Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
4063
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000001173552/shoegaze
berhubung thread ini sudah tenggelam entah kemana, saya bermaksud 'menerbitkan' kembali tempat untuk para Shoegazer bernaung. hehe Sedikit sejarah tentang genre ini, saya ambil dari website lokal lainnya (terima kasih untuk yang menulis cerita ini) : Shoegaze dapat dikatakan sebagai 'style' atau gaya bermusik alternative, yang pada awalnya populer pada era akhir 1980s di Inggri
Lapor Hansip
06-11-2008 01:20

Shoegaze

berhubung thread ini sudah tenggelam entah kemana, saya bermaksud 'menerbitkan' kembali tempat untuk para Shoegazer bernaung. hehe

Sedikit sejarah tentang genre ini, saya ambil dari website lokal lainnya (terima kasih untuk yang menulis cerita ini) :

Shoegaze dapat dikatakan sebagai 'style' atau gaya bermusik alternative, yang pada awalnya populer pada era akhir 1980s di Inggris Selatan atau Southern England tepatnya. Tercetusnya nama shoegaze sendiri, awalnya hanyalah sebuah 'kecelakaan' dimana pada saat itu Andy Ross, founder dari Food Records yang menaungi band seperti Lush dan Moose saat itu mendeskripsikan ekspresi para member dari bandnya, yang dimana pada saat setiap kali perform, mereka sangat terkonsentrasi dengan efek pedal gitar mereka dan selalu menunduk ke arah bawah (ke arah pedal efek) pada saat perform. Akhirnya terciptalah term Shoegaze yang berarti 'menunduk ke sepatu'.

Shoegaze sendiri memiliki ciri khas dan karakter, dimana dalam musiknya terdapat efek gitar berlayer yang noisy, volume dan tone vokal yang subduksi dan cenderung gloomy serta hampa. Ciri khas shoegaze pun ditambah dengan tidak adanya dominasi lead gitar ("lead-guitarlessness"), dan band shoegaze biasanya kerap memasukkan unsur drum machine dalam pattern drum-drum mereka, namun tidak sedikit juga yang memasukkan unsur live drumming atau keduanya seperti Chapterhouse (yang kadang menggunakan sample juga), Pale Saints, dan Lush era Chris Acland yang menggunakan live drumming. Oleh karena itulah karakter musik shoegaze cenderung self-depreciating dan introspektif. Sounds gitar dalam shoegaze lebih didominasi riff-riff rhythm yang dimana sangat kaya unsur noise dan efek 'fuzzbox' a la wall of soundsnya Phil Spector.

Shoegaze kerap juga disebut sebagai 'ambient' atau 'dream pop', 'ethereal' juga 'blisspop'. Namun pengaruh goth pun cukup mempengaruhi shoegaze sebagaimana digambarkan dalam Cocteau Twins, Dead Can Dance, atau Everything But A Girl. Bahkan triphop pun cukup mempengaruhi shoegaze akibat gerakan Post Movement Shoegaze yang dimana ketika dedengkot-dedengkot pionir shoegaze hijrah ke post-rock dan triphop seperti Mono dan Portishead, Mark Gardener dan Loz Colbert dari Ride merilis album The Animalhouse, dan kemudian pecahan Slowdive menjadi alternative country dengan Mojave3nya. Kedengarannya rancu memang. Berkembangnya scene shoegaze pun menuju sampai titik dimana saat itu shoegaze disebut sebagai The Scene That Celebrates Itself pada awal 1990 yang menjadi term dalam menggambarkan scene shoegaze saat itu, antara London dan Thames Valley area.

Creation Records (My Bloody Valentine, Ride, Slowdive) dan 4AD records (Lush, Pale Saints) termasuk records yang turut mendukung eksistensi 'term' tersebut yang mengawali siklus awal perkembangan shoegaze. Post movement shoegaze (nugaze) terbentuk kemudian setelah muncul adanya band-band baru atau upcoming bands yang mengusung sounds yang variatif namun masih berasal dari roots yang sama seperti Sigur Ros, Black Rebel Motorcycle Club (album pertamanya), The Radio Dept., Asubi Seksu, Robin Guthrie, Mazzy Star, Autolux, M83, Experimental Aircraft and Engineers, The Raveonettes (yang soundsnya mirip dengan Jesus and Marychain banget, walaupun mereka sendiri tidak mengklaim sebagai band shoegaze (bisa dilihat dari cover depan album mereka kog) dan sebagainya.

Band-band nugaze terkadang mayoritas lebih sedikit memasukkan unsur vokal, dan lebih banyak memasukkan instrumen saja sebagai musiknya. Scene shoegaze sendiri pun bahkan semakin tersupport dengan adanya klub-klub scenester seperti Club Violaine di LA dan Club AC30 ([url]www.clubac30.com[/url]) yang dimana setiap sabtu atau setiap minggu ketiga setiap bulannya, Club Violane mengadakan gigs yang diisi dengan band shoegaze dan ethereal. Club Violaine ([url]www.myspace.com/clubviolaine[/url]) sendiri sudah berjalan selama 5 tahun.
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 203 dari 204
Shoegaze
04-06-2017 12:34
wah ada thread shoegaze....

gan minta rekomen lagu yang model kayak gini dong





band-band apa lagi ya gan yang kayak diatas musiknya?
0 0
0
Shoegaze
04-07-2017 20:53
Quote:Original Posted By ardikllbm
wah ada thread shoegaze....

gan minta rekomen lagu yang model kayak gini dong





band-band apa lagi ya gan yang kayak diatas musiknya?


Coba Crescendo gan atau Ringo Deathstarr

0 0
0
Shoegaze
04-07-2017 20:55
Quote:Original Posted By Torach
kalo band indo yang termasuk shoegaze apa ya gan?


the milo yang familiar sih ada Heals, Anne Hall juga
0 0
0
Shoegaze
04-07-2017 21:03
Rekomendasiin band mirip The xx dong. Vokalnya ngepop tapi efek delaynya terasa banget. emoticon-Blue Guy Peace Album terbarunya The xx lebih terasa electronic daripada album" sebelomnya.

Cocteau Twins salah satunya ya? Baru denger beberapa lagu padahal pionir dream pop ini. ._.
0 0
0
Shoegaze
09-07-2017 06:48
baru nemu Shelling shoegaze dari jepun sono, langsung sukak banget dah emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown

tonenya ngingetin shoegaze pas zaman zamannya loveless MBV, apalagi yang judul lagunya Unfading Scent

Diubah oleh IonFon
0 0
0
Shoegaze
09-07-2017 06:52
Quote:Original Posted By ikrarswift13


Coba dengerin album Slowdive yang Pygmalion gan sama coba dengerin albumnya Pinkshinyultrablast yang Everything Else Matters sama Grandfeathered emoticon-Cendol (S)

Oh ya ada satu lagi, barusan nemu di youtube bagus banget nih. Tapi ane bingung nih genre-nya shoegaze atau dream pop emoticon-Hammer (S). Kayak percampuran antara Slowdive dan Cocteau Twins emoticon-Wowcantik



oh iya pernah denger ini lagu, mereka terkenalnya pas sekarang mulai ramai lagi scene ini

mirip mirip Slowdive, dreamy dreamy gitu bahkan vokalisnya ada aura aura Rachel Slowdive nya emoticon-Big Grin
0 0
0
Shoegaze
09-07-2017 13:03
Quote:Original Posted By IonFon
baru nemu Shelling shoegaze dari jepun sono, langsung sukak banget dah emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown

tonenya ngingetin shoegaze pas zaman zamannya loveless MBV, apalagi yang judul lagunya Unfading Scent



Wuh muantap jiwa gan ini! Sumpah baru denger pertama kali langsung nyantol emoticon-Cendol (S) Ada lagi nggak ya band shoegaze jepang yang "berisik" kaya gini? Sebenernya ane kurang demen ama shoegaze jepang tapi yg ini bagus mirip2 Loveless mana yg nyanyi suaranya enak pula emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By IonFon


oh iya pernah denger ini lagu, mereka terkenalnya pas sekarang mulai ramai lagi scene ini

mirip mirip Slowdive, dreamy dreamy gitu bahkan vokalisnya ada aura aura Rachel Slowdive nya emoticon-Big Grin


Iya gan mantap jiwa ini band ane nemunya ga sengaja itu gara2 liat vokalisnya kok cakep yaudah diklik emoticon-Ngakak (S) Waduh ternyata baru denger sekali langsung suka, suaranya itu lho dreamy abisssss emoticon-Kiss (S)

===

EDIT:
Nemu nih shoegaze Jepang yang "berisik" emoticon-Embarrassment
Diubah oleh ikrarswift13
0 0
0
Shoegaze
11-07-2017 00:33
hmm
the milo kaya nya founder father nya shoegaze di indo deh ya CMIIW emoticon-Big Grin

the milo - don't worry for being alone
0 0
0
Shoegaze
26-07-2017 12:04
Kapan itu gw di sini ngepost tentang idol group Jepang yg punya 1 lagu yg genrenya shoegaze.

Kalo sekarang ada idol group yg emang spesialisasi shoegaze.
0 0
0
Shoegaze
29-07-2017 08:57
Baru nemu ada ginian... Idol jepang2an gitu dengan musik Shoegaze,,, ada yg udah tau ?



Nama groupnya ・・・・・・・・・ (titik2... dots/dots tokyo) emoticon-Big Grin

Cenel youtube-nya https://www.youtube.com/channel/UC1K...8WMYcn-ei34oyQ
Diubah oleh Kid_A
0 0
0
Shoegaze
30-08-2017 01:05
I'm sad and i listen Loveless everynight!!! Haha...

Shoegaze, genre musik yang ane lagi coba ulik dan gemari nih. Udah lama tahu thread ini, tapi baru tertarik sama Shoegaze gara-gara Seaside emoticon-Malu Sayang, itu band bubar ya. Gara-gara Anoa jg sih yang lewat album kompilasinya membawa ane ke genre musik ini. Terus juga dilanjut dengan baca blognya salah satu pendiri label tsb. Apa komentar agan tentang album kompilasi Indonesian Shoegazer? Isinya ga sepenuhnya shoegaze sih, ada Sharesprings yang lebih indiepop menurut ane. Trek favorit ane di sana, Kapsul - Martir. Ada yang punya banyak info tentang band ini?

Terus salut banget sama Annie Hall yang bikin EP Saudade, soundnya berat, ortodoks, dan mengakar hehe!! Sugarstar dengan Delirious juga dahsyat banget, eh tapi kok ga ada kelanjutannya nih setelah single ya gan? Ane kurang suka sama Heals dan COLLAPSE walaupun memang bagus dan dapat sambutan yang oke di kancah lokal. Oh iya, sayang juga Strawberry Wine ga berumur panjang, padahal kalo kata ane mereka bisa jadi garda depan shoegaze seandainya berlanjut dengan rilisan yang layak. Lagu Taste Me keren parah sih!

Buat band luar, ane suka Drop Nineteens, shoegaze cita rasa Amerika dengan sentuhan selebor dan ga melulu sedih. Sayang sekali lagi, umur band ini enggak panjang juga. Kenapa ya band shoegaze banyak yang ga berumur panjang atau aktif tapi rilis albumnya mesti setiap puluhan tahun sekali? Cult & obscure, meh!

Kalo yang generasi baru ya Nothing sih, mantap. Shoegaze dengan pendekatan punk dan grunge! Beruntung ane bisa nonton konser mereka tahun ini di Jakarta! Domenic Palermo bagus lumayan aman lah kelakukannya pas tuh malem walopun mabok OT emoticon-Ngakak (S). Lumayan suka juga dengan band2 lain yang turn indie dr sebelumnya pop punk/emo, makin ke sini soundnya malah shoegaze/indiepop kayak Turnover, Title Fight, Adventures, dll. (walaupun ane belom denger banyak juga).

Ya shoegaze seenggaknya bisa menemani ane di akhir perkuliahan yang banyak sedih, murung, dan ada keputusasaan. Kadang bisa membuat lebih baik, tapi seringnya bikin tambah bikin surem ahaha. Tapi sikap obscure pada banyak aspek di genre ini memang sesuatu yang menarik.

Ane bakal coba terus ulik ah musik ini dan menunggu band lokal yang asyik. Sugarsting tampaknya menjanjikan, tapi belom tahu juga rilisannya kayak apaan karena baru lihat di Youtube aja. Berharap juga ada band lokal yang mainin musik Shoegaze a la Drop Nineteens. Barang kali juga nanti ada kompilasi Indonesian Shoegazer jilid dua #adagatuh emoticon-Big Grin
Diubah oleh izuafnamhar
0 0
0
Shoegaze
23-09-2017 13:28
Halo agan", minta list band" shoegaze yg recomended dong. Atau di kasih di pejwan gitu biar pada yg buka thread bisa lebih mudah.

Ane sendiri lagi keracunan loveless nya MBV nih,
0 0
0
Shoegaze
08-10-2017 10:11
Quote:Original Posted By Kid_A
Baru nemu ada ginian... Idol jepang2an gitu dengan musik Shoegaze,,, ada yg udah tau ?



Nama groupnya ・・・・・・・・・ (titik2... dots/dots tokyo) emoticon-Big Grin

Cenel youtube-nya [url][youtube]


Wah eug baru mau post ini emoticon-Ngakak (S)
More videos:




Menurut gw mirip Asobi Seksu tapi lebih kawaii. Tapi Yuki Chikudate juga kawaai kok. emoticon-Wowcantik
Ini istilahnya itu anti-idol, idol yg musiknya gak wajar.
Diubah oleh skyx22
0 0
0
Shoegaze
10-10-2017 10:02
ngk ada yg berangkat laneway buat slowdive kah?

meskipun bnyk yg kecewa ama album barunya emoticon-Malu kalo ane masi demen2 aja emoticon-Big Grin
0 0
0
Shoegaze
11-10-2017 18:50
Nah ini, threat yang ngebahas genre.
0 0
0
Shoegaze
11-10-2017 19:31
Quote:Original Posted By izuafnamhar
I'm sad and i listen Loveless everynight!!!
Apa komentar agan tentang album kompilasi Indonesian Shoegazer? Isinya ga sepenuhnya shoegaze sih,



Strawberry Wine ga berumur panjang, padahal kalo kata ane mereka bisa jadi garda depan shoegaze seandainya berlanjut dengan rilisan yang layak. Lagu Taste Me keren parah sih!



Buat band luar, ane suka Drop Nineteens, shoegaze cita rasa Amerika dengan sentuhan selebor dan ga melulu sedih. Sayang sekali lagi, umur band ini enggak panjang juga. Kenapa ya band shoegaze banyak yang ga berumur panjang atau aktif tapi rilis albumnya mesti setiap puluhan tahun sekali? Cult & obscure, meh!





Dimana ane bisa dapat itu kompilasi shoegaze indonesia gan?

Strawberry wine musiknya kaya ga asing dikuping ane, kyk pernah denger musik sejenis ini, tapi lupa band apa.

Alasanya mungkin saja kurang peminatnya gan, secara genre ini gak begitu mainstream sih menurut ane gan.
0 0
0
Shoegaze
13-10-2017 18:51
Bisa didenger di Spotify "Holy Noise - Indonesian Shoegazer" atau bandcamp Anoa Records. Kalo kasetnya udah mahal kayaknya nih harganya.

Kalo kurang peminatnya ya emang ini kan musik sidestream, independen. Kalo konsistensi berkarya mah lain lagi. Ini mungkin soal kesibukan lain, mood buat bikin sound yang ga sama terus2an. MBV sama Slowdive yang jadi dedengkot shoegaze punya massa banyak juga rilisnya puluhan tahun baru comeback wkwk

Btw tahun depan MBV rencana rilis album baru yha.

Quote:https://www.stereogum.com/1963212/ne...-in-2018/news/
0 0
0
Shoegaze
13-12-2017 06:08
a place to bury strangers anyone ?
0 0
0
Shoegaze
02-02-2018 17:53
Denger album baru Ride, Wheater Diaries, akhirnya Andy Bell main shoegaze lagi setelah lama main britpop bareng Oasis & Beady Eye. Di album ini, efek delay nya lebih berasa dibanding album Ride sebelom sempet bubar beberapa tahun lalu akhirnya reuni.
Diubah oleh skyx22
0 0
0
Shoegaze
18-02-2018 17:17
Sorry dopos...

Baru aja nemu idol group yg main shoegaze/dream pop/post-rock/whatever:



Mantap emoticon-thumbsup
0 0
0
Halaman 203 dari 204
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia