Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
190
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/595a3c791ee5df84198b4577/dompet-hilang-ini-5-hal-yang-harus-segera-kamu-urus
Halo agan-sista, kali ini Ane mau berbagi tips sedikit buat kalian yg merasa kebingungan ketika kehilangan surat² penting yg ada di dlm dompet. Yah walau dompet nya juga
Lapor Hansip
03-07-2017 19:45

Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.

Past Hot Thread
Halo agan-sista, kali ini Ane mau berbagi tips sedikit buat kalian yg merasa kebingungan ketika kehilangan surat² penting yg ada di dlm dompet. Yah walau dompet nya juga lenyapemoticon-EEK!, cuss ke TKP.

Musibah dapat menimpa siapa saja, salah satunya adalah kehilangan dompet. Tentu tidak ada dari kita yang ingin mengalaminya, namun bagaimana jika dompet seketika hilang lenyap dari tanganmu? Panik tentu saja, namun kamu juga harus berpikiran jernih dan tidak berlarut-larut meratapi kehilangan tersebut.

Kehilangan dompet bukan hanya perkara uang tetapi dokumen dan surat lainnya juga menjadi masalah besar. Oleh sebab itu, kamu harus tetap tenang dan mengambil langkah-langkah strategis penyelamatan.

Berikut 5 surat penting yang harus segera kamu urus ketika dompet hilang.


1. KTP
Quote:
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.

Pertama dengan melaporkan KTP yang hilang di kantor Polsek atau Polres terdekat untuk meminta surat kehilangan. Lalu mintalah surat pengantar pembuatan KTP baru di RT dan RW.

Dengan membawa lampiran fotokopi Kartu Keluarga (KK), surat pengantar, surat kehilangan dari kepolisian, dan foto 3×4 sebanyak 2 lembar kamu dapat membuat KTP baru di Kelurahan.

Kamu akan diminta mengisi formulir permohonan KTP karena kehilangan, yang kemudian ditandatangani oleh Lurah atau Kepala Desa. Semua berkas tersebut dibawa ke Kantor Kecamatan (atau Sudin Kependudukan, tergantung ketentuan di wilayah masing-masing).

KTP adalah dokumen paling penting, karena hampir semua pengurusan dokumen lainnya harus menggunakan KTP. Pastikan untuk mendahulukan mengurus KTP. Jika KTP-mu belum langsung jadi, kamu bisa menggunakan Resi Pembuatan KTP untuk mengurus dokumen lainnya.


2. SIM dan STNK
Quote:
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.

Buat surat kehilangan di kantor polisi terdekat. Bawa motor/mobil dari STNK yang hilang ke SAMSAT untuk dilakukan uji cek fisik seperti cek nomor rangka dan nomor mesin kendaraan dengan membawa KTP, fotokopi KTP, BPKB dan surat kehilangan.
Setelah itu lembaran pengesahan cek fisik digabung beserta fotocopy dokumen lain dalam satu map. Isilah formulir permohonan pembuatan surat pernyataan STNK hilang pada bagian di loket STNK hilang.

Selanjutnya kamu perlu mengurus cek blokir yang berisi keterangan keabsahan STNK terkait, misalnya tidak dalam kondisi diblokir atau dalam pencarian. Semua berkas tersebut diserahkan di di Loket BBN (Bea Balik Nama) II, lalu membayar biaya STNK tersebut. Terakhir, kamu tinggal menyerahkan bukti pembayaran dari kasir ke bagian pengambilan STNK baru dan tunggu panggilan untuk mengambil STNK.

Untuk mengurus SIM, kamu juga memerlukan surat kehilangan dari kepolisian. Kemudian datangi Satuan Pelaksana Penertiban SIM (Satpas) terdekat dengan membawa KTP/fotokopinya beserta dengan fotokopi SIM (jika ada).

Selanjutnya membuat surat kesehatan di bagian pemeriksaan kesehatan yang tersedia di Satpas. Mengurus AKDP di loket asuransi, berada di area yang sama dengan bagian kesehatan.

Daftarkan diri di loket pendaftaran dan serahkan semua persyaratan, yang meliputi: surat keterangan kehilangan, surat kesehatan, AKDP, kartu asuransi beserta formulir dan dapatkan tanda bukti pengambilan SIM.

Lakukan pengambilan foto secara langsung, sidik jari dan tanda tangan. Ambil SIM kamu dengan menggunakan bukti pengambilan SIM yang telah kamu dapatkan sebelumnya.


3. Kartu Debit atau Kredit
Quote:
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.

Langkah pertama adalah dengan menghubungi bank penerbit kartu atau datang langsung ke bank dengan membawa KTP dan buku tabungan untuk melakukan pemblokiran kartu agar tidak disalahgunakan siapapun. Saat melaporkan kehilangan kartu, biasanya akan ditanyakan tiga hal: nomor kartu, tanggal kehilangan kartu, dan tanggal terakhir (serta nominal) transaksi yang dilakukan.

Untuk mengurus ATM/kartu kredit baru, terkadang ada bank yang mensyaratkan surat kehilangan dari kepolisian.Setelah menerima kartu ATM/kartu kredit yang baru, pastikan juga jika kartu ATM/kartu kredit yang lama sudah ditutup.


4. NPWP
Quote:
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.

Hal yang perlu dipersiapkan untuk mengurus NPWP hilang adalah fotocopy KTP dan mengisi formulir permohonan cetak ulang NPWP dengan dibubuhi materai 6000. Formulir cetak ulang ini sudah tersedia di Tempat Pelayanan Terpadu Kantor Pelayanan Pajak.

Setelah mendapat formulir cetak ulang dan mengisinya, lampirkan foto copy KTP atau KK lalu ambil nomor antrean TPT. Biasanya proses pencetakan ulang NPWP langsung selesai di hari yang sama.


5. BPJS atau Asuransi
Quote:
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.

Persiapkan beberapa dokumen asli dan fotokopi dari KTP, KK, dan surat pernyataan kehilangan kepolisian. Bawa syarat tersebut ke Kantor BPJS Kesehatan terdekat di Kabupaten atau Kota Anda. Pihak BPJS akan mengganti kartu BPJS yang hilang dan akan memberikan cetak ulang kartu BPJS yang baru.

Nah, untuk gan/sis yang memiliki asuransi dan kartu asuransi tersebut juga ikut hilang, bisa langsung menghubungi agen asuransimu dan melaporkan perihal kehilangan tersebut. Nanti agan akan diminta menyebutkan nama, nomor polis, dan jenis asuransi yang dibeli.
Setelah itu, mereka biasanya akan mengkonfirmasi data lengkap dan mengurus kartu asuransi yang baru. Lama atau tidaknya masa pembuatan kartu tergantung dari agen asuransi masing-masing, ya.


Nah, bagaimana? Tidak sulit ‘kan mengurus surat-surat penting saat dompet kamu hilang. Asalkan mengikuti cara-cara di atas, agan-agan tidak akan kerepotan mendapatkan surat-surat pentingmu kembali.

Sumur & mbah Gugel.
Diubah oleh andreas7777777
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 10
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.
05-07-2017 13:25
Pertama yang ane lakukan lapor ke Polsuska untuk minta surat pengantar ke Polsek mengenai kehilangan dompet ane+isi2nya di Commuterline emoticon-Turut Berduka
sambil di dalam hati menggerutu... Kampret copet.... kampret copet (pengalaman Pribadi) emoticon-Ngakakemoticon-No Hope
0 0
0
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.
05-07-2017 13:27
Gak usah di uruslah buat apa.
0 0
0
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.
05-07-2017 13:29
mantap infonya. kebetulan lagi ada kehilangan STNK sama SIM.

tengkyu berat gan emoticon-Shakehand2
0 0
0
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.
05-07-2017 13:33
kalau surat nikah hilang bisa nikah lagi bre emoticon-Cool
0 0
0
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.
05-07-2017 13:35
ane pernah ngalamin (dan semoga cukup sekali kemarin itu doang). pas mau minta surat kehilangan disuruh bawa fc ktp ato karmas ato sim. padahal ga ada fc-nya semua. Pengennya sih ada orang baik yg nemu itu dompet trus dibalikin, perkara duit yg ads di dompet diambil mah bodo amat, yg penting surat²nya balik. Mungkin ngurus surat²nya ga terlalu ribet, tpi malesnya ya musti pulang kampung dulu, dan ijin pas hari kerja krna kampretnya kantor kecamatan di tempat ane cuma buka sampe jumat doang
Diubah oleh sitamel
0 0
0
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.
05-07-2017 13:38
Quote:Original Posted By otihime


ga pake apa2 gan..cm dksh resi bukti kl ktp lg di tahan dan blm dpt yg baru emoticon-Ngakak (S)

iya masa aktif kan skrg ud seumur hidup walaupun dstu tertera smp tgl dan thn sekian y gan..ane trpkasa ganti ektp krn pindah alamat gan..urus KK sehari jadi..ektp mah lama bgt emoticon-Frown


harusnya kalau gk dikasih e-ktp yang baru, yang lama jangan dikasih dulu ke kelurahan.
denger-dengernya sih gitu. ohh jadi kemana-mana bawa resi doang ya

bagus sih seumur hidup. keliatan gk ribet cuma bagi kita masih harus ganti data dari status jomblo jadi menikah hahaha. masih harus ngurus-ngurus.
1 0
1
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.
05-07-2017 13:42
Yg paling penting siapin waktu sama duit, ribetnya minta ampun buat ngurus ktp, stnk sama sim ...

0 0
0
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.
05-07-2017 13:50
KTP pasti gak jadi2 tuh. ane aja udh lama cuma pegang KTP lembaran
0 0
0
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.
05-07-2017 13:55
Bermanfaat info, ane kemaren kemaren kehilangan STNK smpe skrang gk bikin, tapi udh bikin surat kehilangan dri kepolisian
0 0
0
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.
05-07-2017 13:59
wah lengkap bgt gan
thx for sharing emoticon-Big Grin
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.
05-07-2017 14:04
semoga ketemu kembali gan, yg penting kartu sama surat2 sihh
0 0
0
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.
05-07-2017 14:05
Quote:Original Posted By lurahnyasuzatsi
ngurus duit yg ilangnya gimana ya? emoticon-Ngakak

Kasbon sm kasir (bagi yg pny usaha or kerja)
0 0
0
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.
05-07-2017 14:07
kalo surat tanah gmana
0 0
0
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.
05-07-2017 14:09
jadi inget punya ane hilang selama setahun....eh balik lagi dengan kondisi dompet berantakan...tapi isinya aman.... emoticon-Big Grin
0 0
0
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.
05-07-2017 14:18
biar aman ga usah punya dompet bre emoticon-Ngakak emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.
05-07-2017 14:21
biasanya kalo dompet ilang beberapa hari kemudian bisa di cek di kantor polisi, tp duitnya raib emoticon-Wakaka
0 0
0
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.
05-07-2017 14:25
Quote:Original Posted By 2008pisces4me
harusnya kalau gk dikasih e-ktp yang baru, yang lama jangan dikasih dulu ke kelurahan.
denger-dengernya sih gitu. ohh jadi kemana-mana bawa resi doang ya

bagus sih seumur hidup. keliatan gk ribet cuma bagi kita masih harus ganti data dari status jomblo jadi menikah hahaha. masih harus ngurus-ngurus.


wkwkwk lsg d tahan malah gan dr kecamatan yg lama..ane cm pgang fc sama scannya emoticon-Ngakak (S)

nah iya bner yg statusny brubah urus lg dah tu emoticon-Hammer (S)

td d tny ke kecamatan baru soal ektp ane msh lom ad..ktny yg ud kecetak br yg ngajuin dr bulan juli 2016..njiirrrrr jd pny ane msh lama bgt itu jdnya emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.
05-07-2017 14:42
bermanfaat gan, antisipasi klo kehilangan
0 0
0
Dompet Hilang? Ini 5 Hal yang Harus Segera Kamu Urus.
05-07-2017 14:54
proses mungkin ga sulit cuma buang waktunya itu loh, belum ongkos jalan...ah udahlah emoticon-Traveller
0 0
0
Halaman 8 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia