Rian84Avatar border
TS
Rian84
[Review Buku] Kitab Omong Kosong


Sebuah kitab dengan sebuah peringatan pada sampul belakang buku yang sangat sangat nyeleneh :

Spoiler for Peringatan sebelum membaca:


Spoiler for Kosong adalah isi, isi adalah kosong:



Kisah Ramayana memang hanya dibahas di bagian pertama, Persembahan Kuda. Bagian ini seru. Bagian kedua, Perjalanan Maneka, membahas kehidupan para tokoh yang sebelumnya hanya figuran rakyat jelata yang terkena imbas Persembahan Kuda tadi. Berkisah tentang Satya yang desanya hancur lebur dan Maneka, pramuria yang memiliki rajah kuda, kuda yang menyebabkan bencana Persembahan Kuda. Karena rajah itu maneka harus menderita, melarikan diri, ditolong Satya yang akhirnya jatuh cinta pada Maneka. Berdua mereka berkelana mencari Walmiki untuk menggugat jalan hidup yang telah dilalui Maneka dan meminta kemerdekaannya. Menarik kan? Sedikit mengingatkan pada Ink Heart.

Nah, bagian ketiga, Kitab Omong Kosong, sedikit lebih berat. Diceritakan dalam pengembaraannya Satya dan Maneka secara "tak sengaja" bertemu Hanoman. Lalu Satya mau tak mau harus mempelajari Kitab Omong Kosong. Kitab ini dipisah 5 bagian, yang kesemuanya merupakan intisari pengetahuan dunia. Peradaban yang telah porak poranda akibat Persembahan Kuda butuh waktu 300 tahun untuk kembali seperti semula dan melajutkan perkembangannya. Mempelajari kitab ini bisa mengehemat waktu tsb. Tentu saja akhirnya kitab ini menjadi bahan pertentangan baru karena berbagai pihak, yang tak semuanya baik, menginginkannya dengan tujuan masing-masing.

Kitab yang isinya bukan omong kosong, benar - benar impressive! Dari buku ini kekaguman saya terhadap Sri Rama turun dan memindahkannya pada Shinta dan Hanoman, bagaimana Rama menjalankan kecurigaannya terhadap Shinta yang diculik Rahwana ke Alengka membuatnya harus lebu geni, dan akhirnya terseok - seok dgn Lawa dan Kusa di rahimnya. Dalam buku ini, saya jadi semakin mengagumi Hanoman melebihi yang lain, ia benar - benar ksatria dan sangat setia juga perjalanan Satya dan Maneka dalam pencarian kitab - kitab. Dari semua kitab dalam pencarian, saya paling menyukai kitab terakhir yaitu "Kitab Keheningan" karena jika ibarat kertas, kitab ini kosong - dan kita sebagai manusia memiliki tinta untuk menulis bahkan melukis diatasnya, entah itu kebajikan ataupun kebathilan, semua manusia yang tentukan nasibnya sendiri. Togog. Walmiki. Entahlah ada dimana pada zaman apa atau dilangit keberapa mereka berada yang jelas pesan - pesan itu sampai melalui "Kitab" ini dan Seno Gumira Ajidarma adalah penyambung lidah zaman yang mengagumkanemoticon-Smilie

Adapun pada akhir cerita, Kitab Omong Kosong ini terpecah menjadi 5 kitab yang ada di 5 dimensi yang berbeda.....

Spoiler for Kitab 1:


Spoiler for Kitab 2:


Spoiler for Kitab 3:


Spoiler for Kitab 4:


Spoiler for Kitab 5:
0
6.7K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.