Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
94
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/597ff448507410ca628b4567/inilah-karakteristik-populasi-rayap-tanah-dan-dampak-serangannya
Kenapa penting mengenal karakteristik populasi rayap tanah dan dampak serangannya? Mungkin etelah tahu dampak serangan rayap Anda akan mengatakan penting
Lapor Hansip
01-08-2017 10:23

Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya

Past Hot Thread
Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya

Kenapa penting mengenal karakteristik populasi rayap tanah dan dampak serangannya? Mungkin etelah tahu dampak serangan rayap Anda akan mengatakan penting mengetahui.

Sebagaimana di negara-negara tropika lainnya, di Indonesia rayap dikenal sebagai serangga perusak kayu dan bangunan gedung yang paling penting. Serangannya pada kayu konstruksi bangunan dan bahan lignoselulosa lainnya telah dilaporkan hampir di seluruh propinsi di Indonesia.

Bahkan kerugian ekonomis yang terjadi akibat serangannya pada bangunan gedung terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2000 kerugian tersebut diperkirakan mencapai Rp. 3,73 trilyun. Sejalan dengan meluasnya pembukaan wilayah hutan, reklamasi lahan, pembangunan pemukiman, serta lahan pertanian dan perkebunan, ancaman serangan rayap pada bangunan gedung, tanaman pertanian, perkebunan dan kehutanan cenderung terus meningkat.

Pengalaman selama lebih dari dua puluh tahun terakhir ini menunjukkan bahwa rayap merupakan faktor perusak kayu dan bangunan yang paling mengganggu. Hal ini bukan saja karena kasus serangannya yang sangat banyak dan terjadi hampir di seluruh daerah di Indonesia, tetapi juga karena kerugian ekonomis yang ditimbulkannya sangat besar. Karakteristik populasi rayap tanah dan dampak serangannya perlu diketahui dengan benar.

Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya

Kerusakan bukan hanya terjadi pada konstruksi bangunan gedung, tetapi juga komponen arsitektur, meubel, buku serta barang-barang lain yang disimpan di dalam bangunan. Bahkan saat ini bahaya rayap tidak hanya mengancam bangunan sederhana, tetapi juga bangunan-bangunan mewah dan berlantai banyak.

Di Indonesia telah ditemukan tidak kurang dari 200 jenis rayap, lima jenis diantaranya tercatat sebagai perusak kayu dan bangunan gedung yang paling penting, yaitu Coptotermes curvignathus Holmgren, Schedorhinotermes javanicus Kemner, Macrotermes gilvus Hagen, Microtermes inspiratus Kemner, dan Cryptotermes cynocephalus Light. Kemampuan merusak serangga tersebut erat kaitannya dengan karakteristik populasinya yaitu hidup dalam satu koloni dengan jumlah anggota yang banyak dan memiliki wilayah jelajah yang tinggi, dan karakteristik populasi rayap tanah dan dampak serangannya.

Karakteristik populasi tersebut menyebabkan upaya pengendalian rayap relatif sukar dilakukan. Sampai saat ini pengawetan kayu (wood preservation) dan perlakuan tanah (soil treatment) merupakan dua teknik pengendalian rayap yang populer di masyarakat.

Berdasarkan hasil penelitian di 12 kota di pulau Jawa frekuensi serangan rayap tanah genus Coptotermes pada bangunan gedung berbeda-beda. Frekuensi serangan rayap tanah yang relatif lebih tinggi dibandingkan kota lainnya adalah Bogor, Bandung, Serang, Jepara, Semarang, Sleman, Sidoarjo, Rangkasbitung dan Surabaya yaitu secara berturut adalah 41%, 40%, 34.4%, 36.7% 36,9%, 42.08%, 31%, 37.5% dan 55%.

Sementara itu wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur merupakan kota dengan frekuensi serangan rayap tertinggi, yaitu 88,5% dan 78,3%, namun frekuensi serangan tersebut termasuk kerusakan bangunan gedung oleh rayap kayu kering. Frekuensi serangan rayap terendah terjadi di Kota Yogyakarta yaitu hanya 7,4%. Tingginya frekuensi serangan rayap di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Surabaya, Serang, Bogor, Sleman dan Rangkasbitung dibandingkan kota lainnya diduga karena beberapa faktor seperti tingkat perkembangan kota, kel impahan rayap tanah genus Coptotermes yang berperan sebagai hama bangunan utama, dan kondisi lingkungan yang mendukung kehidupan rayap. Baca juga:

Mas-mas belum pernah membayangkan bukan kalau dampak rayap sebesar itu? Kita berpikir dampak serangan rayap tidak masih karena hanya melihat serangan di rumah kita sendiri, bagaimana kalau satu kabupaten? atau akumulasi serangan dari rumah-rumah di Ibu Kota Jakarta?

Pembangunan dan jumlah penduduk di beberapa kota dengan frekuensi karakteristik populasi rayap tanah dan dampak serangannya tinggi berkembang relatif lebih cepat sehingga tingkat konversi penggunaan lahan menjadi kawasan pemukiman jauh lebih besar dibandingkan kota lainnya. Kondisi tersebut menyebabkan gangguan yang besar terhadap habitat alami rayap dan merubah perilaku mencari makannya.

Rayapkehilangan sumber-sumber makanan alaminya di dalam atau permukaan tanah dan pada akhirnya mencari sumber makan yang terdapat dalam bangunan gedung. Faktor lainnya yang mendorong tingginya frekuensi serangan rayap di kota tersebut adalah akibat tingginya kelimpahan rayap genus Coptotermes sebagai hama bangunan utama.

Rayap tanah genus Coptotermes merupakan hama bangunan terpenting karena dampak kerusakan dan kemampuannya dalam menyerang bangunan yang lebih tinggi di bandingkan rayap tanah lainnya. Serangga ini mampu beradaptasi dalam berbagai kondisi lingkungan termasuk kondisi lingkungan yang diciptakan manusia di dalam bangunan gedung

Seringkali Coptotermes mampu membentuk sarang di dalam bangunan dan menyerang bagian-bagian bangunan gedung secara meluas. Kota Yogyakarta memiliki frekuensi serangan rayap yang relatif rendah. Diduga diakibatkan oleh faktor kelimpahan jenis rayap yang lebih rendah dibandingkan kota lainnya, khususnya genus rayap Coptotermes. Baca juga: Jenis-Jenis Biocide Dan Mengapa Anda Harus Mengetahuinya.

Faktor lingkungan yang turut mempengaruhi perkembangan karakteristik populasi rayap tanah dan dampak serangannya meliputi curah hujan, suhu, kelembaban, serta ketersediaan makanan. Faktor-faktor tersebut saling berinteraksi dan saling mempengaruhi satu sama lain. Kelembaban dan suhu merupakan faktor yang kuat yang secara bersama-sama mempengaruhi aktivitas rayap. Perubahan kondisi lingkungan akan menyebabkan perubahan perilaku rayap serta kondisi habitat di sarang rayap.

Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya
Diubah oleh maqin
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 5
Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya
02-08-2017 07:22
Quote:Original Posted By rizalshinoda
serang balik aja sih ... emoticon-Leh Uga


yaudah bre, sana coba ente serang balik emoticon-Traveller
0 0
0
Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya
02-08-2017 07:22
"Frekuensi serangan rayap terendah terjadi di Kota Yogyakarta yaitu hanya 7,4%."

syukurlah kalo gitu bre emoticon-Cool
0 0
0
Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya
02-08-2017 07:23
merusak kayu yg ane tau emoticon-Cool
0 0
0
Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya
02-08-2017 07:30
Quote:Original Posted By mikir10rbx
Rumah baru ane dulu banyak rayapnya. Tp ane pake obat anti rayap dr bayer. Ane semprot berkali kali. 3x semprotan cukup ampuh bikin rayap ga balik lagi


Obat apa itu gan? dijual bebas gak? Ane udah pusing ngurusin rayap. Semua kardus habis dan kadang sudah berpindah tanpa sadar tahu tahu pas diangkat kardus udah hancur plus bekas tanahnya dimana mana. Juga cepat banget.
0 0
0
Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya
02-08-2017 07:37
Ngeri kalau berurusan ama rayap
DKI gudangnya rayap bro
0 0
0
Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya
02-08-2017 07:38
Quote:Original Posted By installingvirus
"Frekuensi serangan rayap terendah terjadi di Kota Yogyakarta yaitu hanya 7,4%."

syukurlah kalo gitu bre emoticon-Cool


Aman jogja ya gan
Jakarta mah parah hehehe
0 0
0
Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya
02-08-2017 07:40
Pake bantrex dong. Atau seluruh kayu di rumah di cat sampe ke sisinya. Dijamin kaga bakal ada rayap emoticon-Big Grin
0 0
0
Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya
02-08-2017 07:41
Pantes di tiang listrik banyak "pembasmi rayap silahkan hubungi...." emoticon-Ngakak
0 0
0
Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya
02-08-2017 07:53
gw kemaren di gigitin rayap bre emoticon-Takut
0 0
0
Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya
02-08-2017 07:55
ane kok liat gambar rayap kayak udahg emoticon-Najis emoticon-Hammer2
0 0
0
Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya
02-08-2017 08:09
Ngga perlu pake obat mahal2 buat mencegah kayu dimakan rayap cukup pake oli bekas atau meni kayu
0 0
0
Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya
02-08-2017 08:10
nyari alternatip makanan laen tuh berarti rayap
0 0
0
Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya
02-08-2017 08:22
anaknya pakde joko nih...gibran rayapuming..
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya
02-08-2017 08:23
ini yg suka makan duit ya... emoticon-Ngacir

0 0
0
Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya
02-08-2017 08:27
Quote:Original Posted By mikir10rbx
Rumah baru ane dulu banyak rayapnya. Tp ane pake obat anti rayap dr bayer. Ane semprot berkali kali. 3x semprotan cukup ampuh bikin rayap ga balik lagi


nama obat nya apa gan beli dimana? toko2 obat2 tani gitu yak?

rmh ane jg diserang pd nongol dari bawah, udah disiram minyak tanah masih jg gak kapok2.. emoticon-Cape deeehh
0 0
0
Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya
02-08-2017 08:27
buat pakan ikan sm burung
0 0
0
Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya
02-08-2017 08:31
Emang kalo dirumah ane ni menjijikan bgt, sampe bikin sarang lagi emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya
02-08-2017 08:36
merayap tak tentu arah emoticon-fuck
0 0
0
Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya
02-08-2017 08:46
sekarang kan sdh banyak rumah atw bangunan yg pakai baja ringan gan, bebas rayap
0 0
0
Inilah Karakteristik Populasi Rayap Tanah dan Dampak Serangannya
02-08-2017 09:00
Pake kapur baguus aja biasanya bisa cuma ribet blepotan
0 0
0
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia