• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Toxoplasma Gondii, Parasit Otak yang Bisa Bikin Zombie Jadi Nyata

yukepodotcom
TS
yukepodotcom
Toxoplasma Gondii, Parasit Otak yang Bisa Bikin Zombie Jadi Nyata
WELCOME TO YUKEPO OFFICIAL THREAD
emoticon-Ultahemoticon-Ultah emoticon-Ultah



Agan/sis suka menonton film-film tentang zombie? Pernahkah membayangkan bagaimana jika serangan zombie itu benar-benar jadi nyata? Jika dunia diambil alih oleh sekumpulan zombie dan kita pun terancam berubah menjadi zombie? Meski selama ini hanya ada di film dan tv, serangan zombie kini bukan lagi hanya khayalan. Ilmuwan telah menemukan beberapa teori untuk mengubah makhluk hidup menjadi zombie.



Salah satu teori yang paling memungkinkan dan masuk akal adalah dengan menggunakan sejenis parasit otak bernama Toxoplasma Gondii, atau singkatnya, T. Gondii. Parasit ini biasa ditemukan dalam otak tikus. Namun tidak hanya menumpang hidup, T. Gondii juga memengaruhi perilaku tikus.

Dalam siklus hidupnya, T. Gondii butuh untuk berada dalam saluran pencernaan kucing demi kepentingan reproduksinya. Organisme bersel tunggal ini hanya dapat menyempurnakan siklus hidupnya dengan berada di dalam tubuh kucing. Sedangkan T. Gondii mencari hewan-hewan lain untuk menjadi inangnya. Hewan yang banyak terinfeksi T. Gondii adalah tikus, burung, dan hewan ternak.



Demi mencapai saluran pencernaan kucing, T. Gondii akan memanipulasi otak inangnya. Parasit ini mematikan bagian otak yang berfungsi untuk menciptakan rasa takut. Tidak hanya itu, parasit ini juga membangkitkan ketertarikan seksual terhadap kucing. Beberapa penelitian membuktikan bahwa tikus-tikus yang terinfeksi T. Gondii justru tertarik pada kucing dan bau urin kucing. Perubahan perilaku ini membuat tikus justru mendekat kepada kucing. Dan tikus yang berada dekat dengan kucing sudah tentu akan menjadi makanan kucing tersebut. Dengan masuk ke sistem pencernaan kucing, T.Gondii dapat berkembang biak dan dikeluarkan kembali dari tubuh kucing melalui fesesnya.



Namun hewan bukan satu-satunya inang yang dapat digunakan oleh T. Gondii. Parasit ini juga dapat menginfeksi manusia. Menurut sebuah penelitian, hampir separuh manusia di dunia sudah terinfeksi parasit ini meski tidak menunjukkan gejala apapun. Pada manusia, T. Gondii dapat menyebabkan penyakit yang disebut dengan Toxoplasmosis. Penyakit ini dapat menimbulkan beberapa gangguan seperti gangguan penglihatan, kejang, dan koordinasi tubuh yang buruk. Bahkan T. Gondii dapat menginfeksi janin manusia. Karena janin manusia belum memiliki sistem imun yang baik, maka T. Gondii dapat merusak sistem saraf dan penglihatan janin tersebut.



Penelitian lebih lanjut menemukan bahwa T. Gondii juga dapat memengaruhi perilaku manusia. T. Gondii telah dikaitkan dengan berbagai gangguan mental seperti schizophrenia, bipolar disorder,dan Obsessive Compulsive Disorder. Namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengungkap hubungan sebab akibat antara T. Gondii dengan gangguan mental tersebut.

Bagaimanapun, ilmuwan di seluruh dunia telah menyadari kemungkinan bahwa T. Gondii dapat memengaruhi otak manusia dan menyebabkan perubahan perilaku. Dalam beberapa waktu, dengan proses evolusi, T. Gondii mungkin akan dapat men-zombie-fikasi manusia sebagaimana T. Gondii telah men-zombie-fikasi tikus-tikus.

Namun T. Gondii bukanlah satu-satunya skenario yang membuat zombie jadi nyata. Beberapa parasit lain ditemukan juga memiliki efek yang sama dengan T. Gondii. Bahkan kini telah ditemukan dan beredar narkoba yang dapat membuat penggunanya bertingkah liar dan paranoid seperti zombie, bernama Flakka. Penggunaan narkoba Flakka yang banyak dilakukan di Amerika Serikat ini membuat heboh netizen beberapa waktu lalu karena beredar video para pengguna Flakka yang bertingkah seperti zombie di tempat umum.

Terjadinya serangan zombie kini tidak terasa seperti khayalan lagi, bukan? Dengan perkembangan sains dan evolusi alam, bisa saja serangan zombie terjadi dalam waktu dekat. Sudah siapkah agan/sis untuk menghadapi akhir dari kemanusiaan ini?

Sumber dari Yukepo

Rate, comment, cendol appreciated emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0
43.2K
245
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.