halalinlahAvatar border
TS
halalinlah
Suka Mie Korea? Begini Tips Mencek Kehalalannya


Popularitas budaya K-Pop (Korea Selatan) memang sangat menggejala di dunia, termasuk Indonesia. Beragam produk Korea Selatan mulai dari drama Korea hingga makanan mie instannya menjadi favorit anak-anak muda.
Sayangnya, produk makanan asal negeri ginseng tersebut belum tentu layak dikonsumsi bagi ummat Islam. Terakhir, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menemukan sejumlah mie instan asal Korea mengandung unsur babi.
Lantas, bagaimana cara memastikan kehalalan makanan asal Korea? Berikut sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk mengecek halal atau tidaknya produk tersebut:
1. Logo halal
Ada produk-produk yang sudah punya logo halal, gambar masjid warna hijau dengan tulisan HALAL di dalam kotak berwarna putih. Menurut akun Instagram importir makanan Korea @jeomsimid, selama tidak ada logo halal, maka dapat dipastikan produk tersebut haram.


2. Cek komposisi makanan
Pastikan tidak ada kata 돼지 고기 (dwaeji gogi) yang artinya daging babi di bagian belakang kemasan. Jeomsim ID menyarankan untuk membaca secara seksama komposisi dalam bahasa aslinya, jangan hanya mengandalkan bahasa Inggris atau Indonesia.
Sebab, tidak semua komposisi makanan itu dialihbahasakan untuk kemasan versi impor. Bila ingin membeli di luar negeri, pastikan baca baik-baik komposisi jika tidak berlabel halal.
Tidak hanya daging babi, pastikan tidak ada bahan 돈지 (donji) alias lemak babi dan alkohol. Untuk produk seperti kue, pastikan tidak ada bahan gelatin dari babi.


3. Pindai dengan aplikasi Halal Korea
Ada aplikasi cek halal bernama Halal Korea yang bisa memastikan apakah makanan tersebut mengandung komposisi yang aman dikonsumsi Muslim atau sebaliknya. Fitur scan dalam aplikasi tersebut memudahkan pengguna untuk memindai barcode di makanan kemasan keluaran Korea Selatan.


Ada beberapa penyaring dalam pemindai yang bisa dipilih pengguna, yaitu makanan yang sudah punya sertifikasi halal, bahan artifisial, alkohol, daging babi hingga produk turunan babi.
Hasil pindaian akan menunjukkan warna hijau bila bahan-bahannya aman dikonsumsi, sebaliknya warna merah akan tertera bila ada bahan yang tidak diinginkan.

Aplikasi ini juga bisa memberitahu pengguna bila makanan tersebut diproduksi di pabrik yang bisa jadi bersentuhan dengan bahan haram sehingga kehalalannya jadi diragukan karena khawatir terkontaminasi. ant/zona-halal.com

Sumber Berita: Zona-Halal
Diubah oleh halalinlah 08-07-2017 13:12
0
21.8K
159
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.