Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
206
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5968b857947868452d8b456a/resep-bahagia-menurut-filosofi-jepang
Di dunia modern ini, banyak orang yang merasa enggak bahagia, karena stres banyaknya pekerjaan dan terlalu sedikit waktu untuk menyelesaikannya. Padahal
Lapor Hansip
14-07-2017 19:25

Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang

Past Hot Thread
Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang
Sumber Foto: Maitree Coaching

Di dunia modern ini, banyak orang yang merasa enggak bahagia, karena stres banyaknya pekerjaan dan terlalu sedikit waktu untuk menyelesaikannya.

Padahal manusia perlu menjaga keseimbangan antara pekerjaan, hubungan, dan kehidupan pribadi.

Lalu, gimana caranya buat tetap bahagia?

Inilah cara filosofi Jepang menjawabnya.

Dilansir dari purewow.com, Jumat (14/7/2017), masyarakat Jepang mengenalnya dengan sebutan ikigai (dibaca iki-gay-aai).

Quote:
Ikigai merupakan konsep orang Jepang yang artinya menemukan tujuan atau alasan untuk bangun pada pagi hari.

IKIGAI

iki (生き) / Life
kai (甲斐) / The realisation of what one expects and hopes for


Quote:

Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang

Sumber Foto: The View Inside Me

Diagram di atas menunjukkan bagaimana ikigai menggabungkan empat elemen kunci dalam kehidupan:
1. Gairah
2. Misi
3. Profesi
4. (Vocation) Pekerjaan yang memiliki makna bagi batin/jiwa; keahlian atau bakat dari lahir.

Keempat elemen kunci tersebut secara bergiliran saling tumpang tindih antara:
1. Apa yang Agan cintai
2. Hal yang dibutuhkan dunia
3. Hal yang bikin Agan bisa dibayar buat melakukannya
4. Sesuatu yang bisa Agan lakukan dengan baik/ bagus/ sesuai bakat/ keahlian Agan



Berasal dari kata iki yang berarti kehidupan dan kai yang berarti realisasi harapan. Teorinya, kita harus tetap sibuk dengan tujuan yang ingin dicapai dan gimana membuat kita nikmatin kehidupan yang panjang dengan bahagia.

Ilmu pengetahuan pun sepaham. Sebuah studi longitudinal yang dilakukan selama tujuh tahun terhadap lebih dari 43.000 orang dewasa menemukan bahwa para peserta yang diidentifikasi memiliki ikigai atau rasa bahagia, lebih mungkin hidup selama tujuh tahun kemudian, bahkan setelah mempertimbangkan faktor lainnya, seperti merokok, penyakit, dan jarangnya olahraga.

Caranya supaya bisa dapat ikigai, Agan butuh waktu dan refleksi. Tanyakan kepada diri sendiri apa yang Agan sukai dan apa gunanya diri Agan di dunia ini.

Orang-orang yang memiliki ikigai akan merasakannya jawabannya melalui pekerjaan, hobi, dan hubungan mereka.

Ikigai adalah komponen kunci dari kehidupan yang panjang dan sehat selain pola makan nabati, olahraga harian, dan rasa komunitas yang kuat.

Di Okinawa penduduk yang berusia 100 tahun lebih berjumlah 50 orang per 100.000, dibandingkan dengan 5-10 di AS. Orang-orang tua di Okinawa sehat, mandiri dan bahagia. Di sana, masyarakatnya tidak mengenal pensiun, mereka akan aktif sepanjang hidup dengan sehat dan bahagia.

Sibuk dan stres sungguh hal yang berbeda. Ikigai atau konsep bahagia dari Jepang adalah tentang bangun pada pagi hari dengan energi dan semangat tentang pekerjaan yang akan dilakukan hari tersebut.

Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang
Sumber Foto: Maitree Coaching

Sumber: Liputan6

Diubah oleh paanjoel
profile-picture
profile-picture
999999999 dan anasabila memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 11
Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang
14-07-2017 19:28
Gak punya hutang, banyak orang yg suka kehadiran kita >>> bahagia
0 0
0
Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang
14-07-2017 19:30
atas ane maho emoticon-Betty
0 0
0
Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang
14-07-2017 19:31
inti nya kalo mau bahagia harus bangun pagi
0 0
0
Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang
14-07-2017 19:34
bahagia itu sederhana, cukup bisa menikamti secangkir kopi pahit dan rokok tiap hari udah cukup.
0 0
0
Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang
14-07-2017 19:41
Ada yang ngechat "Hi" saja ane udah bahagia
0 0
0
Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang
14-07-2017 19:45
nikmati aja hidup ini
0 0
0
Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang
14-07-2017 19:53
bukan filosofi kopi ya emoticon-Embarrassment
0 0
0
Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang
14-07-2017 20:46
bahagia itu ketika sudah mengeluarkan sesuatu dari belakang om
0 0
0
Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang
14-07-2017 20:54
Yang penting kita menikmati hidup aja udah cukuplah emoticon-Ngakak
0 0
0
Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang
14-07-2017 20:56
Quote:Original Posted By mr.siwaw
bahagia itu sederhana, cukup bisa menikamti secangkir kopi pahit dan rokok tiap hari udah cukup.


Ane biasanya minum kopi Cappuchino Gan emoticon-Bingung
0 0
0
Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang
14-07-2017 20:57
Pengetahuan Ane bertambah...
emoticon-Ultah

Btw, kunjungi IG Ane @adolfsfilm
0 0
0
Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang
14-07-2017 20:59
Quote:Original Posted By danaraa
bukan filosofi kopi ya emoticon-Embarrassment


Ngopi2 yukz Gan...
Ajak si Jessica Kumala Wongso juga...
emoticon-Malu
Diubah oleh adolfsbasthian
0 0
0
Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang
14-07-2017 21:33
ane melihat ortu tersenyum juga udah bahagia.


apalagi ane jadi alasan di balik senyum.nya .
Diubah oleh indra.blora
0 0
0
Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang
14-07-2017 21:37
bikin santai saja emoticon-Cool
0 0
0
Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang
14-07-2017 21:40
Bahagia itu simple ya, tapi kalo dijabarin org jepun panjang juga emoticon-Leh Uga wah pekerjaan juga termasuk kebahagiaan ya emoticon-Matabelo passion dan semangat org sono kalo masalah kerjaan emoticon-Cool
Diubah oleh thebhe86
0 0
0
Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang
14-07-2017 21:43
Bagus juga nih tipsnya
Pantes orang jepang klo Kerja tekun2
0 0
0
Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang
14-07-2017 21:48
Bagus nih tipsnya emoticon-Toast

Kadang bangun pagi males malesan. Pingin cepet nyelesain hari itu. Besokny gitu lgi
0 0
0
Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang
14-07-2017 23:04
Bahagia itu sederhana
0 0
0
Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang
14-07-2017 23:39
Ikigai ... ikugay...
0 0
0
Resep Bahagia Menurut Filosofi Jepang
14-07-2017 23:44
Begitu ya . Ntaps deh
0 0
0
Halaman 1 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia