oso94
TS
oso94
10 Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami Yang Wajib Dilakukan
Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami - Memiliki bentuk badan yang tidak proposional alias kegemukan, merupakan hal yang sangat disesali oleh banyak orang. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang itu mengalami kegemukan badan, seperti kurangnya olahraga, kurang istirahat, hormonal, dan kurangnya mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badannya, ada yang menempuh dengan mengkonsumsi bahan kimia, ada juga yang menggunakan cara alami. Berikut tips menurunkan berat badan secara alami :

  • Jangan lupa untuk sarapan





 Meskipun sedang melakukan proses penurunan berat badan, anda tidak boleh melupakan yang namanya sarapan di pagi hari. Jika hal tersebut tidak anda lakukan, maka tubuh akan menjadi lemas bahkan gemetar. Dengan tidak sarapan maka anda akan sering melakukan yang namanya nyemil, padahal dengan nyemil justru berat badan akan cepat naik. Lakukanlah sarapan dengan menu yang sehat, seperti makan putih telur rebus, roti gandum, dan minum susu rendah lemak.

  • Banyak minum air sebelum makan




Tips menurunkan berat badan secara alami berikutnya adalah dengan banyak mengkonsumsi air sebelum makan. Kenapa hal demikian perlu dilakukan ? Karena air dapat memberikan efek kenyang, sehingga anda enggan untuk makan dengan porsi besar. Selain itu banyak minum air akan membantu sistem metaboisme tubuh anda.

  • Mengkonsumsi makanan yang tepat




Banyak hal yang dapat menyebabkan tubuh menjadi melar, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang tidak tepat. Hal ini dikarenakan kurang tahunya kita terhadap kandungan gizi yang terdapat pada makanan yang di konsumsi. Untuk mengurangi berat badan, tubuh harus lebih banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan protein. Karena kedua zat ini bisa membuat tubuh anda kenyang lebih lama, sehingga konsumsi makan anda akan berkurang dalam sehari. Contoh makanan yang harus anda konsumsi, seperti daging tanpa lemak, yoghurt, putih telur, makanan laut, dan kacang-kacangan.

  • Istirahat Cukup




Karena pada dasarnya tubuh dapat membantu pembentukan hormon, yang bisa memacu nafsu makan kita bertambah. Untuk mengatasi hal demikian, maka anda disarankan untuk memiliki waktu istirahat yang cukup. Seperti tidur yang cukup dan pada waktu yang tepat, karena kurangnya tidur bisa membuat sistem metabolisme tubuh menjadi terganggu. Sehingga zat-zat tak dapat terpecah, menumpuk, dan akan menjadi lemak.

  • Memperkecil porsi makanan




Banyak yang beranggapan, bahwa makan berkali-kali bisa membuat tubu menjadi gemuk. Hal ini mungkin bisa benar tapi juga bisa salah. Makan berkali-kali bisa membantu menurunkan berat badan anda, asalkan porsi anda tidak besar. Porsi makan yang kecil bisa membuat anda kenyang, apabila anda mengunyah lebih lambat. Hal ini akan memberikan ransangan kepada otak, bahwa tubuh kita sudah kenyang.


  • Hindari makan malam




  Menghindari makan malam merupakan salah satu tips menurunkan berat badan secara alami. Dengan melakukan makan malam, maka yang seharusnya diubah menjadi energi akan diubah menjadi lemak kerana tubuh tidak melakukan aktifitas. Jika anda tidak bisa menghindari makan malam, maka anda bisa melakukannya dengan memajukan jam makan malam. Usahakan makan malam sebelum jam 18:00.

  • Kurangi makanan manis




  Mengkonsumsi makanan manis pada dasarnya bisa membantu meningkatkan energi dalam tubuh, tetapi jika mengkonsumsi glukosa terlalu banyak maka tubuh anda akan semakin melar alias gemuk. Hal tersebut akan menghambat proses penurunan berat badan anda, jadi ketahui beberapa makanan yang tidak baik dikonsumsi terlalu banyak karena kandungan glukosanya. Seperti donut, teh manis, kue brownis, minuman bersoda, dan lain-lain.

  • Konsumsi makanan bermerica dan mengandung lada





Tips menurunkan berat badan secara alami selanjutnya, adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung merica dan lada. Kedua bahan makanan ini bisa membantu tubuh membakar lemak berlebihan yang ada di usus besar. Selain lada dan merica cabe juga bisa membantu hal tersebut.

  • Rajin berolahraga




Dalam menurunkan berat badan hal satu ini sudah wajib anda lakukan, yaitu rajin berolahraga. Melakukan olahraga tidak perlu yang terlalu berat, anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging, push up, sit up, senam, atau lainnya. Melakukan tips menurunkan berat badan secara alami ini tidak memerlukan waktu yang lama, lakukan 30 menit di pagi hari, dan lakukan secara teratur.

  • Berkomitmen menurunkan berat badan




Mengapa komitmen masuk dalam tips menurunkan berat badan secara alami ? karena apabila semua cara sudah anda lakukan, tetapi jika komitmen tidak ada maka proses menurunkan berat badan akan percuma. Misalkan minggu ini kita rajin berolahraga, mengatur porsi makan tetapi minggu berikutnya tidak anda lakukan, maka rencana penurunan berat badan anda sia-sia. Oleh karena itu tips kesepuluh ini adalah tips yang sangat penting.

Itulah 10 tips menurunkan berat badan secara alami yang bisa anda lakukan, semoga berat badan anda segera kembali normal. Semangat.

Sumur : 10 Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami Yang Wajib Dilakukan


0
2.3K
19
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.