presiden.marsAvatar border
TS
presiden.mars
Wow, Ilmuwan Ciptakan Kelinci yang Bisa 'Nyala' dalam Gelap


Ilmuwan asal Turki dan Hawaii berhasil membesarkan sekelompok kelinci yang dapat bersinar dalam gelap atau 'glow in the dark'.

Itu merupakan lompatan ilmu pengetahuan dalam mengembangkan obat untuk penyakit genetik yang mengancam jiwa manusia.

Melansir Daily Mail, Selasa (25/7), tim ilmuwan itu berhasil membuat delapan kelinci yang memancarkan cahaya hijau di dalam kegelapan. Caranya dengan menyuntikkan materi genetik neon ubur-ubur dan menyuntikkan ke dalam embrio kelinci.

"Ini merupakan bukti yang menunjukkan bahwa kita dapat mengambil gen yang tidak ada di dalam tubuh kelinci dan memasukkan ke dalam tubuh kelinci," kata Dr Stefan Moisyadi, dari University of Hawaii, Amerika Serikat.

Kelinci-kelinci itu lahir di sebuah pusat penelitian di Turki akan terlihat normal dan tidak ada efek buruk di dalam tubuhnya. Tubuhnya tetap dibalut bulu-bulu berwarna putih ketika siang hari.

Namun, pada malam hari atau kondisi gelap hewan itu seperti bola lampu yang menyala. Seluruh tubuhnya seperti lampu LED.





Para ilmuwan berharap penelitian ini akan membantu untuk menemukan cara membuat obat yang lebih murah untuk gangguan genetik seperti hemofilia, atau penyakit yang diturunkan dari ibu kepada anaknya.

"Untuk pasien yang menderita hemofilia akan memerlukan enzim untuk pembekuan darah. Dengan penelitian ini kami akan mampu membuat enzim yang lebih murah, karena saat ini enzim tersebut memiliki harga milyaran dolar," ujar Moisyadi.

Saat ini tim peneliti berencana membawa penelitiannya ke Amerika Serikat, tapi masih terhalang oleh birokrasi yang melarang adanya transgenik pada hewan.

"Kami terus berkomitmen melakukan penelitian ini, karena kedepannya akan sangat bermanfaat untuk umat manusia," tutur Moisyadi.


sumber: arah.com
Diubah oleh presiden.mars 29-07-2017 00:09
0
25.8K
200
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.