti tau yg tak maksud, klo mau tau apa itu, coba aja sendiri, ntar bakalan tau dah


biasanya Pembeli swasta berani ngasi harga lebih tinggi karena mereka juga nuntut kualitas yg lebih baik juga. misal gabah harus bersih dari kawul (daun padi) dan gabah gabuk (gabah tanpa isi/cuma kulitnya aja). juga tingkat kandungan airnya harus sesuai dengan standar mereka yg kadang susah dicapai. untuk memenuhi standar pembeli itu kami harus keluar biaya lebih, misal biaya blower, grosok, dan ayak.

buat Bapak Polisi Yang Terhormat : GOOD JOB!!!!!!!


emoticon-Wkwkwk

jare nastak nang kaskus, petani sing ngadol gabah sak duwure HPP ki pelanggaran, opo maneh ngadol nang swasta. Ngadole kudu nang bulog.

Awas pakdhe mengko dilaporke nastak nang anak buahe pak tito lho.

Petani ra oleh untung gedhe, untunge kon pas2an penting iso nggo manganb karo siso sithik ngho tuku klambi badhan.

0 0
0
Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss
04-08-2017 00:43
Pollshit always makes blunder emoticon-Tai
0 0
0
Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss
04-08-2017 02:42
Ntr kl TPPU ga terbukti lama2 d kenain pasal makar lg emoticon-Ngakak
0 0
0
Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss
04-08-2017 09:38
Quote:Original Posted By valueplus


Kasihan ente, masih saja berusaha mencari pembenaran atas kesalahan org2 yg ente puja puji. emoticon-Ngakak (S)


emoticon-Smilie

we'll see
0 0
0
Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss
04-08-2017 09:40
Terserah lo dah mau pasal TPPU, pasal kartel, pasal betmen-supermen, pasal dangdut, dll

Intinya petani harus miskin fix!!!
Lain kali klo ngrasa ketipu bli beras, gk usah bli. Makan beras onlen aja
0 0
0
Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss
04-08-2017 09:49
Quote:Original Posted By bimil


Agan selama ini bgm bayar pajak penghasilannya?

Dari jawaban Agan, akan ada diskusi nyang menarik ntar

Sekedar nambahin, utk kejahatan ekonomi biasanya ada skala prioritas dalam pencarian data di lapangan. Mangkanyah nyang diuber adalah pemain besar dahulu. Ini terkait efek jera, jumlah SDM, perbaikan sistem, nilai kapital, dan tentu sajah dampaknya ke kepentingan hajat hidup org banyak.

Contoh lain, kenafa Petral dihajar? Masih bisa pakai alesan, kalau dpt untung gede dan masy mau beli antri di spbu, apanya yg salah??? emoticon-Ngakak


apa hubungannya sama pajak.. emang PT IBU ga bayar pajak ?
0 0
0
Jerat Dirut PT IBU dengan TPPU, Polri Hitung Untung Beras Maknyuss
04-08-2017 10:04
Quote:Original Posted By hattori hanzo


apa hubungannya sama pajak.. emang PT IBU ga bayar pajak ?


jawaban ane gak terkait ma pt mama, itu jawaban buat nyang nanya sajah

lagian byk terpidana tppu juga pembayar pajak kan?? cuman ya gt deh, pada ngumpetin kapital dan asset nya

ente inih kek anak kemarin sore aja kagak paham gmn mafia bermain emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 6 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia