Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
309
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/596d6f6fd44f9f9d468b456e/macao-po-menguak-sejarah-kawasan-bisnis-prostitusi-terpadu-pertama-di-indonesia
Jauh sebelum kawasan prostitusi di Kalijodo hingga Gang Dolly berjaya hingga kini dimusnahkan oleh Pemprov setempat, Indonesia sudah punya sejarah panjang terkait
Lapor Hansip
18-07-2017 09:16

Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia

Past Hot Thread
Alhamdulilah jadi TOP THREAD

Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia


Jauh sebelum kawasan prostitusi di Kalijodo hingga Gang Dolly berjaya hingga kini dimusnahkan oleh Pemprov setempat, Indonesia sudah punya sejarah panjang terkait bisnis esek-esek ini. Ada sebuah tempat yang berdiri di dekat Stasiun Beos di Jakarta di mana di tempat inilah dulunya awal mula praktik pelacuran mulai didirikan di Indonesia.

Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia


Kalau kamu berkunjung ke sana, kamu masih bisa melihat kok sisa-sisa kejayaan tempat ini dari gedung-gedung tua yang masih kokoh berdiri di sana. Benar, di tempat itulah kawasan prostitusi ini berpusat. Nama tempatnya sendiri adalah Macao Po. Kalau kamu belum pernah dengar tentang Macao Po, kamu dapat menyimak beberapa fakta uniknya di bawah ini.

Sejarah pendirian Macao Po

Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia


Sulit menemukan catatan yang menyebutkan kapan tepatnya Macao Po didirikan. Beberapa sumber hanya menyebutkan bahwa Rumah bordil pertama di Indonesia ini didirikan sekitar abad ke-17 di Jakarta atau yang dulunya kita kenal bernama Batavia. Lokasinya berada di depan Stasion Beos saat ini. Nama Macao Po sendiri merujuk pada para Wanita Tuna Susila (WTS) yang saat itu banyak didatangkan dari Makau, Hong Kong.

Untuk siapa Macao Po didirikan?

Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia


Konsentrasi pelacuran yang dikuasai oleh para germo dari Portugis dan Cina ini awalnya bertujuan untuk menghibur para prajurit dan perwira Belanda yang berhasil menguasai Batavia serta para kapten dan letnan Tionghoa. Seiring perkembangannya, orang-orang berduit yang datang ke Batavia, entah itu untuk urusan bisnis atau lainnya, juga ikut mencicipi nikmatnya bisnis lendir ini.

Macao Po langgeng berkat lokasinya yang dekat dengan barak militer Belanda

Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia


Macao Po, selain dekat dengan pusat perhotelan, jaraknya juga tak jauh dengan tangsi militer milik Belanda, yakni di Binnenstadt, atau saat ini merupakan kawasan sekitar Kota Tua. Sudah dapat ditebak, karena lokasinya yang berdekatan, banyak prajurit yang datang ke rumah bordil ini untuk “melepas kepenatan”.

Dulu orang Betawi tak mengenal istilah pelacur

Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia


Saat itu orang Betawi tak kenal dengan istilah pelacur. Mereka menyebut wanita-wanita ini dengan sebutan cabo yang merupakan adaptasi dari bahasa Cina. Lambat laun istilah ini diperhalus dengan sebutan Wanita Tuna Susila (WTS) dan saat ini kembali diganti dengan istilah yang lebih populer, Pekerja Seks Komersial (PSK).

Pemuda lokal yang tak punya biaya, hanya bisa menggoda para pelacur yang lewat

Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia


Ada sebuah jembatan yang menjadi saksi bisu bagaimana berjalannya aktivitas di kawasan prostitusi ini. Jembatan Batu namanya. Nah, para pemuda lokal atau saat itu Hindia Belanda, yang kepincut merasakan hangatnya mendekap pelacur mancanegara tersebut, hanya bisa menyaksikan mereka hilir mudik. Uniknya, musik keroncong yang saat itu tengah naik daun, dijadikan sebagai “senjata” untuk menggoda para wanita ini. Ya, mungkin sekadar untuk memperoleh senyum mereka saja para pemuda ini sudah kegirangan.
Gang Mangga, kawasan pelacuran pesaing Macao Po khusus untuk segmen kelas bawah

Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia


Lantaran masyarakat kelas bawah juga ingin ikut merasakan seperti apa rasanya “berkencan” dengan WTS, muncullah komplek pelacuran anyar yang terletak di Gang Mangga atau berdekatan dengan Macao Po. Disebabkan karena bisnis ini begitu menjamur tanpa dibarengi kebersihan dan kesehatan yang terjamin, maka jangan heran kalau mereka yang pernah datang ke sini kemudian keluar dengan membawa penyakit kelamin, sifilis.

Saking populernya, penyakit sifilis diganti menjadi penyakit Gang Mangga

Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia


Sungguh, kebersihan para WTS di tempat ini sudah tak lagi karuan. Belum lagi jika memikirkan seperti apa kebersihan para pelanggannya yang berasal dari kelas bawah. Sehingga, penyakit sifilis terus menjamur. Hal ini diperparah dengan sulit disembuhkannya penyakit ini, karena antibiotik saat itu belum ditemukan. Maka istilah penyakit sifilis diganti dengan penyakit Gang Mangga.

Itulah ulasan singkat mengenai Macao Po, Rumah Bordil pertama di Indonesia yang bisa dibilang merupakan mbahnya Kalijodo. Kawasan prostitusi memang sudah banyak yang mati. Namun, perlu diingat bahwa bisnis ini adalah bisnis haram yang banyak dicari oleh orang. Sehingga saat ini kita akan lebih banyak menemukan kawasan prostitusi terselubung yang menyamar menjadi bisnis perhotelan, panti pijat, serta tak menutup kemungkinan bisnis “normal” lainnya yang tak pernah kita duga sebelumnya.

Sumber : Boombastic + Forum IDFL
Diubah oleh bedaksalicyl
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 16
Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia
19-07-2017 07:17
Quote:Original Posted By bomexxx
Jadi sifilis alias raja singa berasal dari gang mangga emoticon-Hammer


Lebih tepatnya dari orang karena kurang jaga kerbersihan daerah repoduksinya...
0 0
0
Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia
19-07-2017 07:17
Quote:Original Posted By bedaksalicyl

Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia


dulu kagak pakek di pajang di etalase jajannya langsung ngankang di jendela tapi ada orang latinnya
sekarang bisnis ginian udah sampek lantai 7 tu yg disono, tp jajannya ga ada yg naturalisasi emoticon-Wakaka
0 0
0
Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia
19-07-2017 07:18
Bisnis paling lama di muka bumi, udah ada dari jaman nabi luth
0 0
0
Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia
19-07-2017 07:18
bisnis lacur enggak bakalan ada matinya,kecuali kalo orang udh pada jago kontrol nafsu dan setia sama pasanganya
0 0
0
Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia
19-07-2017 07:18
dulu makau bukan apa apa...skarang???
0 0
0
Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia
19-07-2017 07:21
dulu cabo..skrg cabe dan lobe..emoticon-Leh Uga
0 0
0
Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia
19-07-2017 07:22
Bok*r? :Wkwk
0 0
0
Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia
19-07-2017 07:22
Quote:Original Posted By wingzero10
Kalo kata dosen Sosiologi ane, prostitusi sangat sulit (kalo tidak mau dibilang mustahil) untuk diberantas karena sifat dasar laki-lakiemoticon-Big Grin yang setiap hari "memiliki kebutuhan menyalurkan hasratnya" tidak diimbangi dengan kemampuan pasangannya sebagai "tempat menyalurkan hasrat." Wanita pasti ada siklus menstruasi. Belum lagi pekerjaan mereka sehari-hari baik sebagai ibu rumah-tangga atau wanita karir. Hal ini membuat laki-laki mencari "tempat menyalurkan hasrat" yang lain.emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


dosen nya emang masup akal gan
0 0
0
Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia
19-07-2017 07:22
gini nih pengaruh dunia luar
0 0
0
Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia
19-07-2017 07:22
wah ane baru tau nih gan ada ginian hehe
0 0
0
Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia
19-07-2017 07:25
mendi beli sabun
0 0
0
Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia
19-07-2017 07:25
Baru tau ane..nice inpoh...
Penyakit gang mangga emoticon-Leh Uga
0 0
0
Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia
19-07-2017 07:25
apakah ini awal mula "nenen nyok.... " emoticon-Ngacir


0 0
0
Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia
19-07-2017 07:28
Bisnis lendir emoticon-Hammer2
0 0
0
Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia
19-07-2017 07:29
teman ane pernah kena penyakit gang mangga emoticon-Ngakak
0 0
0
Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia
19-07-2017 07:30
wogh penyakit
0 0
0
Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia
19-07-2017 07:31
baru tau ane
0 0
0
Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia
19-07-2017 07:34
foto skrg udah berubah jdnya gmn bre?
0 0
0
Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia
19-07-2017 07:35
Dulu tuh belom ada caps deh yak, makanya penyakit gampang banget kena nya. Dan mungkin banyak praktek aborsi di sana..
0 0
0
Macao Po, Menguak Sejarah Kawasan Bisnis Prostitusi Terpadu Pertama di Indonesia
19-07-2017 07:37
ijin ninggal jejak
siapa tahu jadi materi stand up comedy ane..hehe
0 0
0
Halaman 4 dari 16
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia