• Beranda
  • ...
  • Health
  • Paronikia; Terdengar Asing, Namun Akrab Menimpa Agan

godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
Paronikia; Terdengar Asing, Namun Akrab Menimpa Agan


Pernah dengar istilah paronikia? Mungkin penyakit ini terdengar asing, sebab di Indonesia, ia dikenal dengan nama lain; cantengan. Meskipun sebagian besar paronikia yang terjadi tidak mengakibatkan dampak yang serius dan perawatannya dapat dilakukan sendiri di rumah. Karenanya, akan lebih baik jika Agan mengenal penyebab, pengobatan, dan kiat pencegahannya berikut ini!

"Apa sih penyebab penyakit Paronikia?"



Penyakit Paronikia merupakan infeksi kulit yang terjadi di sekitar kuku karena adanya trauma atau luka terbuka. Luka tersebut bisa diakibatkan oleh kegiatan yang seringkali Anda lakukan, seperti menggigiti kuku, kesalahan pemakaian alat manikur, menekan kutikula terlalu keras dan melakukan kegiatan yang bersentuhan dengan air terlalu lama. Cantengan juga akan mengakibatkan perubahan warna mejadi kekuningan di sekitar kuku yang terinfeksi disertai rasa nyeri, bengkak dan untuk beberapa kasus paronikia bisa mengakibatkan kuku mengeluarkan nanah.


"Lalu, bagaimana cara mengobati penyakit paronikia?"



Penting Agan ketahui, bahwa paronikia merupakan jenis gangguan atau penyakit yang dapat pengobatannya dapat dilakukan sendiri. Karenanya, Agan tidak perlu buru-buru pergi ke dokter. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dipraktikkan dalam mengobati penyakit paronikia :

- Merendam kuku yang terinfeksi dengan air panas selama 15 menit. Lakukan ini selama 4 kali dalam sehari

- Selalu bersihkan nanah keluar dari kuku yang terinfeksi untuk mempercepat proses penyembuhan

- Apabila sedang melakukan aktivitas diluar ruangan, maka ada baiknya Anda memasang perban pada bagian jari yang terserang Hal ini dapat melindungi sekaligus menjaga kuku tetap dalam keadaan bersih. Jangan lupa untuk sering-sering mengganti perban, ya!


"Kenali tindak pencegahannya!"



Sejatinya, penyakit paronikia dapat dicegah dengan mempraktikkan beberapa cara sederhana, seperti :

- Menghindari aktivitas yang bisa menyebabkan trauma pada kuku,seperti kebiasaan menggigit kuku, manikur, pedikur, menggunakan kuku palsu.
- Apabila Agan beraktivitas yang berhubungan dengan air, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan yang terbuat dari karet guna menghindari kuku terkena air dalam jangka waktu yang lama. Pastikan kuku selalu dalam keadaan kering.

Nah, itu tadi serba-serbi dari penyakit paronikia, alias cantengan. Selamat mencoba kiat-kiatnya, dan semoga bermanfaat!

emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


sumur : Go Dok


Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Agan bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:welcome :welcome
Diubah oleh godok.indonesia 14-07-2017 02:55
0
58.9K
289
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.