Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
133
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5239b9d640cb175e7400000e/share-tips-untuk-penderita-psoriasis
Psoriasis adalah sebuah penyakit kelainan kekebalan tubuh terhadap kulit. Penyakit ini biasanya di derita seumur hidup. Masih belum terdapat obat untuk penyembuhan totalnya, tapi berbagai perawatan bisa membantu untuk mengontrol gejala-gejalanya. Psoriasis terjadi ketika Sistem kekebalan tubuh salah menanggap kulit normal sebagai sebuah penyakit kulit(patogen), dan kemudian mengirim sinyal salah y
Lapor Hansip
18-09-2013 21:33

[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!

Quote:Psoriasis adalah sebuah penyakit kelainan kekebalan tubuh terhadap kulit. Penyakit ini biasanya di derita seumur hidup.
Masih belum terdapat obat untuk penyembuhan totalnya, tapi berbagai perawatan bisa membantu untuk mengontrol
gejala-gejalanya.
Psoriasis terjadi ketika Sistem kekebalan tubuh salah menanggap kulit normal sebagai sebuah penyakit kulit(patogen),
dan kemudian mengirim sinyal salah yang menyebabkan pergantian sel kulit baru yang berlebihan.
Penyakit ini tidak menular.
Psoriasis ialah sejenis penyakit kulit yang penderita nya mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat. Kemunculan penyakit ini terkadang untuk jangka waktu lama atau timbul/hilang, penyakit ini secara klinis sifatnya tidak mengancam jiwa, tidak menular tetapi karena timbulnya dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja sehingga dapat menurunkan kualitas hidup serta menggangu kekuatkan mental seseorang bila tidak dirawat dengan baik.
Berbeda dengan pergantian kulit pada manusia normal yang biasanya berlangsung selama tiga sampai empat minggu, proses pergantian kulit pada penderita psoriasis berlangsung secara cepat yaitu sekitar 2–4 hari, (bahkan bisa terjadi lebih cepat) pergantian sel kulit yang banyak dan menebal.
Sampai saat ini penyakit Psoriasis belum diketahui penyebabnya secara pasti, sehingga belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan secara total penyakit Psoriasis.
namun penderita Psoriasis suatu saat dapat menjadi mulus karena siklus kekacauan pergiliran sel kulit ini kadang-kadang menjadi normal atau dapat di atasi dengan obat; masa ini dikenal sebagai masa remisi. Untuk mencapai keadaan remisi itu diperlukan kerjasama yang baik antara pasien dengan dokter yang merawat.

Psoriasis belum dapat disembuhkan artinya belum ada penderita yang 100% terbebas dari penyakit ini , pengobatan yang ada hanya untuk menekan gejala Psoriasis ini, memperbaiki keadaan kulit, mengurangi rasa gatalnya. Penderita Psoriasis tidak bisa berhenti dari pengobatan, ada pengobatan lanjutan sebagai pemeliharaan yang diberikan dalam jangka waktu lama untuk mempertahankan kondisi dan juga untuk mengontrol timbulnya kelainan kulit yang baru.

Source: mbah guugle

[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!
atau lebih lengkapnya disini

Sebelum ane mulai ane tekankan untuk membaca yang BOLD jadi lebih paham ^^
Sebenarnya ini lebih mengarah ke pengalaman ane sebagai salah satu dari orang khusus yang di tunjukin yang di atas juga.. emoticon-Cool:semangat:

Pertanyaan: Gara2 apa sih penyakit itu?
Jawaban ane: itu masih yang atas doang yang tahu.. Yang pasti kita hanya bisa menjalani saja.

Pertanyaan: Kenapa "Kita"?
Jawaban ane: Soalnya ane juga penderita Psoriasis, dan sampe sekarang lom sembuh total, tapi pernah ngerasain yang namanya masa Remisi emoticon-Wink

Pertanyaan: Cara tahu itu psoriasis gimana?
Jawaban ane: Pelajari dirimu sendiri! Liat penyakit kulitnya! cari di internet! Kurang yakin segera ke dokter specialis kulit.

Pertanyaan: Agan sendiri pernah ke dokter?
Jawaban ane: Yup sekali ke dokter Umum.. Itupun di paksa orang tua.. secara PSO(psoriasis)ane pada saat itu udah menjalar parah. Tapi sebenarnya ane udah
ada cara-cara untuk mencapai masa-masa Remisinya emoticon-Hammeremoticon-Blue Guy Bata (S): sebelum di paksa pergi kesana, jadi ane sekitar dua hari sebelum di paksa pergi, sudah lagi mencoba menerapkannya. tapi
apa daya diriku sebagai seorang anak yang di sayang sekali oleh orang tuanya :dansa: (tapi kalo dugaan ane sih sebenarnya ortu ane takut ane kena HIV :tabokemoticon-Smilie

Pertanyaan: Loh berarti agan pernah parah juga?
Jawaban ane: Yup, karena masih belum mengenal diri gan, dan masih sangsi ingin ke dokter specialist kulit yang secara ane anti banget ketemu dokter >.<.

Pertanyaan: Lalu ane bisa tahu itu PSO gimana?
Jawaban ane: Kayak tadi di bilang gan! Pelajari dirimu sendiri(tapi jeleknya ane tahu setelah parah dulu :tabokemoticon-Smilie cari tahu informasi di "MBAH GUUUGLE".

Pertanyaan: btw kok bisa mikir HIV gan?
Jawaban ane: Ente lagi baca di forum apa ini ane berbagi cerita? emoticon-Embarrassment lagian memang bercak-bercaknya kayak penyakit kotor tidak jelas gitu(budukan).

Pertanyaan: Lalu apa kata dokter gan?
Jawaban ane: dokter Umum gan.. Ya ragu-ragu kena penyakit apa.. Sampe ane kasih liat bagian daerah selangkangan ane, dia tetap bingung. terakhir ane ceplosin aja, Dok pernah denger Psoriasis?
dokternya langsung bilang "Hmm kayaknya kamu sebaiknya di cek darahnya atau ke dokter spesialist kulit" (mampus deh dalam hati ane, mau biaya berapa lagi nih?) Terus ane tekanin bahwa ini sudah pasti psoriasis, tapi dokternya tetap mengatakan, "memang sih kayak psoriasis tapi sebaiknya kamu periksa lebih jelas lagi saja" (dalam hati ane, ya mau gimana lagi, dokter umum sih..) terus ane tanya "dok penyakit ini tidak bisa sembuhkan dok?" Dokternya dengan sok kedokteran menjawab "Bisa kok itu hanya penyakit kulit saja" (dalam hati ane.. ah cacad dah nih dokter.. sotoy juga rupanya..) dia balik ke meja sambil bikin resep anti gatel sama salep.. ane dalam hati udah galau aja di buat dokter sama ortu ane yang ceriwis percaya sama dokternya ketimbang informasi yang ane dapet di Mbah Guugle..
tapi untungnya ada suster baik hati dan bohay bisikin ane.. "Mas jangan takut mas, saudara saya juga punya penyakit kayak mas, itu gak berbahaya kok yang penting perawatannya saja" langsung ane suruh suster itu kasih tau
kek ortu ane.. tapi susternya bilang takut di marahin dokternya.. emoticon-Hammer yah udah ane SSI minta Nocannya.. emoticon-Embarrassment begitu di kasih langsung ane bilang ke dokternya, "Dok udah dok, saya minta resep tablet buat anti gatel aja salepnya saya nanti coba minta sama specialist saja" (SSI buat ortu percaya emoticon-Blue Guy Bata (S)emoticon-Smilie begitu keluar rsnya langsung ane telepon tuh sushaynya(suster bohay) "Suss ini saya yang tadi suss, tolong bantuin sedikit ya jelasin ke ortu saya
tentang penyakit saya ini" susternya bilang "bentar mas saya minta ijin ke WC dulu ke dokternya" sempet kepikiran sejenak nih sushay kok baek amat yah..emoticon-Embarrassment begitu sudah di jelasin ane langsung bilang ke sushaynya "Wah terima kasih banyak sekali nih suster, andai penyakitnya bukan penyakit lain yang harus opname, mau deh aku..." errr sisanya dah OOT! next question please.. emoticon-Cool

Pertanyaan: Terus apa yang agan lakukan untuk mencapai remisinya gan? Dan berapa lama tuh?
Jawaban ane: Langsung ane jelasin ke ortu ane kalau mereka itu gak usah khawatir lagi, dan yang paling penting dari penyakit ini sebenarnya adalah "NO STRESS!" dan mindset harus benar. Jaga makanan yang kamu makan! Liat 8 jenis makanan/pangan yang di larang bagi seorang PSO! Gatel? Jangan garuk! Elus aja pake tissue halus atau kapas. Penampilan jadi jelek? CUEK! toh entar remisi ilang semua! paling sisa noda sedikit hitam(hampir tidak terlihat) bekas luka garuk yang pernah ente buat. Jangan di pikiran! Anggap itu bagian tubuh dari yang atas, sama seperti kelingking kaki ente yang sudah pasti jarang sekali ente perhatikan. maka masa remisi cuman butuh 2 minggu paling lama sebenarnya kalo ane lebih cepet sekitar 5-8 hari lupa.. soalnya ane bener-bener gak perhatiin lagi, cuman jaga makanan aja.

Pertanyaan: Wah ada 8 larangan makanannya apa aja gan?
Jawaban ane: 1. Alkohol, 2. Gluten(zat perekat atau sejenis tepung), 3. Susu sapi(keju/mentega sama aja), 4. Daging merah(Lemak merah! Bukan putih)
5. Junk foods(hamburger, makanan kaleng, gorengan), 6. Tanaman Solanaceae (Nightshade plants) contoh: Terong, tembakau, kentang, tomat etc. 7. Citrus fruits(buah jeruk) contoh: Anggur, jeruk lemon, jeruk, etc,
8. Bumbu rempah-rempah contoh: kari, belacan, etc.

Pertanyaan: Eh busyet! Makan apaan donk?
Jawaban ane: Awalnya nubie juga bingung, tapi setelah nubie bisik mbah Guugle "good diets for psoriasis" jreng-jreng di kasih liat makanannya apa aja!

Pertanyaan: :galau: hampir semua kesukaan ane di larang..
Jawaban ane: Kalau menurut ane, gpp lah siksa lidah, amandel, perut ente dua minggu buat liat hasilnya, seminggu kalau ane, ente mungkin aja lebih alot 1 bln atau 6 bulan, tapi ane jamin dari waktu ke waktu jika mindset dan makanan/pangan di jaga terlihat perubahannya dalam 1 minggu, PSO itu bersifat memburuk tapi kalau melakukan semua itu menjadi membaik! Dan jangan lupa, Mindset Mindset Mindset! Jangan pikirin penyakitnya anggap saja itu bagian tubuh kamu seperti kelingking kaki kamu! Nah terus yang penting remisinya bisa di raih dulu. Baru deh mau makan apa aja SIKAT!(dengan catatan pasti kumat lagi, tapi np tinggal ulangin aja lagi ^^) maka masalah beres. (NB: saat ini nubie lagi stress karena suatu masalah jadi lumayan banyak bermunculan lagi. Mau gak mau nunggu selesain dulu masalahnya baru start Loopnya lagi, bisa dilema juga.. Stress itu harus merasakan semua hal enak buat gak terlalu berat stressnya, jadi tunggu masalah selesai, berarti gak ada beban stress lagi = gak usah makan enak2 juga gak apa apa soalnya mindset udah pernah rasain remisi itu gimana dan bagaimana cara terbaiknya emoticon-Winkemoticon-Cool)

Pertanyaan: Itu dia gan kalo gini jadinya Dilema..
Jawaban ane: Kalo gitu jangan terlena-lena oleh hal itu! Cepat selesaikan masalahnya, win win atau bahkan losing! yang penting bukan beban pikiran lagi, jadi bisa lebih fokus kerja sambil lupain kalo PSO itu menyebalkan, dan jaga makanan yang harus di makan atau tidak di makan.

Pertanyaan: Kalau misalnya makan dikit boleh kgk gan?
Jawaban ane: Saran ane si nubie atau yang udah ahli nih? kalo ane makan aja la gan, yang penting jangan banyak2.(dikit aja buat lidah seneng emoticon-Big Grin) Kalo ahli bilang Stop! berarti berhenti makan-makanan itu alias putus hubungan sama semua makanan itu.

Pertanyaan: Nah, Dilema lagi kan tuh?
Jawaban ane: Kan sederhana. Mindset, Remisi itu rasanya gimana. Dan kumat lagi rasanya gimana. emoticon-Big Grin

Pertanyaan: Ok, tapi sebelum remisi, ane ada masalah di "Ranjang" gan!! itu gimana tuh?
Jawaban ane: Sama bini/suami ente? Harusnya dia dukung ente, dan jangan sampe merasa jijik/semacamnya sama ente. kalo dia merasa gitu, berarti ente sebaiknya cabut aja dari kehidupan itu, bukan isi yang ada di matanya, tapi kulit ente doang yang ada di matanya. Sama pacar? Jelasin ke dia sebaik mungkin dulu sebelum buka baju. Sama TTM? Cuek aja! kalo di tanya baru jelasin! Sama WP? Pastikan Smartphone kamu di bawa selalu dan terisi paket untuk browsing jadi bisa jelasin ke dia dulu bahwa itu penyakit yang 100% kebalikan HIV, yang mana penyakitnya "Tidak bisa di tularkan". (Overall, ane cuman pengen bilang percaya diri aja, penyakit ini cuman bagian dari diri ente, bukan sesuatu yang bisa di kasih ke orang [inget kelingking kaki emoticon-Big Grin] bahkan ane sering bercanda gini ke semua orang, "Ini namanya PSO, penyakit yang pengen banget aku tularin ke orang-orang biar penyakitnya terkenal dan ada banyak orang yang mau habiskan waktunya untuk mencari obatnya seperti HIV. Sanyangnya Gak bisa :tabok:"). Ini hal yang wajib ane lakukan ke semua teman atau nocan-nocan agar mereka juga mengerti apa penyakit ini dan tidak menjauh kamu karena prasangka lain.

Pertanyaan ane: Jadi intinya pikiran kita yah, gan?
Jawaban ane: BENAR sekali! Karena yang salah ngirim sinyal ke kulit itu dari otak kita yang mengatur system kekebalan tubuh kita! disanalah logika yang ane dapatkan dari membaca dan membaca semua tentang penyakit ini dari Mbah Guugle.

Semua yang kamu lakukan akan ada konsikuensinya,
begitu juga seperti PSO ini. So, go use your mind and set it right, then you're good to go. emoticon-Peace
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 7
[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!
18-12-2016 22:16
Quote:Original Posted By azulyc


Yo'i pertama kena pas May lalu Ane coba bunuh diri. Kena di selamatin tetangga.

Jadi kalo Ane mau idup ya Ane harus research, belajar dan cari tahu gimana cara nya biar Psoriasis bisa Ane kontrol. Ya Ane pelajarin berbulan-bulan sampe Ane bisa kontrol kayak sekarang.

Ane gol darah nya B, udah natural dari sana gampang stress.. Dan imun nya terlalu kenceng. Jadi gak heran Ane kena Psoriasis. Biasa nya gol darah O dan B gampang kena Psoriasis dan Lupus. Karena imun nya kekenceng an, kadang suka bablas.

Ane dulu bekas model, jadi stress abis pas kena Psoriasis. Dulu cakep2, kok jadi ancur. Bayangin macem Pramugari, Models, Artis kena sirem aer keras. Gimana gak stress. Cakep itu asset Kita2 kan ? Cakep yg ngasih makan Kita, yg ngasilin duit. Pas kena serasa kiamat lah.

Kalo Lo di Jakarta ke Cipto aja, terapi UVB.. Atau Lo keluar siang2 berjemur dari jam 11 siang - 2 siang selama 15 - 20 menit tiap hari. Antara jam itu ya. Bukan selama 3 jam.

Iya berasa minder yak kalo orang salah fokus. Sama lah kayak orang2 yg punya tompel di jidat, atau luka bekas apa gitu di pipi nya. Itu sih gak bikin Ane stress, Ane stress dr yg lain -.-
Lo coba rapiin alis aja Gan. Muka pake sabun yg Ane bilang. Sama penting buat jaga lembab nya. Kalo Lo takut jerawat, cari pelembab bahan dasar air. Pake nya malem aja. Atau Lo tonerin udah cukup abis mandi malem. Toner Ovale yg chammomile. Toner kan buat nyegarin muka sensitif.

Kulit Lo gelap ya ? Apa terang ? Kalo terang kan gak ketara.

Ane di Jakarta tapi males banget ke Dokter, lagi sibuk banget sama kerjaan sendiri.
Ane juga ngerasa penyebabnya gara-gara kekurangan sinar matahari gan, dulu waktu sd-smp masih bisa lah kena sinar matahari pagi, tapi mulai masuk SMA ane hampir ga pernah kena sinar matahari, apalagi didalam ruangan AC terus, abis itu mulai muncul dah putih-putih di rambut (ane kira ketombe) sampe lulus jadi ke hidung sama alis, baru nyadar deh ini bukan ketombe lagi. Nanti ane coba jemur dah ke matahari. Iya gan malunya itu karena orang lain ga tau penyakit kita, dan ngiranya jorok mandi ga bersih emoticon-Nohope suka risih temen ada yang nanyain banyak putih-putih kalau lagi ngobrol.
Kulit ane kuning langsat ga terlalu ketara sih, tapi kalau lagi ngobrol mah keliatan apalagi di alis, sekarang malah jadi kemerah-merahan gara2 greget ane garukin terus.
emoticon-Shakehand2 mantep gan sarannya, lengkap dah.
Diubah oleh ReinhardRawel
0 0
0
[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!
18-12-2016 23:01
Quote:Original Posted By ReinhardRawel

Ane di Jakarta tapi males banget ke Dokter, lagi sibuk banget sama kerjaan sendiri.
Ane juga ngerasa penyebabnya gara-gara kekurangan sinar matahari gan, dulu waktu sd-smp masih bisa lah kena sinar matahari pagi, tapi mulai masuk SMA ane hampir ga pernah kena sinar matahari, apalagi didalam ruangan AC terus, abis itu mulai muncul dah putih-putih di rambut (ane kira ketombe) sampe lulus jadi ke hidung sama alis, baru nyadar deh ini bukan ketombe lagi. Nanti ane coba jemur dah ke matahari. Iya gan malunya itu karena orang lain ga tau penyakit kita, dan ngiranya jorok mandi ga bersih emoticon-Nohope suka risih temen ada yang nanyain banyak putih-putih kalau lagi ngobrol.
Kulit ane kuning langsat ga terlalu ketara sih, tapi kalau lagi ngobrol mah keliatan apalagi di alis, sekarang malah jadi kemerah-merahan gara2 greget ane garukin terus.
emoticon-Shakehand2 mantep gan sarannya, lengkap dah.


Setidak nya Lo enak. Gw dari Jakarta juga tapi kerja di Bali. Di Bali gak ada treatment UVB gitu. Paling mentok infus Chemo yang isi nya Kortikosteroid. Males banget kan ? Anyway Psoriasis bisa di Chemo lho, gak cuma kanker doank. Tapi Chemo nya isi Kortikosteroid -.-

Di Jakarta Lo bisa pake BPJS kalo ke Cipto. Or JKN nya Jakarta lah, gratis. 2 Provinces di Indo yg gak ngaku in BPJS cuma Bali sama Palembang.

Lo di kira jarang mandi.. Gw di sangka kena Herpes, Gonorea sampe HIV. -.- Ngenes banget. -.-
Yo'i, ya Lo pake in lah yg Gw bilang in itu. Gw sih muka pake SK II FTE ya.. Tapi kan Lo Psoriasis nya di muka, Gw kagak. Kalo Lu pake in SK II ke muka, makin ngelotok yg ada -.-
0 0
0
[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!
18-12-2016 23:24
up up nice info
0 0
0
[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!
18-12-2016 23:48
Quote:Original Posted By azulyc


Setidak nya Lo enak. Gw dari Jakarta juga tapi kerja di Bali. Di Bali gak ada treatment UVB gitu. Paling mentok infus Chemo yang isi nya Kortikosteroid. Males banget kan ? Anyway Psoriasis bisa di Chemo lho, gak cuma kanker doank. Tapi Chemo nya isi Kortikosteroid -.-

Di Jakarta Lo bisa pake BPJS kalo ke Cipto. Or JKN nya Jakarta lah, gratis. 2 Provinces di Indo yg gak ngaku in BPJS cuma Bali sama Palembang.

Lo di kira jarang mandi.. Gw di sangka kena Herpes, Gonorea sampe HIV. -.- Ngenes banget. -.-
Yo'i, ya Lo pake in lah yg Gw bilang in itu. Gw sih muka pake SK II FTE ya.. Tapi kan Lo Psoriasis nya di muka, Gw kagak. Kalo Lu pake in SK II ke muka, makin ngelotok yg ada -.-

Herpes, gonorea, hiv emoticon-Leh Uga
baru tau ane bpjs kaga diakui disana, waduh ribet juga bolak balik gitu, di Bali jemuran aja gan bergaya kek meditasi emoticon-Ngakak
0 0
0
[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!
18-12-2016 23:54
nais inpoh gans
emoticon-thumbsup
0 0
0
[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!
31-12-2016 07:47
Nice info gan emoticon-2 Jempol
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 08
[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!
12-02-2017 09:15
Udah lama gak login.. Dan karena baru saja mencapai remisi melewatin masa2 stress jadi keinget thread ini :3 gak di sangka masih idup..wwakakaka.. maaf TSnya gak begitu bertanggung jawab ya emoticon-Stick Out Tongue..
Cara remisi masih sama:
1. Telen MTX sesuai anjuran Dokter/Apoteker..
2. Mindset tunned.
3. Makanan di perketat..
4. STOP MEROKOK!
puji syukur deh cuman harus menderita 10 hari doank XD~
Dan sekarang bisa kasih lidah bahagia mencicipi sedikit makanan enak :d
Spot PSO di perut ada 3 titik.. ketiak ada 1-2.. semuanya itu kayak gigitan nyamuk.. Tangan nihil.. kepala dan punggung susah lihatnya XD~..
Tapi noda hitam dimana2~!! solusi yang terpikirkan saat ini sih Tanning/berjemur jadi coklat biar gak gitu keliatan XD~
So far enjoy the life guys! emoticon-Stick Out Tongueeace:
Quote:Original Posted By enzio24
Gan maksudnya ngga boleh mengkonsumsi citrus fruit tuh yang kaya gimana ya? Soalnya agan malah menyarankan untuk menkonsumsi vitamin C (-+1000mg) perhari, setau ane citrus fruit kaya jeruk, lemon dan kawan2nya itu malah mengandung vitamin C yang cukup tinggi.

Mohon penjelasan lebih lanjut gan masalah ini, ohiya saya juga salah satu penderita Psoriasis dikulit kepala (Scalp) soalnya yang lagi coba2 menerapkan cara2 alternatif. Mungkin agan punya solusi2 atau pantangan tentang Psoriasis Scalp ini, mohon bimbingannya gan.

Terima Kasih

SALAM REMISIemoticon-Malu (S)

Buah-buahan yang keturunannya Citrus (tanya mbah guugle pasti ngerti XD~).. vitamin C kan bukan dari jeruk,lemon dan kawan-kawan.. daun kelor aja ada vitamin Cnya gan :3..
yang lebih praktisnya minum C-1000 yang ukuran botol kecil atau bentuk obat permen yang di emut2 gan :3..
Kalau Pso Scalp bagian kepala biasanya muncul di pinggir deket rambut gak sampe ke muka gan so far ane tinggal cari shampoo Amway Satinique kalo lagi kumat disana.. so far sih jarang muncul lagi.. jadi ngak berat juga ongkos hidupnya :3..

Quote:Original Posted By yasakeda
hahaha.. ane akhirnya make MTX juga... tapi tiap 2 minggu cek darah buat tahu ginjalnya masih ok atau udah loyo.. kalo loyo kata dokter stop dulu pake MTX. Tapi emang ampuh sih .. dalam 2 bulan udah keliatan remisi, 4 bulan kelar..

Tapiiiiiiiiiii...

Setelah 6 bulan gak pake, tumbuh lagi deh.. emang kudu dibawa seneng hidup ini.. jangan susah susah.. dan tetep semangat.

Iya gan MTX ampuh tapi setahu ane juga gak ginjal aja sih.. banyak lagi.. so lebih baik konsult dengan baik bersama dokter atau apoteker..
Dan so far ane make MTX kalo bener2 lagi stress berat aja gan.. kalo kgk ane stop nelen kok.. yang penting gak stress dan jaga makanan :3
Tetap semangat gan!! :3
Quote:Original Posted By nandocuomo
Termasuk penyakit autoimmune nyak gan???

Iya termasuk penyakit "Abnormal autoimmune system" Tapi bukan penyakit mematikan ataupun menular seperti HIV atau lainnya.

Quote:Original Posted By azulyc
Buat yang kena Psoriasis, nanya donk.. Suhu tubuh kalian itu panas gak sih ?

I mean, panas jauh di atas rata-rata. Telapak tangan panas, tubuh panas, gak keringetan, tapi ya panas kering gitu.

Gw di vonis Dokter bulan Juni lalu kena Psoriasis Torso. Penyebab nya stress jangka waktu lama, dan iya sih.. Gw dari dulu sering stress biar muka keliatan kalem.

Sekarang ini Gw minumin:
1. Aspirin - NSAID / Anti Inflamasi
2. Cetirizine - Anti Histamine / Obat Alergi especially kalo Gw nyetir an naik motor
3. Kina - Obat Malaria / Biar suhu tubuh Gw turun

Kalo ane udah keturunan berdarah panas gan.. tapi kalo dunia kedokteran bukan darahnya panas.. jantungnya yang tidak normal..
Jadi kalo berada di tempat yang suhunya dibawah suhu tubuh kita otomatis keringetan.. kalo agan sampe gak keringetan berarti agan udah boleh check up darah dan jantung juga gan :3..
Psoriasis Torso biasanya muncul di bagian perut,dada,punggung/pundak, pinggang, ketek.. pokoknya lebih banyak di Badan..
Dan setahu ane yang pernah rasain sih selama gak di garukin pake tangan atau benda keras aman2 aja gan.. Jadi otomatis badan agan berasa panas karena emang PSO ini kerjaannya Overreacting atau lebay kalo kulit kita bergesekan atau kena tekan(kalo telapak tangan biasanya mengepal, push up, pegang stir kasar ataupun keras ataupun kesat etc)
dan obat2 yang di kasih dokter kayaknya obat formal sekali gan.. itu cuman ngebantu agan buat sesuain keadaan yang agan ceritakan ke dokter.. coba konsult lagi sama dokternya soal MTX gan.. Dan obat paling mujarabnya JANGAN STRESS gan emoticon-Big Grin, soalnya percuma kalo stress udah pasti muncul.. kalo muncul di larang keras di garuk atau pake pakaian berbahan kasar atau kesat seperti batik murah.. Batik sultra lain cerita :3 Makanan juga jangan lupa di Rem kalo lagi banyak gan hehehehe..

Quote:Original Posted By azulyc


Psoriasis banyak jenis nya.

Ada yg di kulit kepala. Berasa panas. Ada yg kulit kepala nya kelupas, macem ketombe.

Ada yang di tangan, dada.. Ane di dada sama siku dalam yg daerah orang buat suntik infus itu lho.

Emak Ane di betis depan, kayak borok -.-

Tergantung pola hidup sama mindset Gan.

1. Jangan stress
2. Hindarin makanan yang micu inflamasi, makanan yang warna nya gelap macem Terong Goreng Pecel Lele, Kentang, Cabe, Paprika, ya Lo tau lah makanan yang warna nya gelap/mencolok.
3. Harus di jaga kelembab an nya. Kalo kulit kering, harus di lembab in. Jangan sampe tuh kulit ngirim signal ke otak untuk produksi hormon buat regenerasi. Sebelum kulit ngirim signal, Kita harus tahu diri nge lembab in.
4. Gw lotion an dada, dan tangan tiap hari, padahal dari dulu gak pernah demen lotion an.
5. Ke Dokter cuma kalo Lu mau di terapi UVB. Jangan mau di resepin Kortikosteroid. Itu gak guna, bikin ketergantungan. Kalo ke Dokter, Dokter biasa kasih salep, isi nya ya Steroid. Macem Methasone. Itu guna nya buat mendem flare Psoriasis Lo. Gak bagus.
Dokter kulit biasa ngeracik krim muka buat orang jerawat ada Steroid nya juga. Biar jerawat mendem. Pas make krim nya bagus, pas lepas, jerawat nya muncul lagi makin parah. Nah, jangan mau pokok nya bersentuhan sama Kortikosteroid. Ane paling anti deh.

Ane akhir2 ini ada kulit ngelupas di hidung, udah parno aje. Moga2 gak pindah/nge jalar deh. Di dada aje, orang2 kan gak ngeliat.

Quote:Original Posted By azulyc


Iya sih, kalo Ane sih makanan bisa di atur. Ane gak masalah di makanan. Problem Ane cuma stress aje.
Kalo makanan, Ane dari kecil udah Vegetarian, jadi nya gak pusing dan gak ribet untuk ngontrol jenis makanan. Dari kecil pun Ane udah alamiah/natural buat gak makan makanan kayak gitu, emang Ane gak doyan aja. Maka nya pemicu Ane Psoriasis ya dari stress.

Kalo Stress itu udah pasti, Ane nyetir motor di jalanan, ngeliat jalan macet, agak panas udara, Ane udah ngerasa tertekan, stress. Balik rumah muncul lah ruam2 di sikut dalam dan dada. Macem panu/kusta jadi nya -.-

Saran Ane buat Agan:
1. Hindari produk yg ngandung SLS, SLES,.. Sodium Laureth Sulfate.
2. Jangan pake produk yg ngandung Triclosan/Anti Bakteri
3. Sabun muka pake Kojie San box putih yang warna sabun nya orange, atau Himalaya Herbals aja
4. Shampoo jangan pake shampoo rakyat jelata di Supermarket macem Sunsilk, Clear, L'oreal gitu2. Jangan pake shampoo anti ketombe juga, karena Zinc PTO nya ngeringin kulit kepala. Agan pake shampoo macem merek Organic Care, Pantene clear yg bening itu, pake Shampoo RainForest nya The Body Shop
5. Itu di atas sih produk yg Ane pake ya teratur, tahunan. Mungkin itu sebab nya gak muncul di kepala, atau emang Ane gak kebagian takdir dapat di kepala.
6. Lotion Ane dari Jergens Ultra Healing, Lotion Yves Rocher, sampe ke Citra Wakame Gel. Ane gak doyan lotion an karena pliket/lengket. Ane so far, selalu guna in Citra Wakame Gel karena cepat meresap di kulit, dingin, dan yang penting kan fungsi nya. Citra Wakame Gel ini ngandung Glycerine(bahan pelembab bahan dasar air), jadi kalo Ane pake pun, biar kata terlalu lembab gak bikin jerawat dada.
7. Agan seminggu sekali coba apply/tuang 2 sendok makan Extra Virgin Olive Oil ke rambut / kulit kepala Agan, terus tutup, lo ungkep aja pake handuk yang udah di celup ke air panas terus di peras, di teplok di kepala, diem in 15 menit an. 2 - 3 minggu keliatan deh efek nya, gak bakal ngelupas2 daerah kulit kepala. Tapi juga jangan kaget, kalo setelah nya rambut Lu bakal gampang demek/lepek.

Gw kalo mandi itu lama banget kalo lagi niat nge gusek daki. Daki Gw gak ilang2. Tiap di gusek, ngelotok lah tuh kulit2, jadi kadang Gw nyadarin diri sendiri, mandi selama apa pun gak akan bersih2 nih kulit, ada aja daki/kulit yg bisa gw gosok -.-

Agan ini ahlinya nih :3 thanks gan udah sharing :3
Dan bener banget buat produk produk yang sebaiknya di gunakan untuk pso kita jangan yang murah lagi la gan..
apa lagi kalo spot PSOnya lagi rame.. mending sederhananya cari aja produk Amway...
Saat ini sih ane pake Produk Amway kalo pass STRESS dan balik pake produk jelata kalo udah remisi :3 soalnya saya tidak begitu beruntung dalam keuangan.. wakakakak...



0 0
0
[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!
12-02-2017 09:17
bagi yg kena berharap ane doain cepet sembuh yah
0 0
0
[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!
21-02-2017 21:07
Quote:Original Posted By ReinhardRawel

Herpes, gonorea, hiv emoticon-Leh Uga
baru tau ane bpjs kaga diakui disana, waduh ribet juga bolak balik gitu, di Bali jemuran aja gan bergaya kek meditasi emoticon-Ngakak


Yo'i Gan, setahu Ane cuma 2 provinsi di Indo yang gak implementasi BPJS. Yaitu Bali dan Palembang.

Sure ada beberapa puskesmas, klinik, RSUD yang nerima BPJS. Tapi PerGub nya gak memaksa kan penyedia layanan kesehatan untuk nerima BPJS. Beda nya kalo Palembang udah sering kena ciduk KPK, di Bali masih adem ayem. Padahal mah sarang nya lah, gak beda jauh.

Ane gak doyan panas Gan, emang bener sih UVB dari matahari bagus buat Psoriasis, tapi ujung2 nya malah bikin Ane stress -.-

Anyway, Ane udah masuk remisi banget sekarang. Lo coba deh ke Kimia Farma, beli Medrol 1 strip, isi nya 10 butir, harga 50rb an. Keluaran Pharos setahu Gw.

Gw minum cuma setengah tablet 2 hari sekali.

Guess what ? Hilang sudah ruam2 merah di dada, di lengan daerah tempat suntikan juga hilang total. Bersih lagi badan dan kulit Gw.

Tapi tetep kalo mandi masih banyak daki, cuma ruam2 nya hilangg semua. Medrol ini biasa buat obat Lupus. Ini aja 1 strip gak abis2 di Gw.

Oh ya efek nya, gw jadi kena pilek kalo malem2.
0 0
0
[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!
21-02-2017 22:21
ane juga penderita psosiaris udah 1 tahun ini. mau nanya kalian pernah gak bintik2 merah itu jadi nya bercak2 putig pada kulit ? jadi mirip panu yang susah ilang gitu
0 0
0
[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!
22-02-2017 21:04
Quote:Original Posted By azulyc


Makasih infonya gan, btw itu obat kortikosteroid ya? bisa bikin ketergantungankan? emoticon-Bingung
Tapi boleh juga tuh, kalau ampe hilang inflamasinya, cuma takut ketergantungan ane, misalnya stop pemakaian takutnya jadi nambah parah.
Gan ane mau nanya, ente cuma di dada aja psoriasisnya? ga pernah merambah ke daerah lain misalnya tangan atau daun telinga gitu? emoticon-Bingung (S)
Oh ya gan, misalnya digaruk kulitnya pake kuku itu boleh ga? ane udah mendingan pake minyak zaitun terus ane kerik sendiri kulitnya, jadi berasa lebih lembut cuma efeknya kulit jadi merah emoticon-Nohope tapi serbasalah juga, kalau dibiarin malah jadi keliatan kaya "plastik".


0 0
0
[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!
07-04-2017 05:10
Quote:Original Posted By rrizhu
ane juga penderita psosiaris udah 1 tahun ini. mau nanya kalian pernah gak bintik2 merah itu jadi nya bercak2 putig pada kulit ? jadi mirip panu yang susah ilang gitu


sudah pasti begitu kalo remisi pso.. jangan di garuk ya gan.. itu kulit bener2 fresh..
0 0
0
[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!
07-04-2017 05:12
Quote:Original Posted By ReinhardRawel

Makasih infonya gan, btw itu obat kortikosteroid ya? bisa bikin ketergantungankan? emoticon-Bingung
Tapi boleh juga tuh, kalau ampe hilang inflamasinya, cuma takut ketergantungan ane, misalnya stop pemakaian takutnya jadi nambah parah.
Gan ane mau nanya, ente cuma di dada aja psoriasisnya? ga pernah merambah ke daerah lain misalnya tangan atau daun telinga gitu? emoticon-Bingung (S)
Oh ya gan, misalnya digaruk kulitnya pake kuku itu boleh ga? ane udah mendingan pake minyak zaitun terus ane kerik sendiri kulitnya, jadi berasa lebih lembut cuma efeknya kulit jadi merah emoticon-Nohope tapi serbasalah juga, kalau dibiarin malah jadi keliatan kaya "plastik".




jangan di garuk gan.. makin garuk makin berbekas luka.. soalnya itu ganti kulit terus..
sebaiknya di elus2 aja kalo gatal.. kalo kaya plastik gak usah peduliin gan.. anggep aja jari kelingking kaki agan.. jarang di perhatiin kan? XD~
0 0
0
[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!
07-04-2017 23:10
Quote:Original Posted By revlislee
Udah lama gak login.. Dan karena baru saja mencapai remisi melewatin masa2 stress jadi keinget thread ini :3 gak di sangka masih idup..wwakakaka.. maaf TSnya gak begitu bertanggung jawab ya emoticon-Stick Out Tongue..
Cara remisi masih sama:
1. Telen MTX sesuai anjuran Dokter/Apoteker..
2. Mindset tunned.
3. Makanan di perketat..
4. STOP MEROKOK!
puji syukur deh cuman harus menderita 10 hari doank XD~
Dan sekarang bisa kasih lidah bahagia mencicipi sedikit makanan enak :d
Spot PSO di perut ada 3 titik.. ketiak ada 1-2.. semuanya itu kayak gigitan nyamuk.. Tangan nihil.. kepala dan punggung susah lihatnya XD~..
Tapi noda hitam dimana2~!! solusi yang terpikirkan saat ini sih Tanning/berjemur jadi coklat biar gak gitu keliatan XD~
So far enjoy the life guys! emoticon-Stick Out Tongueeace:

Buah-buahan yang keturunannya Citrus (tanya mbah guugle pasti ngerti XD~).. vitamin C kan bukan dari jeruk,lemon dan kawan-kawan.. daun kelor aja ada vitamin Cnya gan :3..
yang lebih praktisnya minum C-1000 yang ukuran botol kecil atau bentuk obat permen yang di emut2 gan :3..
Kalau Pso Scalp bagian kepala biasanya muncul di pinggir deket rambut gak sampe ke muka gan so far ane tinggal cari shampoo Amway Satinique kalo lagi kumat disana.. so far sih jarang muncul lagi.. jadi ngak berat juga ongkos hidupnya :3..


Iya gan MTX ampuh tapi setahu ane juga gak ginjal aja sih.. banyak lagi.. so lebih baik konsult dengan baik bersama dokter atau apoteker..
Dan so far ane make MTX kalo bener2 lagi stress berat aja gan.. kalo kgk ane stop nelen kok.. yang penting gak stress dan jaga makanan :3
Tetap semangat gan!! :3

Iya termasuk penyakit "Abnormal autoimmune system" Tapi bukan penyakit mematikan ataupun menular seperti HIV atau lainnya.


Kalo ane udah keturunan berdarah panas gan.. tapi kalo dunia kedokteran bukan darahnya panas.. jantungnya yang tidak normal..
Jadi kalo berada di tempat yang suhunya dibawah suhu tubuh kita otomatis keringetan.. kalo agan sampe gak keringetan berarti agan udah boleh check up darah dan jantung juga gan :3..
Psoriasis Torso biasanya muncul di bagian perut,dada,punggung/pundak, pinggang, ketek.. pokoknya lebih banyak di Badan..
Dan setahu ane yang pernah rasain sih selama gak di garukin pake tangan atau benda keras aman2 aja gan.. Jadi otomatis badan agan berasa panas karena emang PSO ini kerjaannya Overreacting atau lebay kalo kulit kita bergesekan atau kena tekan(kalo telapak tangan biasanya mengepal, push up, pegang stir kasar ataupun keras ataupun kesat etc)
dan obat2 yang di kasih dokter kayaknya obat formal sekali gan.. itu cuman ngebantu agan buat sesuain keadaan yang agan ceritakan ke dokter.. coba konsult lagi sama dokternya soal MTX gan.. Dan obat paling mujarabnya JANGAN STRESS gan emoticon-Big Grin, soalnya percuma kalo stress udah pasti muncul.. kalo muncul di larang keras di garuk atau pake pakaian berbahan kasar atau kesat seperti batik murah.. Batik sultra lain cerita :3 Makanan juga jangan lupa di Rem kalo lagi banyak gan hehehehe..



Agan ini ahlinya nih :3 thanks gan udah sharing :3
Dan bener banget buat produk produk yang sebaiknya di gunakan untuk pso kita jangan yang murah lagi la gan..
apa lagi kalo spot PSOnya lagi rame.. mending sederhananya cari aja produk Amway...
Saat ini sih ane pake Produk Amway kalo pass STRESS dan balik pake produk jelata kalo udah remisi :3 soalnya saya tidak begitu beruntung dalam keuangan.. wakakakak...





Gan ane posisi di Bandung, untuk dapetin obat MTX susah banget disini.. Barangkali temen2 ada yg punya link untuk dapetin Obat MTX..?? Ini buat babeh ane gan kasian udh 5 tahun sakit PSO
0 0
0
[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!
18-05-2017 23:55
habis baca pejwan kayaknya si TS nih genit deh emoticon-Betty (S):
salam kenal gan, dari hasil gugling ane simpulkan sendiri ane kayaknya kena pso didaerah samping hidung (kiri dan kanan). Tiap kali ane keramas kan airnya jatuh ke bagian muka termasuk bagian yang ane duga pso tadi, setelah selesai mandi, bagian itu muncul seperti kerak lapisan warna silver gitu, pas di koyakin setelahnya gatal dan memerah. Semoga ane cuma kena jenis pso yg ringan dan sembuh dengan sendirinya, karena dari pejwan ente uraikan salah satu penyebabnya adalah stress

sekalian nitip jejak ya emoticon-Cool
0 0
0
[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!
26-05-2017 22:04
Quote:Original Posted By revlislee


Iya gan, psoriasis pantangan beratnya daging merah dan anggur, alkohol, rokok. Coba di stop dulu dan gak usah di pikirkan lagi soal penyakitnya.
sapa tau seminggu kemudian pas mandi agan sadar penyakitnya dah masuk masa remisi ^^/)/)


Hmn rokok/alkohol ga boleh trus kalo Vaping gimna kira2 gan
0 0
0
[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!
07-06-2017 23:54
Nah kita yg normal bersukur gan dengan cara gak mengonsumsi tu yg nama nya narkoba hahahaa
0 0
0
[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!
15-06-2017 23:59
Quote:Original Posted By mamoen36


Hmn rokok/alkohol ga boleh trus kalo Vaping gimna kira2 gan

Selama gak bernikotin gak masalah gan..

Quote:Original Posted By h-halim
Nah kita yg normal bersukur gan dengan cara gak mengonsumsi tu yg nama nya narkoba hahahaa

hubungannya apa sama narkoba gan? walaupun ane yang dulunya normal juga gak pernah narkoba gan XD~
0 0
0
[SHARE] Tips untuk penderita Psoriasis!
14-07-2017 20:45
Halo agan2 sekalian.. Ijin gabung diskusi ya.

Gw sih bukan penderita psoriasis, tapi suami ane. Udah 1 tahun yang lalu kena pso dan waktu itu nggak butuh waktu lama buat hilang semua bercak merahnya. Kenanya nyaris satu badan. Pertama bentuknya bintik2 merah (kayak guttate ya? tapi dokter nggak diagnosa kl itu guttate, tapi vulgaris. gw jg nggak terlalu paham). Awalnya gara2 kena radang tenggorokan kayaknya gan. Suami ane biasanya memang sering radang, tapi radang yang terakhir dia bilang agak aneh rasanya, nggak kayak biasa. Anehnya, abis kena pso suami ane jadi jarang sakit radang tenggorokan (dulu bisa 2 bulan sekali). Ini juga salah satu hal yang bikin kita nyimpulin apa jangan2 kena pso yang tipe guttate. Tapi ya itu.. kata dokternya bukan.

Pertama kali berobat ke RS Puri Cinere dan dikasih dua salep racik (ada yang campuran Diprosone dan ada yang campuran Salicylic Acid), Lotion Noroid, dan obat minum (Alloris buat gatal). Salepnya itu harganya bikin kita bilang "WOW!" deh. Satu pot kecil kira2 ukuran 15-20 ml harganya kalau nggak salah hampir Rp 300rb. Setelah pakai obat dokter pun nggak langsung sembuh. Akhirnya browsing2 di Inet dan nemu salah satu artikel kalau Cilantro alias daun ketumbar bagus untuk mengobati pso. Jadilah gw tiap malem nge-blender daun ketumbar buat diminum suami. Rasanya aduhai banget kata suami ane. Wkwkwk... Alhamdulillah nggak berapa lama dia kulitnya balik ke normal.

Tiba2 sekitar 8 bulan setelah itu pso nya muncul lagi. Tadinya kita cuek aja, dipikirnya bisa sembuh kalau minum jus daun ketumbar lagi. Tapi yang kali ini nggak terlihat ada perubahan walau sudah minum berhari2. Akhirnya balik lagi lah kita ke dokter, tapi dokter yang beda dari dokter yang pertama. Diresepin lagi salep yang ada Diprosone dan Salicylic Acid, Cetrizine (buat gatal), dan Prednison (ini harus dengan resep dokter ya). Sekarang udah hampir 4 bulan pso nya nggak kunjung membaik. Malah sekarang lari juga ke kulit kepala. Hampir 60% badannya kemerahan.

Kata dokter memang usahakan mengurangi stress karena stress adalah salah satu pemicu kulit merahnya keluar, tapi kalau badannya merah2 gitu ya malah bikin stress. Ditambah lagi kalau di kepala juga ada kan jadi kayak ketombean gitu. Bikin jadi nggak pede, padahal suami ane kalo kerja kan sering ketemu orang. Kalau gatal juga sering digaruk2, padahal ini kan nggak baik. Kalau ditegur malah ngambek. Wkwkwk.. Ya ane berusaha maklumin aja lah, karena kalau lagi gatal katanya rasanya nggak tahan, gataaaaaaalll banget, dan dia paling sebel kalau gw bilangin jangan digaruk. Dilema oh dilema...

Akhirnya mulai lagi gw ngubek2 Inet, tapi sayangnya sumber bagaimana cara mengatasi pso sangat sedikit di website lokal, jadi mulai baca2 website berbahasa Inggris (soalnya ane gak bisa bahasa Rusia, hehe...). Dari situ ane dah coba beli ointment MG217. Awalnya agak mendingan, tapi tetap nggak ada perubahan yang berarti. Beli Jergen's Ultra Healing Lotion juga nggak ngaruh. Malah kata suami ane ada kayak "tingling sensation" kl abis pake itu. Ohya.. Dulu jg pernah dikasih Betason-N dan Betametasone 1% tp nggak ngaruh juga.

Pernah juga minum perasan air kunyit tiap hari soalnya katanya kunyit alias turmeric bagus buat pso. Pas gatal juga kadang diolesin kunyit. Tapi habis itu satu rumah warnanya jadi kuning. Minum air lemon juga udah pernah coba. Pernah jg minum campuran bawang putih dan kunyit. Udahannya suami ane kapok karena bawang putih kl diperas mah bikin dada panaaaassss.

Terakhir nih lagi rajin minum Yakult, Vitamin C yang tablet hisap, dan Chloropyll yang dari K-Link gara2 pernah lihat video Youtube tentang penderita pso yang sembuh minum minuman prebiotik, 1 liter air yang dicampur perasan 1 buah lemon, dan chlorophyll setiap hari. Untuk pso yang di kepala lagi dikasih Coconut Oil.

Semoga yang kali ini bisa berhasil mengurangi merah2nya. Doain ya gaeees...!!!

PS : Selamat ya buat yang udah bisa ngatasin pso dan semoga cepat membaik buat yang masih kena. Mohon info juga kalau ada masukan untuk mengatasi pso. Thank you all!!
0 0
0
Halaman 4 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia