• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bisa Jadi RAM! 6 Hal Keren Ini Bisa Kalian Lakukan Dengan Flashdisk Bekas

alphadvrAvatar border
TS
alphadvr
Bisa Jadi RAM! 6 Hal Keren Ini Bisa Kalian Lakukan Dengan Flashdisk Bekas


Flashdisk merupakan salah satu perangkat tambahan komputer yang sering kita gunakan untuk menyimpan dan melakukan transfer data dari satu komputer atau laptop ke komputer atau laptop lainnya. Ukuran yang praktis dan kapasitas yang cukup besar untuk menampung sejumlah file seperti video, audio dan file lainnya menjadi faktor yang membuat flashdisk ini sangat laku di pasaran.

Namun, selain sebagai media penyimpanan dan transfer data, flashdisk juga bisa digunakan untuk melakukan berbagai hal keren mulai dari menjalankan aplikasi, sebagai media perlindungan komputer kalian dari penyusup, pemusnah virus, dan sebagainya. Nah, apa saja hal-hal keren yang bisa kalian lakukan dengan memanfaatkan flashdisk kalian yang sedang menganggur?


Bisa Jadi RAM! 6 Hal Keren Ini Bisa Kalian Lakukan Dengan Flashdisk Bekas

1. Instal Linux




Salah satu hal keren yang bisa kalian lakukan dengan flashdisk kalian adalah memanfaatkan flashdisk tersebut sebagai media instalasi sistem operasi Linux. Kenapa harus Linux? Linux merupakan salah satu sistem operasi terbaik yang cocok sekali kalian gunakan jika ingin mahir dalam hal jaringan komputer dan hacking.

2. Menjalankan Aplikasi Portabel



Selain melakukan instalasi sistem operasi Linux, kalian juga bisa memanfaatkan flashdisk kalian untuk menjalankan sejumlah aplikasi portabel yang sewaktu-waktu kalian butuhkan, misalnya aplikasi OpenOffice Portable di komputer teman kalian ketika kalian tiba-tiba mendapat tugas makalah dan laporan.

3. Mengunci Komputer Kalian



Tidak hanya sebagai media instal Linux atau menjalankan aplikasi, kalian juga bisa memanfaatkan flashdisk sebagai media pengunci komputer kalian. Jadi, ketika sedang menyalakan komputer dan ada orang lain yang hendak menggunakan komputer kalian tanpa izin, maka orang tersebut tidak akan bisa membobol komputer kalian.

Itu karena satu-satunya kunci yang bisa membuka komputer kalian hanyalah flashdisk kalian. Tentu saja, untuk melakukan hal ini kalian memerlukan aplikasi pengunci komputer seperti Predator.

4. Jadikan Sebagai Rescue Disk



Masih belum puas dengan fungsi mengunci komputer? Okelah, kalian juga bisa menggunakan flashdisk untuk menyelamatkan komputer kalian dari ancaman virus. Caranya adalah dengan menjadikan flashdisk kalian sebagai rescue disk, tentunya dengan memanfaatkan sejumlah software seperti Kaspersky Rescue Disk.

Rescue disk di sini akan berfungsi layaknya antivirus yaitu untuk membersihkan virus yang ada pada komputer kalian. Namun, dengan kondisi yang berbeda. Jika antivirus akan membersihkan virus di komputer kalian pada kondisi normal, maka rescue disk akan menjadi penyelamat kalian jika kalian tidak bisa mengakses desktop Windows kalian karena masalah virus.

5. Jadikan Sebagai RAM Virtual



RAM merupakan komponen penting dalam komputer yang berperan sebagai pembaca dan penyimpan informasi sementara. Ketika RAM kalian sudah hampir penuh, tentunya kalian akan merasakan penurunan peforma pada komputer kalian. Nah, sebagai solusi alternatif ketika RAM kalian penuh, kalian bisa memanfaatkan flashdisk sebagai RAM virtual.

Bagaimana caranya? Kalian tinggal mengakses Advance System Settings lalu pilih opsi Settings pada tab Advance, kemudian pilih lagi Advance, kemudian atur ukuran paging pada bagian virtual memory.

6. Menjalankan Web Server



Untuk kalian para developer website, flashdisk yang kalian miliki juga bisa kalian jadikan sebagai sarana untuk menjalankan web server seperti MySQL dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja akan memudahkan kalian dalam mengakses basis data yang kalian gunakan kapan saja dan di komputer mana pun. Untuk melakukan hal ini, kalian perlu menggunakan aplikasi Server2Go.

Itulah tadi 6 hal keren yang bisa kalian lakukan dengan memanfaatkan flashdisk nganggur, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jaka sendiri sudah sering menggunakan flash disk nganggur untuk menjalankan berbagai aplikasi portabel dan menginstal Linux, bagaimana dengan kalian?

SUMBER

MAMPIR KE THREADS LAINYA

Lebih Canggih dari Chrome! 4 Browser Ini Paling Sering Digunakan Hacker
Bill Gates: CTRL+ALT+DEL adalah Kesalahan
Sering Pikun? 5 Aplikasi Ini Dijamin Memudahkan Hidup Kalian
Cara Menyembunyikan File 'Rahasia' di Kalkulator HP, Pacarmu Gak Bakal Nyadar!
Terungkap! 4 Situs Ini Adalah Rahasia Para Teknisi Laptop
Hati-hati! 5 Folder Windows Ini Tidak Boleh Kamu Hapus
Google Bukan Tandingannya! 3 Penyedia Layanan Email Ini Diklaim Paling Aman
7 Fakta Aneh yang Secara Nyata Terjadi di Dunia Teknologi
Cara Unik Membuat Password Super Aman dengan PasswordCard
Tanpa Root, Kamu Tetap Bisa Melakukan 9 Hal Menakjubkan Ini Di Androidmu
5 Website yang Mungkin Berguna dan Bisa Gantikan Software-mu di Komputer
Kenapa Harus Ada Kuota, Bukannya Unlimited? Ini Dia Penjelasannya!
Gak Perlu Garansi! 6 Tips Ini Wajib Kamu Lakukan Demi Keawetan Smartphone
6 Cara Sederhana Agar Terlihat Seperti Hacker Profesional
9 Jenis Kecerdasan Manusia, Karna IQ Tinggi Nggak Berarti Cerdas!
Goks! 15+ Bayangan Ini Malah Lebih Keren dari Objek Aslinya
9 Gadget Keren Ini Mungkin Belum Kamu Ketahui, Butuh Banget Nomor 4!
10 Fakta Mengejutkan tentang Bumi yang Tak Pernah Kamu Tahu





0
63.3K
331
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.