Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
343
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5970306f2e04c8e9358b456a/perbedaan-kereta-api-jaman-dulu-dan-sekarang
Sesuai pengalaman ane sendiri, yang bolak-balik naik nih moda transportasi (soalnya murmer) ini, ane mau share perbedaan mencolok naik kereta api jaman 1990 an sampai 2000 an.
Lapor Hansip
20-07-2017 11:24

Perbedaan Kereta Api Jaman Dulu Dan Sekarang

Past Hot Thread
Perbedaan Kereta Api Jaman Dulu Dan Sekarang


Selamat siang gansis semua. Semoga sehat selalu lahir dan bathin ya? Apalah gunanya sehat fisik, tapi jiwanya tidak. Hehehe...ntr malah kayak penjaga sungai..

Okay, ketemu lagi di trit ane. Lagi² ane minta maaf jika trit ini berantakan. Ga kayak yg lain, penuh warna-warni. Soalnye bikinnya pake hengpong emoticon-Big Grin

Baiklah, kali ini ane mau bahas masalah kereta api. Sesuai pengalaman ane sendiri, yang bolak-balik naik moda transportasi (soalnya murmer) ini, ane mau share perbedaan mencolok naik kereta api jaman 1990 an sampai 2000 an. Berikut perbedaannya yang ane rangkum dari beberapa sumber :

1. Sistem online
Saat ini, pembelian tiket kereta api berbasis online sudah jamak dilakukan. Tak perlu antri panjang, pengguna layanan transportasi sejuta ummat ini bisa memesan tiket hanya dengan bermodalkan gadget. Asal saldo di rekening tabungan mencukupi, bahkan tak perlu keluar rumah. Bandingkan dengan tahun 1990an sampai dengan 2000an. Calon pembeli bahkan harus antri dari sejak pagi buta demi mendapatkan tiket. Belum lagi jika mendekati peak season pada musim libur lebaran dan natal. Entah jam berapalah harus antri buat beli tiket.

Pesan tiket online, demi menghindari calo



Sistem online, seperti tujuan perumusnya, juga ampuh mengurangi calo-calo yang memainkan harga tiket dari harga normalnya.
Yang pasti, agan-agan semua pasti dibuat kesel tujuh keliling jika harga tiket melambung tinggi. Niat baik mudik dan bertemu saudara, berubah jadi emosi bagai banteng yang salah membaca warna. Seruduk sana seruduk sini.

Namun, karena memendam rindu buat bertemu sanak saudara, apalagi orangtua, yang penting bisa mudik, maka akan dimanfaatkan oknum calo yang nantinya diakherat bakal masuk neraka. Andai ga cepat-cepat tobat lho.

2. Boarding pass
Seperti halnya jika akan naik pesawat, maka seluruh calon penumpang wajib melakukan boarding pass. Lazimnya, proses ini dilakukan satu jam sebelum keberangkatan. Agan-agan diwajibkan mencetak ulang tiket, baik yang dibeli via online, maupun pembelian secara go show. Nah, pada saat boarding pass, calon penumpang wajib menunjukkan kartu identitas. Umumnya menggunakan KTP. Bisa juga menggunakan SIM atau passport. Ane belum denger kalau surat nikah boleh buat boarding passemoticon-Big Grin

Boarding Pass



Selain untuk daftar manifest penumpang, boarding pass juga menghindari calo-calo yang biasanya mematok harga yang bikin gansis semua ga doyan makan. Bukan karena ga lapar, lah uangnya dipalak calo. Gimana mau beli makan?

3. Larangan tidur di kabin
Jaman dulu, kalau ane beliin bokap buat naik kereta api, ga lupa ane beliin koran. Apalagi kalau belinya mendadak. Maklum, dahulu kala, sistem online belum menjamur seperti sekarang.
Koran? Buat apa? Tebak ndiri aja gansis. Meski kondisi kereta api sudah penuh, tiket tetap aja ada dan perjualbelikan. So, koran adalah solusi tepat buat digelar karena ga mungkin perjalanan 12 jam berdiri.
Itu kereta api bisnis lho? Gimana kalau ekonomi? Ga usah dibayangkan. Sedihnya luarbiasa. Ditinggal pipis aja, alamat balik dari toilet sudah ada mahluk lain yang nempatin tempat duduk kita.

Jaman ketika nurani kalah dengan materi


Apapun itu, yang penting bisa mudik


Olalaaa... Kasian adek kecilnya



Untungnya perbaikan sudah dilaksanakan. So, sekarang ga kuatir meski berjam-jam ngadem di toilet. Tempat duduk ga bakal diserobot oranglain. Dan pastinya, sudah tidak ada penumpang yang gelar tikar di kabin.

4. Pedagang Asongan dan Pengamen
Kebayang ga, jika pedagang masih jualan dan ada pengamen, sementara penumpang penuh sesak? Ya, selain rawan copet, kereta api akan bertambah sesak. Belum lagi pedagang yang kesannya memaksa penumpang untuk membeli. Atau pengamen yang nyanyiin lagu-galau, sementara gansis lagi patah hati?

Pedagang asongan di kereta api


Mengamen dengan penuh penghayatan...



Selain itu, kereta api akan penuh dengan sampah-sampah sisa makanan. Tambah deh pusing 800 keliling. Bagi penumpang kereta api ekonomi, pasti biasa menemukan fenomena yang tak indah ini. Mana kereta api ekonomi paling sering berhenti di stasiun kecil lagi...emoticon-Frown

5. Larangan Merokok dimanapun Anda Berada
Larangan ini tentu menjadi kabar gembira penumpang kereta api yang anti dengan asap rokok. Khususnya kaum hawa. Apalagi jika membawa anak kecil. Jempol deh. emoticon-2 Jempol

Agan-agan jangan bermain-main dengan larangan ini ya? Siap-siap aja diturunkan di stasiun terdekat jika kedapatan merokok.

Dilarang merokok dimana pun anda berada


Dan gaharnya, larangan merokok ini berlaku dimanapun anda berada.
Penumpang dilarang merokok di toilet, bordess. Kecuali kalau mau nekat, merokok lah di atap kereta api emoticon-Big Grin

Pokoknya tidak ada ruang bagi perokok. Bagi penumpang yang kecanduan nikotin rokok, siapkan permen daripada bibirnya kecut dan manyun.

6. Full AC dan TV
Ini yang ane demen. Meski kelas ekonomi, semua gerbong terpasang AC. Jika gerbongnya masih lama, maka terpasanglah AC seperti yang ada di rumah. Tak lupa beberapa tv juga tersedia lho? Yang pasti, dibuat agar penumpang merasakan kenyamanan tingkat dewa dewi meski naik kereta api jenis ekonomi.

Ga ada AC Sentral, AC rumahpun jadi



7. Polisi Khusus
Biasa nembak tiket? Ga beli tiket resmi lalu bayar di dalam kereta? Itu dulu gan. Sekarang ini ane sarankan jangan diulangi. Beberapa polisi khusus akan pasang tampang serem jika agan-agan masih dengan habitat jaman jahiliyah. Kita ga akan pernah sampai ke tujuan. Karena di boarding pass, akan ketahuan.

Polisi Khusus di kereta api


Kalo Polsus nya gini, perjalanan akan terasa sekejap



8. Petugas Kebersihan
Ga kalah sama pesawat, petugas kebersihan akan keliling membawa perlengkapannya. Untuk memastikan kabin kereta api dan toilet terjaga kebersihannya. Tentu, penumpang yang menempuh perjalanan jauh, akan terasa lebih nyaman. Jangan harap menemukan sampah berceceran seperti jaman dulu ketika naik kereta. Kabin bersih dan nyaman.

Bersih kan kabinnya?


Kabin yang bersih, membuat perjalaman jadi nyaman


Butet, bersihkan hatiku juga yach



So, sebagai penumpang yang sering menggunakan kereta api, ane sampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya untuk perubahan positif di moda transportasi sejuta ummat ini.

Semoga perbaikan-baikan yang sudah baik, ditingkatkan. Sehingga impian memiliki kereta api sekelas shinkansen seperti di Jepang, akan terealisasi.

NB : makanannya jgn mahal² dong. Biar ane ga keselekemoticon-Embarrassment
___________________________________________

Bonus pejuang kehidupan

Siapkan wasiat ya Pak


Untung nih di India


Wanjriiittt... Epic betul



Pramugari dan Pramugara Kereta Api


Pramugari, Selalu senyum demi kenyamanan penumpang


Pramugari, Membuat perjalanan semakin menyenangkan

foto diatas bukan TS emoticon-Big Grin

Pramugari, eehmmm.... All out melayani penumpang. Salut mbak...

kelas ekonomi pun sekarang ada pramugarinya lho






sumber gambar
Diubah oleh skydavee
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 14 dari 18
Perbedaan Kereta Api Jaman Dulu Dan Sekarang
22-07-2017 00:53
ane banget tuh tidur dikolong,lega sih emoticon-Leh Uga
tapi emang skarang uda bagus banget walo harga naik 5x lipat emoticon-Embarrassment
0 0
0
Perbedaan Kereta Api Jaman Dulu Dan Sekarang
22-07-2017 00:55
sukanya saya yg sekarang yaaa karena bisa dipesen lewat online emoticon-Cendol Gan
0 0
0
Perbedaan Kereta Api Jaman Dulu Dan Sekarang
22-07-2017 02:14
Quote:Original Posted By mr.siwaw
naek kereta sekarang mah enak, malah enakkan kereta daripada pesawat. menurut ane sih


Kereta kita goyang banget gan, gak kayak kereta eropa yang adem ayem anteng banget

dulu pas kecil sih seneng keretanya ajrut2an, pas udah 25++ walaupun naik eksekutif tetep lebih capek daripada naik pesawat. Apalagi kereta jalur selatan, beuh goyang dombret
0 0
0
Perbedaan Kereta Api Jaman Dulu Dan Sekarang
22-07-2017 02:23
Ane pernah ngalamin bermalam d toilet kereta ekonomi bandung yogya
0 0
0
Perbedaan Kereta Api Jaman Dulu Dan Sekarang
22-07-2017 04:50
Wkaowkaok paling inget deh kalo udah musim mudik pasti ada yg mati tuh diatap kereta karena kena kabel listrik emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Perbedaan Kereta Api Jaman Dulu Dan Sekarang
22-07-2017 05:55
Dulu ane modal gitar aja bisa gratis naik kereta PP Jakarta - Jogja, bisa dapat biaya makan lagi iseng genjreng dikit haha


IYKWIM
0 0
0
Perbedaan Kereta Api Jaman Dulu Dan Sekarang
22-07-2017 06:21
Quote:Original Posted By tamboxx
Kereta kita goyang banget gan, gak kayak kereta eropa yang adem ayem anteng banget

dulu pas kecil sih seneng keretanya ajrut2an, pas udah 25++ walaupun naik eksekutif tetep lebih capek daripada naik pesawat. Apalagi kereta jalur selatan, beuh goyang dombret


ane kan belum pernah nyobain kereta eropa gan emoticon-Mewek
0 0
0
Perbedaan Kereta Api Jaman Dulu Dan Sekarang
22-07-2017 07:21
Ane belum pernah naik kereta api emoticon-Mewek
0 0
0
Perbedaan Kereta Api Jaman Dulu Dan Sekarang
22-07-2017 07:45
Quote:Original Posted By andraolivia
Ada, pedagang wingko apa ya lupa di sodorsodorin terus mungkin belum laku jadinyaa gitu sih. Ia pengamen ratarata maksa ada malah kalo ga ngasi di marahmarahin. Ya mungkin lain daerah lain juga gimana orangorangnya heheh


Wingko babat ya? Berhentinya di lamongan or bojonegoro?emoticon-Big Grin
Tp skrg dah tertib kok. Bersyukurlah era kegelapan sudah mulai sirna. Emang benar, badai pasti berlalu. Meski ane sempat babak belur naik kereta api jaman behuela
Diubah oleh skydavee
0 0
0
Perbedaan Kereta Api Jaman Dulu Dan Sekarang
22-07-2017 07:54
Quote:Original Posted By godblesstod
ane banget tuh tidur dikolong,lega sih emoticon-Leh Uga
tapi emang skarang uda bagus banget walo harga naik 5x lipat emoticon-Embarrassment


Wah agan legend nehemoticon-Big Grin
Ane jg pernah ngalamin tidur beralaskan koran. Kadang suka berpelukan sama kecoak dan keturunannya
emoticon-Frown
0 0
0
Perbedaan Kereta Api Jaman Dulu Dan Sekarang
22-07-2017 07:57
duh jadi terenyuh
0 0
0
Perbedaan Kereta Api Jaman Dulu Dan Sekarang
22-07-2017 07:58
Quote:Original Posted By mr.siwaw
naek kereta sekarang mah enak, malah enakkan kereta daripada pesawat. menurut ane sih


belum pernah sekalipun naik kereta sampai skrg udah punya anak, pingin sih sekali-kali nyobain, tapi takut nyasar aja :v
0 0
0
Perbedaan Kereta Api Jaman Dulu Dan Sekarang
22-07-2017 08:05
tahun 2014 sampai 2015 setiap bulan selalu pake kereta PP kebumen-jakarta
berasa banget nyamannya, gk ada pedagang, gk ada tukang ngamen, kebersihan terjaga, full ac, emoticon-Toast
pokoknya salut banget dengan perubahan KAI
emoticon-Rate 5 Star
beda banget waktu pake kreta tahun 2010an, penuh sesak, sampe pernah kecopetan HP 2 kali di kreta emoticon-Sorry emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Perbedaan Kereta Api Jaman Dulu Dan Sekarang
22-07-2017 08:06
TS kelahiran 80an nih.
emoticon-Kaskus Radio
0 0
0
Perbedaan Kereta Api Jaman Dulu Dan Sekarang
22-07-2017 08:13
Quote:Original Posted By Reindzdarkz
belum pernah sekalipun naik kereta sampai skrg udah punya anak, pingin sih sekali-kali nyobain, tapi takut nyasar aja :v


enak gan, beneran anti macet lho. emoticon-Cendol Gan
0 0
0
Perbedaan Kereta Api Jaman Dulu Dan Sekarang
22-07-2017 08:15
Quote:Original Posted By mrautumn
TS kelahiran 80an nih.
emoticon-Kaskus Radio


Hehehe. Tau aja emoticon-Embarrassment
0 0
0
Perbedaan Kereta Api Jaman Dulu Dan Sekarang
22-07-2017 08:18
Iye gan, emang uda beda sekarang, kelas eksekutif aja sekarang uda murah2 dan pelayanannya ngga kalah kok sama pesawat, plus bonus sangat jarang delay, yang harus dibenahi mungkin bis AKAP & AKDP emoticon-Malu
0 0
0
Perbedaan Kereta Api Jaman Dulu Dan Sekarang
22-07-2017 08:58
beuh sekarang sekelas pesawat bre...ap lg klo dpet gerbong model yg baru...
0 0
0
Perbedaan Kereta Api Jaman Dulu Dan Sekarang
22-07-2017 09:14
Quote:Original Posted By mr.siwaw
enak gan, beneran anti macet lho. emoticon-Cendol Gan


Udah jarang delay. Pokoknya asyik kok. Sancaka dan logawa gerbong ekonomi nya baru. Jd ekonomi rasa eksekutif ganemoticon-Big Grin
0 0
0
Perbedaan Kereta Api Jaman Dulu Dan Sekarang
22-07-2017 09:15
setelah lama gak naik kereta.
minggu lalu ane naik kereta.
yg ane rasain kaki gak bisa slonjoran .
alhasil pegel juga emoticon-Leh Uga
0 0
0
Halaman 14 dari 18
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia